Sabtu, Agustus 12

Lira Beauty Alat Kecantikan Wanita


Proyek C04 : Inspirasi Bisnis


Kode Peserta : @E29-Nike


Jenis usaha yang akan Saya pilih adalah usaha kosmetik dan alat kecantikan online.


Untuk logo atau merk dagang nya Saya mencantumkan " Lira Beauty ", yang dimana " Lira " adalah nama panggilan kecil Saya dan " Beauty " adalah cantik yang melambangkan keindahan dan kecantikan untuk seorang wanita.


Saya memilih usaha ini karena hobby Saya sendiri. Sehari-hari Saya tidak bisa lepas dari alat-alat kosmetik. Jika Saya lupa membawanya ke kantor, sebisa mungkin Saya pulang untuk mengambilnya. Sejujurnya, dikantor juga Saya jualan kosmetik seperti mascara, lypstic dan eyeliner. Kadang-kadang saja kalau ada teman atau pelanggan yang ingin memesannya.

 
1. Bagaimana Peluang Usahanya ?

Menurut Saya, peluang usaha bisnis kosmetik usaha yang menjanjikan jika dijalankan dengan baik dan benar. Saya melihat usaha kosmetik masih mampu dan dapat bertahan menghadapi krisis. Kosmetik sudah menjadi kebutuhan pokok bagi seorang wanita, karena tentu pastinya para wanita ingin cantik setiap saat. Alat-alat kosmetik sepertinya sudah tidak bisa dipisahkan lagi dalam keseharian kita, karena setiap beraktivitas kemanapun peralatan ini menjadi barang yang wajib untuk dibawa termasuk Saya sendiri. Menjalankan bisnis kosmetik juga tidak mengenal musiman, karena pasti akan selalu bisa menguntungkan, meski harga barang tersebut bisa terpengaruh pasar. Tetapi, bagi seorang wanita pasti akan selalu mendapatkannya meski harga nya naik atau sebagainya. Jika Saya ingin membuka usaha kosmetik ini, mungkin lebih mudah terlebih dahulu memasarkannya lewat sosial media. Karena, menurut Saya lebih mudah dan cepat reaksi nya terhadap pengguna sosial media.

2. Bagaimana Perencanaan Usahanya ?

Mungkin masih belum bisa untuk membuat brand, merk atau logo sendiri sebab harus mengurus beberapa ketentuan seperti, tempat usaha, karyawan dan juga izin usaha. Mungkin sebagai pemula, Saya memasarkannya lewat sosial media. Untuk menarik pelanggan, diawal usaha Saya akan membuat diskon atau bonus dengan ketentuan minimal pembelian. Ramah dan sabar terhadap pelanggan, sebab Saya pribadi sering belanja online yang terkadang tidak sabar dan selalu menanyakan kapan kiriman barang Saya sampai. Karena, kalau kita tetap sabar, ramah dan pelanggan cocok dengan kita maka tidak menutup kemungkinan pelanggan tersebut akan kembali datang kepada kita untuk berbelanja lagi atau mungkin mengajak temannya untuk belanja ditempat kita. Usaha kosmetik kalau secara online mungkin masih membutuhkan modal yang sedikit. Karena, kita tidak perlu repot untuk mengurus izin usaha, menyiapkan dan menyewa tempat dan bingung mencari karyawan. Tetapi, tidak menutup kemungkinan Saya akan membuka toko sendiri jika usaha online Saya lancar dan sukses.



3. Bagaimana Operasionalisasi Usahanya ?

Usaha kosmetik yang Saya jalani akan Saya pasarkan dengan memenuhi standart keamanan yang diterapkan pemerintah, apalagi untuk produk-produk import agar bisnis usaha ini aman dan lancar untuk kedepannya. Mungkin Saya akan memilih produk-produk ternama dengan harga yang terjangkau pasar dan dimana khasiat produk tersebut sudah terbukti. Jika usaha ini telah berjalan baik dan hasilnya akan Saya tabung untuk membuka toko kosmetik sendiri. Karena, untuk membuka toko harus menyediakan dana yang cukup besar. Dimulai dari menyewa tempat, gaji karyawan dan izin usaha ini yang paling penting. Dimana tokonya akan Saya buat ditempat yang terdapat banyak keramaian seperti di pusat-pusat perbelanjaan. Barang-barang yang dijual semacam bedak, parfum, pemutih wajah dan masih banyak lagi. Sebisa mungkin Saya akan menjual alat-alat kecantikan yang benar-benar dibutuhkan wanita saat ini, atau yang sedang trend dan berkembang dikalangan para wanita.

Semoga artikel nya bermanfaat ya teman-teman. Terima Kasih

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar