Kamis, Oktober 5

Business Plan Goshok Online



PENDAHULUAN

Memasuki jaman yang serba digital ini, berbagai macam peluang bisnis bermunculan disekitar kita dengan ide ide yang sangat unik dan kreatif.  Salah satunya adalah usaha di bidang jasa yang menawarkan berbagai kemudahan

Melihat perkembangan di bidang teknologi dan fenomena kemudahan dalam mendapatkan sesuatu hanya melalui smartphone, juga  minat masyarakat yang begitu besar terhadap fenomena tersebut memberikan peluang yang sangat besar untuk membuka usaha seputar kemudahan dalam mendapatkan suatu pelayanan/jasa melalui smartphone.

Oleh sebab itu kami mempunyai inisiatif untuk membuat bisnis yaitu jasa gosok online. Ide tersebut didasari oleh bayaknya ibu rumah tangga yang sudah mempunyai mesin cuci sendiri dirumah, namun untuk urusan menggosok/ menyetrika pakaian mereka terkadang merasa malas dan tidak mempunyai waktu untuk melakukannya.
Maka dengan itu, kami melihat usaha / ide bisnis di bidang ini lumayan menjanjikan.

KONSUMEN

Konsumen yang kami sasar yaitu para ibu rumah tangga atau siapapun yang merasa tidak memiliki banyak waktu untuk menggosok pakaian. Serta dirumah pun sudah mempunyai mesin cuci sendiri dan merasa malas untuk pergi keluar rumah.

MEMULAI BISNIS

Untuk memulai bisnis goshok online ini, kita harus mempunyai tempat usaha. Tidak harus besar namun yang terpenting adalah adanya tenaga kerja serta peralatan menggosok  yang memadai. Untuk tenaga kerja, kami memiliki inisiatif untuk merekrut ibu – ibu yang tinggal di sekitar lokasi usaha. Tentu pekerjaan sampingan ini sangat menguntungkan untuk menambah pendapatan bagi  ibu – ibu yang ingin bergabung.

Kami bisa member upah kepada tenaga kerja tersebut dengan menghitung jumlah berat pakaian yang mereka gosok, sehingga nantinya para pekerja tidak merasa terbebani oleh setoran ataupun target – target tertentu.

Untuk jasa kurir, nantinya bertugas menjemput konsumen ke lokasi dengan menggunakan motor dengan membawa bak atau tempat penyimpanan pakaian sementara yang nantinya akan diantarkan ke tempat mengosok.
Pada awalnya, kami melakukan pengenalan atau promosi dengan memberikan brosur kepada setiap rumah, dengan meninggalkan kontak yang bisa dihubungi, bisa melalui Whatsapp, line, SMS, dan TLP.

Jika usaha sudah mulai berkembang,  maka kita bisa membuat aplikasi Goshok online, agar semuanya menjadi lebih mudah dan modern.
Memulai usahan ini tidak bisa langsung dengan skala yang besar, jadi pada awalnya usaha ini mungkin hanya ada satu tempat di satu RW, namun jika sudah berkembang nantinya bisa ditambah / ditingkatkan hingga tingkat kelurahan,kecamatan dan pada akhirnya hingga tingkat nasional.

KEUNTUNTUNGAN

Meskipun bisnis gosok rumahan ini  tidak dikategorikan sebagai bisnis elite, namun sebenarnya jenis usaha ini justru menjadi salah satu bisnis vital yang dibutuhkan oleh banyak orang. berikut ini adalah beberapa keuntungan bisnis laundry yang hanya dimiliki oleh jenis usaha ini. 

Dengan banyaknya kesibukan sehari-hari, banyak orang yang tidak mempunyai waktu utuk sekedar menggosok baju. Ketika tidak ada waktu yang cukup untuk mengosok baju, jasa gosok menjadi jasa yang sangat dibutuhkan. Jasa gosok terbukti membantu mereka yang memiliki jadwal padat untuk menghemat waktu dan memudahkan pekerjaan. 

Bagi para pemula di dunia bisnis, mencari bisnis dengan tingkat resiko yang rendah merupakan suatu keharusan. Bisnis gosok bisa dikategorikan sebagai bisnis yang mudah dengan resiko yang relatif kecil. Untuk menjalankan bisnis gosok tidak diperlukan keahlian khusus, hanya diperlukan kemauan yang kuat dan mempunyai perlengkapan untuk laundry. 

Bisnis laundry memberikan keuntungan tetap yang bisa diperkirakan setiap bulannya. Keuntungan ini tidak bisa didapat dari jenis bisnis lain seperti bisnis kuliner. Dengan keuntungan yang bisa didapat dalam kurun waktu yang cepat, bisnis gosok bisa dengan mudah mengembangkan usaha atau membuka cabang. Selain itu, pemilik juga bisa mengembalikan modal dengan keuntungan yang didapat. Keuntungan yang didapat juga bisa dengan mudah digunakan untuk kebutuhan sehari-hari tanpa mempengaruhi kestabilan keuangan bisnis. 

Bisnis gosok tidak perlu menyewa tempat khusus melainkan bisa dikerjakan di rumah. Sebagian besar bisnis harus dilakukan di pabrik, kantor, ataupun tempat usaha yang lain. Namun, lain halnya dengan bisnis gosok yang bisa dilakukan di rumah, sehingga sangat cocok bagi orang tua yang ingin bekerja santai namun tetap menghasilkan keuntungan yang maksimal.Bekerja dari rumah bisa memberikan keleluasaan dan suasana yang berbeda dari bisnis pada umumnya. Pemilik hanya perlu menempatkan papan nama bisnis gosok untuk memudahkan pelanggan  menggunakan jasa laundry. 


Bisnis gosok mempunyai segmen pasar yang lengkap di semual lapisan masyarakat. Hampir semua kalangan membutuhkan jasa gosok. Hanya saja biasanya masyarakat kalangan atas membutuhkan jasa gosok yang ekslusif untuk jenis pakaian tertentu. Namun untuk keperluan pakaian sehari-hari, jasa gosok tetap dibutuhkan.

KEKURANGAN
Bisnis gosok memang asyik. Peluang usahanya juga terlihat cerah, Meski demikian bukan berarti bisnis ini mendatar dan untung setiap hari. Setidaknya ada 6 halangan yang harus kita atasi dengan kreatif untuk membuat anda tetap fokus memperbesar usaha.
1.      Kompetitor

Dikarenakan peluang usaha gosok makin bagus. Untungnya juga oke. Maka bisnis ini makin menarik saja. Ada ibu rumah tangga yang membuka bisnis ini, ada pula pasangan suami istri, CV kecil-kecil juga membukanya. Bahkan belakangan perusahaan besar pun sudah masuk bisnis ini seperti 5ASEC pun sudah masuk di Indonesia. Semakin banyak yang akan menjadi lawan bisnis kita. 

Namun kompetitor adalah guru anda. kita harus lebih inovatif supaya bisnis gosok ini bisa terus berkembang. Lihat strategi yang dibuat kompetitor lalu analisis hasilnya. Lakukan lah yang lebih baik daripada para kompetitor anda.
2.      Pelanggan ingin pengerjaan cepat


Pelanggan yang ingin pengerjaan cepat merupakan kendala utama bisnis ini. Karena menggosok merupakan suatu pekerjaan yang membutuhkan kesabaran supaya pakaian yang dihasilkan bisa halus. Untuk mengatasinya tentu harus ditambah jumlah pekerja yang otomatis akan meningkatkan pengeluaran keuangan.
3.      Mengatur karyawan

Mengatur karyawan memang terkadang rumit. Cara yang paling bagus untuk mengatur mereka adalah memberikan deskripsi pekerjaan yang jelas.

STRATEGI PEMASARAN

Bisnis gosok banyak dipilih sebagai investasi masa depan mengingat keuntungannya cukup besar. Banyaknya layanan jasa sejenis menjadikan persaingan pasar bisnis gosok semakin ketat. Untuk memenangkan persaingan tentu dibutuhkan strategi pemasaran yang tepat sesuai dengan sasaran pasar.Berikut ini merupakan Strategi pemasaran yang paling jitu untuk memenangkan persaingan pasar di bisnis gosok
 
1. Sistem Delivery

Strategi pemasaran yang pertama adalah menggunakan sistem delivery atau antar jemput laundry. Sistem jemput bola ini memudahkan pelaku bisnis untuk bisa mengambil cucian para pelanggan langsung ke rumahnya sehingga para pelanggan tidak perlu repot mengantarkan cucian ke tempat usaha Anda. 
 
2. Sistem Kupon

Strategi pemasaran ini bisa dilakukan sebagai promo untuk bisnis gosok milik Anda, tentunya dengan persyaratan tertentu. Misalnya saja, pelaku bisnis memberikan gratis 5 kg jika sudah pernah menggosok di tempat kita  sebanyak 10 kali. Jadi setiap kali ada pelanggan datang, Anda akan memberikan 1 kupon untuk dikumpulkan, setelah kupon sudah mencapai 10 kupon maka pelanggan bisa menukarkannya dengan mencuci gratis sebanyak 5 kg.
 
3. Mengadakan Undian Berhadiah

Strategi pemasaran yang ketiga adalah dengan mengadakan undian berhadiah setiap satu tahun atau enam bulan sekali. Hal itu bertujuan agar para pelanggan lebih loyal lagi dan tidak bosan kepada bisnis gosok yang akan di jalankan. Siapkan hadiah yang berkaitan erat dengan ibu rumah tangga seperti peralatan dapur, aksesoris kamar dan lain sebagainya karena pasar untuk bisnis gosok sebagian besar adalah para ibu rumah tangga.
 
4. Diskon Member

Untuk memenangkan pasar bisnis gosok, pelaku bisnis juga bisa menggunakan sistem diskon untuk setiap pelanggan yang mempunyai kartu member. Dengan begitu pelaku bisnis harus membuat dua harga yaitu untuk pelanggan yang memiliki kartu member dan yang tidak.
 
5. Sistem Pemasaran Waralaba

Jika manajemen dari bisnis gosok yang Anda miliki sudah bagus dan brand bisnis Anda sudah dikenal banyak orang, maka Anda dapat mengembangkan bisnis tersebut dengan sistem waralaba. Caranya dengan merekrut orang yang ada di daerah lain untuk menjadi mitra franchise kita.
6. Pemilihan Pewangi Pakaian

Selain beberapa strategi pemasaran di atas, penambahan layanan seperti memilih sendiri pewangi pakaian yang akan Anda gunakan juga bisa digunakan sebagai salah satu media untuk memenangkan persaingan pasar bisnis gosok.

Kunci Sukses

Yang pertama dalam menjalankan bisnis Goshok ini adalah kesabaran. Kesabaran dalam mempromosikan bisnis tidaklah mudah. Langkah pertama yang kita lakukan adalah mendekatkan diri kepada konsumen, sekaligus memperkenalkan bisnis Goshok dengan menggunakan aplikasi yang ada. Dan yang terpenting adalah aplikasi tersebut harus memudahkan konsumen dalam memesan gosokan, tidak telat, dan harga yang terjangkau.

Analisa Ekonomi
Modal Awal
·         Setrika (@ 125.000 x 5 unit)                                      = Rp. 625.000
·         Motor (@ 5.000.000 x 2 unit )                                    = Rp. 10.000.000
·         Pulsa                                                                            = Rp. 50.000
·         Handphone (@ 1.500.000)                                         = Rp. 1.500.000
·         Bensin                                                                         = Rp. 20.000
·         Kuota Internet                                                             = Rp. 100.000
+
                                                                                    Total        Rp. 10.945.000

Biaya Penyusutan
Peralatan mengalami penyusutan setelah masa pemakaian
·         Setrika             : 1/36 bulan x 625.000            = Rp. 12.361
·         Motor              : 1/120 bulan x 10.000.000     = Rp. 83.333
·         Handphone     : 1/48 bulan x 1.500.000         = Rp. 31.250
+
                                                Total Penyusutan        = Rp. 131. 944

Biaya Produksi Per-Bulan
·         Pulsa                                                               = Rp. 200.000
·         Bensin                                                             = Rp. 250.000 x 2 = 500.000
·         Kuota Internet                                                 = Rp. 200.000 x 2 = 400.000
·         Biaya Promosi                                                 = Rp. 500.000
·         Tenaga Kerja (borongan)                                = Rp. 500.000 x 2 = 1.000.000
+
                                                                        Total    = Rp. 2.600.000


Omset Per-Bulan
Orderan 5 x sehari      = 150 x 1 bulan
                                    = Rp. 20.000 x 210
                                    = Rp. 6.300.000

Laba bersih                 = Rp. 6.300.000 – Rp. 2.600.000
                                    = Rp. 3.700.000


KESIMPULAN

Jika dilihat dari keuntungan yang didapat, keuntungan memang terlihat kecil, namun kami yakin apabila usaha ini sudah mulai berkembang dan sudah mulai membuka cabang, maka keuntungan dapat menjadi berkali – kali lipat karena kami yakin akan potensi dan peluang yang didapat dari bisnis gosok ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar