Sabtu, Agustus 5

Bisnis Kreatif Budidaya Ikan Sidat Kenapa Tidak ...?

 Oleh : Muhamad Iqbal @E13Iqbal

Budidaya ikan sidat kini menjadi salah satu usaha menjanjikan dan beromzet tinggi. Komoditas sidat masih terbatas dikarenakan belum ada teknologi untuk pemijahan, sehingga harga di pasaran terbilang cukup tinggi. Permintaan pasar untuk ikan sidat atau kerap disebut unagi di pasar internasional. Sebelum Kita membahas lebih jauh tentang usaha ini, mari kita bahas terlebih dahulu  tentang inovasi dan kreativitas, agar kita lebih Memahami dan mengerti akan bagaimana caranya dalam memulai sebuah bisnis.

Inovasi adalah proses pembaharuan/pemanfaatan/pengembangan dengan menciptakan hal baru yang berbeda dengan sebelumnya. Inovasi juga dapat diartikan penemuan baru dalam teknologi atau kemampuan dalam memperkenalkan temuan baru yang berbeda dari yang telah ada sebelumnya. Sedangkan Inovasi dibedakan menjadi dua macam antara lain sebagai berikut :
1.      Inovasi yang terjadi karena sengaja (invention) : Inovasi invention adalah proses munculnya suatu hal baru dari kombinasi hal-hal lama yang telah ada. 
2.      Inovasi yang terjadi tanpa sengaja  (discovery) : Inovasi discovery adalah penemuan hal baru, baik berupa alat ataupun gagasan. Discovery dapat menjadi invention, ketika masyarakat mengakui dan dapat memanfaatkan hasil inovasi tersebut. 

Pengertian  Kreatif adalah kemampuan mengembangkan/menciptakan ide dan cara baru yang berbeda dari sebelumnya. Sedangkan Pengertian Kreativitas adalah kemampuan seseorang untuk menciptakan hal baru, barik berupa gagasan, karya nyata, dalam bentuk aptitude atau non aptitude, kombinasi dari hal yang telah ada atau relatif berbeda dari yang telah ada sebelumnya. Kreativitas merupakan naluri yang ada sejak lahir namun, kreativitas tidak dapat berkembang dengan sendirinya, tetapi membutuhkan rangsangan dari lingkungannya.
Ciri-Ciri Kreativitas - Terdapat beberapa ciri-ciri kreativitas antara lain sebagai berikut :
1.      Memiliki rasa ingin tahu yang luas dan mendalam
2.      Memiliki daya imajinasi yang tinggi
3.      Selalu memberikan gagasan atau usulan terhadap suatu masalah 
4.      Melihat suatu masalah dalam berbagai sudut pandang
5.      Orisinal dalam ungkapan gagasan dan dalam pemecahan masalah 

Contoh penerapan Inovasi dan kreativitas dalam berwirausaha adalah dengan mencari peluang usaha yang mana usaha tersebut masih sedikit orang dalam berkecimpung dalam bisnis tersebut, saya akan memberi contoh bisnis usaha budidaya ikan sidat.
Bisnis kini memang makin beragam seperti halnya bisnis peternakan. Bisnis peternakan menjadi salah satu jenis bisnis yang memiliki potensi menggiurkan. Salah satunya adalah bisnis peternakan ikan yang menjadi salah satu bisnis yang cukup besar peminatnya. Bagi mereka yang memiliki lahan serta tempat tinggal yang mendukung untuk jenis usaha ini. Tentunya memanfaatkan untuk beternak ikan tidak ada salahnya untuk dilakukan.
Salah satunya adalah jenis ikan sidat yang menjadi bisnis yang sangat mengutungkan, dimana bisnis ini sangat mudah di lakukan.

Faktor kenapa kita memilih usaha budidaya ikan sidat 
1.    Tidak terlalu sulit untuk membudidayakan ikan sidat, dimana ikan ini mudah beradaptasi.

2.     Ikan sidat cukup laris di pasaran, ikan ini banyak dicari dengan menghadirkan rasa ikan yang sangat nikmat. Ikan jenis ini kerap dolah di berbagai bisnis kuliner baik rumaha makan hingga restoran.

3.    Cara beternak ikan sidat memang bisa dikatakan tidak sulit, siapapun bisa memulainya dengan mudah termasuk Anda.

4.    Modal yang dibutuhkan yang dalam budidaya ikan sidat memang terbilang tidak besar. Cara pemasaran ikan sidat juga terbilang sangat gampang, sehingga bisnis ini sengaja kami ulas dalam kesempatan ini.

Apabila Tertarik Untun Memulai Bisnis Ini Maka Harus Memperhatikan Beberapa  Aspek Antara Lain :
Pelaku bisnis budidaya ikan sidat
Bisnis budidaya ikan sidat ini bisa dan cocok dijalankan oleh semua orang. Anda yang kini bingung mencari pilihan bisnis yang tepat. Dengan kemauan dan minat yang tinggi maka bisnis budidaya ikan sidat ini dapat Anda jalankan dengan mudah.
Konsumen bisnis budidaya ikan sidat
Konsumen budidaya ikan sidat memang tidaklah sulit, konsumen budidaya ikan sidat cukup besar mulai dari konsumsi rumah tangga hingga berbagai usaha kuliner.
Peralatan bisnis budidaya ikan sidat
Dalam bisnis budidaya ikan sidat membutuhkan beberapa peralatan penting diantaranya
pengadaan bibit ikan sidat, selang dan paralon, timba, wadah dan jerigen, pompa air, pembuatan kolam ikan sidat, peralatan pembersih kolam, sewa lahan, drum, jaring, terpal dan lainnya. Dengan adanya peralatan tersebut maka bisnis budidaya ikan sidat makin maksimal.
Pemasaran budidaya ikan sidat
Dalam berjualan budidaya ikan sidat, Anda bisa memasarkannya dengan cara menjualnya ke pasar, rumah makan, restoran atau hotel. Juga dapat memasarkannya olahan ayam dan telur ke  swalayan atau supermarket.

Karyawan bisnis budidaya ikan sidat
Karyawan dalam menjalankan bisnis budidaya ikan sidat bisa menggunakan satu orang dahulu dalam permulaan.
Harga jual budidaya ikan sidat
Patokan harga untuk budidaya ikan sidat dapat Anda buat dalam hitungan per kg ikan dimana harga mulai Rp 35.000 hingga Rp 55.000. Ini tergantung dari harga daging yang ada di pasaran.
Keuntungan dalam menjalankan bisnis budidaya ikan sidat
Keuntungan bila Anda memilih terjun dalam peluang bisnis budidaya ikan sidat ini yakni merupakan bisnis ternak ikan yang paling banyak digeluti lantaran di pasaran sangat tinggi peminatnya.
Kekurangan bisnis budidaya ikan sidat
Segi kekurangan bisnis budidaya ikan sidat ialah budidaya ikan sidat memiliki tingkat persaingan yang tinggi dan ketat.



DAFTAR PUSTAKA
Riani, Asri Laksmi., dkk. 2005. Dasar-Dasar Kewirausahaan. Surakarta : UPT Penerbitan dan Percetakan UNS (UNS Press) http://www.artikelsiana.com/2015/06/pengertian-inovasi-kreatif-para-ahli-definisi.html  Di Unduh tanggal 05-08-2017

Anonim. 2016. Bisnis Budidaya Ikan Sidat, Harga Menjanjikan dan Ekspor ke Jepang. Tulungagung. https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/3110855/bisnis-budidaya-ikan-sidat-harga-menjanjikan-dan-ekspor-ke-jepang  Di Unduh tanggal 05-08-2017

Anonim. 2014. Pentingnya Inovasi Dan Kreativitas Dalam Berwirausaha. http://pmct.co.id/pentingnya-inovasi-dan-kreativitas-dalam-berwirausaha/  
Di Unduh tanggal 05-08-2017

Anonim. 2015. Peluang Usaha Budidaya Ikan Sidat Dan Analisa Usahanya. http://www.agrowindo.com/peluang-usaha-budidaya-ikan-sidat-dan-analisa-usahanya.htm  Di Unduh tanggal 05-08-2017 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar