Minggu, Agustus 13

BRAND COOKIE


@E11-Bayu
Oleh: Kurniyanto Bayu Anggoro 

BRAND COOKIE  


Roti adalah makanan berbahan dasar utama tepung terigu dan air, yang difermentasikan dengan ragi, tetapi ada juga yang tidak menggunakan ragi.

Namun kemajuan teknologi manusia membuat roti diolah dengan berbagai bahan seperti garam, minyak, mentega, ataupun telur untuk menambahkan kadar protein di dalamnya sehingga didapat tekstur dan rasa tertentu. Roti biasanya dijual dalam bentuk sudah diiris, dan dalam kondisi "fresh" yang dikemas rapi dalam plastik. Ada banyak jenis roti seprti, biskuit, scone, baguette, bagel, tortilla, pita, lavash, pretzel, donat, dll. Rasanya yang enak dan banyaknya inovasi, roti sangat disukai oleh berbagai kalangan.

Membuka usaha roti dapat menghasilkan keuntungan yang lumayan, dengan melihat peluang yang ada. Dengan modal awal yang tidak harus besar, dan didukung pasar yang luas, kemudian akan membuat usaha ini untuk terus berkembang. Lalu, berikut setrategi pemasarannya:
1.    Online shop, dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi. Hal ini akan membantu memasarkan produk, bahkan dalam skala daerah yang luas.
2.    Konsinyasi, mencari warung atau toko dan membuat kesepakatan kerjasama dengan maksud menitipkan barang dagangan di warung atau toko tersebut.
3.    Event, dengan memanfaatkan moment-moment seperti acara pernikahan, ulangtahun, hari raya, dll. Hal ini akan sangat membantu dalam meningkatkan omset.

Langkah Memulai Usaha Roti
Paling awal yang harus dipersiapkan adalah keahlian atau keterampilan cara membuatnya, baik itu dimiliki sendiri ataupun dengan merekrut sumber daya yang berpengalaman.

Selanjutnya perlu disediakan alat-alat membuat roti dan juga mesin. Hal ini mungkin memakan biaya atau modal yang paling besar. Peralatan tersebut seperti oven, loyang , pemotong, cetakan, dll. Semakin bagus merk peralatan tersebut, maka harganya akan semakin mahal.

Setelah sumber daya dan peralatan terkumpul, langsung memulai membuat roti. Membuat beberapa jenis roti, dengan rasa yang berbeda-beda, kemudian mengenalkan produk kepada teman, keluarga, tetangga, dll. Bagaimana menurut mereka, dengan pendapat orang-orang ini akan diketahui rasa & produk andalan.
  
Setelah dirasa berhasil dengan rasa dari produk, selanjutnya adalah memikirkan kemasan. Kemasan berfariasai, tergantung dari jenis rotinya. Selain itu produk harus didaftarkan kepada departemen kesehatan, kemudian produk langsung dipasarkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar