Kamis, Oktober 12

INOVASI PCM-HD (Phase Change Material - Heat Damper)

Startup F03 -

Indonesian Invention and Innovation Promotion (INNOPA) berperan sebagai penyelenggara acara Internationl Young Inventors Award (IYIA) tahun 2017, salah satunya diselenggarakan di negara Indonesia tepatnya diselenggarakan di Aula Rektorat Universitas Mercu Buana Jakarta pada tanggal 22-23 September 2017.
Acara ini bertujuan memberikan dan membuka kesempatan pada inovator muda untuk menyampaikan ide-ide kreatif mereka dan juga memberi dampak postif hubungan antara Indonesia dengan berbagai negara yang ikut serta dalam acara ini.

Dalam acara IYIA ini banyak negara yang ikut serta dalam menunjukan karya-karya atau ide-ide kreatif anak muda untuk diperlihatkan dan berbagi informasi tentang produk  dan teknologi yang mereka ciptakan kepada pengunjung yang menghadiri Aula Rektorat tersebut, seperti negara Malaysia, Jordania, Filipina, Thailand dan masih banyak lagi. Tidak hanya dari luar negeri saja tetapi beberapa Universitas dan sekolah SMA sederajat di Indonesia juga ikut serta dalam acara ini tentunya karyanya tidak kalah menarik dengan produk dan teknologi dari negera luar

Salah satu karya yang ada pada pameran IYIA 2017 yaitu PCM-HD, PCM-HD ini merupakan phase change material heat damper. Terciptanya PCM-HD di later belakangi oleh salah satu ketidaknyamanan perubahan iklim yang sebagaimana dapat kita rasakan, pun panas yang berlebihan dalam mobil yang parkir di outdoor. Mobil yang diparkir di tersebut mengalami efek rumah kaca yang bisa menyalakan suhu dikumpulkan oleh departemen bumi dan iklim ilmu SFSU pada 2003. Kondisi tersebut dapat merugikan mempengaruhi interior mobil dan itu mungkin akan memakan waktu lama untuk mengembalikan suhu yang normal dan nyaman . PCM-HD Terbuat dari panas damper tidak terpakai palm-oil, produce ini akan menjaga hubungan temperatur di mobil.

Setelah melakukan wawancara kepada pihak PCM-HD, mereka tidak berniat untuk mematenkan produknya oleh Universitas Mercu Buana Jakarta, dan mereka membuat produk ini tidak karena ingin mendapatkan beasiswa.

KRITIK dan SARAN


menurut kami produk ini sangat inovatif akan tetapi  PCM-HD  kurang memperkenalkan kepada masyarakat sehingga masyarakat tidak banyak mengetahui tentnag produk ini.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar