Jumat, September 29

Inovasi Rotating Latex Cup

Reporter : Qadriat, Farid, Yudi, Widi, Rivaldi.
@Startup  G01

TINJAUAN UMUM

IYIA adalah kependekan dari International Young Invention Award, yaitu International Exhibition yang ke 4. IYIA diadakan pada tanggal 22 September 2017, yang bertempat di Lantai 2 Aula Rektorat UMB.


Pada ajang ini penyelenggara memberikan kesempatan kepada para inovator inovator muda yang berada dari beberapa negara, di antara nya ada negara Malaysia, Thailand, Singapore, India, Filipina, Mesir, dan tuan rumah Indonesia. IYIA memberikan kesempatan untuk para inovator untuk bertemu dengan investor investor untuk mengembangkan ide nya tersebut.




  
Produk Rotating Latex Cup
TINJAUAN KHUSUS

kami @Startup G-01, mendatangi acara The International Exhibition Of The 4th International Young Invention Award yang diselanggarakan di Aula Rektorat Universitas Mercubuana Jakarta, Di acara tersebut kami mendatangi dan memilih salah satu stand pemilik produk yang Berasal dari Siswa dari princess chulabhorn science high school, Thailand untuk dimintai wawancara.

Produk inovatif ini adalah sebuah alat untuk menampung getah dari pohon karet. Produk ini dibuat untuk mengefesienkan pekerjaan pada perkebunan penghasil getah karet. dengan adanya alat ini, hasil pengambilan getah dari pohon menjadi lebih banyak dan sekaligus membersihkan cup ketika sedang di ambil getahnya.



Mind Map
Produk ini Sangat inovatif, karena menggantikan penggunaan sendok getah yang kurang efesien saat digunakan pengambilan getah yang tidak sepenuhnya terambil dan juga tersisa di cup penampungan. Dengan adanya alat ini juga dapat menghemat waktu dan sangat cepat sekali penggunaannya dalam proses pengambilan getah.

Untuk biaya pasaran dari produk ini sekitar 124 baht yaitu Sekitar Rp 50.000 per-satu Rotating Latex Cup. Untuk produk ini belum di produksi masal, karena masih dikembangkan lagi oleh pemilik produk tersbut, sehingga belum ada di pasaran.



Produk ini terbuat dari material yang sederhana, yaitu :


  • Cup yang terbuat dari plastik
  • Straps terbuat dari stainless
  • dan Cleaner atau sendok yang terbuat dari plastik dan karet yang di modeling oleh Printer 3D.

Cara Penggunaan alat ini dangat mudah, dengan cara :


  • Tumpahkan Rotating latex cup ke bawah, ( siapkan tempat untuk mengumpulkan getah ember, baskom,dll )
  • kemudian putar  ke arah kekanan dan juga ke arah sebaliknya untuk mengambil getah.
  • kemudian jika getah tersebut sudah habis, putar kembali alat tersebut dan otomatis membersihkan getah yang ada.


KESIMPULAN 

Kesimpulan dari Produk ini adalah untuk membantu mempermudah pekerja perkebuan karet dalam pekerjaan pengembilan getah karena cepat, mudah digunakan, dan menghemat banyak waktu.

KRITIK DAN SARAN 



  • Bagi pembuat produk ini  coba untuk di desain semenarik mungkin agar tidak terlihat sederhana agar terlihat menarik.
  • Bagi penyelenggara acara pameran ini tempat untuk menyelenggarakan acara ini terlalu sempit, sebaiknya diadakan di tempat yang lebih luas.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar