Sabtu, Agustus 5

PENTINGNYA KREATIVITAS DAN INOVASI DALAM BERWIRAUSAHA

dibuat oleh: dwi setiawan
@E15-dwi


           


 Kreativitas adalah kemampuan untuk mengembangkan ide-ide baru dan cara-cara baru dalam pemecahanmasalah dan menemukan peluang
Inovasi adalah kemampuan untuk menerapkan kreativitas dalam rangka pemecahan masalah dan
menemukan peluang
            Mindset/pola pikir pada seseorang dalam mewujudkan mimpinya dalam melakukan wirausaha kadang seringberubah,karna banyak sekali orang yang takut akan hal –hal yang belum pernah mereka coba, padahal menurut dweckmenerjemahkan mindset sebagai kepercayaan mengenai siapa kita dan apa kemampuan kita, maka dari itu kita terlebih dahulu harus mengenal kemampuan kita dan kita harus yakin/percaya kepada kemampuan diri kita sendiri, karna banyak sekali orang yang ragu akan kemampuan dirinya yang dapat mengurungkan niat mereka untuk mewujudkan mimpinya dalam menjadi wirausaha, dalam hal ini kita harus mengubah mindset kita dengan cara mengetahui/mempelajaripengetahuan barutentang bagaimana kita harus mempunyaipola pikir yang inovatif, karna dengan berpikiran inovatif kita dapat menciptakan hal yang baru dalam berwirausaha.
Perubahan pola pikir kadang sering terjadi terhadap semua orang, terutama kepada orang yang selalu merasakannya, karna mereka akan menyadari perubahan sekecil  apapun terhadap pola pikir mereka, apakah itu pola pikir yang positive atau negative yang mereka rasakan, jika  mereka merasakan perubahan hal positive terhadap diri mereka sendiri maka ada dorongan dalam diri mereka untuk selalu optimis dalam meraih mimpi dalam berwirausaha, dan jika dengan pola pikir yang negative ,  itu akan menyebabkan mereka selalu bersifat pesimis untuk meraih mimpi mereka,  maka dari itu pendidikan dan komunikasi untuk medapatkan informasi sangatlah penting dalam mengubah mindset seseorang dalam berwirausaha supaya mempunyai  pikiran inovatif dan kreatif dalam mewujudkan mimpinya menjadi seorang wirausaha yang berhasil.( aprilia Dinni.2013/2015)
Di masa yang lalu,Kreativitas sering dianggap hanya untuk beberapa industri saja.Sebagai contoh,industri film,agen pemasaran,arsitek dan semua yang berhubungan dengan seni.Jenis usaha lainnya seperti kantor hukum,kantor keuangan,pemasaran dan industri berat sering merasa kreativitas itu tidak relevan untuk keberhasilan mereka.
Penting Berpikir Kreatif dalam berwirausaha. Itu satu landasan yang paling kalian ketahui dalam membangun sebuah usaha meski usaha yang di bangun itu tidak begitu besar tapi kalian perlu memiliki sebuah kreatif dalam membangunnya,Dimana dunia usaha saat ini adalah dunia usaha yang penuh persaingan.
Pemikiran kreatif berhubungan secara langsung dengan penambahan nilai, penciptaan nilai, serta penemuan peluang bisnis. Pola pemikiran kreatif juga dibutuhkan untuk menggambarkan keadaan masa depan, di mana seorang wirausaha akan beroperasi, juga akan memberikan gambaran yang tidak dapat dihasilkan oleh eksplorasi terhadap trend masa kini.
Tentu saja,Kebalikan dari kreativitas adalah stagnasi(tidak berkembang) di mana ide-ide baru dan cara-cara kerja yang lebih efisien di kesampingkan.( Iskandart.2013)








Aktivitas bisnis sangat memerlukan orang-orang yang kreatif dan cepat tanggap terhadap setiap perubahan. Para peneliti telah mengatakan bahwa kreativitas menyangkut keputusan-keputusan tentang apa yang diinginkan dan bagaimana melakukannya dengan lebih baik. Jadi, urutan tersebut melibatkan sebuah proses, bukan hanya melihat hasil akhir yang diharapkan, sehingga tidak perlu merasa sangat terbebani untuk menjadi kreatif
Para peneliti telah membedakan tipe kreativitas dalam kehidupan sehari-hari, yaitu :
1.             Membuat atau menciptakan, yaitu proses membuat sesuatu dari tidak ada menjadi ada
2.             Mengkombinasikan dua hal atau lebih yang sebelumnya tidak saling berkaitan menjadi lebih bermanfaat.
3.             Memodifikasi sesuatu yang memang sudah ada. Proses ini menggunakan berbagai cara untuk membentuk 
    Teknik Meningkatkan Kreativitas

1.      Perumusan masalah secara kretaif
2.      Bertanya dan bertanya
3.      Curah Gagasan
4.      Orang aneh
5.      Iklim kreatif. (tandzil Adnan.2015)

Arti Penting Inovasi dalam Kewirausahaan
Ada lima jenis inovasi yang penting dilakukan pengusaha, yaitu :
1.      Pengenalan barang baru atau perbaikan barang yang sudah ada
2.      Pengenalan metode produksi baru
3.      Pembukaan pasar baru, khususnya pasar ekspor atau daerah yang baru
4.      Penciptaan/pengadaan persediaan (supply) bahan mentah atau setengah jadi baru
5.      Penciptaan suatu bentuk organisasi industri baru

Teknik Mengembangkan Inovasi

     Kemenangan bisa dicapai dengan cara menciptakan pasar baru lewat inovasi. Inovasi harus terus dibangun melalui budaya kreatif, mengikuti tren perubahan, dan membangun pasar.
Seorang wirausaha harus segera menterjemahkan mimpi-mimpinya menjadi inovasi. Inovasi adalah kreativ yang diterjemahkan menjadi sesuatu yang dapat diimplementasikan dan memberikan nilai tambah atas sumber yang kita miliki. Sifat inovasi dapat ditumbuhkembangkan dengan memahami bahwa inovasi adalah seatu kerja keras, terobosan, dan kaizen (perbaikan terus menerus). (Fenny meifiska.2013)

Sumber:

1.      Iskandart.2013.http://www.iskandarst.com/mengapa-kreativitas-penting-di-dalam-usaha/ (Diakses pada,5 agustus 2017)

2.      Fenny meifiska.2013.http://fennymeifiska045.blogspot.co.id/2013/04/kreativitas-dan-inovasi-dalam.html (Diakses pada,5 agustus 2017)


4.      Adnan tandzil.2015 http://adnantandzil.blogspot.co.id/2015/08/teknik-meningkatkan-kreativitas.html (Diakses pada,5 agustus 2017)






Tidak ada komentar:

Posting Komentar