Rabu, Maret 14

AYO UBAH POLA PIKIR MU! AGAR MENJADI PENGUSAHA YANG SUKSES


Richa Fitamala  (@K01-Richa); 
Zolascha Meiriza (@K07-Zolascha)
Yoan Aulia Fahira (@K38-Yoan)
@Startup K01


Abstraksi
Artikel ini menjelaskan bahwa pentingnya mengubah pola pikir yang negative terhadap diri kita sendiri menjadi pola pikir yang positif dan sehat dalam menggapai kesuksesan.

Kata kunci       :          fokus, konsisten, pasti bisa, pantang menyerah, tidak mudah puas.


   Pendahuluan
Untuk menjadi pengusaha atau wirausaha yang sukses bukan sebuah bakat atau keturuan dari keluarga, tetapi itu adalah sebuah mimpi yang harus dicapai. bagaimana cara mencapainya? tentu saja dengan pola pikir yang kita atur sendiri dalam pikiran kita masing2 individu. jika kita ingin sukses pastilah kita akan membangun pola pikir yang positif dan sehat agar tidak memperhambat kita mewujudkan mimpi tersebut.
Oleh karena itu, mulai dari awal kita sudah harus merubah pola pikir negatif menjadi pola pikir yang positif.


  Rumusan masalah
Apa itu pola pikir?



  Pembahasan
Pola pikir adalah cara menilai atau cara berfikir yang mempengaruhi kepribadian seseorang. Orang dengan pola pikir tetap ( fixed mindset ) percaya bahwa sifat mereka hanya kodrat. Mereka memiliki sejumlah kepandaian dan bakat, dan tidak ada yang bisa mengubahnya. 
Orang dengan pola pikir pertumbuhan ( growth mindset ), di sisi lain, melihat kualitas mereka sebagai hal yang dapat dikembangkan melalui dedikasi dan usaha.

Bagaimana pola pikir terbentuk?
Bila kita memperhatikan ucapan, tindakan, kebiasaan, sikap dan bahasa tubuh kita sehari-hari- ini merupakan produk dari pola pikir yang telah terbentuk dalam diri kita.
Tidak diketahui persis bagaimana pola ini terbentuk. Proses ini menyimpan misteri. Edward de Bono mengatakan bahwa pola pikir adalah akumulasi informasi yang masuk ke dalam pikiran dan informasi ini membentuk kerangka berpikir dengan sendirinya. Tentu, ini adalah perkiraan-perkiraan saja sebab bagaimana proses itu terjadi dalam pikiran, tak seorang pun yang tahu sebab pola pikir ini terbentuk dalam substansi yang tidak bermateri. Sekalipun otak hubungan dengan pikiran, bagaimana pola pikir ini terbentuk tetap menyimpan teka-teki.  


Pola pikir apa saja yang bisa membawa kepada kesuksesan?
Beberapa pola pikir yang membawa kita kepada kesuksesan, antaranya :
  1. Yakin, kita harus yakin bahwa kita bisa melakukan hal yang sebelumnya kita fikir kita tidak bisa melakukannya.
  2. Pantang menyerah, sebagai orang yangingin sukses kita harus terus berjuang walaupunkita telah gagal berkali-kali bukan beratikita tidak akan berhasil.
  3. Tidak mudah puas, jika kita sudah mencapai hasil yang bagus, maka kita janganlah cepat merasa puas. karena dengan kita merasa puas kita tidak akan mendapat peningkatan yang lebih dari sebelumnya. 
  4. Konsisten, seoang wirausaha harus konsisten terhadap apa yag ingin dia capai. jika tidak akan sulit mencapai suatu kesuksesan.
  5. Fokus, seorangwirausaha harus fokus dalam menggapai kesuksesannya, karena dengan fokus itu kan lebih mudah mencapai kesuksesan tersebut.


Kasus

Bob Sadino


Terlahir di Lampung, 9 Maret 1939, mendiang pengusaha dengan nama lengkap Bambang Mustari Sadino ini termasuk salah satu pengusaha sukses yang sempat mengalami jatuh-bangun sebelum akhirnya menorehkan kesuksesan besar. Setelah sekitar sembilan tahun menjadi pegawai, Bob memutuskan untuk berhenti dan banting setir menjadi pengusaha. Usaha pertama yang dirintisnya adalah bisnis penyewaan mobil, dengan hanya bermodalkan satu mobil Mercedes dan ia supiri sendiri.

Namun karena musibah kecelakaan yang menimpanya saat mengemudikan mobil yang disewakannya itu, bisnis itupun berhenti di tengah jalan. Tidak putus semangat, ia kemudian beralih profesi sebagai buruh bangunan yang dibayar dengan upah harian. Saat menjadi kuli tersebut, ia melihat adanya peluang bisnis yang lain, bisnis ternak ayam dan telur ayam negeri. Dengan modal pinjaman tetangganya, akhirnya Bob mulai menjalankan bisnis tersebut. Awalnya, Bob menawarkan sendiri dagangannya dari rumah ke rumah di wilayah sekitar tempat tinggalnya, terutama kepada para ekspatriat, di bilangan Kemang, Jakarta Selatan.  Bisnis telurnya tersebut akhirnya berbuah manis dan ia mengembangkan sayap dengan menjual daging dan sayuran hidoponik. Berkat keuletannya, bisnis tersebut sukses dan ia pun mendirikan Kem-Chicks, supermarket ternama yang menjual berbagai macam produk peternakan dan pertanian. Meski sudah sukses, ia tetap tampil sederhana dan kerap kali melayani sendiri para pelanggannya seperti keluarganya sendiri.

Kesimpulan
pola pikir adalah sebuah pikiran dari dalam diri yang mempengaruhi kepribadian masing2 individu, yang membawanya kepada kesuksesan. jika kita ingin menjadi manusia yang sukses ubah lah pola pikir negatif menjadi pola pikir yang positif.

Daftar isi
Taslim, Indriani. 5 cara membentuk pola pikir yang produktif.
Link : http://www.izwie.com/2015/01/5-cara-membentuk-pola-pikir-yang.html . Senin, 11 Maret 2018. Pukul 17.25 WIB.

Blogspot Putra-Putri-Indonesia.com
Link : https://www.putra-putri-indonesia.com/pola-pikir-terbentuk.html . senin, 11 Maret 2018. pukul 18.10 WIB.

Purba, Putriani. mengembangkan mindset dan pola pikir kita.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar