Kamis, Oktober 5

Business Plan MoeslemStyle


PENDAHULUAN

Di era globalisasi yang semakin maju banyak sekali banyak sekali
kemajuan treend/gaya anak muda, semua itu disebabkan karena selera
manusia yang semakin tinggi dan berubah-ubah, salah satunya yaitu cara
berhijab.
Di era maju ini banyak sekali hijab-hijab baru yang
bermunculan dan model yang bervariasi dengan harga yang mahal.Walaupun
persaingan yang cukup ketat dalam pasar hijab tidak menyurutkan
langkah kami untuk mencoba memproduksi segala model hijab ini
dikarenakan sedikitnya persaingan dalam produksi trend hijab.
Hijab adalah salah satu kreasi yang banyak diminati dimasyarakat.mulai
Dari anak remaja hingga yang dewasa.selain hijab bisa menutup aurat
kita disamping itu hijab juga dapat membuat kita bisa tetap bergaya
dan tertap beriman.
Usaha ini tidak membutuhkan modal yang terlalu besar, menjalakan usaha
dalam bidang ini cukup menguntungkan karna sasaran kami adalah remaja
terutama mahasiswa.

KONSUMEN

Konsumen hijab memang tidaklah sulit, meningkatnya mode hijab dengan trensenternya membuat hijab banyak dicari dan diburu masyarakat. Mulai anak-anak, remaja, dewasa hingga orang tua cocok mengenakan hijab.


MEMULAI BISNIS

Salah satu hal yang sering dikeluhkan sebagian orang dalam memulai usaha berjualan busana muslimah seperti hijab dan jilbab adalah ketiadaan modal usaha berupa uang yang mencukupi. Dan hal yang menggembirakan seiring dengan kemudahan dalam jual beli secara online saat ini maka anda bisa membuka usaha bisnis jilbab dan busana muslim tanpa modal. Caranya anda menjalankan bisnis dropship jilbab. Dimana anda menjadi seorang dropshipper dari sebuah produk jilbab.

Untuk mendapatkan daftar supplier kerudung maupun distributor jilbab, anda bisa memperolehnya di forum-forum seperti ads id, olx, facebook, blog dan lain sebagainya. Atau mencari supplier jilbab dengan mengetikkan kata kunci di mesin pencarian googgle ‘supplier jilbab murah terpercaya’. Anda akan mendapatkan puluhan daftar suplier kerudung dan jilbab yang anda bisa menjalankan kerjasama dengan perusahaan konveksi tersebut. Dimana anda mengajukan diri sebagai dropshipper yang ikut menjualkan produk jilbab milik orang lain itu tanpa anda perlu repot menyetok barang. Tugas anda adalah mempromosikan produk jilbab. Jika ada konsumen maka anda bisa meminta pembayaran terlebih dahulu. Kemudian pengiriman jilbab langsung ditujukan ke alamat pemesan dari alamat supplier.

Cara mudah lainnya melakukan 
bisnis jilbab tanpa modal adalah anda mengiklankan produk jilbab milik supplier di toko online atau marketplace olx. Kemudian jika ada pembeli maka anda bisa meminta pembayaran dimuka. Setelah pembayaran lunas maka anda bisa mengirimkan jilbab pesanan langsung dari suplier ke alamat pemesan atas nama anda sendiri. Banyak orang sukses dari usaha bisnis jilbab tanpa modal ini. Keuntungan yang didapatkan bervariasi dimulai Rp 50 ribu sampai Rp 500 ribu perhari.Salah satu hal yang sering dikeluhkan sebagian orang dalam memulai usaha berjualan busana muslimah seperti hijab dan jilbab adalah ketiadaan modal usaha berupa uang yang mencukupi. Dan hal yang menggembirakan seiring dengan kemudahan dalam jual beli secara online saat ini maka anda bisa membuka usaha bisnis jilbab dan busana muslim tanpa modal. Caranya anda menjalankan bisnis dropship jilbab. Dimana anda menjadi seorang dropshipper dari sebuah produk jilbab.

Untuk mendapatkan daftar supplier kerudung maupun distributor jilbab, anda bisa memperolehnya di forum-forum seperti ads id, olx, facebook, blog dan lain sebagainya. Atau mencari supplier jilbab dengan mengetikkan kata kunci di mesin pencarian googgle ‘supplier jilbab murah terpercaya’. Anda akan mendapatkan puluhan daftar suplier kerudung dan jilbab yang anda bisa menjalankan kerjasama dengan perusahaan konveksi tersebut. Dimana anda mengajukan diri sebagai dropshipper yang ikut menjualkan produk jilbab milik orang lain itu tanpa anda perlu repot menyetok barang. Tugas anda adalah mempromosikan produk jilbab. Jika ada konsumen maka anda bisa meminta pembayaran terlebih dahulu. Kemudian pengiriman jilbab langsung ditujukan ke alamat pemesan dari alamat supplier.

Cara mudah lainnya melakukan 
bisnis jilbab tanpa modal adalah anda mengiklankan produk jilbab milik supplier di toko online atau marketplace olx. Kemudian jika ada pembeli maka anda bisa meminta pembayaran dimuka. Setelah pembayaran lunas maka anda bisa mengirimkan jilbab pesanan langsung dari suplier ke alamat pemesan atas nama anda sendiri. Banyak orang sukses dari usaha bisnis jilbab tanpa modal ini. Keuntungan yang didapatkan bervariasi dimulai Rp 50 ribu sampai Rp 500 ribu perhari.

KEUNTUNGAN BISNIS HIJAB
Keuntungan bila  Anda memilih terjun dalam peluang usaha hijab ini yakni merupakan mode pakaian yang kini tengah booming serta digandrungi banyak orang mulai dari anak-anak, remaja, orang dewasa dan orang tua. Serta fasion hijab dari hari ke hari terus berkembang tidak menjadikan orang bosan untuk memakainya.

KENDALA BISNIS HIJAB
Dalam menjalankan bisnis hijab dikalangan yang mayoritasnya adalah perempuan muslim ini juga terdapat beberapa kendala yang dapat menghambat berjalannya bisnis ini, yaitu :
1.      Persaingan Ketat
Salah satu yang menjadi kendala dalam menjalankan bisnis hijab ini yaitu persaingan yang sangat ketat. Dengan trend yang berkembang sangat pesat dan permintaan dikalangan masyakarat juga berkembang membuat para pebisnis bermunculan untuk menawarkan produk hijab yang menarik dan berbeda.
2.      Sulit mendapatkan Suplai
Dengan banyaknya pebisnis yang bermunculan untuk menjalankan usaha dengan skala yang sama, maka permintaan suplai hijab pun meningkat. Tetapi dengan permintaan yang tinggi tidak selalu diimbangi dengan produksi sama besar. Ini yang menyebabkan sulitnya mendapatkan suplai.
3.      Style atau Model Hijab berkembang sangat Pesat
Dalam dunia fashion hijab akan terus berkembang dan berubah dari waktu ke waktu yang akan menghasilkan model-model terbaru. Dengan sulitnya mendapatkan suplai dengan permintaan yang tinggi sehingga ketika sudah memesan dalam jumlah barang yang banyak, lalu bermunculan model-model terbaru yang lebih unik dan menarik dari model sebelumnya.
4.      Modal Usaha
Dengan model dan permintaan yang sangat tinggi tentunya akan dibutuhkan pula modal yang lebih besar untuk bisa memenuhi permintaan dikalangan masyarakat.

SISTEM PEMASARAN BISNIS HIJAB
1.       Mulailah dengan survey pasar.
 Salah satu teknik pemasaran yang wajib Anda lakukan sebelum memasarkan sebuah produk yaitu mencari informasi seberapa besar potensi pasar di sekitar Anda, bagaimana dengan selera pasar, serta mengetahui perkembangan trend model jilbab yang berkembang saat ini. Untuk melakukan hal tersebut Anda tidak perlu jauh-jauh survey ke kota-kota besar, mulailah dari orang-orang di sekitar Anda seperti keluarga, tetangga, teman dekat, dan lain sebagainya.

2.      Penuhi permintaan konsumen.
 Setelah mengetahui model jilbab seperti apa yang banyak diminati konsumen, selanjutnya Anda bisa melakukan pembelian beragam jenis model dan corak jilbab yang sedang digemari target pasar Anda. Sebaiknya belilah produk dalam jumlah terbatas, namun mewakili semua variasi jilbab yang sedang trend saat ini. Semakin lengkap produk jilbab yang Anda tawarkan, semakin besar pula peluang pasar yang Anda ciptakan.

3.        Tawarkan harga yang lebih murah.
Tak bisa dipungkiri bahwa pertimbangan harga masih menjadi faktor penentu bagi para konsumen yang tertarik membeli sebuah produk. Hal ini pula yang perlu Anda pertimbangkan dalam memasarkan produk jilbab di musim ramadhan. Usahakan cari tempat grosir jilbab yang cukup murah, agar Anda bisa menjualnya di pasaran dengan harga yang lebih miring.



4.      Jangan ragu untuk memasarkannya dengan sistem door to door.
 Meskipun Anda masih seorang pemula, namun jangan pernah takut dan malu untuk memasarkan produk jilbab Anda dari pintu ke pintu. Mulailah dengan memasarkan jilbab tersebut di sekitar komplek rumah Anda, menawarkannya ketika sedang ada kegiatan arisan, pengajian, ataupun sekedar acara kumpul bersama dengan komunitas yang Anda ikuti. Cara ini cenderung lebih efektif dibandingkan dengan menunggu konsumen yang datang kepada Anda.

5.      Aktif dalam berbagai kegiatan promosi.
Untuk mengenalkan sebuah produk kepada khalayak ramai, penting bagi Anda untuk mengikuti beberapa rangkaian promosi yang ada di sekitar lokasi usaha. Misalnya saja seperti bazar ramadhan, pasar sore menjelang buka puasa, pasar tiban menjelang lebaran, serta masih banyak lagi event-event musiman lainnya yang banyak diadakan selama bulan ramadhan.

6.       Manfaatkan loyalitas konsumen untuk memperluas pemasaran produk Anda. Strategi ini bisa dijalankan dengan cara menggandeng para pelanggan sebagai agen maupun reseller produk jilbab yang Anda pasarkan. Tawarkan diskon atau bonus khusus bagi mereka yang menginformasikan produk jilbab Anda kepada para rekan dan kerabat dekatnya. Bila strategi pemasaran ini berkembang cukup pesat, selanjutnya Anda bisa membuka kemitraan resmi dengan memberikan insentif dan diskon khusus bagi para member yang tertarik menjadi reseller.

KUNCI SUKSES BISNIS HIJAB

Dalam menjalankan suatu bisnis atau usaha terdapat beberapa kunci untuk sukses, yaitu:

1.      Doa dan Restu Orang Tua
Doa dan restu orang tua lah yang sangat akan mempengaruhi dalam menjalankan bisnis ini. Karena didalam doa dan restu orang tua terdapat obat-obat manjur untuk keberhasilan suatu bisnis.



2.      Ikhtiar
Dengan terus berusaha untuk memenuhi kebutuhan dalam hidup, baik material, spiritual, dan masa depan.

3.      Ide dan Inovasi
Ide dan inovasi merupakan faktor penting untuk memulai suatu bisnis. Dengan berkembangnya suatu ide maka akan menciptakan pula inovasi-inovasi terbaru yang akan lebih memajukan suatu bisnis.

4.      Strategi dan Marketing
Menciptakan strategi dengan baik dan teliti yang bertujuan untuk berkembangnya suatu usaha. Sehingga setelah terbentuknya strategi bisnis lalu memasarkan dan mempromosikan suatu produk pada target-target yang menjadi sasaran.

5.      Team Work dan Support
Dengan adanya tim kerja yang baik di suatu bisnis maka akan berjalan lancar pula usaha yang akan dijalankan. Karena dari orang satu ke orang lainnya saling mensupport untuk saling bekerja sama dengan tujuan suksesnya bisnis ini.

ANALISA EKONOMI BISNIS HIJAB
Harga jual perbuah Rp. 25.000 * 20 buah = Rp. 500.000
Hrga pokok produk perunit :
Harga beli bahan baku            : Rp. 260.000
Neci                                         : Rp. 50.000
Bensin                                     : Rp. 15.000
Jumlah                                     : Rp. 140.000
Perhitungan margin keuntungan : Rp. 140.000 * 100% = 28%
                                                            Rp. 700.000
PENUTUP


Harapan penulis untuk produk  “Hijab Online MOSLEMSTYLE  ialah supaya
produk ini bisa lebih berkembang dan maju. Di samping itu, kami
mengharapkan supaya produk hijab ini tidak berkurang, karena produk
ini sangat bervariasi dari segi warna dan motif

Tidak ada komentar:

Posting Komentar