Jumat, September 29

INOVASI DRAWING ROBOT / CNC PLOTTER KIT

Reporter : Bayu, Rendy dan Idham

@Startup G06 -

DIY Cnc merupakan hobi ang ramai di gemari di amerika maupun di eropa. Namun demikian, di Indonesia masih banyak yang elum tau apa itu CNC. CNC adalah sebuah kependekan dari Computerize Numerical Control. Dalam bahasa indonesia berarti pengendali numerik dengan komputer.
Mesin CNC merupakan pengembangan dari mesin perkakas manual seperti halnya mesin bubut, mesin milling, mesin plasma cutting, yang telah dibuat otomatis. Mesin ini berfungsi untuk membuat bentukan kusus semisal membuat profil lingkaran,membuat roda gigi,membuat barang mebel atau bahkan membuat ukiran pada media tertentu. nah dengan mesin ini tidak perlu mengeluarkan tenaga otot tinggal menekan beberapa tombol dan hasil yang di iginkan pun tercapai.
Cara kerja mesin CNC :
- Komputer membaca kode perintah dalam format G-CODE.
- G-Code ini diterjemahkan oleh software CNC, (misal: Mach3, EMC2, dsb) menjadi instruksi untuk
menggerakan stepper dalam sinyal STEP dan DIRECTION.
- Sinyal STEP dan DIR dikirimkan dari PC melalui parallel port. Misalnya pin 2 = STEP X, pin 3 = DIR X, dst.
- Rangkaian elektronik membaca sinyal dari parallel port
- kemudian 'menterjemahkan' sinyal tsb menjadi urutan stepuntuk stepper. Jadi setiap kali ada sinyal STEP, maka urutan langkah stepper bertambah satu step.

Rangkaian yang cukup sederhana adalah yang disebukan diatas, pake IC logic XOR dan Flip-flop pada rangkaian di atas, gerbang XOR dan Flip-flop berfungsi sebagai kontroler dan transistor mosfet di sebelah kanan adalah driver nya, yang mampu menangani arus besar.

Alternatif lain:
L297 sebagai kontroller
dan L298 sebagai motor driver
Atau pakai Mikrokontroler.

Kelebiha :
Bias bekerja secara masal dengan bentuk yang simetris dan sama dengan copy masternya, mudah pengoprasianya, bias menggunakan berbagai macam media, dan dapat atau mudah di bawa ke mana saja

Kekurangannya:
Memerlukan banyak biaya untuk membuat alat ini

Keterangan alat:
Alat ini bias di bilang sebagai alat yang berteknologi tinggi, alat yang bias menggambar atau mencontoh gambar dengan Teknik auto (mesin). Alat ini beasal dari salah satu sekolah di Taiwan buatan dari mahasiswa, Taiwan memang terkenal dengan salah satu negara yang membuat teknologi yang canggih dan contohnya adalah CNC plotter ini.
Menrut dari penjelasan mereka alat ini bias menggunakan berbagai media seperti pensil, kuas , pulpem, dsb. Tetapi untuk mengerjakan gambar berwarna mesin ini memerlukan waktu yang cukup lama karena mesin ini hanya mempunyai satu kuas, berbeda halnya dengan gambar hitam putih atau gambar dengan satu warna mesin ini tidak perlu mengganti kuas atau pensilnya.

Material:
Dari catatan kami Bahan yang di gunakan untuk membuat CNC plotter ini menggunakan bahan bekas dari perabotan elektronik mereka dan di campurkan dengan beberapa material yang mereka beli di took elektronik di negara mereka. Dan untuk membuat alat ini mereka mengaku menghabiskan wakti 1 – 2 bulan .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar