Maret 14, 2018

KESUKSESAN HARUS DIRAIH, BUKAN DITUNGGU

Abstrak

Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan serta memotivasi bagaimana modal utama dalam berwirausaha dan menjadi sukses adalah pola pikir.

Kata kunci : Motivasi, Wirausaha, Modal utama dalam berwirausaha dan Mindset

A.   Pendahuluan
1.   Latar belakang

                Kewirausahaan merupakan persoalan penting di dalam perekonomian suatu bangsa yang sedang membangun. Kemajuan atau kemuduran ekonomi suatu bangsa ditentukan oleh keberadaan dan peranan dari kelompok entrepreneur ini. Melalui kewirausahaan akan memunculkan banyak manfaat pada masyarakat.

            Tidak semua orang menerima atau mempercayai pola berpikir positif. Beberapa orang menganggap berpikir positif hanyalah omong kosong, dan sebagian menertawakan orang-orang yang mempercayai dan menerima pola berpikir positif. Diantara orang-orang yang menerima pola berpikir positif, tidak banyak yang mengetahui cara untuk menggunakan cara berpikir ini untuk memperoleh hasil yang efektif.

2.   Kajian teori
a.     Pengertian Wirausaha
Wirausaha adalah seorang yang berani berusaha secara mandiri dengan mengerahkan segala sumber daya dan upaya meliputi kepandaian mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya untuk menghasilkan sesuatu

c.     Pengertian Pola Pikir
Mindset (Pola pikir) adalah cara menilai dan memberikan kesimpulan terhadap sesuatu berdasarkan sudut pandang tertentu. ... Pola adalah bentuk atau model. Dengan demikian pola pikir itu sebenarnya adalah bentuk pikir atau cara kita berpikir yang disebut “ Mindset “. (Adi W. Gunawan dalam Yogya, 2008).

d.    Pengertian Motivasi
Motivasi adalah proses yang menjelaskan intensitas, arah, dan ketekunan seorang individu untuk mencapai tujuannya. Tiga elemen utama dalam definisi ini diantaranya adalah intensitas, arah, dan ketekunan. ... Ada yang mengartikan motivasi sebagai sebuah alasan, dan ada juga yang mengartikan motivasi sama dengan semangat. (Mulyasa, 2003:112)

e.     Pengertian Sikap
Sikap adalah pernyataan evaluatif terhadap objek, orang atau peristiwa. Hal ini mencerminkan perasaan seseorang terhadap sesuatu. (Chaiken, 1993)

f.      Pengertian Sukses
Sukses adalah suatu impian atau tujuan yang kita inginkan telah tercapai dengan usaha dan kerja keras yang dijalani dalam hidupnya dalam mencapai kesuksesan dan keinginan tersebut berupa hal yang positif baik untuk diri /orang lain.

Karakteristik Kewirausahaan
1.  Desire for responsibility, yaitu memiliki rasa tanggung jawab atas usahausaha yang dilakukanya. Seorang yang memiliki rasa tanggung jawab akn selalu mawas diri.
2.  Preference for moderate risk, yaitu lebih memilih resiko yang moderat, artinya selalu menghidarkan resiko, baik yang terlalu rendah maupun terlalu tinggi.
3.     Confidence in their ability to success, yaitu memiliki kepercayaan diri untuk memperoleh kesuksesan.
(M. Scarborough dan Thomas W. Zimmerr dalam Suryana, 2014:23)

Kisah pengusaha sukses
                                                 
Nicholas Kurniawan
https://www.bintang.com/success/read/2586251/eksklusif-nicholas-kurniawan-raup-ratusan-juta-dari-ikan-hias


Nama Nicholas Kurniawan mungkin belum terlalu familiar di telinga Anda, namun saat ini di usianya yang masih sangat belia, 20 tahun, ia sudah sukses menjadi eksportir ikan hias termuda di Indonesia. Semua berawal dari kondisi keluarganya yang terpuruk dan terlilit utang, dan Nicholas pun berniat untuk mengubah nasibnya. Sempat mencoba berbagai bisnis mulai dari asuransi, makanan, MLM, dan mainan, jatuh bangun dan bahkan sempat tidak naik  kelas saat kelas 2 SMA, ia mulai bangkit kembali dan mencoba peruntungannya dengan menjual ikan hias secara online melalui situs Kaskus. Meski sempat beberapa kali ditipu oleh calon pembeli, bisnis ikan hias Nicholas kini sudah menjangkau luar negeri dan dalam sebulan omzetnya bisa mencapai lebih dari Rp100 juta.

Daftar Pustaka

 (Diunduh 10 maret 2018)

 (Diunduh 10 maret 2018)

Nugroho, Daru Setyo. 2013. Pola Pikir (Mindset) Wirausaha. Dalam : https://www.kompasiana.com/darusetyonugroho/pola-pikir-mindset-wirausaha_552e61596ea834c65a8b4567 (Diunduh 10 maret 2018)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar