Minggu, Agustus 20

Proyek 06 : Ide Kreatif dan Pengembangan Bisnis


Setelah Anda mempelajari topik-topik Kewirausahaan :
  • Mengenali Peluang dan Memilih Jenis Usaha
  • Perencanaan dan Operasionalisasi Usaha
  • Mengelola Keuangan Usaha
  • Merancang Strategi Pemasaran
  • Kewirausahaan dan Lingkungan
Tulislah sebuah review atau artikel singkat  di kolom komentar yang tersedia (di bawah postingan ini),  dengan terlebih dahulu menyimak tayangan video tersebut;  Cantumkan Kode Tugas dan nama  lengkap dibagian atas kolom komentar.

Pada lembar kerja , buatlah satu buah mind map berkaitan dengan topik di atas dengan judul tertentu, beserta keterangan seperlunya. 

46 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. @Proyek C06
    @E37-Christmesya

    Berikut ini review tayangan di atas.
    Akihiko Otsuka diangkat menjadi presiden direktur Otsuka Group pada umur yg masih muda (38thn). Saat itu Harima seorang peneliti perusahaan mendatangi dia karena memiliki ide membuat minuman kesehatan yaitu cairan infus yg dapat diminum. Namun idenya ditolak oleh presdir Akihiko.
    Tahun 1976,trend olahraga jogging di Jepang kemudian presdir menyetujui pembawatan produk minuman kesehatan tersebut. Setelah melalui banyak proses yg tidak singkat, 3 tahun kemudian terciptalah Pocari Sweat. Tahun 1980 Pocari Sweat diluncurkan namun sayangnua disambut buruk oleh konsumen. Presdir, dan seluruh team tidak berputus asa dan membagikan Pocari sweat secara gratis sepanjang tahun. Kurang lebih perusahaan sudah mengeluarkan budget sebesar 400 miliar rupiah.
    Karena kegigihan dan keyakinan mereka, tibalah musim panas tagun 1981 dan permintaan Pocari Sweat melonjak sangat pesat yaitu sebesar 3,6 triliun. Sampai saat ini Pocari Sweat tetap menjadi produk minuman kesehatan nomor satu di Jepang dan Indonesia.
    Terima kasih.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. @Proyek C06
    @C25-Ivan

    Review
    Ide berawal dari seorang dokter yang minum cairan infus sehabis operasi, lalu muncul ide kreatif untuk membuat sebuah produk minuman kesehatan yang berfungsi sama dengan cairan infus, setelah melakukan riset yaitu dengan meneliti komposisi keringat, dibuatlah sebuah produk minuman kesehatan yang enak dan segar dan bisa menggantikan ion-ion tubuh pada saat tubuh berkeringat.
    Market dari produk ini adalah orang-orang yang melakukan aktifitas berat atau yang sering berkeringat.
    Peluang usaha adalah usaha dengan produk baru yang bernama pocari sweat.
    Strategi pemasaran yang di lakukan adalah melakukan promosi door to door atau ketemu langsung dengan konsumen, pada awal promosi penjualan tidak sukses, apalagi dengan modal yang cukup besar, berkat kegigihan dan semangat pantang menyerah dari presiden direktur akhirnya pocari sweat menemui kesuksesan.

    BalasHapus
  5. @E07-Setyorini Safitri
    @Proyek C06

    Review Otsuka Pharmaceutical (Pocari Sweat)

    Otsuka Pharmaceutical mengenali peluang usaha dengan mencoba membuat minuman kesehatan, mereka mengembangkan produk baru dengan harapan dapat diterima dan memperoleh pangsa pasar yang luas.

    Perencanan dan operasionalisasi usaha minuman kesehatan ini awalnya sangat buruk, pasar dan konsumen hampir tidak menerima rasa yang ditawarkan oleh PT Otsuka, akan tetapi mereka berani mengambil resiko dengan tetap menawarkan produk karena yakin terhadap produk yang mereka tawarkan memiliki keunggulan tersendiri.

    PT Otsuka mengelola keuangan mereka yang hampir saja devisit dan mengalami kerugian yang besar dengan mencoba menawarkan kembali produk tersebut melalui beragam cara, alhasil penjualan produk minuman kesehatan Pocari Sweat mampu memutar aset total yang awalnya digunakan sebagai modal operasional perusahaan

    Strategi Pemasaran Pocari Sweat dilakukan dengan beragam cara, baik dengan pengenalan pasar, pendistribusian pintu ke pintu, hingga penggelompokan konsumen tertentu, menurut history yang terjadi Pocari Sweat memiliki konsumen atau pangsa pasar untuk orang yang sedang berkeringat sebagai pengganti ion tubuh.

    Dampak secara lingkungan global, PT Otsuka tentunya berhasil membawa kesuksesan hingga ke seluruh negara, karena minuman kesehatan ini menyebar secara internasional. tentu dapat dilihat bahwasanya hal ini menjadi pemicu perekonomian negara Jepang.

    History ini menjelaskan bahwa PT Otsuka membuat Creativity Map, yakni : tipe incube yaitu berkembang secara jangka panjang, melakukan improve dengan megembangkan sistem standar dan penyesuaian secara bertahap, melakukan invest serta membuat imagine sebagai ide trobosan terbaru.

    sekian

    BalasHapus
  6. @E16-Putra
    Bintang Pamungkas.

    Berdasarkan video diatas, untuk mengenali peluang usaha dan jenis usaha apa yang diinginkan, kita harus menguasai bidang yang akan digunakan sebagai peluang usaha tersebut. Setelah peluanh usaha dan jenis usaha telah didapatkan maka baru lah sebisa mungkin menciptakan produk baru yang layak jual dan sesuai dengan peemintaan pasar.

    Dalam penciptaan pasar dan produk baru dibutuhkan pengalaman, penelitian serta percobaan secara mendalam agar produk yang kita ciptakan dapat diterima. dibutuhkan orang-orang yang menguasai dibidangnya sebagai tester pertama sebuah produk agar produk tersebut benar-benar layak jual dan tidak menimbulkan kerugian.

    Setelah produk baru telah diciptakan, hal tersebut tidak membuat kita telah berhasil. konsumen lah yang menilai apakah produk baru kita tersebut layak jual atau tidak. dibutuhkan straregi-strstegi yang jitu dalam melakukan pengenalan produk. tempat penawaran harus disesuaikan dengan karakteristik produk kita. seperti produk diatas, minuman ringan untuk dehidrasi ditawarkan kepada orang-orang yang berada di tempat dengan kegiatan fisik yang keras dan menimbulkan keringat. Sosialisasi dan penjelasan produk kepada konsumen juga sangat dibutuhkan agar konsumen yakin terhadap produk kita.

    kegagalan peecobaan berulang kali, penolakan produk serta tanggapan negatif konsumen bukanlah alasan untuk menyerah dalam menciptakan produk baru. dengan sikap optimis dan pantang menyerah serta kerja keras akan membuat kita terus termotivasi dalam penciptaan dan pengembangan produk hingga kita akhirnya sukses.

    BalasHapus
  7. @E12-Adik Mukti

    Kesuksesan Pocari Sweat sebagai produk minuman kesehatan yang terkemuka tidak didapat dalam waktu singkat. Membutuhkan waktu yang cukup panjang untuk mendapatkan hasil hingga bisa sukses seperti saat ini. Perlu perjuangan, kegigihan dan pengorbanan untuk mencapainya. Berikut ini kisah perjalanan sejarah Pocari Sweat dari awal hingga mencapai kesuksesan.
    Suatu hari Akihiko didatangi oleh Rokuro Harima, salah seorang staf-nya yang bertanggung jawab dalam pengembangan minuman. Harima yang berpenampilan serius dijuluki sebagai ahli rasa dan dipercaya menangani pengembangan produk andalan Oronamin C. Harima mengeluarkan sebotol cairan infus dan mengusulkan dijadikan sebuah produk minuman. Usul ini tentu saja membuat kaget dan bingung Akihiko, bagaimana mungkin cairan infus bisa menjadi sebuah minuman?
    anpa terasa tiga tahun waktu berlalu. Tahun 1976 Akihiko Otsuka sudah menjadi Presiden Direktur Otsuka Pharmaceutical ke-3 dalam usia 38 tahun menggantikan posisi ayahnya. Pada suatu hari Akihiko memanggil Harima kedalam ruangannya. Harima datang didampingi staf-nya seorang peneliti muda yang bernama Akihisa Takaisci yang berusia 33 tahun.

    Setelah mengerti apa yang diinginkan oleh sang presdir, akhirnya Harima dan Takaichi meninggalkan ruangan. Harima menyerahkan tugas ini sepenuhnya kepada Takaichi dan menyanggupinya.
    Tanpa diduga dia mencampurkan kedua minuman yang belum sempurna itu dan segera mencicipinya. “Ini baru enak!” ucapnya penuh keyakinan. Harima dan Takaichi ikut mencicipi. Harima membenarkan. Rasa pahitnya hilang, ujar Takaichi. Ternyata minuman instan rasa jeruk ini bisa membuat netral. Harima menjelaskan mungkin rasa pahit yang khas dari jeruk dapat menutupi rasa pahit yang tidak enak. Presiden Direktur Akihiko tersenyum dan kembali meminum racikan campurannya tadi dan tersenyum penuh kemenangan. Sejarah besar akan segera dimulai.
    Produknya diberi nama Pocari Sweat , yaitu kata Pocari yang memiliki kesan menyegarkan dan digabung dengan kata Sweat yang memiliki arti keringat dalam bahasa Inggris.
    Akihiko mengatakan bahwa keunggulan Pocari Sweat tidak bisa dirasakan kalau tidak diminum berulang-ulang. Jangan menghitung kerugian dulu, yang penting mensosialisasikankonsep produk secara tepat daripada menjual produk. Dengan demikian nanti konsumen akan mengerti konsep Pocari Sweat ujarnya dengan penuh keyakinan. Dan penjualan akan meningkat belakangan lanjutnya, ucapnya meyakinkan para marketing.

    Dengan konsep dan rasa yang sudah dimengerti konsumen dan hasilnya berbuah pada musim panas tahun kedua. Penjualan melonjak hingga 3 kali lipat dari Rp 900 milyar (1980)menjadi Rp 2,6 triliun (1981)
    Keyakinan Presiden Direktur Akihiko akhirnya berbuah. Untuk mencapai sebuah kesuksesan diperlukan perjuangan, kegigihan dan pengorbanan. Itulah filosofi yang dipegang teguh oleh Akihiko yang didapat dari ayah dan kakeknya.

    Dari video di atas dapat di simpulkan bahwa usaha yang di lakukan secara sungguh-sungguh tidak akan mengecewakan, dan dengan teknik marketing yang sesuai maka konsumen akan datang sendiri di kemudian hari.,

    BalasHapus
  8. @E30-Resi Utami
    Video yang sangat menginspirasi.
    Akihima ada direktur perusahaan minuman, beliau ingin membuat minuman kesehatan.dengan kerja keras dan pantang menyerah akihisa membuat minuman kesehatan. Pada awal peluncuran minuman trsbt mendapat komentar yg tdk bagus tetapi Presiden direktur akihiko tdk menyerah beliau menyuruh membagikannya secara gratis. Dan pada akhirnya mendapatkan komentar yg bagus dari customer dan mendapatkan pesanan berkali kali lipat,

    BalasHapus
  9. @E39-Yuni
    Yuni Maysaroh

    Review
    History of Pocari Sweat

    Tahun 1973
    Ide untuk menciptakan minuman cairan infus yang dapat diminum

    Tahun 1976
    Mengubah rasa cairan infus yang enak diminum, minuman kesehatan yang enak di tenggorokan, mengambil sampel keringat di tempat olahraga dan saat berjalan-jalan, melakukan pemeriksaan terhadap keringat tersebut berapa kadar garam nya, kemudian rasa pahit masih terasa dan menambahkan zat pemanis

    Mei 1979
    Dicoba lagi dan masih ada rasa pahit sudah 1000 jenis percobaan, kemudian ditambahkan dengan minuman serbuk jeruk dan rasanya enak juga rasa pahit tertutupi.

    Akhirnya penjualan minuman ditetapkan dengan pemberian nama yaitu Pocari yang berasal dari kata menyegarkan, Sweat yang berasal dari kata berkeringat.

    April
    Strategi pemasaran dilakukan dengan cara awal tim marketing berkeliling ke toko pengecer tetapi semua menolak.

    1980
    Strategi pemasaran kedua dilakukan.
    Keputusan bagikan dengan gratis dalam jumlah besar tak terbatas.

    1981
    Penjualan meningkat drastis 3x lipat dari sebelumnya

    Hingga saat ini perusahaan sudah menjual minuman di 16 negara, termasuk Indonesia dengan jumlah 500kaleng tahun 2009

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. @E32-Melia Ardaweis

    Dari tayangan video sejarah terbentuknua minuman Pocari Sweat, yang bisa Kita pelajari adalah :

    - Mengenali peluang usaha melalui keadaan pasar sekitar, dari video diatas, kebutuhan akan minuman berenergi saat it sedang dibutuhkan dan tren olahraga jogging
    - Butuh waktu panjang untuk mempelajari Dan mengembangkan minuman tersebut. Perlu waktu bertahun tahun untuk mencari tahu Dan mempelajari bagaimana rasa yang akan ditimbulkan dari minuman tersebut, apakah disukai dipasaran atau tidak.
    -Setelah sekian tahun melakukan riser Dan ujicoba, akhirnya ditemukam titik terang bagaimana menghilangkan rasa pahit dalam minuman yang dibuatnya dan menyesuaikan keseimbangan rasa.
    - Minuman kesehatan Pocari Sweat baik diminum saat keadaan tubuh berkeringan selepas berolah raga ataupun dengan kondisi badan lelah, sehingga Pocari Sweat bisa dikonsumsi dan menghasilkan rasa yany enak diminuman tersebut.
    - Dan dalam pemasarannya perusahaan melakukan banyak cara. Diawali dengan pemberian sample minuman ke beberapa kelompok masyarakat dengan aktivitas yang berbeda-beda, Dan setelahnya promosi dari mulut ke mulut mampu memperluas penjualan Pocari Sweat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Proyek C06
      @E32-Melia
      MELIA ARDAWEIS

      Dari tayangan video sejarah terbentuknua minuman Pocari Sweat, yang bisa Kita pelajari adalah :

      - Mengenali peluang usaha melalui keadaan pasar sekitar, dari video diatas, kebutuhan akan minuman berenergi saat it sedang dibutuhkan dan tren olahraga jogging
      - Butuh waktu panjang untuk mempelajari Dan mengembangkan minuman tersebut. Perlu waktu bertahun tahun untuk mencari tahu Dan mempelajari bagaimana rasa yang akan ditimbulkan dari minuman tersebut, apakah disukai dipasaran atau tidak.
      -Setelah sekian tahun melakukan riser Dan ujicoba, akhirnya ditemukam titik terang bagaimana menghilangkan rasa pahit dalam minuman yang dibuatnya dan menyesuaikan keseimbangan rasa.
      - Minuman kesehatan Pocari Sweat baik diminum saat keadaan tubuh berkeringan selepas berolah raga ataupun dengan kondisi badan lelah, sehingga Pocari Sweat bisa dikonsumsi dan menghasilkan rasa yany enak diminuman tersebut.
      - Dan dalam pemasarannya perusahaan melakukan banyak cara. Diawali dengan pemberian sample minuman ke beberapa kelompok masyarakat dengan aktivitas yang berbeda-beda, Dan setelahnya promosi dari mulut ke mulut mampu memperluas penjualan Pocari Sweat.

      Hapus
  12. @E20-Lina
    @proyek C06

    Assalamualaikum wr wb,
    video success story diatas sangat menginspirasi sekali, kita bisa belajar dr success story bagaimana cara mereka mendapatkan kekayaan melimpah, prestise dan ketenaran yg luar biasa.
    jika mereka bisa, mengapa kita tidak? karena pada dasarnya manusia memiliki waktu yg sama.

    Tidak ada keberhasilan yg singkat, dan setiap orang pernah menjadi pemula. jika dilihat dr dekat, kesuksesan dlm semalampun memakan waktu yg lama. jadi jangan prn takut menginvestasikan waktu pada perusahaan tempat kita bekerja.

    Terimakasih.

    BalasHapus
  13. @E15-Dwi,Dwi Setiawan

    Di dalam vidieo mengenali peluang usaha dan memilih jenis usaha dilakukan dengan penuh perhitungan yang matang,peluang usaha sering kali berasal dari ide-ide atau gagasan yang muncul secara spontan dari fikiran berdasarkan fakta atau kejadian yang kita alami, dalam memilih jenis usaha produk yang kita buat haruslah sekreatif dan jarang di temui di pasaran,dengan begitu orang akan tertarik dengan produk yang kita akan buat,perasaan dan oprasionalisasi kerja di lakukan dengan perancangan yang sangat matang,dengan cara melakukan riset dan penelitian dengan waktu yang sangat lama,dalam hal ini antara orang/karyawan dan juga pemilik perusahaan haruslah satu tujuan agar terciptanya suatu produk yang akan di jual belikan sehingga laku di pasaran,sikap bertanggung jawab,ulet dan pantang menyerah harus di tanamkan pada setiap orang/karyawan dan juga untuk pemilik perusahaan.
    Dalam pengelolaan keuangan untung dan rugi sudah lah menjdi hal yang wajar di alami pada semua orang pegusaha di berbgai jenis usaha,moda banyak dan sedikit juga bisa di tentukan dari jenis bisnis yang akan ditekuni,intinya bayak sedikitnya modal tidak begitu berpengaruh asal niat,ulet dan optimis.
    Dan untuk srategi pemasaran dilakukan dengan cara memasarkan mulai dari toko ketoko bahkan dari orang ke orang,dalam pemasaran perlu adanya promosi untuk pengenalan produk yang akan dibuat,promosi-promosi tersebut dapat di lakukan secara gratis agar para masyarakat mau mencoba dan menilai produk yg kita buat,disini pun sikap tangung jawab,ulet dan optimis juga harus di terapkan denga begitu produk yang akan kita jual belikan akan cepat di kenal dan mendapatkan respon yg baik dari masyarakat.

    BalasHapus
  14. @E35-uji
    Pemimpin harus mampu dan berani, mengambil keputusan. Selain itu harus mempunyai tekad yang kuat. Team yg solid jga akan menentukan sebuah perusahaan itu akan berhasil apa tidak. Dalam video tersebut kita diajarkan, bagaimna kita bisa menemukan produk sampai gimana caranya memasarkan produk. Terlebih membuat kita untuk bisa berpikir out of the box. Dan yang ngga kalah penting, kita diajarkan untuk pantang menyerah.

    BalasHapus
  15. @Proyek C06
    @E38-Astri

    Setelah menonton tayangan mengenai history pengembangan produk pocari sweat saya dapat mengambil kesimpulan terkait materi bab 6 sampai 10 terutama mengenai ide kreatif dan pengembangan bisnis.
    Ide kreatif dapat muncul dalam setiap pikiran manusia, tetapi cara yang sulit yaitu bagaimana mengembangkan ide kreatif itu menjadi hal yang nyata dan dapat diterima di masyarakat. Pada video ini terlihat perjuangan dari 3 orang pengembang yaitu Akihiko, Harima, dan Takachi. Begitu sulit proses yang mereka lalui, bahkan sampai bertahun-tahun. Berawal dari ide kreatif Harima untuk membuat cairan infus menjadi minuman kesehatan.
    Mengenali peluang adalah hal penting dalam sebuah bisnis.
    Perencanaan dan operational usaha juga harus diperhatikan, terlihat dalam pengembangan produk pocari sweat. Akihiko sebagai Direktur mengambil keputusan yang sangat mengagetkan saat ingin memberikan pocari secara gratis saat peluncuran pertama produk pocari tidak diterima di masyarakat. Karena Ia percaya jika menanam sekarang, nantinya akan berbuah, keuangan juga harus direncanakan jangan sampai salah ambil keputusan. Otsuka rugi sampai 400 M , tetapi kemudian hari saat masyarakat sudah terbiasa dengan rasa nya, mereka menjadi menyukainya. Hal diatas juga termasuk dalam strategi pemasaran, harus memilih cara terbaik dalam memasarakan sebuah produk, walaupun ditolak di masyarakat, kalau kita sudah yakin walaupun awalnya harus rugi, kita harus tetap konsisten pada produk yang ditawarkan.
    Lingkungaj sekitar menjadi peran utama dalam penjualaj produk, dalam video kita lihat para marketing membagikan minuman gratis di lingkungan sekitar, selalu berusaha dan pantang menyerah adalah kunci utama kesuksesan dari sebuah ide kreatif.
    Sekian dan terima kasih

    BalasHapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  17. @E31-Fera
    (Ferawaty Gunawan - 43216110183)

    Sejarah singkat awal mula nya minuman pocari sweet adalah Mr. Rokuro Harima mengusulkan untuk mengubah cairan infus menjadi Minuman ringan untuk kesehatan. Awalnya peluang ini ditolak oleh Mr. Tokushima Akihiko karena belum saatnya, seiring berjalannya waktu karena banyak masyarakat yang jogging akhirnya presiden direktur memulai perencanaan menciptakan minuman kesehatan ini. Setelah hampir 3 tahun terciptalah minuman pocari sweet (minuman ringan untuk kesehatan), peluncuran pertama minuman ini mendapatkan tanggapan negatif daripara direksi namun karena keyakinan Mr Tokishima Akihiko untuk tetap menjual minuman ini. Pembeli menolak karena rasa minuman ini aneh. Lalu keputusan yang di ambil Mr Tokishima Akihiko adalah membagikan secara gratis, peluang yang diambil ini bertujuan agar para pembeli dapat merasakan segarnya minuman ringan ini. Lalu perencanaan strategi pemasarannya yang di lakukan oleh pihak marketing adalah membagikannya kepada para pemain baseball, ke tempat sauna, dan kepada orang yang sedang berkeringat dan hasilnya mendapatkan tanggapan yang positif. Mulai lah laris minuman ini disaat musim panas dan sampai sekarang ini, telah terjual ke 16 negara termasuk Indonesia.

    BalasHapus
  18. @E14-Donni Setiawan
    @Proyek C06
    Inovasi dalam pengembangan atau pengadaan produk baru haruslah diperlukan didalam suatu bisnis, akan tetapi dalam pengadaan produk baru tersebut juga harus memperhatikan beberapa aspek salah satunya adalah kebutuhan pasar sekarang serta ketertarikan produk tersebut di pasar yang telah ada.
    Semangat para pemimpin muda seperti yang dimiliki presdir Akahiko, Harima dan Takahichi dalam menciptakan produk, pengambilan keputusan serta keberanian mengambil resiko inilah yang seharusnya bisa kita ciptakan bagi para wirausahawan di indonesia serta strategi yang ditempuh dalam pengembangan produk di pasar baru perlu untuk contoh
    Dan pada akhirnya seluruh usaha yang telah mereka lakukan telah membuahkan hasil, sampai saat ini produk minuman mereka telah dikenal semua orang dan telah dijual diberbagai negara serta pocari sweat menjadi pemasok / investor dana yang paling besar diperusahaaan farmasi yang dipimpin Akahiko

    BalasHapus
  19. @E40-Okta,
    Tri Oktafiani
    Mengenai Video Tersebut

    Untuk membuat sesuatu usaha yang dapat diterima setiap kalangan dan bertahan dalam Jangka Panjang memang tidak mudah,Konsep Produk harus difikirkan secara detail dan matang.Ide dalam membuat sesuatu usaha dapat kita buat dengan cara menggali kebutuhan masyarakat banyak yang menjadikan produk tersebut berbeda dari produk yang lain.
    Bukan hanya mematangkan pada konsep Produk melainkan untuk memberikan kepada masyarakat banyak belum tentu dapat diterima langsung untuk itu pentingnnya Strategi harus diambil dengan berbagai cara mulai dari menawarkan orang perorang,membuka store, diberbagai event untuk pengenalan produk serta pemahan dan penjelas produk.tentunya pada strategi pemasaran pun harus banyak resiko yang memang harus diambil dalam sebuah usaha bahkan dapat merugikan usaha tersebut terlebih dahulu.namun pada Strategi Pemasaran yang terus mencari celah untuk produk dapat diterima adalah menyesuaikan produk dengan kebutuhan masyrakat ketika kita yakin produk yang dikeluarkan bermanfaat,Optimis dalam kondisi seperti apapun akan menuai hasil dan dampak yang baik atau keuntungan yang besar bagi usaha tersebut

    BalasHapus
  20. @E18-David
    @Proyek C06

    Setelah menonton tayangan mengenai cerita tentang produk pocari sweat
    Mengenali peluang adalah hal penting dalam sebuah bisnis.
    Perencanaan dan operational usaha juga harus diperhatikan, terlihat dalam pengembangan produk pocari sweat. Akihiko sebagai Direktur mengambil keputusan yang sangat mengagetkan saat ingin memberikan pocari secara gratis saat peluncuran pertama produk pocari tidak diterima di masyarakat. Karena Ia percaya jika menanam sekarang, nantinya akan berbuah, keuangan juga harus direncanakan jangan sampai salah ambil keputusan (prinsip marketing) Otsuka rugi sampai 400 M , tetapi kemudian hari masyarakat sudah terbiasa dengan rasa nya, mereka menjadi menyukainya. Hal diatas juga termasuk dalam strategi pemasaran, harus memilih cara terbaik dalam memasarakan sebuah produk, walaupun ditolak di masyarakat,kita harus tetap konsisten pada produk yang ditawarkan.
    Lingkungan sekitar menjadi peran utama dalam penjualan produk, selalu berusaha dan pantang menyerah adalah kunci utama kesuksesan.

    Terima kasih

    BalasHapus
  21. @E18-David
    @Proyek C06

    Setelah menonton tayangan mengenai cerita tentang produk pocari sweat
    Mengenali peluang adalah hal penting dalam sebuah bisnis.
    Perencanaan dan operational usaha juga harus diperhatikan, terlihat dalam pengembangan produk pocari sweat. Akihiko sebagai Direktur mengambil keputusan yang sangat mengagetkan saat ingin memberikan pocari secara gratis saat peluncuran pertama produk pocari tidak diterima di masyarakat. Karena Ia percaya jika menanam sekarang, nantinya akan berbuah, keuangan juga harus direncanakan jangan sampai salah ambil keputusan (prinsip marketing) Otsuka rugi sampai 400 M , tetapi kemudian hari masyarakat sudah terbiasa dengan rasa nya, mereka menjadi menyukainya. Hal diatas juga termasuk dalam strategi pemasaran, harus memilih cara terbaik dalam memasarakan sebuah produk, walaupun ditolak di masyarakat,kita harus tetap konsisten pada produk yang ditawarkan.
    Lingkungan sekitar menjadi peran utama dalam penjualan produk, selalu berusaha dan pantang menyerah adalah kunci utama kesuksesan.

    Terima kasih

    BalasHapus
  22. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  23. @E13-Iqbal @Proyek C06
    Muhamad Iqbal
    Banyak cara untuk melihat peluang usaha yang terjadi di sekitar kita, itulah yang dilakukan oleh presiden perusaha otsuka, dimana pada saat itu di jepang sedang gencar gencar nya jalan sehat pada masyarakat jepang, tetapi pada saat itu belum ada minuman ringan yang bisa mengganti/mengembalikan ion yang telah keluar melalui keringat. adapun peluang usahanya :
    1. mengenali kebutuhan pasar
    2. memadukan bisnis yang telah ada
    3. mengenali tren yang ada
    4. mewaspadai kemungkinan yang ada

    Setelah mengenali peluangusaha maka langkah selanjutnya adalah melakukan riset mengenai minuman ringan yang akan di ciptakan, minuman ringan yang sehat. Setelah melakukan riset yang telah dilakukan sekian lama, maka terciptalah pocari sweat.
    langkah selanjutnya adalahstrategi pemasaran:
    1. membagikan secara gratis minuman pocari sweat
    2. mengenal pasar yang akan di jangkau
    3. memberikan pelayanan khusus pada pelanggan

    Itulaha salah satu kunci terciptanya minuman ringan menyehatkan yang melegenda yaitu POCARI SWEAT.

    BalasHapus
  24. E33-YULI PURWANTI

    Pada tahun 1976 akhihiko otsuka meneruskan pengembangan pabrik pharmasi yg bernama otsuka pharmaceutical. disini akihiko awalnya hanya mengembangkan produk yg diproduksi sampai suatu ketika pak hariman bagian pengembangan produk memiliki usul untuk membuat produk minuman cairan infus. awalnya presdir akihiko menolak masukan ini sampai 3 tahun kemudian presdir akihiko memanggil oak hariman dan akihisa untuk mengembangkan produk minuman stamina baru yg rasanya enak yg mengandung elektrolit untuk menggantikan ciran tubuh setelah berolah raga atau beraktifitas karena pd th tersebut sedang tren olahraga jogging. selama 3 tahun akihisa mengembangkan usaha ini hingga akhirnya berhasil. intinya untuk mengembangkan produk kita harus tau sasaran pemebeli.

    hingga pada rapat direksi presidir akihika memberitahukan akan memasarkan produk baru namun mendapat respon yg negatif tapi presdir akihika memutuskan untuk tetap memasarkan produk ini. karena beliau yakin peluang ini bisa berhasil dikemudian hari. ditahun pertama penjualan pocari sweat mengalami kerugian hingga 400m karena menurut akihiko dia akan menjual produk yg tidak biasa maka masyarakat harus mencobanya secara terus menerus hingga mengenal produk tsb. dan membagikan secara gratis. hingga pada tahun ke 2 mulai penjualan pocari sweat membuahkan hasil.

    BalasHapus
  25. @E28-Yasni Lavinia Susanti

    Video ini sangat menginspirasi bagi orang orang yang baru mulai dan bahkam sedang menjalankan suatu usaha . Menapa ??
    Disini dapat kita liat betapa optimis dan kerja kerasnnya peneliti untuk menghasilkan produk' yang benar" ia inginkan yaitu minuman ion .
    Disamping itu sang direktur juga sangat berani untuk mengambil resiko yang saya pikir semua orang belum tentu berani seperti beliau. Memberikan sample tester hingga lebih dari total Rp 400 M rupiah .
    Berkat kerja keras dan kegigihan mereka pada tahun ke dua PT. Otsuka mendapatkan keuntungan yang sangat besar yaitu 3 kali lipat sekitar 2.6 T rupiah .
    Dari video yang diambil diharapkan kita menjadi sesosok orang yang tidak mudah menyerah akan keadaan gigih meraih hal apa yang kita inginkan.

    BalasHapus
  26. @E34-Ahmad

    Sebelum memulai kita harus mengenali peluang jenis usaha apa yg kita buat,
    Merencanakan ide gagasan abegitu hasil usaha yg baik dapat kita raih dengan usaha,keberanian, dan kerja keras. Jangan jadikan cemooh/ejekan orang lain menjadi batu sandungan jadikanlah semua itu motivasi kita untuk menjadi yg lebih baik lagi.
    Dalam pemasaran produk lakukanlah sosialisasi agar konsumen tidak hanya mendapatkan barangnya saja tanpa mengetahui manfaat tersebut
    Hasil tidak akan mengkhianati proses

    BalasHapus
  27. @Proyek C06
    @E23-Yulius Adi Prasetya

    Dari Video di atas, adalah sejarah mengenai munculnya terbentuknya minuman yg selama ini sering kita minum.
    Banyak hal yang baru saya ketahui tentang tersebut.
    Dan ternyata membuat sesuatu itu perlu penelitian dan perlu ketepatan dalam berfikir dan bertindak .
    Di Video tersebut juga menjadi inspirasi saya. Bahwa jangan pernah menyerah, meskipun jumlah percobaan sudah lebih dari 100 kali.
    Video yang sangat menginspirasi.
    Dari sini saya belajar tentang : kerja keras, pantang menyerah dalam mencari ide baru, berani beresik, yakin akan apa yang di kerjakan, penuh perhitungan, dan selalu semangat.

    Semoga nantinya sapat meniru pola pikir dan dapat membuat sesuatu yg luar biasa untuk bisnis saya.
    Terimakaisih.

    BalasHapus
  28. @E21-sandi
    @proyek C06

    Inovasi Butuh Kerja Keras

    Menciptakan sebuah inovasi merupakan salah satu cara mengembangkan usaha yang sedang kita jalankan,
    Seperti dalam video di atas, salah satu perusahaan farmasi, mencoba berinovasi menciptakan produk baru, yaitu minuman kesehatan.
    Terkadang sebuah ide muncul tiba-tiba, dan mampu mengubah ide tersebut menjadi sebuah peluang untuk menciptakan produk baru.
    Ketika sebuah ide muncul, kita harus bisa mengembangkan ide tersebut.
    Akan tetapi sebuah ide atau produk yang baru harus bisa diterima konsumen supaya produk laku dijual di pasaran, jafi sudut pandang pembeli harus sangat diperhatikan.
    Dalam membuat inovasi tentu tidak bisa langsung sekali jadi, perlu dilakukan percobaan-percobaan demi mendapatkan hasil yang diinginkan, dan tentu percobaan ini butuh banyak biaya.
    Untuk pemasaran melihat video di atas, mereka membagikan produk secara gratis, tujuannya untuk mengenalkan produk mereka,walaupun pada awalnya mereka mengalami kerugian, akan tetapi pada tahun berikutnya mereka mendapatkan omset yang fantastis, karena konsumen mulai mengenal produk baru ini, dan tahu bagaimana cara menikmati produk ini.
    Kerja keras membuahkan hasil yang manis di akhir.

    BalasHapus
  29. @E22-Jessica
    @Proyek C06
    Jessica A. S. Siahaan

    Berawal dari seorang penanggung jawab, Rokuro Harima yang membawa cairan infus produksi Otsuka Pharmaceutical, menghadap Akihiko dan mengusulkan agar cairan infus yang dibawanya itu dijadikan minuman.
    Harima menceritakan kisahnya mengapa dia mengusulkan agar cairan infus dijadikan minuman.
    Suatu hari Harima mendatangi Akihiko dengan membawa seorang staf. Staf itu adalah Akihisa Takaichi (yang juga seorang peneliti). Akihiko memanggil mereka berdua agar Harima & Takaichi mengembangkan cairan infus yang pernah Harima ceritakan. Akihiko berkeinginan untuk menciptakan minuman kesehatan yang komposisinya sama dengan keringat sehingga menambah elektrolit. Lalu konsep rasapun disampaikan secara jelas, agar saat diminum enak di tenggorokan.
    Dari pagi hingga malam, masalah penelitian tak pernah terlepas dari pikiran Takaichi. Dan akhirnya terlintas ide dengan menambah zat pemanis alami untuk menghilangkan rasa pahitnya. Harimapun mencicipi minuman tersebut, dan mengatakan bahwa rasanya masih terlalu manis dan keseimbangan rasanya tidak tepat. Kadar gulanyapun harus dibawah 10%. Takaichipun kembali melakukan penelitian. Dalam penelitiannya, Takaichi mengalami maju mundur.
    Suatu malam, Takaichi membeli beberapa jenis jeruk dan mencampurnya dengan minuman kesehatan, lalu dicoba diminum. Dan akhirnya, Takaichi mendapatkan rasa yang pas dengan salah satu jenis jeruk untuk menutupi rasa pahit. Jenis buah tersebut merupakan rahasia perusahaan Otsuka Pharmaceutical sampai sekarang ini.
    Yakin pada kepekaan dirinya dan Harima, Akihiko kemudian memutuskan untuk menjual minuman tersebut.Produknya diberi nama POCARI SWEAT. Kata POCARI yang memiliki kesan menyegarkan, dan kata SWEAT yang memiliki arti keringat.
    Untuk mencoba menawarkan secara langsung kepada konsumen, dibukalah kios diberbagai event dan menjualnya dengan harga Rp. 10.000,00. Tetapi reaksi konsumen yang meminum POCARI SWEAT sangat buruk sesuai yang dicemaskan direksi.
    Saat itu, Presiden Direktur Akihiko mengeluarkan keputusan yang mengagetkan. Yaitu membagikan POCARI SWEAT secara gratis dan tidak terbatas.
    Namun, kerugian pada perusahaan terus meningkat karena pembagian gratis POCARI SWEAT tersebut. Dengan keyakinannya yang kuat agar di masa depan perusahaanya memperoleh untung, dia tetap ingin membagikan gratis POCARI SWEAT sepanjang tahun tersebut. Akihiko berprinsip, “Kalau sekarang menebarkan benihnya, pasti akan berbuah banyak dikemudian hari”.
    Satu tahun kemudian, pada tahun 1981, musim panas hampir tiba. Pada musim panas tahun kedua penjualan, tiba – tiba POCARI SWEAT mulai laris secara drastis. Denagn cara memberikan produk secara gratis, konsep dan rasa POCARI SWEAT telah dimengerti oleh para konsumen. Dan hasilnya, berbuah pada musim panas tahun kedua. Penjualan POCARI SWEAT melonjak 3x lipat dari tahun sebelumnya.

    BalasHapus
  30. Kode Tugas : @E29-Nike
    Nama : Nike Meiske Emeli
    NIM : 43216110130
    Kode Proyek : @Proyek Co6


    Kisah sukses Penjualan Pocari Sweat sangat butuh perjuangan. Dimana Perusahaan Otsuka Pharmaceutical yang dikelola oleh Presiden Direktur bernama Akihiko Otsuka 35 Tahun, ingin menciptakan pasar baru yang belum pernah ada. Otsuka ingin menciptakan minuman kesehatan, tetapi bisa diminum setiap hari yang dimana dikembangkan oleh peneliti-peneliti Perusahaan Otsuka dimana salah satunya adalah Takaichi 36 Tahun. Pada tahun 1976 di Jepang sedang trend olahraga jogging. Pada saat itu Otsuka ingin menciptakan produk yang belum pernah ada. Maka, dia pun menciptakan minuman kesehatan berkaitan dengan trend jogging yang terjadi di Jepang tersebut. Otsuka menciptakan minuman kesehatan karena pengalaman peneliti nya bernama Harima. Harima berani untuk menciptakan minuman kesehatan karena pengalaman nya ketika Dia sakit di Mexico dimana pada saat itu air minum di Mexico sangat terkontaminasi. Maka, dia mengajukan kepada Otsuka minuman berupa cairan infus yang dapat diminum.

    Pada saat itu, Harima membawa Takaichi kepada Otsuka untuk memberitahukan bahwa Takaichi akan mengembangkan produk tersebut. Percobaan pertama minuman yang dibuat gagal karena minuman tersebut rasanya pahit. Percobaan kedua pun gagal karena minuman nya ditambah zat pemanis alami dimana rasanya sangat manis. Tetapi, Takaichi tidak menyerah sedikitpun dan Dia pun selalu membuat percobaan hingga 1000 kali percobaan gagal. Pada saat percobaan minuman Takaichi dicampur oleh percobaan serbuk instan rasa jeruk yang dilakukan peneliti lain yang tak sengaja dicampur oleh Otsuka, ternyata membuahkan hasil. Dimana rasanya sangat enak dan segar. Dimana kadar gula minuman kesehatan yang diciptakan di bawah kadar gula 10%. Dimana minuman yang diciptakan untuk mereka yang sedang kekurangan cairan karena beraktivitas dan mengeluarkan keringat yang banyak. Penelitian yang dilakukan Takaichi yaitu dari analisa keringat ketika Dia berada di Sauna dan keringat nya ketika berjalan-jalan. Akhirnya, minuman yang ingin diciptakannya adalah minuman komposisi keringat pada saat berjalan-jalan. Ketika minuman kesehatan tersebut sudah diciptakan siap untuk dipasarkan yang sudah dinamakan Pocari Sweat, Otsuka pun langsung mengadakan rapat dengan para direktur senior untuk mengumumkan minuman kesehatan yang mereka ciptakan. Tetapi, reaksi para direktur sangat buruk karena rasanya yang aneh. Rapat pun sempat ricuh, tetapi Otsuka tidak menyerah sehingga Ia menyarankan para direktur untuk meminum Pocari Sweat tersebut ketika mereka sedang berkeringat.

    April 1980, penjualan pertama dimulai. Para marketing menawarkan ke berbagai banyak toko pengecer. Tetapi, reaksi mereka buruk. Lagi-lagi dikarenakan rasanya yang aneh. Otsuka pun berpikir keras bagaiman caranya agar minuman kesehatan yg mereka ciptakan dapat dirasakan sebagian banyak orang. Maka, dengan keyakinan yang kuat tanpa melihat keuntungan, Otsuka pun membagi-bagikan Pocari Sweat secara gratis tak terbatas kepada masyarakat. Hingga nilai nominal yang dibagikan secara gratis tersebut mencapai 400 Miliar. Mereka membagikan gratis kepada anak-anak yang sedang bermain baseball hingga ibu-ibu yang sedang berjalan keringatan, tetapi reaksi konsumen sangat baik. Maka, mereka pun yakin untuk tetap membagikan minuman tersebut hingga Pocari Sweat mulai dikenal di masyarakat. Pendapatan mereka pada tahun 1980 mencapai 900 Miliar dimana keuntungan nya sangat sedikit. Pada tahun kedua 1981, musim panas tiba penjualan Pocari Sweat habis diberbagai tempat hingga mencapai keuntungan 2,6 Triliun. Otsuka berkeyakinan bukan keuntungan di awal yang dicari tetapi masa depan yang dilihat. Hingga saat ini, penjualan Pocari Sweat sudah merabah di 16 negara termasuk Indonesia.


    Sekian dan Terima Kasih

    BalasHapus
  31. @E22-Jessica
    @Proyek C06
    Jessica A. S. Siahaan

    Berawal dari seorang penanggung jawab, Rokuro Harima yang membawa cairan infus produksi Otsuka Pharmaceutical, menghadap Akihiko dan mengusulkan agar cairan infus yang dibawanya itu dijadikan minuman.
    Harima menceritakan kisahnya mengapa dia mengusulkan agar cairan infus dijadikan minuman.
    Suatu hari Harima mendatangi Akihiko dengan membawa seorang staf. Staf itu adalah Akihisa Takaichi (yang juga seorang peneliti). Akihiko memanggil mereka berdua agar Harima & Takaichi mengembangkan cairan infus yang pernah Harima ceritakan. Akihiko berkeinginan untuk menciptakan minuman kesehatan yang komposisinya sama dengan keringat sehingga menambah elektrolit. Lalu konsep rasapun disampaikan secara jelas, agar saat diminum enak di tenggorokan.
    Dari pagi hingga malam, masalah penelitian tak pernah terlepas dari pikiran Takaichi. Dan akhirnya terlintas ide dengan menambah zat pemanis alami untuk menghilangkan rasa pahitnya. Harimapun mencicipi minuman tersebut, dan mengatakan bahwa rasanya masih terlalu manis dan keseimbangan rasanya tidak tepat. Kadar gulanyapun harus dibawah 10%. Takaichipun kembali melakukan penelitian. Dalam penelitiannya, Takaichi mengalami maju mundur.
    Suatu malam, Takaichi membeli beberapa jenis jeruk dan mencampurnya dengan minuman kesehatan, lalu dicoba diminum. Dan akhirnya, Takaichi mendapatkan rasa yang pas dengan salah satu jenis jeruk untuk menutupi rasa pahit. Jenis buah tersebut merupakan rahasia perusahaan Otsuka Pharmaceutical sampai sekarang ini.
    Yakin pada kepekaan dirinya dan Harima, Akihiko kemudian memutuskan untuk menjual minuman tersebut.Produknya diberi nama POCARI SWEAT. Kata POCARI yang memiliki kesan menyegarkan, dan kata SWEAT yang memiliki arti keringat.
    Untuk mencoba menawarkan secara langsung kepada konsumen, dibukalah kios diberbagai event dan menjualnya dengan harga Rp. 10.000,00. Tetapi reaksi konsumen yang meminum POCARI SWEAT sangat buruk sesuai yang dicemaskan direksi.
    Saat itu, Presiden Direktur Akihiko mengeluarkan keputusan yang mengagetkan. Yaitu membagikan POCARI SWEAT secara gratis dan tidak terbatas.
    Namun, kerugian pada perusahaan terus meningkat karena pembagian gratis POCARI SWEAT tersebut. Dengan keyakinannya yang kuat agar di masa depan perusahaanya memperoleh untung, dia tetap ingin membagikan gratis POCARI SWEAT sepanjang tahun tersebut. Akihiko berprinsip, “Kalau sekarang menebarkan benihnya, pasti akan berbuah banyak dikemudian hari”.
    Satu tahun kemudian, pada tahun 1981, musim panas hampir tiba. Pada musim panas tahun kedua penjualan, tiba – tiba POCARI SWEAT mulai laris secara drastis. Denagn cara memberikan produk secara gratis, konsep dan rasa POCARI SWEAT telah dimengerti oleh para konsumen. Dan hasilnya, berbuah pada musim panas tahun kedua. Penjualan POCARI SWEAT melonjak 3x lipat dari tahun sebelumnya.

    BalasHapus
  32. @Proyek C06,
    @E05-Yuda
    Yuda Setiawan

    Tanggapan saya mengenai tayangan video kisah sukses vocary sweat sebagai berikut ;
    Dari ide awal hingga diterimanya ide itu memakan waktu 3 tahun. Dalam pengembangan hingga bisa menjadi suatu produk yang dikehendaki diperlukan waktu hampir 3 tahunan. Ketika dalam rapat direksi tentang produk yang ingin diproduksipun juga banyak mendapat tanggapan yang tidak pro tentang produk yang dimaksud. Ketika sudah mulai diproduksipun juga banyak mendapatkan penolakan. Butuh beberapa tahun untuk produk tersebut dikenal dan diminati konsumen. Bahkan dalam promosinya sampai-sampai diberikan secara gratis dan diproduksi secara besar-besaran hingga membuat perusahaan rugi ratusan milyar.

    Namun setelah dua tahun kemudian, produk tersebut menjadi suatu produk yang luar biasa..!!! Dan terus berkembang hingga saat ini.
    Pesan kepada diri saya sendiri dan teman-teman:
    Jangan mudah putus asa dengan impian yang ingin kita gapai. Ingat perjuangan produk pocari sweat tidak dikembangkan hanya sekali dua kali, setahun dua tahun. Ketika suatu saat apa yang kita bikin menjadi sesuatu yang bermanfaat, rasanya pasti akan bahagia sekali. Dan hal tersebut tidak bisa dibeli dengan uang.
    Bangun Inspirasi, kesuksesan memang terkadang harus melalui proses panjang. Namun jika kita meyakini suatu ide akan jadi kesuksesan, kita akan terus berusaha melaluinya. Meskipun perjuangannya memang tak mudah. 

    BalasHapus
  33. @E17-Arief
    Arief Risaldi

    Peluang usaha yang terdapat pada video tersebut yaitu mencoba membuat minuman kesehatan pengganti ion tubuh karena pada saat itu jepang sedang mengalami trend jogging sehingga terdapat peluang usaha di sana. Dengan hal tersebut Otsuka Pharmaceutical memilih jenis usaha minuman kesehatan dengan rasa yang enak di minum.

    Perencanaan dan operasionalisasi usaha tersebut dengan cara menawarkan kepada seluruh masyarakat melalui warung-warung dan membagikan ke orang-orang yang berkeringat.

    Mengelola keuangan usaha dengab memberanikan untuj mengalami kerugian terlebih dahulu karena Akihiko Otsuka merasa yakin akan produk yang dia ciptakan.

    Strategi pemasarannya adalah dengan cara membagikan secara gratis ke orang-orang yang sedang berkeringat di seluruh jepang sampai akhirnya di minati oleh banyak orang.

    BalasHapus
  34. @E06-Riza,@ProyekC06
    Nama : Riza Ali Akbar

    Perkembangan usaha dan bisnis adalah salah satu yang tak bisa dihilangkan dalam berwirausaha.
    Karena dari situlah sebagai pengusaha perlu mengembangkan usaha juga produk yang telah ada maupun yang belum ada atau berinovasi untuk mengembangkan usaha yang telah ada. Berikut adalah :
    "Strategi membuat usaha dan produk yang baru agar diminati oleh konsumen"
    1. Berinovasi
    Mencobalah untuk bereksperimen dengan usaha dan produk yang belum ada dipasaran.
    2. Rekrut orang yang mempunyai potensi.
    Ajak orang untuk ikut serta berinovasi dalam usaha yang akan kita buat dan pastikan orang yang akan direkrut adalah orang yang benar-benar mempunyai potensi.
    3. Jangan pernah putus asa
    Sabar, tekun, dan penuh keyakinan atas usaha yang kita lakukan akan menumbuhkan buah.
    4. Ambil keputusan yang bijak
    Tak perlu didengar dan diambil pusing dengan omongan orang lain, buatlah semua itu sebagai motivasi untuk mensukseskan usaha
    5. Marketing
    Saat memulai launching produk perlu lokasi-lokasi strategis untuk lebih dikenal dengan konsumen.
    6. Berani mengambil resiko
    Konsep ini butuh perincian yang detail dan perhitungan yang matang agar tidak merugikan perusahaan. Dan jangan semata-mata hanya memikirkan keuntungan saja, tapi pentingkanlah produk yang kita miliki bermanfaat untuk konsumen juga dikenal oleh mereka.karena jika konsumen sudah mengenal produk usaha mereka akan mencari tanpa dipromosikan

    -dibalik kerja keras dan kesulitan yang dihadapi, disitu ada kesuksesan dan kemudahan

    BalasHapus
  35. @Proyek C06
    @E27-Listiyono

    Setelah melihat video diatas dapat disimpulkan bahwa seorang wirausahawan harus memiliki "keberanian" yang mwnakjubkan untuk mengubah sesuatu yang tidak berarti menjadi kesuksekan seperti yang dilakukan oleh Perusahaan Otsuka Pharmaceutial.

    Dan harus berani memanfaatkan setiap "kegagalan" menjadi "peluang", bukan sebaliknya menghindari "kegagalan" tersebut.

    Dalam kondisi apa pun, wirausahawan juga harus siap mengambil resiko dari setiap keputusan-keputusan yang merugikan perusahaan.

    Terima kasih

    BalasHapus
  36. @Proyek C06, @E08-RAKA
    Raka ardi pratama

    History of pocari sweet

    PT Otsuka, merupakan salah satu perusahaan dalam bidang medis atau farmasi dengan produk unggulanya adalah infus. seorang ahli rasa yg bekerja pada perusahaan tersebut memiliki pengalaman pada saat di meksiko saat itu sedang kekeringan/krisis air bersih dari pengalamannya tersebut ahli tersebut yaitu rokuro harima mengajukan sebuah inovasi yaitu membuat infus yang dapat diminum secara langsung. pada saat pergantian presiden direktur menjadi akihiko otsukainivasi tersebut mulai dijalankan penilitianya yg dilakukan oleh staf takaichi. takaichi memulai penelitian dengan mendatangi sauna dan juga berjalan dipinggir pabrik, ditemukan bahwa kandungan keringat pada sauna dengan berbeda yaitu lebih rendah kandungan natrium pada sauna sehingga sample tersebut dijadikan contoh lalu dilakukan peneliti sesuaui standar sample sauna. dilakukan beberapa uji coba dan kemudian gagal dan gagal.
    pada saat takaichi ingin memeberikan sampel kepada pres direktur ada seorang staf juga memberikan sampel dan keduanya belum sempurna. akhirnya presiden direktur mencetuskan ide dengan mencampur keduanya dan jasilnya memuaskan. lalu takaichi kembali melakukan percobaan / penelitian pada sampel yg sudah jadi untuk memaksimalkan.
    produk jadi dipasarkan oleh staf marketing ke toko toko langganan namun ditolak karena rasanya tidak manis.
    sehingga presiden direktur melakukan sebuah kejutan yang gila dengan membagikan ke pada orang. hal ini dilakukan agar orang dapat mengerti manfaat / khasiat minuman ini untuk tubuh. dan hal ini terbukti ampuh dalam beberapa hari mampu mendapatkan lebih banyak pelanggan dan keuntungan. pada tahun pertama penjualan mendapatkan 900 milyar menjadi 2.6 milyar pada tahun kedua Pemasaran

    BalasHapus
  37. @Proyek C06
    @E11-Bayu
    Kurniyanto Bayu Anggoro

    Pabrik Otsuka Pharmaceutical, saat kepemimpinan Akihiko Otsuka. Dia ingin menciptakan produk minuman yang akan dijadikan produk andalan. Dia ingin menjual minuman yang enak dan menyehatkan. Akhirnya ditemukan Pocari Sweat. Setelah melalui proses yang sangat panjang, mulai dari penelitian, pemasaran, akhirnya produknya berhasil laris dijual.

    Dari video tersebut, terlihat dari cara pemimpin perusahaan dalam melihat peluang, lingkungan, dan memasarkan produknya.

    Terima Kasih

    BalasHapus
  38. @C09-Tri
    Trisusanto

    Perusahaan dari jepang yang bernama Otsuka Pharmaceutical Co., Ltd. Dipimpin ol3h direktur Akihiko Otsuka dan dibantu sang ahli rasa Rokuro Harima. Pada awalnya mereka ingin membuat minuman yang berfungsi seperti infus. Dan Takaichi adalah peneliti yang bertugas sebagai peneliti untuk menemukan rasa yang tepat. Mereka ingin membuat minuman sehat yang menyegarkan, lalu Takaichi perpikir dengan cara pergi ke sauna agar mengerti apa itu keringat. Setelah mendapat sampel keringat dari sauna, dia berjalan berkeliling pabrik dan mengambil keringat yang menetes sebagai sampel yang kedua. Setelah diteliti akhirnya Takaichi mendapatkan minuman namun setelah diberikan kepada Harima minuman itu terasa pahit dan kurang pas untuk minuman ringan. Penelitian kedua dicampur dengan pemanis namun lagi lagi Harima menolak karena beliau ingin minuman kesehatan yang bisa dikonsumsi setiap hari. Dan setelah sekian lama meneliti dan masih saja gagal tanpa disengaja Otsuka yang saat itu sedang mengawasi penelitian minuman serbuk instan mencampurnya dengan hasil penelitian dari Takaichi, tanpa di duga rasanya enak. Lalu Takaichi meneliti lagi dengan mencampurnya dengan beberapa buah-buahan didapatlah rasa yang pas. Keesokannya diberikan kepada para peneliti termasuk Harima dengan dua pilihan dengan kadar gula 7% dan 6,2%. Namun peneliti lebih suka dengan yang 7% karena rasanya manis. Tapi Harima belum puas dan mengajak para peneliti untuk naik gunung dan setelah itu mencicipi minuman dengan sampel A dan B. Setelah dirasakan para peneliti lebih suka dengan rasa B karena lebih segar dan Harima mengatakan bahwa itu adalah minuman dengan kadar gula 6,2%. Dan Akihiko Otsuka memutuskan untuk memproduksinya dan langsung memasarkan ke toko namun gagal karena dianggap aneh rasanya. Setelah dirundingkan ulang Otsuka meminta dibagikan secara geratis dan dipasarkan dilokasi yang sesuai dengan fungsi dari minuman tadi yang bernama POCARI SWEAT. Setelah diberikan kepada beberapa orang yang sedang berkeringan respon mereka baik dan dimusim panas kedua pocari sweat laku keras sampai kehabisan stok di beberapa toko. Itu perjalanan yang sangat berani dari Akihiko untuk menciptakan minuman ringan sekaligus minuman kesehatan.

    BalasHapus
  39. @C09-Tri
    @Proyek C06
    Trisusanto

    Perusahaan dari jepang yang bernama Otsuka Pharmaceutical Co., Ltd. Dipimpin ol3h direktur Akihiko Otsuka dan dibantu sang ahli rasa Rokuro Harima. Pada awalnya mereka ingin membuat minuman yang berfungsi seperti infus. Dan Takaichi adalah peneliti yang bertugas sebagai peneliti untuk menemukan rasa yang tepat. Mereka ingin membuat minuman sehat yang menyegarkan, lalu Takaichi perpikir dengan cara pergi ke sauna agar mengerti apa itu keringat. Setelah mendapat sampel keringat dari sauna, dia berjalan berkeliling pabrik dan mengambil keringat yang menetes sebagai sampel yang kedua. Setelah diteliti akhirnya Takaichi mendapatkan minuman namun setelah diberikan kepada Harima minuman itu terasa pahit dan kurang pas untuk minuman ringan. Penelitian kedua dicampur dengan pemanis namun lagi lagi Harima menolak karena beliau ingin minuman kesehatan yang bisa dikonsumsi setiap hari. Dan setelah sekian lama meneliti dan masih saja gagal tanpa disengaja Otsuka yang saat itu sedang mengawasi penelitian minuman serbuk instan mencampurnya dengan hasil penelitian dari Takaichi, tanpa di duga rasanya enak. Lalu Takaichi meneliti lagi dengan mencampurnya dengan beberapa buah-buahan didapatlah rasa yang pas. Keesokannya diberikan kepada para peneliti termasuk Harima dengan dua pilihan dengan kadar gula 7% dan 6,2%. Namun peneliti lebih suka dengan yang 7% karena rasanya manis. Tapi Harima belum puas dan mengajak para peneliti untuk naik gunung dan setelah itu mencicipi minuman dengan sampel A dan B. Setelah dirasakan para peneliti lebih suka dengan rasa B karena lebih segar dan Harima mengatakan bahwa itu adalah minuman dengan kadar gula 6,2%. Dan Akihiko Otsuka memutuskan untuk memproduksinya dan langsung memasarkan ke toko namun gagal karena dianggap aneh rasanya. Setelah dirundingkan ulang Otsuka meminta dibagikan secara geratis dan dipasarkan dilokasi yang sesuai dengan fungsi dari minuman tadi yang bernama POCARI SWEAT. Setelah diberikan kepada beberapa orang yang sedang berkeringan respon mereka baik dan dimusim panas kedua pocari sweat laku keras sampai kehabisan stok di beberapa toko. Itu perjalanan yang sangat berani dari Akihiko untuk menciptakan minuman ringan sekaligus minuman kesehatan.

    BalasHapus
  40. @proyek C06
    @E04-Hazazi Firdaus K

    Pocari sweat adalah perusahaan minuman kesehatan yang menggunakan inovasi dalam produknya.
    di zamannya berkembang, pocari sweat tidak memiliki pesaing karena produknya yang inovatif dalam hal minuman kesehatan.
    ide nya muncul saat melihat kebutuhan manusia akan cairan tubuh yang hilang setelah berkeringat.
    pengembangan produk dan penelitianpun dilakukan. dengan trial and error yang berulang kali terjadi, akhirnya produk finalpun lahir.
    masalah pertama yang muncul adalah saat pengenalan produk kepada para petinggi perusahaan yang memiliki respon negatif. tetapi sang direktur utama mengambil resiko besar untuk tetap memasarkanya.
    tapi karena produknya masih awam di telinga konsumen, peluang pasarnya masih tertutup rapat. sehingga resiko besar pun diambil dengan menggeratiskan produk untuk membuka pasar dan mengenalkan produk ke konsumen.
    dengan itu saat konsumen mengenal produk dan manfaat yang di hasilkan, respon pasarpun bagus dan produk sukses di pasaran hingga hari ini.

    BalasHapus
  41. @Proyek C06 @E10-Pazrin
    Pazrin Salsabila

    Pocari Sweat

    PT Otsuka Pharmaceutical, adalah sebuah perusahaan yang memproduksi minuman Pocari Sweat, perusahaan ini dalam membuat produk minimuman yang mendunia tidak langsung sukses, melaikan dengan beberapa kali percobaan dan gagal bahkan sampai mendapat kerugian.
    Latar belakang perusahaan ini membuat Pocari Sweat adalah untuk mengganti cairan tubuh dengan rasa yang tidak membosankan jika diminum setiap hari. Dengan latar tersebut ahli rasa dari perusahaan ini melakukan percobaan pembuatan dengan melakukan riset terlebih dahulu pergi ke sauna lalu merasakan air keringatnya kemudian berjalan-jalan lalu merasakan kembali air keringatnya, keduanya berbeda karena memiliki kadar natrium yang berbeda pula. Sang Ahli rasa kemudian melakukan pembuatan dengan tahap pertama gagal karena rasanyabterlalu asin lalu tahap kedua gagal juga karena rasa terlalu manis dan terakhir tahap ketiga berhasil karena ketidak sengajaan sang Presdir mencampurkan minuman itu dengan air jeruk.
    Strategi Penjualan dibagi menjadi 2 yang pertama dijual secara eceran di tahun pertama 1980 mengalami kegagalan karena penolakan rasa, kemudian di tahun kedua 1981 Presdir memutuskan untuk menggratiskan Pocari Sweat dengan memberikan kepada pelaku olahraga, pelaku sauna, dan orang yang sedang berkeringat dengan hasilnya cukup memuaskan, akan tetapi dengan strategi penjualan secara digratiskan maka perusahaan mendapat rugi cukup besar. Akan tetapi pada musim panas tahun 1981 secara drastis banyak orang yang menanyakan Pocari Sweat karena iklim di jepang tersebut dan berawal dari situlah keberhasilan Pocari Sweat sampai sekarang.

    BalasHapus
  42. @Proyek C06
    @E24-Aprian

    Sejarah Pocari Sweat
    Masahito Otsuka telah menciptakan beberapa produk terkenal seperti obat oles Oronine H atau minuman Oronamin C, sehingga perusahaan menjadi sangat maju.
    Akihiko Otsuka adalah anak dari Masahito Otsuka yang juga berkeinginan untuk menciptakan produk yang dapat menjadi pilar perusahaan seperti yang telah dilakukan ayahnya.
    Suatu hari, Penanggung jawab pengembangan minuman membawa cairan infus produksi Otsuka Pharmaceutical, menghadap Akihiko dan mengusulkan agar cairan infus yang dibawanya itu dijadikan minuman. Akihiko terheran sejenak. Lalu Harima menceritakan kisahnya mengapa dia mengusulkan agar cairan infus dijadikan minuman.
    Setelah saat itu banyak percobaan atau experimen-experimen yang dilakukan untuk dapat menciptakan minuman yang rasa nya dapat diterima masyarakat dan memiliki manfaat untuk peminumnya dan akhirnya terciptalah minuman bernama Pocari Sweat.
    Pada awal pemasaran pasar dan konsumen hampir tidak menerima rasa yang ditawarkan, akan tetapi mereka berani mengambil resiko dengan tetap menawarkan produk karena yakin terhadap produk yang mereka tawarkan memiliki keunggulan tersendiri dibanding minuman lain nya.
    Strategi Pemasaran Pocari Sweat dilakukan dengan beragam cara mulai dari pendistribusian dari toko yang satu ke toko yg lain nya, hingga ke tempat tempat dimana orang orang dapat mengeluarkan keringat seperti ditempat tempat olahraga.
    Dan akhirnya Pocari Sweat dapat diterima oleh konsumen dan masyarakat dan mengalami peningkatan penjualan yang dapat menutupi devisit pada masa promosi bahkan mendapatkan keuntungan yang besar untuk perusahaan.
    Terima kasih

    BalasHapus
  43. @E01-Lusi Hartono
    @proyek C06
    Review dari video diatas adalah bahwa pembuatan minuman ini berawal dari ide dari seoarang ahli rasa mr. Harima yang mengajukan pembuatan minuman yang berasal dari cairan infus ide ini muncul dari pengalam pribadi dia saat sakit di Meksiko dan seorang dokter yang pernah dilihatnya telah meminum cairan tersebut setelah jam kerja yang panjang. Akan tetapi Mr. Okiyaki sebagai seoarang pemimpin yang cakap membaca peluang menyimpan dulun ide tersebut karena instink nya mengatakan belum saatnya minuman ini dibuat, sampai tiba saatnya peluang itu muncul ketika muncul trend hisupm sehat sengan jogging maka sebagai perusahaan yang bergerak dibidang minuman kesehatan mr. Okiyaki ingin mengembangkan usahanya dengan membuat minuman kesehatan pengganti cairan tubuh setelah berolahraga, minuman yanag belum pernah dibuat sebelumnya Mr. Okiyaki mengembangkan ide Mr. Harima dengan spesfikasi yang diinginkan, Selanjutnya beliau memerintahakan Harima untuk membuat percobaab terhadap produk tersebut bersama rekannya, penelitian-penelitian dilakukan selama 3 tahun lamanya untuk membuat produk yang diinginkan meskipun lebih dari 1000 x percobaan akhirnya sampai pada saat pengajuan rasa pada sang direktur yang diberi opini minuman tersebut pahit, kemudian secara kebetulan ada karyawan yang juga memberikan minuman serbuk rasa jeruk yang kwetika dicampurkan justru membuat ras amenjadi seimbang, dicarilah formula baru dengan menambahkan jeruk untuk menghilangkan rasa pahit. Sampai tiba pada saat rapat direksi untuk pengenalan calon produk barunya dari tester yang diberikan semua tidak menyukai rasa dan pesimis produk tersebut akan gagal terjual, akan tetapi instink bisnis mr.Okiyaki tetap yakin produk tersebut dapat laku dipasaran sehingga memutuskan produk tersebut akan diproduksi , setahun kemudian produk tersebut di produksi dengan Brand POCARI SWEAT, pocari (menyegarkan), sweat ( keringat ), pemasaran dimulai dengan pengantaran dari toko ke toko ketika dicoba oleh para penjual banyak yang menolak untuk mengambil pocari, tidak patah semangat promsi dilakuakn dengan membuka stand minumam tapi gagal puila karena konsumen tidak menyukai rasanya. Keputusan besar dibuat sang direktur untuk promosi besar-besaran dengan cara pembagian minuman tersebut secara gratis karena pendapatnya minuman tersebut baru akan disukai jika dirasakan terus menerus, tak teraa angka promosi tersbut menembus angka 400 m tapi Okiyaki tetap pada prinsipnya uang sebanyak itu tidak akan jadi masalah jika nanti produk sudah disukai, dan akhirnya terbukti ketekunan dan keyakinannya membuahkan hasil minuman tersebut suadh banyak disukai dan angka penjualannya sudah dapat menutupi biaya promsi dan produksi.
    Dari pengalaman bisnis Mr. Okiyaki kesuksesan itu dimulai dari ide kreatif membuat produk yang belum dimliki dengan membaca peluang dari kebutuhan pasar , beliau tidak akan mencapai kesuksesan tanpa adanya SDM yang pantang menyerah dalam membuat produk tersebut, bagi Okiyaki uang untuk biaya pemasaran memang besar akan tetapi untuk menarik pelanggan memang dibutuhkan pengorbanan hingga pada saat ya brand telah dikenal hasil kerja keras, ketekunan dan keyakinan akan terbayar

    BalasHapus
  44. @Proyek C06
    @E26- Devin Liana Dewi

    Pocari Sweeat
    disebuah perusahaan Akihiko Otsuka , kepala pabrik di Otsuka. Akihiko merupakan anak dari Masahito Otsuka yang menjadi presiden direktur perusahaan. ingin membuka suatu usaha sendiri.
    Akihiko didatangi oleh Rokuro Harima yang menjadi karyawan ( staf ) untuk membuat minuman dari air infusan, karna hariman pernah mengalami minum air infusan agar tidak dehidrasi. sejak itu akihiko memutuskan untuk belum saat nya membuka usaha yang seperti itu.
    tetapi akihiko memikirkan pengalaman yang didapat oleh karyawannya.
    lalu akihiko memerintahkan stafnya untuk membuatkan eksperimen tentang minuman yang tidak mudah membosankan. dan Harima menyerahkan tugas ini sepenuhnya kepada Takaichi sebagai penerus nya.
    dari hari kehari,bulan ke bulan,tahun ke tahun takaichi mencoba untuk berekperimen
    dan akhirnya takaichi berhasil menunjukan ke presiden direktur untuk mencicipi, dan rasanya kurang pas dan akhirnya presiden mencampurkan minuman tersebut dengan air jeruk, mulai dari situ takaichi bereksperiment lagi untuk membuat air dengan tambahan jeruk, agar rasa pahit di minuman hilang,. dan akhirnya presiden direktur memutuskan membuat usaha tersebut dan di beri nama POCARI SWEAT., walaw awalnya mendapat respon yang kurang bagus, tetapi presiden tetap semangat.
    mengalami kerugian yang sangat besar, dan president tidak pantang menyerah untuk membagikan minumannya secara geratis dan karyawan - karyawan lainnya membagikan secara gratis dan akhirnya di tahun 1981 pada saat musim panas, minuman laku dan laris penjualan pocari sweat melonjak hingga 3 kali lipat.dan akhirnya keyakinan Presiden Direktur Akihiko akhirnya berbuah. Untuk mencapai sebuah kesuksesan diperlukan perjuangan, kegigihan dan pengorbanan.

    Terim kasih.

    BalasHapus
  45. @E09-Tri
    @Proyek C06
    Trisusanto

    Perusahaan dari jepang yang bernama Otsuka Pharmaceutical Co., Ltd. Dipimpin ol3h direktur Akihiko Otsuka dan dibantu sang ahli rasa Rokuro Harima. Pada awalnya mereka ingin membuat minuman yang berfungsi seperti infus. Dan Takaichi adalah peneliti yang bertugas sebagai peneliti untuk menemukan rasa yang tepat. Mereka ingin membuat minuman sehat yang menyegarkan, lalu Takaichi perpikir dengan cara pergi ke sauna agar mengerti apa itu keringat. Setelah mendapat sampel keringat dari sauna, dia berjalan berkeliling pabrik dan mengambil keringat yang menetes sebagai sampel yang kedua. Setelah diteliti akhirnya Takaichi mendapatkan minuman namun setelah diberikan kepada Harima minuman itu terasa pahit dan kurang pas untuk minuman ringan. Penelitian kedua dicampur dengan pemanis namun lagi lagi Harima menolak karena beliau ingin minuman kesehatan yang bisa dikonsumsi setiap hari. Dan setelah sekian lama meneliti dan masih saja gagal tanpa disengaja Otsuka yang saat itu sedang mengawasi penelitian minuman serbuk instan mencampurnya dengan hasil penelitian dari Takaichi, tanpa di duga rasanya enak. Lalu Takaichi meneliti lagi dengan mencampurnya dengan beberapa buah-buahan didapatlah rasa yang pas. Keesokannya diberikan kepada para peneliti termasuk Harima dengan dua pilihan dengan kadar gula 7% dan 6,2%. Namun peneliti lebih suka dengan yang 7% karena rasanya manis. Tapi Harima belum puas dan mengajak para peneliti untuk naik gunung dan setelah itu mencicipi minuman dengan sampel A dan B. Setelah dirasakan para peneliti lebih suka dengan rasa B karena lebih segar dan Harima mengatakan bahwa itu adalah minuman dengan kadar gula 6,2%. Dan Akihiko Otsuka memutuskan untuk memproduksinya dan langsung memasarkan ke toko namun gagal karena dianggap aneh rasanya. Setelah dirundingkan ulang Otsuka meminta dibagikan secara geratis dan dipasarkan dilokasi yang sesuai dengan fungsi dari minuman tadi yang bernama POCARI SWEAT. Setelah diberikan kepada beberapa orang yang sedang berkeringan respon mereka baik dan dimusim panas kedua pocari sweat laku keras sampai kehabisan stok di beberapa toko. Itu perjalanan yang sangat berani dari Akihiko untuk menciptakan minuman ringan sekaligus minuman kesehatan.

    BalasHapus