Jumat, Oktober 13

Desain and Souvenir


1.1        Pendahuluan


Desain biasa diterjemahkan sebagai seni terapan, arsitektur, dan berbagai pencapaian kreatif lainnya. Dalam sebuah kalimat, kata "desain" bisa digunakan, baik sebagai kata benda maupun kata kerja. Sebagai kata kerja, "desain" memiliki arti "proses untuk membuat dan menciptakan obyek baru".
Sebagai kata benda, "desain" digunakan untuk menyebut hasil akhir dari sebuah proses kreatif, baik itu berwujud sebuah rencana, proposal, atau berbentuk benda nyata.

Proses desain pada umumnya memperhitungkan aspek fungsi, estetika, dan berbagai macam aspek lainnya dengan sumber data yang didapatkan dari riset, pemikiran, brainstorming, maupun dari desain yang sudah ada sebelumnya. Akhir-akhir ini, proses (secara umum) juga dianggap sebagai produk dari desain, sehingga muncul istilah "perancangan proses". Salah satu contoh dari perancangan proses adalah perancangan proses dalam industri kimia.
souvenir adalah barang-barang kerajinan tangan (handy crafts), yang merupakan hasil kreativitas para pengrajin yang mampu merubahbenda-benda yang terbuang dan tidak berharga menjadi produk-produk kraft tangan yang menarik dan diminati banyak orang, terutama para wisatawan.
Dalam kamus The Collins Cobuild Dictionary (2009), kata souvenir diartikan:
”Souvenir is usually small and relatively inexpensive article given, kept or purchased as a reminder of a place visited, an occasion, etc.” (Souvenir adalah benda yang ukuranya relative kecil dan harganya tidak mahal; untuk dihadiahkan, disimpan atau dibeli sebagai kenang-kenangan kepada suatu tempat yang dikunjungi, suatu kejadian tertentu, dsb.
Sementara itu, dalam kamus Webster English Dictionary (2004), kata souvenir diartikan sebagai, “an object a traveler brings home for the memories associated with it.” (Souvenir adalah benda yang dibawa pulang oleh wisatawan sebagai kenang-kenangan bagi perjalanannya itu).
Dalam Bahasa Indonesia “souvenir” sering disebut dengan “cendera mata”, “oleh-oleh”, atau “buah tangan”. Mungkin, dahulu jika seseorang melakukan perjalanan ke suatu tempat di luar tempat tinggalnya, keluarga, famili, atau rekan, sering mengatakan “nanti kalau pulang, jangan lupa bawakan souvenir” atau “cenderamata, oleh-oleh, atau buah tangan”. Dengan demikian, pengertian souvenir  dalam bahasa Indonesia, walaupun disebut cenderamata, oleh-oleh, atau buah tangan, tetapi maknanya hampir sama dengan yang terdapat dalam The Collins Cobuild Dictionary  atau Webster English Dictionary, yaitu benda yang ukuran kecil, harganya murah dan sebagai kenang-kenangan bagi suatu perjalan ke daerah tertentu.
Dengan demikian, “souvenir” berhubungan erat dengan kegiatan “perjalanan” seseorang, maka tidak mengherankan jika istilah souvenir melekat dengan kegiatan pariwisata; bahkan menjadi bagian dari produk wisata. Hal ini karena ada pengaruh “souvenir” terhadap motivasi perjalanan seseorang ke suatu Daerah Tujuan Wisata.
Seiring berkembangnya zaman souvenir juga di gunakan di berbagai acara dari acara wisuda, ulangtahun, acara yang berbau Pendidikan, bahkan di acara pernikahan sekalipun souvenir hal yang layak untuk di bagikan kepada undangan yang datang. Sama halnya dengan desain di mana semua macam kegiatan pastinya memerlukan desain yang pas untuk acara tersebut dari desain poster, t-serth, sampai ruangan dan di sini kami menggabungkan antara desain dan souvenir itu sendiri di mana kami membuat souvenir dengan bentuk yang lebih kekinian dengan demikian souvenir yang di hadirkan akan lebih menarik untuk di lihat.
Kaktus Hias – merupakan tanaman kering yang digunakan untuk tanaman hias pekarangan rumah. Tanaman kaktus hias secara umum berukuran mini biasa ditanam pada media pot. Selain untuk hiasan rumah, tanaman kaktus hias berukuran mini saat ini banyak diperjual belikan untuk kado dan souvenir acara-acara pernikahan.
Tanaman kaktus (famili cactaceae) mampu hidup cukup lama pada lingkungan yang panas dengan tanah kering dan sedikit air. Habitat asli tanaman kaktus adalah di gurun pasir sehingga karakteristik tanaman kaktus menyesuaikan dengan lingkungannya. Karakteristik tanaman kaktus ialah kaktus memiliki daun yang berbentuk duri untuk mengurangi penguapan, memiliki batang berlapis lilin untuk mempertahankan kadar air, pada patang kaktus tersusun dengan jaringan spon untuk penyipanan kadar air.
Akar yang dimiliki kaktus sangat panjang dan menyebar luas ke dalam tanah, akar yang panjang tersebut berfungsi untuk lebih bisa menjangkau dan mengambil air dan unsur hara yang terdapat di dalam tanah.
Dengan menggabungkan dua unsur tersebut antara desain dan tanman kami sangat tertarik membuat usaha dalam bidang desain souvenir ini, mengetahui banyaknya otang yang akan membutuhkan dan tertarik denagn bidang usaha desain souvenir yang akan terus di nanti. Selain itu kami akan menjadi wirausahawan muda yang berhasil meraih kesuksesan kami di usia yang terbilang muda ini. Serta kami ingin srkali meminimalisir tingkat pengangguran yang ada khususnya di lingkungan kami, dan akan mengubah cara berfikir orang yang ingin menjadi karyawan menjadi wirausahawan.
1.2        Tujuan

Tujuan kami dalam membuat usaha ini adalah, dengan sedikitnya pasar souvenir yang memberikan inovasi baru dan dengan harga souvenir sendiri yang bias terbilang kuang masuk akal kami hadir untuk memberikan solusi atas tingakat keinginan konsumen yang beragam. Selain itu kami juga ingin menjadikan remaja menjadi gemar akan menanam karna dengan bentuk kaktus yang sangat beragam dan perawatanya yang sangat mudah maka kami yakin tingkat kegemaran masyarakat khususnya anak muda akan semakin bertambah dan bertambah. Selain itu tujuan lain dari kegiatan ini adlah :
1.            Melatih diri dalam berwirausaha
2.            Melatih diri dalam hal pelayanan yang kami berikan kepada konsumen yang berbeda karakter dan keinginan.
3.            Untuk mengetahui bagai mana proses dan metode penjualan yang kami lakukan
4.            Untuk mengetahui metode pemasaran yang di gunakan
5.            Untuk mengetahui kelayakan usaha tersebut
1.3        Memulai bisnis

Manfaat dari kegiatan ini adalah untuk mengembangkan kreativitas dan melatih jiwa wirausahawan kami sedari dini, di berbagai kalangan khususnya di kalangan masyarakat luas. Serta untuk membangunkan mental yang lebih mandiri dalam menjalankan usaha dan dapat mengambil keputusan secara tepat dan cepat.
Di sisi lain kamu juga ingin mendorong masyarakat dalam hal mencintai alam dan memulai dengan hal kecil seperti ini, karna kami yakin sifat itu akan muncul ketika mereka melihat karya kami dan mencintainya maka lambat laun keinginan mereka akan menanam lebih bertambah
.
1.4        Keuntungan bisnis

Memulai bisnis di bidang souvenir ini dapat menguntungkan paa penjual karena seiring perkembangan zaman maka masyarakat akan terus mencari barang yang mereka inginkan dan mencari sesuatu yang unik. Serta lambat laun keinginan masyarakat akan tumbuhan akan terus bertambah karena berbagai faktor atau gaya hidup. Maka dari itu kami yakin usaha yang kami jalani ini sangatlah menguntungkan karena kami menggabungkan antara berbagai unsur yang sangat di senangi olah masyarakat di dalam dan di luar negri, karena sifatnya yang mengikuti kemauan konsumen.

1.5        Kendala bisnis

Kendala dari bisnis yang kami jalani adalah dari segi permodalan, untuk mendirikan band usaha ini kami memerlukan pemasaran dari segi periklanan dari social media maupun dari hal lain. Masalah selanjutnya masih di bidang modal, karena kami memerlukan modal untuk memperluas sayap usaha kami. Di bidang persaingan kami yakin brand kami menjadi bran yang tidak bias di anggap sebelah mata.

1.6        Sistem pemasaran

Di segi pemasaran hal yang kami lakukan adalah denagn menggunakan social media seperti Instagram, tweeter, facebook, dan semacamnya unuk lebih mengenalkan brand kami. Mungkin system pemasaran kami tidak berhent di social media saja karena kami juga memasarkanya denagn mengikuti bazar-bazar yang tersedia di wilayah Jakarta, selain itu promosi dari kalangan teman atau dari mulut ke mulut juga kami lakukan.


1.7        Kunci sukses

Kunci sukses dari brand kami adalah denaan menghadirkan sesuatu yang beda seperti bertema kontemporer atau biasa di definisikan sebagai sesuatu yang mengikuti zaman atau kekinian. Mungkin dari lain sisi penggunaan material dan packaging yang kami hadirkan juga bias di bilang tidak mengikuti desain dari orang lain.

1.8        Anggaran biaya

Peralatan penunjang :
1.      Kuas                                                                Rp. 3.000/pcs
2.      Sendok semen                                                 Rp. 7.000/pcs
3.      Cetakan pot                                                     Rp. 3.000/pcs
4.      Sarung tangan                                                 Rp. 30.000/pac
5.      Oven                                                               Rp. 1.500.000

Bahan habis pakai
1.      Cat warna                                                        Rp. 20.000/pcs
2.      Semen                                                             Rp. 60.000/sak
3.      Pasir                                                                Rp. 50.000
4.      Tanah liat                                                        Rp. 50.000
5.      Resin                                                               Rp. 60.000/kg
6.      Katalis                                                             Rp. 30.000/100ml
7.      Kayu jati belanda                                            Rp. 7.000/btg

Perjalanan
1.      Graha raya                                                       Rp. 12.000
2.      Karang tengah                                                 Rp. 17.000
3.      Bandung                                                         Rp. 150.000

Lain – lain
1.      Packaging                                                       Rp. 3.000/100pcs
2.      Perawatan                                                       Rp. 20.000/minggu

1.9        Kesimpilan

Majunya suatu usaha tiak terlepas dari kerjasama team yang bagus dan suport dari pembimbing, dan di sisi lain kreatifitas, inovasi dan kedisiplinan dalam berusha adalah kuci dari segalanya.
Suatu minat akan muncul dikala seseorang itu sedah menyukai bahkan mencintai barang yang menurut mereka bagus, di situ kami hadir untuk menmbah minat dalam hal cocoktanam.

Suatu perusahaan di katakana sukses jika di dalam perusahaan itu tidah adanya kesenjangan dan kemakmuran setiap karywan baik atasan maupun bawahan di perhatikan dan rintangan akan menjadikan perusahaan itu semakin dewasa sepanjang hari.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar