Jumat, Januari 12

Ayam Geprek

Tinjauan Umum

Secara umum, kegiatan kewirausahaan yang diadakan diatrium Universitas Mercu Buana Jakarta sangat meriah. Kegiatan ini dikuti oleh banyak peserta, tidak hanya peserta yang berasal dari luar kampus namun para mahasiswa/i Universitas Mercu Buana ikut ambil andil dalam kegiatan ini sehingga stand-stand yang disediakan hampir penuh ditempati para peserta. Produk yang mereka jajakan sangat beraneka ragam, mulai dari baju, aksesoris (gelang  kalung dlld), hingga makanan dan minuman.


Para peserta tentunya sangat antusias menhikuti kegiatan ini, hal ini dapat dilihat dari adanya beberapa peserta yang memberikan diskon-diskon bagi para calon pembeli. Hal ini mereka lakukan untuk menarik minat dari para calon pembeli sekaligus untuk meningkatkan jumlah pendapatan mereka.

Kegiiatan ini sangat bermanfaat bagi para mahasiswa, khusunya yang memiliki passion dibidang wirausaha. Kegiatan ini akan memberikan pengetahuan yang banyak tentang wirausaha, mulai dari menyiapkan modal, menyediakan barang yang akan dijual, menarik perhatian konsumen dan sebagainya.

Tinjauan Khusus

1.     LATAR BELAKANG
Makanan adalah kebutuhan pokok manusia yang paling utama karena semua manusia pasti butuh makan untuk memberikan nutrisi dan energi pada tubuhnya. Dan berbisnis makanan/ kuliner boleh dibilang salah satu jenis usaha yang tidak akan pernah mati karena akan selalu dicari oleh banyak orang untuk memenuhi kebutuhan tubuh mereka.
Ketatnya persaingan usaha kuliner di masa sekarang menuntut para pengusaha kuliner agar lebih kreatif dan inovatif dalam dalam membuat produk makanan. salah satunya ialah Ayam geprek, ayam geprek sendiri salah satu makanan cepat saji dimana kualitas rasanya tidak kalah dengan masakan lain. Melihat dari peluang usaha itulah maka saya terinspirasi untuk membuat usaha special ayam geprek memble dengan varian sambal yang beraneka ragam serta variasi menu ayam geprek itu sendiri.
Usaha ayam geprek ini merupaka pelajaran untuk menggali dan mengasah ilmu kewirausahaan saya sekaligus mempraktekannya, agar saya menjadi pribadi yang mampu menularkan manfaat-manfaat kepada keluarga, teman-teman, dan masyarakat pada umumnya.

2.     KEUNGGULAN PRODUK
Keunggulan dari produk kami adalah:
1.     Bahan baku di peroleh dari bahan-bahan segar langsung dari supplier
2.     Kuliner ayam geprek disajikan dengan beberapa varian sambal diantaranya, sambal terasi, sambal bawang, sambal tomat
3.     Terdapat 6 level varian sambal dari yang pedas biasa, pedas medium (M), pedas large (L), pedas exstra large (XL), pedas exstra-exstar large (XXL), dan terakhir super pedas 3X (tripel X, XXX)
4.     Ada varian menu unggulan spesial Ayam geprek memble, Ayam pecel geprek, Ayam barbarian.
5.     Penyajian ayam geprek dengan piring lidi dengan dilapisi daun pisang untuk membuat kesan tradisional dan menambah cita rasa.
6.     Tempat strategis dengan paduan nuansa lesehan yang memanjakan pelanggan untuk sekedar kongko-kongko sambil makan.
7.     Kami mengedepankan kualitas cita rasa serta pelayanan yang maksimal terhadap pelanggan.

3.     PROSES PENGELOLAAN USAHA
Proses pengelolaan usaha sendiri, diawali dari saya sendiri dengan dibantu 3 karyawan, satu karyawan kasir dan dua karyawan operasional. Dalam pengelolaan usaha sendiri sebagai owner bertanggung jawab atas semua kegiatan usaha ayam geprek ini, walaupun saya pribadi sebagai owner akan tetapi saya tidak akan lepas tangan begitu saja. Saya juga ikut membantu baik di operasional maupun kasir, kemudian nanti kasir 1 orang khusus mengurusi jual beli, dan dua orang operasional yang bertugas sebagai koki dan pelayan.


4.     PROSES PRODUKSI
Proses Pembuatan ayam crispy
a)      Membeli ayam pilihan yang masih baru dan segar, kemudian dicuci sampai bersih
b)      Tumis merica, bawang putih, kemiri yang sudah diulek halus, masukkan jahe, sarai yang sudah ditumbuk, tambahkan garam, aduk sampai merata
c)      Masukkan ayam, ungkep ayam hingga berubah warna sampai kurang lebih 30 menit, angkat
d)      Siapkan tepung terigu, soda kue, bubuk ketumbar, tepung beras, pala bubuk, garam merica bubuk, campur hingga merata
e)      Kocok putih telur hingga berbusa
f)        Celupkan ayam ke dalam putih telur, kemudian guling-gulingkan pada tepung pelapis hingga menggumpal, kemudian simpan ayam yang sudah ditepungi
g)      Panaskan minyak goreng, kemudian goreng ayam hingga berwarna kuning keeamasan, angkat
1.     Proses Pembuatan Ayam Geprek
a)      Siapkan cabai, bawang putih, garam, uleh sampai halus
b)      Masukkan ayam crispy, kemudian geprek dengan dengan bumbu yang sudah disiapkan
c)      Sajikan dengan bahan pelengkap, kubis, kemangi, dan mentimun

5.     RESIKO USAHA
Setiap usaha pasti memiliki resiko, dan resiko yang ada dalam Spesial Ayam Geprek Memble ini adalah:
1.     Adanya sisa makanan yang tidak terjual dalam satu hari.
2.     Cuaca yang tidak menentu yang membuat pelanggan yang datang berkurang
3.     Kualitas daging ayam dan bahan pokok yang kurang bagus
4.     Kebersihan tempat dan kehigienisan bahan-bahan pokok


6.     RENCANA PEMASARAN DAN SASARAN PRODUK
Rencana pemasaran, untuk awal pembukaan Sepesial Ayam Geprek Memble akan di adakan syukuran dengan membagikan 40 porsi ayam geprek gratis ke masyarakat sekitar UMS, supaya masyarakat mengenal Sepesial Ayam Geprek Memble, kemudian penyebaran brosur ke sekolah-sekolah SMP, SMA, PT (Perguruan tinggi) dan ke instansi-instansi sekitar UMS. Memanfaatkan social media seperti Facebook, Tweeter, Blog, Whats up, We chat, BBM, line dsb. Penyediaan layanan jasa catering acara pernikahan, seminar, ulang tahun dsb. T arget usaha rincianya ialah:
1.     Mahasiswa UMS kurang lebih 25.000 beserta perguruan-perguruan tinggi di sekitarnya (IAIN, ATMI, dll)
2.     Siswa SMP dan SMA sederajat sekitar UMS (SMP AL-Firdaus, SMA AL-Firdaus, Mikael, SMA N 2Sukoharjo, SMA Assalam, MA Assalam, SMK Assalam, dll)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar