Sabtu, Agustus 5

BISNIS KREATIF PAPER POP UP



  @E04-Hazazi, @Proyek C02


  "Pekerjaan tebaik adalah hobi yang dibayar", Potongan kalimat tersebut banyak tertera dimana mana. Yang bermakna bahwa Jika kita menjalani pekerjaan yang tidak lain adalah hobi kita, maka pekerjaan itu terasa ringan dan menyenang  kan.

  Hobby dan kegemaran seseorang berbeda-beda, hal ini akan menyebabkan seseorang memiliki kemampuan yang beranekaragam dalam dunia seni. Tidak heran banyak orang yang unggul di bidang seni yang berbeda, seperti seni lukis, seni tari, seni menulis, seni fotografi, seni desain, dan sebagainya. Banyak media yang digunakan sebagai bahan utama dalam seni tersebut. Misalkan jika seorang pelukis bahan utamanya itu adalah catnya, mereka bisa melukis dimana saja, diatas kertas, kanvas, dinding, kaca dan sebagainya. Jika seorang pemahat patung maka bahan utamanya adalah tanah liat. Bagaimana jika anda menyukai kerajinan yang terbuat dari kertas? Berarti bahan utamanya adalah kertas. Jadi tidak heran banyak orang yang memulai bisnis atau usahanya berdasarkan hobby dan passionnya.
  Jika anda salah seorang yang suka berkreasi menggunakan kertas, berikut ini salah satu kreativitas dengan media berupa kertas. Pop Up bisa dijadikan salah satu referensi kado untuk memberikan sesuatu yang spesial untuk sesorang yang spesial.
  Pop up adalah kreasi buatan tangan (handmade) berbentuk dua lapis kertas tertutup, yang saat dibuka akan terangkat menjadi mirip bangunan tiga dimensi kertas yang sangat menarik. Pop up saat ini digunakan untuk berbagai media, seperti media buku tahunan sekolah, katalog, profil perusahaan, hadiah ulang tahun, souvenir, dan kartu undangan pernikahan.
  Pop up terbagi menjadi dua jenis yaitu Pop Up 90 derjat dan 180 derjat. Maksudnya Pop Up yang 90˚ yaitu Pop  Up yang pembukaan kertasnya hanya setengah bagian, bisa dianalogikan seperti saat kita membuka laptop. Pop Up yang 180˚ yaitu Pop Up yang pembukaan kertasnya secara full, bisa dianalogikan seperti saat kita membaca buku.

Kreasi kerajinan Pop Up antara lain :
Pop Up Book


Pop Up ini merupakan kumpulan Pop Up umumnya berjenis 180˚ yang membentuk kesatuan Pop Up kemudian dilapisi dengan hardcover. Biasanya Pop Up Book didesain dengan tema tertentu, memiliki cerita-cerita yang unik dan juga bisa melambangkan suatu hal. Pop Up Book biasanya digunakan untuk buku tahunan, media pembelajaran anak, perjalanan hidup, dan sebagainya.

Pop Up Frame


Pop Up Frame, bisa menjadi salah satu hadiah untuk si do’i, sahabatmu, temanmu yang akan wisuda, atau hadiah pernikahan untuk temanmu. Pop Up Frame menjadi Pop Up yang memiliki daya tarik tersendiri karena biasanya di dalam frame berupa foto flat biasa, sekarang bisa dibuat Pop Up dengan fotomu dengan tema tertentu yang media bingkainya berupa frame.

Pop Up Card

Pop Up Card merupakan kreativ lain dari kartu ucapan yang biasanya 2 Dimensi. Pop Up Card ini berjenis Pop Up 90 ˚. Pop Up Card menarik karena bisa digunakan untuk mewakili setiap jenis ucapan. Misalnya ucapan anniversary, ucapan happy wedding, ucapan happy birthday, happy season, dan masih banyak lagi.





pop your heartTania Larasati dan Maria Juliana merupakan dua orang pebisnis pop up. Bisnis pop up yang mereka dirikan dinamakan Pop Your Heart. Awalnya, bisnis ini merupakan bisnis sampingan mereka. Setelah angka pemesanan bertambah, mereka berdua berniat untuk mengembangkan bisnis ini menjadi pekerjaan utama.

“Mulai usaha ini awal 2012. Memang saya itu suka hobinya art and craft. Tapi, di awal memang ada pesanan dari teman saya yang menginginkan dibuatkan greating card yang ber-basic pop up atau tiga dimensi. Dari situ saya cuma membuat untuk teman-teman saja,” kata Tania yang saat itu baru lulus dari Universitas Bina Nusantara dan masih bekerja di sebuah perusahaan advertising agency, saat ditemui SeputarUKM di workshopnya, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Jumat (13/2). Setelah pemesannya banyak, Tania menjadikan Pop Your Heart pekerjaan utama.
pop your heart

Tania lalu mengajak temannya, Maria, dalam bisnis ini. Menurut Maria yang menjadi brand marketing manager Pop Your Heart, modal awal mereka dari sisa gaji saat bekerja kantoran. “Kita beli mesin printer kecil. Modal awal cuma mesin printer itu saja,” katanya.
Awalnya, Tania mempromosikan produknya di akun Instagram pribadinya. Setelah peminatnya banyak, dia membuat akun khusus Pop Your Heart. Bisnis ini, kata dia, Benar-benar berdiri pada Juni 2012. Harga produk Pop Your Heart ini berkisar antara Rp 75 ribu hingga Rp 1,5 juta. Dari bisnis mereka, Tania dan Maria meraup omzet sekitar Rp 70 juta sampai Rp 80 juta sebulan.
Demikian sedikit contoh usaha kreatif dari beribu usaha lain. semoga dapat menambah ide wawasan anda.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar