Sabtu, September 30

Inovasi Sabun Kopi TOBLE SOAP


Reporter : Ryan, Nindya, Maisy, Theresia, Citra
Startup G07 -

TINJAUAN INNOPA SECARA UMUM

Universitas Mercu Buana Jakarta terpilih sebagai tuan rumah penyelenggaraan "The 4th International Young Inventor Award (IYIA) 2017. Event ini merupakan tahun ke empat INNOPA (Indonesian Invention and Innovation Promotion Association) mengadakan kompetisi Inovasi Internasional di Indonesia.
Acara IYIA ini dilaksanakan pada tanggal 22 s/d 24 September 2017 yang bertempat di Aula Rektorat Universitas Mercu Buana. Acara ini diikuti oleh kurang lebih 200 tim yang terdapat di ruangan tersebut,  pameran inovasi dari beberapa negara didunia yang ikut meramaikan  acara IYIA (International Young Inventors Award) ini salah satunya yaitu ada perwakilan dari Indonesia, Malaysia, Egypt, Filipina, Sri Lanka, Jordan, Thailand, Iran, Suriah, Taiwan, India, Macau dan Vietnam .  Beragam jenis penemuan dan inovasi baru terdapat didalamnya, ada yang membuat robot, aplikasi, elektorinik dan ada juga kebutuhan sehari – hari. contohnya adalah yang kelompok kami pilih ini yaitu Toble Shoap, produk inovasi yang satu ini berasal dari salah satu siswi SMA Tna. fatih Bilingual School Aceh. memiliki inovasi sekaligus stand tersebut bernama Balqis Azizi. Ia memamerkan hasil karyanya yang berupa sabun kopi (Toble Shoap).




TINJAUAN BAZAR SECARA KHUSUS
Pada hari itu, kelompok Startup G07 tertarik untuk melihat stand yang membuat inovasi sabun kopi yaitu Toble Shoap, produk inovasi yang satu ini berasal dari salah satu siswi SMA Tna. fatih Bilingual School Aceh. memiliki inovasi sekaligus stand tersebut bernama Balqis Azizi. Ia memamerkan hasil karyanya yang berupa sabun kopi (Toble Shoap).
Ia berkata ide tersebut muncul ketika dia merasa ampas kopi habis dipakai untuk minum sayang untuk dibuang, apalagi kopi aceh memiliki banyak manfaat. Dari situ ia berpikir untuk membuat sesuatu yang berasal dari kopi. Ia pun memilih membuat sabun kopi. Cara membuatnya cukup mudah hanya dengan mencampurkan kopi dengan parutan sabun batang dengan perbandingan 1:1 setelah itu diberi air dan dimasukan kedalam cetakan es, lalu dibekukan dalam freezer. Hal tersebut cukup menarik dan mudah untuk dilakukan.
Dan ternyata sabun kopi ini memiliki beberapa manfaat yang bagus untuk kulit  kita, seperti :
·         Mencegah dan mengurangi keriput di wajah
·         Menghaluskan kulit
·         Mencegah timbulnya jerawat
·         Membantu menghilangkan sel kulit mati
·         Menetralisir iritasi kulit
·         Memelihara kesehatan kulit

Kelebihan dalam produk ini adalah ketika ia bisa membuat sesuatu yang tak terpakai serta bahan yang mudah didapatkan menjadi sesuatu yang bermanfaat, dengan membawa khas dari asalnya yaitu kopi Aceh. Sedangkan kekurangan dalam produk ini adalah pack aging nya yang belum ada dan mudahnya produk tersebut untuk ditiru, oleh karena itu Balqis perlu berinovasi supaya lebih berkembang dan lebih sulit untuk disaingi. Balqis juga berharap produknya bisa go internasional.

kritik : bentuk sabun masih kurang menarik dan packagingnya masih  belum rapi

saran : membuat sabun tersebut menjadi bentuk yg menarik, tambahkan packaging agar terlihat lebih rapi, jika perlu ditambah sticker brand sabun dan komposisi sabun. Agar konsumen mengetahui keamanan produk tersebut dengan mengetahui komposisi sabunnya tersebut.

kesan : salah satu stand yang menarik karena produk terpampang jelas dengan penjelasan dan bahan-bahannya. Memiiki Aroma sabun yang unik. Kelebihan dari produk sabun inilah yang  membuat konsumen tertarik ingin mencoba.


pesan : merupakan salah satu contoh yang kreatif untuk ditiru pada anak-anak sepantaran balqis azizi, dimana dia memanfaatkan bahan yang ada tanpa biaya yang mahal untuk membuat suatu produk yang bermanfaat.



Mind Map

Tidak ada komentar:

Posting Komentar