Jumat, September 22

BISNIS KOPI

BISNIS  KEDAI KOPI (KOTADANG) “KOPI TAHAN BEGADANG”

LATAR BELAKANG  MENGAPA KAMI MEMILIH BISNIS KOPI.

·             KOPI ADALAH MINUMAN PENIKMAT
·             DISAJIKAN SANGAT SEDERHANA
·             KALANGAN MUDA LEBIH BANYAK MENYUKAI KOPI
·             CITA RASA YANG KHAS DARI KOPI ITU SENDIRI
·             HARGA YANG CUKUP EKONOMIS

MANFAAT KOPI :
·             KOPI MENCEGAH PENYAKIT BATU EMPEDU
·             KOPI DAPAT MENCEGAH DEPRESI
·             KOPI DAPAT MENINGKATKAN MEMORI
·             KOPI DAPAT MENURUNKAN RESIKO KANKER
·             KOPI DAPAT MENINGKATKAN METABOLISME TUBUH

IDE BISNIS :
1.        Target Konsumen 
Anda harus memikirkan masak-masak siapa target konsumen anda. Siapakah yang akan menjadi konsumen utama bisnis kopi ini.
Berapa penghasilannya. Seperti apa mereka menganggap cita rasa suatu kopi. Kalangan apakah mereka? Mahasiswa, pekerja pasar, kaum borjuis yang suka rapat di warung kopi, eksekutif kantoran, ataukah para pecinta kopi?
Memahami konsumen akan membantu memetakan teknik berikutnya. Misalnya lokasi yang tepat, desain kode yang cocok, dan harga yang pas untuk kopi anda.
Jika modal anda kecil dan menarget konsumen kelas menengah ke atas. Carilah teman atau investor yang mau mendanai bisnis anda.
Cara termudah menemukan investor adalah membawa sertifikat tanah atau BPKB kita ke Bank. Namun ada cara lain yang lebih aman dan hemat. Cobalah untuk mengikuti acara-acara  business plan competition (Lomba bisnis plan / wirausaha) yang diadakan berbagai badan. Contohnya Wirausaha muda mandiri. Jika menang, anda akan mendapat pembiayaan secara cuma-cuma.
2.        Lokasi Bisnis Kopi
Anda harus menentukan tempat paling strategis untuk mengawali bisnis kopi ini. Lokasi menjadi penentu dalam perjalanan bisnis. Misalnya saja anda ingin menggunakan konsep kedai kopi sederhana, maka anda dapat menggunakan lokasi yang sering berdekatan dengan orang-orang ramai yang mudah dijumpai.
Begitu pula jika anda ingin mengonsep bisnis kopi dengan kafe. Ini akan sangat membantu bila lokasi yang anda pilih adalah lokasi yang berdekatan dengan kampus, mall, sekolah, kantor, dan lain sebagainya. Sedangkan bila anda lebih berminat untuk memanjakan lidah pecinta kopi pada suatu tempat yang relax, anda dapat memilih lokasi di tempat rekreasi.
Jangan membuka kedai kopi mewah di sekitar pasar tradisional yang cukup kumuh. Konsumen anda tidak akan tertarik dengan kopi tersebut karena harganya mahal.
4.        Rancangan Bisnis
Konsep untuk awali bisnis kopi sangat diperlukan sebagai landasan perjalanan bisnis kopi yang nantinya akan anda jalani. Dengan memiliki konsep yang kuat, maka anda akan lebih mudah dalam mengelola bisnis kopi ini. Rasa kopi yang nikmat memang sangat melekat pada diri masyarakat luas, anda pun juga harus merancang tatanan bisnis kopi ini dalam segala hal.
STRATEGI PEMASARAN KEDAI KOPI :
1.MENCIPTAKAN BERAGAM MENU TAMBAHAN AGAR KONSUMEN TIDAK BOSAN.
Yang kita ketahui banyak sekali pembisnis berbondong-bondong mendirikan bisnis kedai kopi. Selain menawarkan aneka menu kopi sebagai produk andalan, tentunya  juga harus kreatif untuk menciptakan menu-menu tambahan agar konsumen tidak cepat bosan. Contohnya saja menawarkan minuman non kopi, seperti aneka minuman coklat, milk shake, jus buah, lemon tea, serta menambahkan cake and bakery sebagai teman minum kopi. Inovasi seperti ini bisa kita contoh dari Lavazza, sebuah perusahaan kopi di Italia yang menawarkan cookie cup (cangkir kopi unik yang bisa dimakan) untuk menunjukan kepedulian mereka dalam menghemat penggunaan air, sekaligus sebagai salah satu strategi pemasaran untuk menarik minat pelanggan.

2.MENGENALKAN BRAND PRODUK KE MEDIAL SOSIAL (FACEBOOK,INSTAGRAM,TWITTER DLL)

Seiring dengan meningkatnya jumlah pengguna internet di berbagai belahan dunia, tentunya Anda juga bisa memanfaatkan facebook, twitter, dan YouTube untuk memperkenalkan brand produk atau merek kedai kopi Anda di dunia maya. Dalam hal ini Anda bisa mengikuti jejak Starbucks yang mengadakan sebuah kompetisi melalui situs jejaring sosial. Dimana pihak Starbucks memberikan tantangan bagi semua konsumen untuk berlomba-lomba menjadi yang pertama dalam memposting foto poster Starbucks di Twitter. Strategi promosi ini terbilang cukup efektif, karena banyak orang yang tertarik mempromosikan logo dan merek Starbuck di media online, sehingga bisa dipastikan bila brand produk tersebut semakin dikenal masyarakat luas
DAFTAR PUSTAKA


.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar