Jumat, Maret 9

Entrepreneurship Motivation

@Startup-L13, @Proyek-L01
1. Devi Yanti Naibaho, @L36-Devi
2. Daffa Aziz Tandjung, @L38-DAffa
3. Lestari Febrina Tanjung, @L39-Lestari
4. Naqi Min Gil, @L40-Naqi

Abstrak
Kata motivasi akhir-akhir ini sering digunakan, baik itu seorang artis, buku-buku populer, seminar-seminar, bahkan seorang wirausahaan. Seorang entrepreneur selalu memiliki motivasi dalam diri mereka untuk memotivasi mereka untuk tetap maju dan pantang menyerah.
Motivasi akan menguatkan ambisi, meningkatkan inisiatif dan akan membantu dalam mengarahkan energi kita untuk mencapai apa yang kita inginkan. Dengan motivasi yang benar kita akan semakin mendekati keinginan kita. Biasanya motivasi akan besar, bila orang tersebut mempunyai visi jelas dari apa yang diinginkan. Ia mempunyai gambaran mental yang jelas dari kondisi yang diinginkan dan mempunyai keinginan besar untuk mencapainya.
Kata Kunci : motivasi berwirausaha, inisiatif dan proaktif, sukses dan berprestasi.
Pendahuluan
Motivasi adalah dorongan dalam diri kita yang membuat kita bertindak. Motivasi adalah sebuah proses yang membuat kita memulai, dan motivasi membimbing kita untuk melakukan hal yang sesuai dengan tujuan tertentu, dan mempertahankannya sampai tujuan itu tercapai. Bangun kejelasan dalam diri Anda sendiri. Apakah Anda memiliki impian untuk menjadi orang hebat, karyawan hebat, pengusaha hebat, atau apapun juga. Motivasi dapat dikembangkan dengan menemukan kebutuhan bersifat fisik, keamanan, mental, psikologi, sosial dan ekonomi dalam lingkungan kerja dan kewirausahaan serta menciptakan kondisi bagi pemenuhan kebutuhan yang memotivasi dengan menciptakan suatu keinginan untuk bekerja keras/giat, berprestasi dan sukses.        
1.      Permasalahan
a. Apa pengertian motivasi dalam berwirausaha ?
b. Apa Pola Pikir Bertumbuh atau Pola Pikir Mati dalam membangun motivasi berwirausaha ?
c. Bagaimana motivasi mencapai sukses dan berprestasi dalam berwirausaha ?
d. Contoh seorang entrepreneur 
2.      Pembahasan
A.    Apa itu Motivasi ?
Perkataan “MOTIVASI” berasal daripada perkataan Bahasa Inggris yaitu “MOTIVATION“. Kata motivasi berasal dari akar kata "motive" atau "motiwum" yang berarti 'a moving cause' yang berhubungan dengan 'inner drive, impulse, intension'. Kata "motive" atau "motif" ini bila berkembang menjadi motivasi, artinya menjadi 'sedang digerakkan atau telah digerakkan oleh sesuatu, dan apa yang menggerakkan itu terwujud dalam tindakan'. Motivasi adalah sebuah proses yang membuat kita memulai, dan motivasi membimbing kita untuk melakukan hal yang sesuai dengan tujuan tertentu, dan mempertahankannya sampai tujuan itu tercapai.
You miss 100% of the shots you don’t take. –Wayne Gretzky
B.     Apa Pola Pikir Bertumbuh atau Pola Pikir Mati dalam membangun motivasi berwirausaha ?
            Dalam buku yang berjudul Mindset, Carol S. Dweck menjelaskan bahwa manusia menjalankan kehidupannya dengan salah satu dari dua pola pikir ini. Apakah dia merasa bahwa kehidupannya sudah takdir, ia tidak bisa, ia tidak berbakat, ia tidak percaya diri, ia hanya bisa begitu dan tidak bisa seperti orang lain, yang mana ini disebut dengan pola pikir mati. Ia merasa segala hal di dunia ini harga mati. Jika sudah A ya akan A selamanya. Sedangkan orang yang menjalankan kehidupannya dengan pola pikir bertumbuh adalah ia merasa apapun di dunia ini bisa asal ia tahu caranya, ia bisa mengembangkan dirinya untuk bisa mencapai apa yang ia inginkan. Asal ada niat, maka apapun bisa dipelajari, apapun bisa dicapai.
I think anything is possible if you have the mindset and the will and desire to do it and put the time in. – Roger Clemens
C.    Motivasi Mencapai Sukses dan Berprestasi dalam Berwirausaha
Motivasi berkaitan dengan suatu tujuan, dengan kata lain motivasi berfungsi sebagai pendorong usaha dalam pencapaian prestasi. Hal ini berarti motivasi berprestasi sangat diperlukan oleh seorang wirausahawan untuk memajukan usahanya. Oleh sebab itu, dengan memiliki motivasi berprestasi dalam menjalankan wirausaha seorang wirausahawan akan mampu berpikir inovatif, dan kreatif serta memiliki semangat juang (motivasi berprestasi) dalam mengembangkan usaha yang dirintisnya.
Beberapa cara menumbuhkan motivasi dalam berwirausaha :
1.      Dengan paksaan (by force) atau melalui perintah atau instruksi bersifat memaksa.
2.      Dengan persuasif (persuasion) melalui cerita-cerita yang menarik, sehingga subyek terpikat dan atas kemauan sendiri meniru gambaran tentang keberhasilan orang lain.
3.      Dengan stimulasi (stimulation) melalui gambaran dan petunjuk, sehingga subyek tertarik dan timbul inisiatif sendiri untuk melakukan sesuatu yang sesuai dengan minat dan kemampuannya.
4.      Belajar dari konsep 3M yaitu : Mulai dari yang kecil, Mulai dari diri sendiri dan Mulai saat ini juga.
Only those who have learned the power of sincere and selfless contribution experience life’s deepest joy: true fulfillment. – Tony Robbins

Contoh Entrepreneur Muda Sukses Meski Masih Kuliah di Indonesia.


                       
1) Hafiza Elfira

Menempuh pendidikan di Universitas Indonesia, Depok merupakan tantangan sendiri bagi mahasiswi berusia 22 tahun. Tidak hanya pintar dalam bidang akademis, Hafiza memiliki otak bisnis ketika masih kuliah. Berawal dari sebuah social entrepreneur di bawah Nalacity Foundation, wanita ini gemar memberikan penyuluhan kepada ibu-ibu penderita kusta. Namun,dalam waktu yang cukup panjang dia berhasil membuat bisnis manik-manik yang laris di pasaran. Hasilnya ratusan juta rupiah bisa dia ambil selama kuliah.
2) Yasa Singgih
 Anda tidak akan percaya dengan hasil yang diraihnya pada umur yang masih muda, yaitu sekitar 20 tahun pada 23 April 2016 nanti. Ya, meski masih memiliki umur yang relatif muda Yasa telah berhasil menjalani banyak sekali bisnis, antara lain konsultan, properti, dan fashion dengan brand Men’s Republic. Pria lulusan Bina Nusantara ini sudah terbiasa berbisnis sejak usia 15 tahun, ketika ayahnya diklaim memiliiki penyakit jantung. Never too young to become a billionaire! Menjadi jargon yang selalu memotivasinya untuk maju dan mengembangkan bisnis.

3) Nicholas Kurniawan

Kaskus memiliki jaringan yang kuat sehingga mudah dalam pemasaran, hal tersebut sangat dirasakan oleh Nicholas. Berawal dari ekonomi keluarga yang terpuruk dan terbelit banyak hutang, dia akhirnya mencari cara untuk menekuni bisnis. Terbukti ada bisnis MLM, makanan, dan mainan pernah dia coba sebelum beranjak ke Kaskus. Hingga pada suatu saat dia menceburkan dirinya untuk berjualan di Kaskus sebagai Eksportir ikan hias. Tidak tanggung-tanggung omset yang dapat dia peroleh berkisar ratusan juta rupiah dalam satu bulannya.



Kesimpulan
Ada dua tipe orang kalau kita lihat dari cara ia termotivasi. Yang pertama adalah ia termotivasi kalau ingin mencapai sesuatu. Yang kedua adalah orang yang termotivasi jika akan kehilangan sesuatu atau akan terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Begitu pula seorang Wirausahawan mereka harus memilih menjadi tipe pertama atau kedua, yang dimana mereka harus mempunyai motivasi tinggi dalam prestasi demi mencapai tujuan yang diinginkan.

Daftar Pustaka
Damayanti, Retno. 2015. KEWIRAUSAHAAN: MOTIVASI BERPRESTASI KEWIRAUSAHAAN. Dalam http://retnoengineteacher.blogspot.co.id/2015/05/v-behaviorurldefaultvmlo_25.html. Diakses 06 Maret 2018.

Setiawan, Agus. Apa dan Bagaimana Membangkitkan Motivasi dalam  Diri. Dalam http://aquariuslearning.co.id/motivasi-apa-dan-bagaimana-membangkitkan-motivasi-dalam-diri/.  Diakses 06 Maret 2018.

M.G. WI ENDANG NP. 2012. Analisis Faktor Motivasi Berwirausaha. Jurnal Profit, Volume 6, Nomor 1, Juni 2012. Dalam http://ejournalfia.ub.ac.id/index.php/profit/article/view/136. Diunduh 06 Maret 2018.

Jati, Waluya. 2009. Analisis motivasi wirausaha perempuan (wirausahawati) di kota malang. HUMANITY, Volume IV, Nomor 2, Maret 2009: 141 – 153. Dalam http://ejournal.umm.ac.id/index.php/humanity/article/view/820/3006. Diunduh 06 Maret 2018.

Aidha, Zuhrina. 2016. PENGARUH MOTIVASI TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA
MAHASISWA FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA. Jurnal JUMANTIK Vol. 1 No.1 Nopember 2016.    




9 komentar:

  1. @L11-Aldy
    @Startup-L04

    Mengapa kita takut untuk melangkah dalam melakukan suatu hal dan mengapa terkarang kita enggan dalam merubah pola pikir kita?

    BalasHapus
  2. @L08-Rizky
    @Startup-L04
    Gak ada yg mau di komentarin, bagus semua.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. @L20-Nabila
    @Startup-Nabila

    artikel ini sangat membantu dan menarik sehingga memotivasi saya untuk lebih bersemangat dalam berwirausaha

    BalasHapus
  5. @L32-Maulani
    @Starup-L11

    Artikel ini sangat bermanfaat, lalu menurut kalian bagaimna para wirausaha tersebut menghadapi persaingan sekarang yang semakin berkembang?

    BalasHapus
  6. @L26-Alvian
    @Startup-L10
    Menurut saya pemaparan dari kelompok ini sudah bagus, mereka kompak dalam memaparkan materi. Tetapi sayang nya presentasi kelompok ini kurang lengkap karna salah satu anggota nya tidak ada

    BalasHapus
  7. @L17-Humairoh, @Startup-L06

    Menurut anda seberapa besar pengaruh orang disekeliling kita untuk memulai berwirausaha?

    BalasHapus
  8. Artikel ini baik dan hampir dikatakan dapat memotivasi kita semuanya. Menurut kalian bagaimana supaya kita tetap termotivasi pada saat usaha kita sedang mengalami penurunan? Karena terkadang banyak hal hal ketika kita berwirausaha yg dapat membuat kita down khususnya kegagalan

    BalasHapus
  9. @L13-Huda
    @Startup-L05
    Menurut anda cara paling efektif untuk memotivasi agar seseorang mau berwirausaha itu seperti apa?

    BalasHapus