Rabu, November 29

Membangun Wirausaha Membangun Negara



                                                 
A.     Tinjauan Secara Umum
Secara umum, Seminar ini berisikan tentang motivasi agar menjadi pengusaha yang sukses yang dibawakan kak Riezka Rahmatiana. Selain itu, terdapat pengisi acara lain yaitu,  dari Bpk. Bagus Rachman LLP-KUKM dan Koperasi-UKM.
B.     Tinjauan Secara Khusus
Secara khusus, materi yang dibawakan oleh kak Riezka Rahmatiana yaitu perjalanan bisnis dia mulai dari nol hingga sekarang menjadi franchisor yang memiliki keuntungan di atas 2,5 milyar. Awal dia memulai pada usia 18 tahun di Bandung, tahun 2007 dengan modal awal 150 ribu untuk bahan baku dan 2 juta untuk modal gerobaknya. 

Nama logonya adalah ‘Justmine Pisang Ijo’. Es pisang ijo yang dia tawarkan dengan varian rasa durian, vanilla, strawberry dan masih banyak lagi. Dia memulai dengan berdagang di pinggir jalan menggunakan gerobak. Sehari-dua hari dagangannya tidak laku terjual sama sekali, dalam sehari ia menjual 20 porsi. Namun ia selalu tetap sabar dan terus mencoba. Kemudian , selain es pisang ijo dia juga menjual cake banana dengan nama pertamanya Tokyo Banana yang sekarag bernama Lady Banana. Usahanya sekarang berbasis online dan franchise dengan 480 outle yang berada di Indonesia, korea, hongkong dan masih banyak lagi.
Kemudian terdapat beberapa tips bagaimana membangun bisnis yang berhasil:
1.        Mulai bisnis diri sendiri.
-          Pilih produk yang tepat (harus sesuai dengan target pasar, sesuai passion, unik, dan bikin penasaran)
2.       Buat Strategi (seperti jangan menggunakan pesan broadcast, lebih baik menggunakan poster, ada contak, sertakan testimony, pasarkan lewat sosial media, gunakan brand yang khas (slogan), dan franchise).
3.       Lokasi yang pas (biasanya ruko yang menarik berada di sebelah kiri mengarah pada jalan pulang)
4.      Bangun sistem (pelajari seluk-beluk bisnis anda kemudian bangun sistem/kerja sama)
5.       Kelola keuangan (cari profit yang besar dengan cara menjaga profit tetap bagus dengan investasi, dijaga)
Selain itu, Bapak Bagus Rachman memberikan informasi untuk membangun motivasi supaya menjadi seorang wiausaha dan membangun Negara Indonesia agar selangkah lebih maju dari negara-negara tetangga. Beliau memberikan gambaran dan peluang yang mendukung kita untuk maju. Pengusaha  yang dibutuhkan dan akan menjadi sukses jika memiliki 3 hal yaitu ; Profesional, Bertika/Moral, Excellent. Kemudian terdapat tiga pilar pelaku ekonomi/bisnis ; BUMN, KOPERASI, SWASTA.
C.      Kritik dan Saran, Kesan dan Pesan
Kritik : seminarnya sudah sangat bagus, karena meneghibur. Selain itu, dari sisi pesertanya juga aktif, pertanyaannya berbobot namun tidak kaku. Namun yang sangat disayangkan pembawa acaranya dalam menyampaikan sedikit membawa Sara, sehingga merasa risih.
Saran : Sebaiknya perkataan yang mengandung sara, tidak dijadikan bahan lelucon.
Kesan : Kami sangat termotivasi untuk membangun usaha. Bukan semata untuk menjadi sukses untuk individu, kami juga memiliki keinginan untuk menjadikan Negara Indonesia yang memiliki banyak pengusaha muda sehingga perekonomian kita bisa berada selangkah lebih maju dari Negara tetangga.
Pesan : saya harapkan, aka nada banyak seminar dan wadah yang mau mendukung mahasiswa untuk berwirausaha seperti pinjaman uang yang dipermudah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar