Minggu, Agustus 20

Mojok.Co




@E29-Nike
Oleh  : Nike Meiske Emeli



MDC
Sedikit Nakal Banyak Akal

Mojok.Co adalah salah satu media online atau situs yang berisikan humor. Mojok.co pertama kali diluncurkan pada 28 Agustus 2014 dan dipunggawani oleh 6 orang yakni diantaranya Putut EA, Arlian Buana, @rifqidab @macan_remrem dan @buluhijau.
Berawal dari obrolan di klinik buku KBEA, muncul ide pada Maret 2014. Mojok.co kini berusia satu tahun. 


Mojok.co tumbuh menjadi media segar yang tengah digandrungi masyarakat. Arlian Buana, salah satu pendiri dan kini jadi Pimpinan Redaksi Mojok.co. Dalam rangka ulang tahun pertamanya, Mojok.co meluncurkan 50 tulisan terbaik Mojok dalam bentuk buku. Banyak yang berubah ketika dalam format buku dan online, beberapa kata harus disensor seperti kata djancuk. Tulisan paling banyak pengunjungnya hingga kini di Mojok.co adalah milik Iqbal Aji berjudul “Surat Terbuka Kepada Pemilih Jokowi Sedunia”, hingga kini diklik 1 jutaan tangan viewers.


Makin banyaknya media online dan derasnya arus informasi melalui media sosial memang bisa membuat kita mendapatkan beragam informasi dengan mudah. Namun, banyak media yang menyajikan informasi dan gaya yang serupa, sehingga membuat pembaca jenuh. Berangkat dari kondisi tersebut, Arlian Buana dan lima orang rekannya terpikir untuk membuat sebuah situs yang menyajikan konten dengan sudut pandang yang berbeda. “Kebanyakan portal hiburan yang ada di Indonesia cenderung terjebak dalam kedangkalan,” jelasnya.
Mojok.co adalah media selow yang mewadahi tulisan para penulis yang punya energi serta kreativitas berlebih. Sebuah media alternatif dengan konten segar dan menghibur. Media untuk bersenang-senang dan bergembira bersama. Mojok.co saat ini menerbitkan lima artikel per hari, dengan pilihan tema yang beragam (22 rubrik berbeda). Konten di Mojok.co adalah kiriman dari para kontributor. Email: redaksi@mojok.co.
Mojok.co, media alternatif yang muncul dari kejenuhan terhadap media mainstream. Mojok.co mencoba memberikan pandangan dari kacamata yang mungkin hanya terlintas di kepala sebagian kecil orang. Mojok.co tidak hanya menyediakan konten berupa artikel, portal ini juga menampilkan komik dan video.
Kebanyakan dari artikel di Mojok.Co mengulas isu-isu politik dalam negeri. Ada pula yang mengangkat isu religi, dan berita-berita hangat lainnya. Situs yang berpusat di Yogyakarta ini pun mengajak para pembacanya untuk turut berkontribusi menuliskan cerita-cerita yang ‘Sedikit Nakal Banyak Akal’, sebuah tagline yang menggambarkan konten situs Mojok.Co.

Konten Kreatif dan Kurasi Ketat
Menurut Arlian, ujung tombak utama dari Mojok.co adalah konten kreatif. Meski begitu, tidak sembarang konten bisa masuk dengan mudah di situs ini. Setiap hari mereka menerima lebih dari 10 naskah dan hanya satu yang dipilih. Tidak hanya konten lucu atau mengandung ide segar saja, namun juga harus disertai dengan argumentasi yang memadai.
Terkait pendanaan, Mojok.co masih beroperasi secara bootstrap. Sayangnya, Arlian enggan menjelaskan tentang proses monetisasi mereka. Ia hanya mengatakan strategi bisnis mereka dilakukan dengan content creation dan community engagement. Meski mengklaim belum memiliki kompetitor langsung, sejumlah situs, seperti Hipwee dan Nyunyu.com akan menjadi kompetitor tidak langsung mereka. Menurut Similar Web, situs Mojok.co sendiri berada di peringkat 3.733 di Indonesia.
Menurut Aditya Rizki, IT staff Mojok.Co, kini jumlah pengunjung situs Mojok.Co mencapai rata-rata 10.000 pengunjung per harinya, dengan jumlah klik (pageview) hingga 50.000. Bahkan pada saat-saat tertentu, pengunjung bisa mencapai 50.000 per hari, dengan jumlah klik lebih dari 100.000.
Mojok.co telah sukses menjadi situs yang banyak dikunjungi, khususnya bagi mereka yang gemar bacaan berakal dan penuh humor. Situs yang satu ini banyak menawarkan artikel-artikel yang cerdas dalam membuat candaan, namun tak sembarang berucap. Singkat kata, hiburan yang ‘pintar’ bagi para pembacanya.
Mojok.co kini tumbuh menjadi media yang menjadi rujukan bagi segenap insan yang sudah tiada tahan dengan aneka tulisan di media mainstream yang hanya menampilkan sudut pandang yang itu-itu saja. Singkatnya, Mojok kini bertranformasi menjadi media yang sangat luar biasa.
Mojok.co juga memiliki nilai bisnis yang jelas dengan para penulis. Terlihat dari kejelasan bahwa Mojok.co berani memberi apresiasi berupa honor. Meski demikian, Mojok.co membebaskan para penulisnya mempublikasikan ulang hasil tulisan yang telah masuk, pada media lain. Penantian seminggu setelah tulisan dimuat, barulah penulis boleh mempublikasikan pada media lain, angkanya tidak berlebihan mengingat memang apresiasi yang ditawarkan Mojok.co sepadan dan juga para penjaga gawang yang menyeleksi tulisanmu, sudah wara-wiri tingkat nasional.
Tetapi, kini Mojok.co resmi ditutup setelah 2,5 tahun menyajikan beragam opini publik dengan gaya tulisannya yang khas, usil, nyentrik dan terkadang menggelitik. Penutupan Mojok.co sendiri pertama kali diumumkan pada 28 Februari 2017. Melalui akun Facebook pribadinya, Puthut EA, orang yang kerap disebut sebagai Kepala Suku di Mojok.co (Pimpinan Redaksi), mengumumkan bahwa situs tersebut akan ditutup pada 28 Maret 2017. "Tanggal 28 Maret, Mojok telah dimatikan (shut down). Kami merasa Mojok sudah memenuhi cukup syarat untuk ditutup. Selama 2,5 tahun, Mojok sudah berusaha mengambil ruang kecil di sebuah sudut gelap literasi kita. Soal apakah berhasil atau tidak, saya kira itu bukan urusan dan bukan penilaian kru Mojok," tulisnya di kolom status.
Puthut tak menjelaskan perihal penutupan situs Mojok.co secara terang-terangan kepada publik. Bahkan dalam artikel terakhirnya yang berjudul 'Rahasia Kenapa Mojok Harus Ditutup' pun ia tak mau memberikan kejelasan mengenai alasan kenapa situs tersebut ditutup. Dalam unggahannya di Facebook saat mengumumkan penutupan, ia hanya menulis "Mojok didirikan dengan kegembiraan dan akan diakhiri dengan cara yang sama.
"Saat ini alamat Mojok.co sudah tak bisa diakses kembali. Halaman tersebut kini menampilkan latar berwarna hitam disertai tulisan warna-warni "Mojok: Dimulai dengan Gembira, Diakhiri dengan Bangga". Di Twitter, tagar #MojokBubar juga banyak dikicaukan oleh warga internet hingga menjadi trending topic hari ini.
Padahal sejak berdiri 28 Agustus 2014, Mojok.co diketahui telah memiliki lebih dari 200 orang penulis, 800 artikel dan 300.000 pembaca bulanan. Total pengunjung per bulannya bahkan menyentuh angka 2.000.000 pageview disertai puluhan ribu pengikut di Facebook dan Twitter.​





Tidak ada komentar:

Posting Komentar