Minggu, Maret 11

Memotivasi dalam Berwirausaha

@L33-Farhan, @L34-Yan, @L35-Guntur, @Startup-L12
Disusun Oleh : Muhammad Farhan Naufal, 
Yan Setianur, 
Guntur Wahyu Prasetiyo

ABSTRAK
Setiap orang harus memiliki motivasi sebelum ia memulai sebuah usaha. Karena jika ia tidak memiliki sebuah motivasi ia akan sulit untuk memulai berwirausaha.
Khususnya untuk mahasiswa, mereka sangat perlu memiliki sebuah motivasi agar mereka bias berwirausaha dengan baik dan berjalan lancar. Ketika ia telah memiliki motivasi para mahasiswa tersebut akan sangat mudah mendapat prestasi dari usaha yang mereka jalankan. Semua ini pun harus melakukan sebuah pemikiran panjang sebelum kita memiliki sebuah usaha karena pada dasarnya tidak mudah untuk memulai usaha jika kita hanya memiliki sebuah motivasi. Karena kita juga harus memiliki tekad yang kuat dan juga usaha yang baik agar kita bisa memiliki prestasi dalam usaha kita.

KATA KUNCI :
motivasi, wirausahawan, sukses dan berprestasi

PENDAHULUAN
Banyak karyawan jaman sekarang termotivasi untuk berwirausaha. Motivasi mereka seringkali terdengar adalah mencari pengalaman, menambah uang saku, terkadang juga sebagai kebutuhan hidup mereka yang kurang.   Artikel ini kami buat agar menambah semangat dan motivasi karyawan yang ingin sekaligius menjadi wirausahawan.

PEMBAHASAN

Tidak sulit untuk membuktikan minimnya jumlah pengusaha di Indonesia. Kamu bisa mencari tahu profesi setiap temanmu yang sudah bekerja. Kemungkinan besar hanya segelintir dari mereka yang berprofesi sebagai wirausaha dan sebagian besar merupakan pegawai kantoran. Maka mulailah membangun bisnis sendiri. Kabar baiknya, ada beberapa bidang wirausaha yang sebenarnya dapat dimulai dengan modal yang relatif kecil. Jadi Anda tak perlu pusing memikirkan mencari modal untuk memulai bisnis sendiri. Saat ini beberapa karyawan dan yang lainnya mulai berpikir untuk memulai sebuah usaha atau bisnis, mereka memilih bisnis rumahan sebagai langkah awal dalam membangun bisnis. Melihat sebuah peluang bisnis merupakan modal dasar untuk memulai sebuah bisnis. Namun apa lagi yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis rumahan agar sukses? Berikut tipsnya:

Memotivasi Berprestasi Menurut Ika :
Semakin seseoang meyakini bahwa dirinya dapat mengelolah berbagai kekuatan dan kelemahan, maka semakin yakin ia bahwa dirinya dapat mewujudkan satu prestasi. Ciri-ciri pribadi wirausaha yang berhasil adalah :
  1. Berorientasi pada tindakan dan memiliki motif yang tinggi dalam mengambil resiko untuk mencapai tujuan
  2. Dapatmendayagunakan kekuatan-kekuatan yang dimiliki dan mengurangi kelemahan-kelemahan yang ada
  3. Mempunyai perilaku yang agresif dalam mengejar tujuan atau berorientasi pada tujuan dan hasil
  4. Mau belajar dari pengalaman
  5. Memupuk dan mengembangkan pribadi unggul secara terus-menerus.
Seseorang minat berwirausaha karena adanya sesuatu motif, yaitu motif berprestasi. David C. McClelland mengelompokan motivasi menjadi tiga motif social yaitu: kebutuhan akan prestasi, kebutuhan akan kekuasaan, dan kebutuhan akan afisiliasi.
Memotivasi Berwirausaha
Ciri-ciri wirausaha yang berhasil (Kasmir, 27 – 28) dalam Ika :
1.      Memiliki visi dan tujuan yang jelas.
2.       Inisiatif dan selalu proaktif.
3.      Berorientasi pada prestasi.
4.      Berani mengambil risiko.
5.      Kerja keras.
6.      Bertanggungjawab terhadap segala aktifitas yang dijalankannya, baik sekarang maupun yang akan datang.
7.      Komitmen pada berbagai pihak merupakan ciri yang harus dipegang teguh dan harus ditepati.
8.      Mengembangkan dan memelihara hubungan baik dengan berbagai pihak, baik yang berhubungan langsung dengan usaha yang dijalankan maupun tidak.


Manfaat Berwirausaha Menurut Purwanto :
·         Kebebasan Finansial
Dengan menjadi entrepreneur maka kesempatan itu terbuka  sangat lebar karena semua Anda tentukan sendiri.
·         Kebebasan waktu
Apabila Anda menjalankan bisnis dengan tepat dan telah berhasil membangun sistem “auto pilot” dalam bisnis Anda, maka kebebasan waktu niscaya dapat Anda miliki.
·         Membuka Lapangan Kerja
Anda melakukan wirausaha pasti banyak membantu negara kita mengurangi angka pengangguran.
·         Kemandirian
Dengan menjadi entrepreneur semua aktivitas, baik hasil maupun resikonya ada di tangan Anda.
·         Sarana Mewujudkan Ide Yang Ekstrim
Ide ide yang kita miliki dapat kita salurkan atau kita wujudkan dimana Anda selaku pelaku usaha tersebut.


DAFTAR PUSTAKA


Desem, Tung. 2017 . Berwirausaha Rumahan. DetikFinance. https://finance.detik.com/solusiukm/d-3424845/6-tips-berwirausaha-rumahan-agar-sukses (Diakses, 8 Maret 2018)

Lukmannul, Ikhsan. 2015. Ingin Berwira Usaha? . LIPUTAN6 . http://bisnis.liputan6.com/read/2290535/ingin-berwirausaha-ini-5-peluang-bisnis-bermodal-kecil (Diakses, 8 Maret 2018)
Purwanto, Didik. 2013 . Tujuan Dan Manfaat Berwirausaha. Kompasiana. Dalam https://www.kompasiana.com/didiy46.kompasiana.com/artitujuandan-manfaat-berwirausaha_552b73316ea8347f4e8b45a8 (Diakses,8 Maret 2018)
Sari, Ika. Motivasi Menjadi Pengusaha Sukses, Mengalahkan Mitos. Modul Perkuliahan I  (Diakses, 8 Maret 2018)
Wahyudewi, Putri. 2017 . Alasan Usia 20an Harus Berwirausaha. IDN TIMES. https://business.idntimes.com/economy/putri-wahyudewi/mengapa-anak-muda-harus-berwirausaha/full (Diakses, 8 Maret 2018)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar