Kamis, Oktober 5

Business Plan Cat Matching



1.1 Pendahuluan
            Memasuki awal tahun 2017 banyak sekali berbagai macam startup aplikasi bermunculan dan menawarkan berbagai manfaat bagi penggunanya masing masing. Banyak aplikasi yang memudahkan atau mungkin meringankan bagi mereka yang memanfaatkan nya. Semakin kesini pun makin banyak startup yang berkembang pesat dari usaha kecilnya yang bermula hanya dari ide yang menawarkan solusi bagi setiap target pasarnya.
Melihat perkembangan industri startup di Indonesia bahkan di dunia yang mengalami peningkatan, tentunya tidak terlepas dari minat masyarakan yang membutuhkan solusi bagi mereka yang membutuhkannya. Beraneka macam aplikasi lahir dengan banyak sekali manfaat yang bisa digunakan untuk menyelesaikan solusi penggunanya, sehingga tidak heran bisa saat ini beragam peluang bisnis di bidang startup aplikasi mulai di kembangkan oleh semua orang sebagai alternatif besar untuk mendapatkan benefit lainnya.


1.2 Konsumen
          Target pasar yang kami tuju adalah semua orang dan semua usia. kami menargetkan para pecinta hewan khususnya kucing untuk menjadikan aplikasi ini sebagai solusi bagi hewan peliharaan mereka untuk dapat berkembang biak sesuai kemauan pemilik nya. Biasa nya para pemiliki dengan jenis atau ras kucing tertentu hanya ingin mendapatkan keturunan kucing nya dari jenis atau ras yang sama pula. Disini kita memberikan solusi yang pada dasarnya mengkawinkan hewan peliharan mereka di Pet Shop harus mengeluarkan biaya yang cukup besar, dan dengan aplikasi ini mereka para pemilik hewan peliharan tidak perlu lagi mengeluarkan biaya dan hanya perlu membuat ketentuan atau perjanjian dengan pemilik pasangannya dengan hasil yang dibagi dua.



1.3 Memulai Bisnis
                Kami memulai bisnis ini dikarenakan susahnya orang mencari jodoh/pasangan untuk kucingnya,makanya kami ingin membuat aplikasi cat matching ini,dengan adanya aplikasi ini semua orang bisa mencari pasangan kucing yang dia pilih sesuai ras/jenis yang mereka punyai.
Dan semakin berkembangnya waktu kami membuat aplikasi cat matching ini untuk para pecinta kucing,agar orang orang yang mempunyai kucing dapat mengembangbiakan kucignya agar mendapatkan jodoh yang sesuai dengan sikucing dan juga dengan adanya aplikasi ini membantu  para pecinta kucing  mengembangkan kucing sebanyak banyaknya .



1.4 Keuntungan Binis
          Dari segi Client ;
-Memasangkan iklan pada aplikasi cat matching
-mendapatkan profit ketika user mendownload
-penanaman modal(investor)

          Dari segi user ;
Dengan adanya aplikasi cat matching ini pecinta kucing dapat mencari jodoh yang sesuai untuk si kucing dengan mudah dan pemilik kucing dapat menentukan jenis kucing yang cocok untuk di jodohkan.


1.5 Kendala Bisnis
           Seperti yang kita ketahui, dalam membangun sebuah perusahaan digital atau startup tidaklah mudah. Ada beberapa faktor yang menjadi syarat untuk menjadikan bisnis tersebut dapat berjalan mulus selain ide kreatif dan juga jenis layanan yang ditawarkan. Kendala yang didapatkan saat awal  yaitu start up kami belum mendapatkan kepercayaan yang cukup dari para calon pengguna layanan. Hal tersebut terjadi karena kami merupakan start up baru yang belum begitu dikenal oleh masyarakat. Selain itu, kendala lain yang dihadapi yaitu terbatasnya dana yang dimiliki untuk mengembangkan start up kami pada awal berdiri. Jadi, untuk menjadi start up yang bisa sukses setidaknya dibutuhkan beberapa tahun untuk menyosiliasikan dan juga mendapatkan tambahan pendanaan dari investor agar start up kami dapat berkembang. Untuk itu diperlukan sistem pemasaran yang benar agar kendala tersebut dapat diatasi dengan baik.

1.6 Sistem Pemasaran
Untuk memperluas jaringan pemasaran kami, tentu diperlukan yang namanya strategi pemasaran yang benar dan terukur. Sebagai start up baru yang menawarkan layanan kepada pengguna tentu kami memiliki beberapa strategi jitu agar dapat dikenal oleh masyarakat. Karena kami menggunakan internet sebagai media utama, tentu kami akan melakukan pemasaran menggunakan media internet. Berikut beberapa strategi pemasaran bisnis yang akan kami lakukan:
Membuat konten video
Saat ini video sudah menjadi cara ampuh untuk menarik lebih banyak pengguna, apalagi video yang dibuat unik dan berpotensi menjadi viral di internet. Dengan konten video berkualitas diharapkan mampu untuk lebih menarik perhatian serta meningkatkan kegiatan pemasaran.
Menjaga repurtasi brand online
Media sosial tentu bisa menjadi cara yang mudah untuk membesarkan sebuah brand sekaligus menjatuhkannya. Untuk itu kami akan pastikan apa yang dimuat di akun media sosial startup kami tidak keluar dari jalur yang telah ditetapkan. Jika adanya serangan negatif secara online, kami akan segera lakukan antisipasi dengan bijak. Cara mudah untuk bisa mengontrol semua itu, dengan melakukan penyetelan Google Alerts pada nama perusahaan, jika ada mention yang bersifat negatif dalam media sosial, bisa segera diantisipasi dan diteliti lebih jauh.
Mendekati pelanggan secara personal
Kami juga akan melakukan kegiatan pemasaran secara personal, mendekati pelanggan dan juga menciptakan hubungan interaktif dengan mereka. Sehingga mereka akan lebih dekat dan mencintai start up kami. Kegiatan itu akan kami lakukan secara rutin dan kami juga akan memastikan pelanggan setia kami akan terus menggunakan produk secara berkelanjutan. Kegiatan pemasaran secara personal, tentunya mampu menciptakan kedekatan dan rasa memiliki pada pelanggan, sehingga merupakan salah satu cara ampuh meningkatkan pemasaran start up yang kami dibuat.
Melakukan kegiatan offline
Selain dengan melakukan pemasaran online, kami juga akan sertai pula pemasaran secara offline, karena dengan cara ini mampu mendekatkan diri dengan pelanggan kami serta merupakan salah satu kunci keberhasilan. Banyak pilihan yang bisa dilakukan untuk kegiatan pemasaran offline, seperti mengikuti kegiatan bazaar, meet-up dan masih banyak lagi. Melakukan pertemuan atau interaksi langsung dengan pelanggan lama dan baru, tentunya bisa menumbuhkan awareness dan selanjutnya tertarik serta ingin mengetahui lebih dalam mengenai start up kami.
Membuat konten menarik
Kami juga akan menciptakan konten pemasaran yang bisa menjangkau lebih banyak lagi pengguna baru untuk mencoba produk startup kami. Kami membuat konten menarik yang bukan hanya bermanfaat, namun juga sarat dengan informasi tentang produk atau layanan yang dimiliki oleh startup. Kami juga akan mengupayakan untuk membuat konten banyak di-share oleh pengguna di platform media sosial yang berbeda.

1.7 Kunci Sukses
         Ada beberapa kunci sukses yang kami lihat dalam menjalankan bisnis (StartUp) Cat Matching ini, diantaranya ;
- Kami melihat adanya peluang dari banyaknya orang yang memelihara kucing.
Ini akan menguntungkan kami jika para pemelihara kucing ingin memelihara kucing baru, tapi terhalang karena keterbatasan dana. Aplikasi ini bisa menjadi solusi karena si pemelihara kucing bisa mencarikan jodoh / pasangan untuk kucingnya agar bisa beranak dan mendapatkan kucing baru tanpa perlu mengeluarkan biaya yang besar seperti saat membeli kucing baru.
- Bisnis ini juga berpeluang membuat kami bekerja sama dengan produk perawatan kucing seperti makanan dan shampoo kucing.
- Produk-produk untuk perawatan kucing tersebut bisa memasangkan iklannya pada aplikasi kami agar para pemelihara kucing membeli produknya.
- Jenis aplikasi ini masih tergolong baru.
- Kami yakin aplikasi kami bisa menguasai pasar karena jenis aplikasi seperti ini masih tergolong baru.
           Hal diatas adalah beberapa kunci sukses yang kami lihat dari bisnis ini, dan yang terpenting agar bisnis ini benar-benar sukses adalah dari niat dan keseriusan kami sendiri dalam menjalankan aplikasi ini.

1.8 Analisa Ekonomi
Asumsi Awal
Terdapat 60 pelanggan yang ingin menjodohkan kucingnya pada 3 bulan pertama
Modal Awal
Sewa tempat 6 bulan                                                Rp. 10.000.000,-
Komputer (2 buah)                                                   Rp. 10.000.000,-
Makanan kucing (stok 6 bulan)                                Rp. 300.000,-
Shampoo kucing (stok 6 bulan)                                Rp. 400.000,-
Kandang ukuran besar                                                 Rp.  350.000,-
Total                                                                                 Rp. 21.050.000,-
Biaya Penyusutan
Komputer 1/12 bulan  x  Rp. 10.000.000            Rp. 83.333,-
Total                                                                              Rp. 83.333,-
Biaya Operasional
Biaya sewa /bulan                                                        Rp. 166.666,-
Stok makanan /bulan                                                   Rp. 50.000,-
Stok shampoo /bulan                                                    Rp. 66.666,-
Biaya listrik dan air /bulan                                   Rp. 400.000,-        
Total                                                                               Rp. 683.332,-        
Omset per Bulan
20 pelanggan x
perawatan kucing selama dikawinkan           Rp. 3.000.000,-
Total                                                        Rp. 3.000.000,-                       
Laba Bersih per Bulan
Rp. 3.000.000,- - Rp. 683.332,=       Rp. 2.316.668,-                       
ROI (Return of Investment)
(modal awal : laba bersih per bulan)            Rp. 9.100.0000 Bulan

 
1.9 Kesimpulan
Dari segi ekonomi kami yakin Laba akan bertambah terus menerus seiring waktu dalam pengembangan aplikasi yang dikembangkan untuk lebih besar lagi, dan juga tentunya jika sudah berjalan investor investor banyak yang tertarik. Dan dari segi pemasaran kami akan selalu berusaha untuk melakukan promosi yang tidak biasa, tentunya masih dipikirkan selain point point pemasaran  yang sudah di jelaskan diatas. Dapat disimpulkan dari point point diatas kami sangat yakin kalo startup ini akan sukses dalam jangka panjang , karena ini adalah salah satu inovasi baru yang sangat bermanfaat dan tentunya mempunya calon pengguna yang banyak apalagi ini adalah hal umum bagi mereka yang mempunyai kucing dan kesulitan untuk mencari pasangan yang mudah, aman dan nyaman dengan platform yang menarik.



2 komentar:

  1. bang elu gimana ngitungnya ANALISA EKONOMI bagian Biaya penyusutan,, sama Biaya Operasional bagian biaya sewa/bulan?
    elu kurang 1 digit angka dah..
    coba dah itung pake kalkulator... :v
    SALAM Mercubuana VROH..

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih vroh koreksinya -salam nax yimyam

      Hapus