Kamis, Oktober 5

Business Plan MRJASA.com


Perkembangan teknologi dimasa kini makain berkembang dan terus akan berkembang pada masa depan,kecanggihan teknologi yang senantiasa mempermudah kegiatan manusia di bumi mendatangkan pengaruh yang signifikan tajam dalam proses inovasi dan kreativitas pengambangan teknologi yang serba informatif, mencari penghasilan tanpa harus keluar rumah bukan menjadi sesuatu yang asing lagi, kita bisa meraup rupiah tanpa harus bekerja di luar rumah, yakni dengan berbisnis Online.
Misalkan saja sekarang dengan hanya menggunakan smartphone kita bisa membeli bahkan mencari tau tentang kebutuhan yang sedang kita cari dengan media aplikasi yang ada di smartphone sendiri tanpa harus keluar bahkan berjalan mencari, seperti membeli baju lewat online, menghantarkan barang lewat online, mencari ojek lewat online dan sebagainya. Maka dari itu kami akan melakukan hal yang sama yaitu dengan memanfaatkan teknologi smartphone dalam memulai usaha kami yang berbasis online, dengan membuka Stratup sendiri dengan landasan usaha dibidang jasa atau penyedia jasa untuk konsumen.  

Konsumen

Untuk Target pasar yang bisa di bidik adalah kalangan masyarakat pengguna media online yang membutuhkan keperluan jasa sesuai dengan apa yang dibutuhkan konsumen. Terkadangan ada saja orang yang ingin melakukan sesuatu  dan membutuhkan jasa tetapi tidak tau dimana tempat penyedia jasa yang konsumen inginkan. Maka dari itu pemasaran penyedia jasa online ini bisa membantu keperluan konsumen dalam hal keperluaannya sehari-hari. Untuk wilayah pengoperasian di khususkan sementara berpusat pada satu kota agar dalam pendataan dan pengoperasiannya bisa berjalan lancar baru kemudian akan di sebarluaskan ke beberapa kota - kota lainnya.

Modal memulai bisnis Jasa online

ada beberapa hal penting yang perlu disiapkan terlebih dahulu untuk menjalankan bisnis ini, antara lain sebagai berikut :
  1. Modal utama adalah sealalu mengasah skill,kreatifitas,inovasi dan pengetahuan tentang perkembangan trend teknologi bisnis online. Dengan cara itu kita akan melihat apa saja yang sedang dibutuhkan trend jasa saat ini dan kedepannya.
  2. Mencarai dan Menjalin kerjasama dengan para penyedia jasa untuk mendapatkan penyedia jasa yang baik dan bagus
  3. Mencari karyawan atau teknisi yang mau diajak kerjasama dan mau bekerja dengan jujur  dan bertanggung jawab.
  4. Mencari tambahan modal lewat Investor-investor, dengan demikian dapat mengembangkan bisnis yg sedanga dijalankan
  5.  Mendata kebutuhan atau trend apa saja yang sedang berkembang dimasyarakat dibidang jasa.
  6. Mengenal Luas Dunia Online, dan mau bersungguh – sungguh dengan bisnis yang dijalankan


Keuntungan berbisnis online

Tidak Perlu Modal Besar

Bisnis Online bisa dijalankan tanpa modal besar, tidak seperti bisnis offline yang membutuhkan banyak modal untuk menyewa gedung, kios, ataupun tempat usaha lainnya. Bisnis Online bisa dilakukan di mana saja selama ada laptop atau komputer dan koneksi internet.

Jangkauan internet yang tidak ada batasnya,

Internet menjadi media promosi yang paling bagus untuk masyarakat luas, sebab mudah dan murah. Tidak seperti media lainnya, di mana semakin luas jangkauan produk yang ingin dipasarkan, maka semakin besar pula biaya yang harus dikeluarkan.

Mempunyai Banyak Waktu Bersama Keluarga

Berbisnis online Online tidak seperti kerja kantoran di mana terikat dengan waktu. Anda bisa menjalankan bisnis Online kapan saja yang Anda inginkan, sehingga waktu berkumpul bersama keluarga.

Lebih Mudah dan Sederhana

Dengan berbisnis Online, maka Anda tidak perlu lagi memajang produk secara fisik, namun cukup menyediakan katalog disertai deskripsi yang singkat namun padat mengenai masing-masing produk tersebut. Selain itu, Anda tidak akan membutuhkan karyawan, Anda seorang diripun bisa menanganinya.

Tidak terikat lembaga

Tidak ada lembaga khusus yang menaungi bisnis online. Anda bebas berpindah-pindah dari satu model bisnis ke model bisnis online yang lain. Kebebasan inilah yang memudahkan Anda untuk mendapatkan lebih dari 1 pekerjaan di internet.

transaksi yang cepat

Perkembangan teknologi memaksa siapapun untuk bergerak lebih cepat jika tidak ingin tertinggal, begitu pula dalam hal bisnis, kecepatan dalam proses pelayanan menjadi hal yang wajib dimiliki para pebisnis. Kabar baiknya internet membuat segala sesuatunya mejadi lebih mudah dan cepat.

Kendala Berbisnis Online

Marak  Penipuan Online


Tingginya jumlah para pemain bisnis online baru yang terkadang ingin cepat sukses dalam menjalankan bisnis online, hal tersebut dimanfaatkan para penipu untuk 'menyebar jaring' guna mendapatkan mangsanya dengan iming-iming cara cepat kaya atau sejenisnya

Jarang Tersentuh Hukum

Meskipun ada undang-undang ITE yang melindungi hak konsumen namun tetap saja kasus penipuan online yang telah terjadi jarang sekali berakhir pada pengadilan, karena mungkin tidak cukup bukti atau alasan lain juga karena si korban enggan untuk melapor ke polisi

Penyebaran Internet Belum Merata

Tidak perlu jauh-jauh melihat ke luar pulau seperti NTB atau Papua, di Jawa saja, khususnya daerah Jawa Timur masih ada beberapa lokasi yang tak terjamah oleh jaringan internet. Problem lain terkait internet yaitu mahalnya harga smartphone yang mungkin tidak terjangkau oleh kalangan mengah kebawah.

Keuntungan Yang Tidak Instan

Inilah yang seringkali dikeluhkan para pebisnis online pemula atau mereka yang baru terjun ke dalam bisnis online, mereka measa tidak mendapatkan untung dari bisnis online yang dijalankan, padahal kenyataanya untung dari bisnis online memang tidaklah instan. Contoh nyatanya adalah Tokopedia dimana perusahaan tersebut sudah berdiri selama 5 tahun namun tidak mendapatkan keuntungan, barulah di penghujung tahun mereka meluncurkan program Membership Gold dan dari situlah Tokopedia mulai merauk keuntungan. Hal ini juga berlaku untuk mereka yang menjalankan bisnis online di bidang Advertising Blog.

Strategi Pemasaran

§      Riset jasa dan kebutuhan pasar  
      
     Strategi pertama adalaha menentukan jasa apa saja yang akan dipromosikan  dan menentukan pasar jasa yang sedang naik dikalangan masyarakat.

§      Promosi disemua media social online

Dengan mempromosikannya di berbagai media maka produk akan semakin dikenal masyarakat luas
§      
     Membuat apalikasi yang bagus dan menarik

Tampilan dan layanan aplikasi yang baik akan memancing konsumen untuk terus menggunakan apalikasi penyedia jasa ini.

Kunci Sukses

Sebagai pelaku bisnis online,kreativitas dan inovasi adalah kunci sukses dalam meenjalankan bisnis ini. Semakin kita kereatif dan berinovasi maka akan menambah bayak konsumen dan peluang kesuksesan akan terbuka lebar.

Analisa Ekonomi
Asumsi

Proses bisnis online dilakukan di rumah, tanpa menyewa tempat usaha

Modal awal

Laptop                             : Rp 4.000.000
Smartphone                     : Rp 2.000.000
Data Internet                   : Rp   200.000


Total                                : Rp 6.200.000

Semoga informasi ini bisa memotivasi untuk membuka peluang bisnis berbasis online, sebab akan banyak memperoleh kemudahan dalam memulai bisnis, Teknologi membuka peluang Berbisnis


Tidak ada komentar:

Posting Komentar