Sabtu, Agustus 5

Motivasi Menjadi Wirausahawan

@E17-Arief
Dibuat Oleh : Arief Risaldi

Motivasi adalah suatu proses, alasan, sugesti atau dorongan bagi seseorang  yang diberikan seseorang untuk bertindak untuk mencapai tujuannya.
Dalam memulai sebuah bisnis atau saat berjalannya sebuah usaha, anda atau siapapun pasti pernah merasakan hidupnya down. Merasa bosan, merasa kalah, merasa capek dan tidak sanggup berdiri. Sementara kesuksesan masih jauh didepan mata. Bahkan saat usahanya sudah mencapai kesuksesan, motivasi-motivasi tentang kehidupan sangat diperlukan. Karena kita bukan manusia yang selalu mempunyai jawaban akan setiap permasalahan, baik dalam kehidupan sehari-hari atau bisnis. Khususya pada pengusaha mudah yang pola hidupnya bisa dikatakan masih labil. Kadang semangatnya tinggi, tapi tiba-tiba mundur karena salah satu masalah kecil saja.
Pengusaha tentu ingin sukses. Iya, terserah anda menilai tentang kesuksesan yang anda harapkan. Seperti mempunyai banyak harta benda dan lainnya. Ada juga yang beranggapan sukses itu dinilai dari banyaknya materi yang dimiliki, dan kontribusi kepada masyarakat luas. Sehingga motivasi untuk sukses  bagi pengusaha muda perlu ditanamkan sejak usia dini. Mereka harus diajarkan bahwa setiap mencapai sesuatu harus melalui proses, tidak ada yang bisa didapatkan secara instan. 
Tidak semua orang memiliki motivasi yang sama untuk menjadi pengusaha. Jadi belum tentu motivasi yang dipunyai Bill Gates berhasil pada anda sendiri. saat kita mengalami sebuah masalah, disitulah kita kadang membutuhkan obat ajaib yang disebut sebagai motivasi yang tepat. Motivasi itu tentu tidak harus datang dari orang yang ahli dalam bidangnya, tapi bisa juga didapatkan darimana saja. Bahkan dari seorang anak, dari pelanggan dan orang-orang disekitar kita.
Muncul pertanyaan mengapa seorang wirausahawan (entrepreneur) mempunyai cara berpikir yang berbeda dari manusia pada umumnya. Mereka mempunyai motivasi, panggilan jiwa, persepsi dan emosi yang sangat terkait dengan nilai nilai, sikap dan perilaku sebagai manusia unggul.

Ciri-ciri dan Sifat kewirausahaan :
-Percaya diri
-Berorientasikan tugas dan hasil
- Berani mengambil risiko
-Kepemimpinan
- Keorisinilan
- Berorientasi ke masa depan
- Jujur dan tekun


Sifat-sifat seorang wirausaha adalah:
1.Memiliki sifat keyakinan, kemandirian, individualitas, optimisme.
2.Selalu berusaha untuk berprestasi, berorientasi pada laba, memiliki ketekunan dan ketabahan, memiliki tekad yang kuat, suka bekerja keras, energik dan memiliki inisiatif.
3.Memiliki kemampuan mengambil risiko dan suka pada tantangan.
4.Bertingkah laku sebagai pemimpin, dapat bergaul dengan orang lain dan suka terhadap saran dan kritik yang membangun.
5.Memiliki inovasi dan kreativitas tinggi, fleksibel, serba bisa dan memiliki jaringan bisnis yang luas.
6.Memiliki persepsi dan cara pandang yang berorientasi pada masa depan.
7.Memiliki keyakinan bahwa hidup itu sama dengan kerja keras.
Karakteristik orang-orang yang mempunyai motivasi prestasi tinggi adalah:
a.      Memilih resiko “moderate”. Dalam tindakannya dia memilih melaku-kan sesuatu yang ada tantangannya, namun dengan cukup kemung-kinan untuk berhasil.
b.      Mengambil tanggung jawab pribadi atas perbuatan-perbuatannya. Artinya kecil sekali kecenderungan untuk mencari “kambing hitam” atas kegagalan atau kesalahan yang dilakukannya.
c.       Mencari umpan balik (feed back) tentang perbuatan-perbuatannya.
d.     Berusaha melakukan sesuatu dengan cara-cara baru.
Berikut cara memotivasi agar mengejar kesuksesan menjadi pengusaha muda :
1. Fokuskan diri sendiri pada hal yang sekarang kamu lakoni. Jangan tergoda untuk berinvestasi sana-sini sementara bisnis utama masih goyah.
Jadi yang perlu anda lakukan adalah membenahi diri sendiri, mampu mengenali potensi yang ada dalam diri sendiri sehingga kedepannya menjadi modal utama membangun suatu bisnis dengan bekal pengalaman dan pengetahuan tentang bisnis itu sendiri. Kamu harus fokus pada hal yang saat ini sedang dilakoni. Jangan tergoda dulu untuk investasi sana sini atau melakukan perubahan di banyak tempat. Tetapkan target yang jelas dulu tiap bulannya. Misalnya saja kamu menetapkan target customer sekian ratus orang dalam sebulan. Dengan begini kamu bisa melakukan segala sesuatunya seaksimal mungkin dan jadi lebih fokus terhadap target yang kamu kejar. Hal ini tentu lebih membawa kebaikan daripada fokusmu terpecah-pecah untuk banyak hal. Ssetelah targetmu terpenuhi, baru kamu bisa menentukan target selanjutnya.

2. Jangan hanya fokus mengumpulkan modal, pikirkan juga bagaimana modal itu bisa kamu kembalikan. Karena pada esensinya, modal adalah hutang.
Ada target yang harus anda kejar dalam berbisnis. Sebelum mendapatkan keuntungan setidaknya modal utama harus kembali. Modal merupakan hal utama yang diperlukan untuk membangun bisnis sendiri. Ibarat membangun rumah, maka modal adalah pondasinya. Meski modal adalah hal penting, gak perlu menghalalkan segala cara demi mengumpulkan modal. Tanpa disadari, hal ini bisa berbahaya bagi bisnismu ke depan. Pinjaman yang kamu gunakan sebagai modal awal bisa menjadi hutang melilit yang membawa kebangkrutan. 
3. Jangan gengsi untuk terus belajar dari pengusaha yang sudah ahli. Dari sini kamu bisa mendapat ilmu tanpa henti.
Tuntutlah ilmu sampai ke negeri cina, pepatah ini harus diterapkan jika kamu ingin menjadi pebisnis yang sukses di masa depan. Untuk menjadi pebisnis sukses kamu dituntut untuk selalu mau belajar. Kamu bisa bertanya pada orang-orang yang lebih ahli atau sudah lebih dulu terjun ke bisnis serupa demi bisa mendapat lebih banyak ilmu. Dengan mengadopsi sifat semacam ini, bisa dipastikan kamu dapat bertahan di dalam bisnis yang digeluti saat ini karena kamu selalu membuka diri untuk mau belajar.
4. Anda harus punya nyali besar untuk memulai suatu Bisnis. Anda harus bermental baja dan berani ambil risiko demi bisnismu ke depannya.
Nyali bukan cuman dimiliki tapi di perbesar jika ingin sukses ke depannya. Dengan memiliki nyali besar kamu pun jadi lebih berani mengambil resiko. Karena risiko besar juga keuntungannya besar. Memang gambling, namun jika kamu ingin sukses maka kamu juga harus berani bertaruh.
5. Anda memang sedang berjuang merintis usaha sendiri, namun jika terus rugi kamu wajib tahu kapan harus berhenti.
Jika memang anda sedang berusaha mulai dari nol untuk merintis bisnis mandiri. Gak heran jika hal ini membuatmu belum memiliki keuntungan yang maksimal. Bahkan, mungkin saja kerugian demi kerugian sering kamu rasakan. Jika hal ini yang terjadi, waspadalah. Cermati dan evaluasi lagi apa yang terjadi di dalam bisnismu. Mungkin saja kamu perlu mengubah target market, mengevaluasi kembali metode yang digunakan selama ini, hingga mengganti image yang sudah melekat pada usahamu. Jika kerugian yang selalu didapatkan, jangan takut untuk mengubah haluan bisnismu atau justru berhenti. Sumber: hipwee.com

Daftar Pustaka :
Anonim.2014.Motivasi Sukses Bagi Pengusaha Muda Dalam Bisnis. http://idemotivasibisnis.blogspot.co.id/2015/09/motivasi-sukses-bagi-pengusaha-muda-dalam-bisnis.html Di Akses Pada Tanggal 05 Agustus 2017
Oktavia Zena.2015.Motivasi Untuk Menjadi Wirausahawan. http://www.kompasiana.com/zena_oktavia/motivasi-untuk-menjadi-seorang-wirausahawan_552aaf7ff17e611530d623ff Di Akses Pada Tanggal 05 Agustus 2017
Hamka Wahyudi.2016.5 Motivasi Mengejar Kesuseksan Menjadi Pengusaha Muda. http://www.kesuksesan.info/2016/01/5-motivasi-mengejar-kesuksesan-menjadi.html Di Akses Pada Tanggal 05 Agustus 2017 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar