Kamis, September 21

BISNIS PLAN BOLBIDUM

BISNIS PLAN BOLBIDUM (BOLA-BOLA UBI GANDUM)

PENDAHULUAN
Negara Indonesia termasuk Negara yang mengalami penderita diabetes terbanyak ke-5 di dunia, karena pola hidup dan pola makan yang kurang sehat , oleh karenanya butuh pencegahan dini agar bias meminimalisir penyakit tersebut . Pada 2014 saja ada 9,1 juta jiwa. Jumlah tersebut bertambah 500 ribu jiwa dari tahun sebelumnya.

Perlu adanya kesadaran dari masyarakat mengatur pola hidup yang sehat, seperti mengkonsumsi makanan yang rendah gula dan pemanis buatan. Untuk mengurangi konsumsi makanan yang menyebabkan banyak masalah kesehatan dan penyebab kegemukan, maka peralihan penggunaan bahan makanan yang lebih sehat dan aman perlu dilakukan.

KONSUMEN
Melihat fakta miris yang masih sering diabaikan oleh masyarakat, kami membuat inovasi makanan yang banyak disenangi masyarakat meski kandungannya banyak mengandung kandungan yang berisiko terkena diabetes. Jadi target konsumen kami adalah orang” yang suka nyemil tetapi takut akan kadargula yang tinggi. Dalam 100 gram gandum terkandung 3,1 mg zat besi dan 3 mg kalsium dengan jumlah glukosa yang rendah. Maka, kami menggunakan tepung gandum sebagai pengganti tepung terigu dalam membuat bahan olahan, kue bolu.

MEMULAI BISNIS
Untuk menjalankan peluang bisnis ini, ada beberapa hal penting yang perlu Anda siapkan terlebih dahulu, antara lain sebagai berikut :
1.      Modal utama yang harus dimiliki adalah skill dan pengetahuan akan bahan pangan, karena dalam usaha makanan kita harus mengetahui kadar gizi dalam kandungan makanan yang diproduksi, bertujuan untuk memberikan kepercayaan untuk konsumen yang membeli produk tersebut.
2.      Mencari bahan baku yang alami dengan cara menjalin kerja sama dengan petani ubi ungu agar terjamin kualitas dan fresh langsung dari kebun.
3.      Untuk mencari tenaga kerja untuk usaha yang baru merintis sebaiknya menggunakan tenaga kerja dari orang-orang yang terlibat dalam usaha ini dan setelah usaha berkembang dapat memberikan pelatihan kepada para pekerja yang ingin bergabung.
4.      Selalu mengetahui perkembangan bisnis dalam dunia makanan agar produk yang diproduksi dapat bersaing dengan produk makanan yang lain.

KEUNTUNGAN BISNIS BOLBIDUM
Seiring dengan makin maraknya orang-orang yang ingin menjalani hidup sehat, maka harus diimbangi dengan makanan yang sehat pula. Oleh karena itu usaha makanan sehat ini dapat menjadi peluang bisnis yang sangat menjanjikan. Banyak orang yang rela mengeluarkan uang dengan nominal besar untuk makanan yang sehat.

KENDALA BISNIS BOLBIDUM
Kendala yang dihadapi dalam bisnis bola-bola ubi gandum ini adalah bahan baku yang terbatas dikarenakan kurangnya petani-petani yang menanam ubi ungu, jika permintaan sedang tinggi bahan baku menjadi permasalahan utama dalam bisnis bola-bola ubi gandum ini.
Selain itu banyaknya persaingan makanan sehat dengan bahan baku yang berbeda dengan bahan baku yang mudah dicari, hal ini membuat harga dari produk pesaing lebih murah dari pada produk bola-bola ubi gandum.

STRATEGI PEMASARAN
Dengan seiring berkembangnya sosial media saat ini maka dapat dimanfaatkan sebagai pemasaran produk. Tentu saja dengan menggunakan sosial media dapat memperkenalkan produk dengan lebih cepat tanpa biaya yang mahal.
Atau dengan cara bekerja sama dengan toko-toko yang menjual produk makanan kering, toko kue dan toko-toko yang menjual kue sebagai oleh-oleh.

KUNCI SUKSES
Langkah awal kesuksesan adalah mental dan rasa optimis dalam persaingan, tidak ada rasa putus asa jika produk belum bisa bersaing dalam dunia usaha makanan. Langkah kedua pupuk jiwa kreatif dan inovatif agar produk bola-bola ubi gandum dapat bersaing dalam kondisi persaingan apapun dan dapat menerima hal-hal buruk yang menimpa usaha dalam masa mendatanag.

ANALISA EKONOMI
Diasumsikan pembuatan bolu dalam 25 loyang.
Alat-alat yang digunakan :
No.
Peralatan
Justifikasi pemakaian
Satuan
Harga (Rp)
1.
Mixer
1
-
300000
2.
Loyang
3
-
57000
3.
Panci besar
1
-
550000
Sub Total (Rp)
907000

Bahan-bahan :
No.
Bahan
Justifikasi Pemakaian
Satuan
Harga (Rp)
1
Tepung Gandum
5
Kg
112500
2
Ubi Ungu
7
Kg
88000
3
Telur Ayam
10
Kg
166000
4
Vanili
2
Botol
20000
5
Keju
10
Bungkus
100000
6
Susu
2
Kotak
100000
7
Minyak Goreng
1
Liter
23000
8
Apel
2
Kg
50000
Sub Total (Rp)
759500

Bahan-bahan penunjang :
No
Material
Justifikasi Pemakaian
Satuan
Harga (Rp)
1
Gas 3 Kg
2
Kg
42000
2
Air
42
Liter
32000
Sub Total (Rp)
74000

omset dalam 1 minggu :
penjualan BOLBIDUM : @Rp. 50.000 X  25 loyang = Rp. 1.250.000
Laba bersih perminggu :
Rp. 1.125.000 – Rp. 833.500 = Rp. 416.500
Return of Investment
(Modal Awal + Biaya Produksi) : Laba bersih perminggu = ± 4 Minggu

PENUTUP

Ini adalah bisnis kreatif agar para pelaku bisnis lain bisa mengikuti bisnis ini, semoga dengan lahirnya bisnis ini bisa memunculkan ide-ide kreatif bisnis lainnya. Tidak ada kata gagal dalam berbisnis karena kesuksesan didapat dari kerja keras dan tekun dalam menjalani bisnis. Ayo berbisnis sedini mungkin!


DAFTAR PUSTAKA
Pentadini, F., Andini, S., and Hartini, S., 2015. Nilai Indeks Glikemik dan Kadar Gizi Gandum, Jurnal Gizi, Vol. 1.
Wahyuni, N.D., Dalam : http://bisnis.liputan6.com/read/2947493/10-cara-membuka-usaha-makanan-yang-sukses, Diakses Tanggal: 21 September 2017.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar