Selasa, Maret 20

FOKUS DAN SUKSES


FOKUS DAN SUKSES



A.   ABSTRAK
Artikel ini di buat bertujuan untuk menunjukan bahwa setiap orang mempunyai pola pikir kreatif dan selalu berinovasi,  kreativitas  dapat digunakan oleh semua orang dan menghasilkan suatu pandangan bahwa kreativitas tidak boleh di batasi karena jika dibatasi kreativitas setiap orang tidak dapat berkembang dengan baik. Dan pasti akan mengalami proses menjadi orang yang sukses
Kata kunci :  berfikir kreatif , selalu berinovasi, kunci menjadi orang sukses .


B.   PENDAHULUAN
Setiap orang berkeinginan selalu ingin mengembangkan ide kreative nya, akan tetapi banyak sekali penghambat yang akan mengganggu ide kreative setiap orang,  untuk menjadi orang yang sukses kita harus pintar menempatkan waktu dimana orang itu akan mengembangkan ide kreativitas nya , maka dari itu ide kreativitas harus selalu di asah agar wawasan untuk mengembang ide kreativitas selalu akan berkembang dan menghasilkan sesuatu yang baru dan berguna untuk semua orang.
Artikel ini berupaya untuk memberikan bagaimana proses ide kreativitas dapat di kembangkan dan dapat sebagai alat pemecah masalah yang ada di setiap orang, maka dari itu di sini kreativitas tidak boleh di batasi karena semua orang akan selalu tumbuh mencari ide kreativitas  untuk menghasilkan sesuatu yang baru menjadi lebih baik dan bisa lebih focus menjalankan usaha nya untuk menjadi sukses.

C.   RUMUSAN MASALAH
Mengapa kita perlu berfikir kreatif ?
mengapa kita perlu berinovasi?
bagaimana mengejar fokus untuk menjadi sukses ?

D.   PEMBAHASAN
·         Mengapa kita perlu berfikir kreatif?
Alasan mengapa harus berfikir kreatif adalah :
1.    Hidup selalu berhadapan masalah, karena hidup selalu berhadapan dengan masalah maka diperlukan pikiran yang harus diperkembangkan . Dan pikiran kreatiflah adalah salah satu solusi untuk menghadapi masalah-masalah tersebut.
2.    Persaingan tidak pernah berhenti.  Di dunia selalu ada yang namanya persaingan terutama dalam berwirausah,Terkadang usaha tersbut bisa sama dengan yang lain bahkan bisa ditiru sama yang lain. Agar usaha itu tidak selalu sama,maka solusi berfikir kreatif itulah yang diperlukan.
3.    Orang kreatif tidak menyerah,karena selalu memiliki solusi alternative. Dikatakan tidak menyerah karena orang kreatif ketika dia jatuh dia akan mencari jalan keluar untuk bangkit.
                        Adapun tahapan proses berfikir kreatif :
1.    Tahap persiapan :  tahap mengumpulkan informasi,mencari,mengumpulkan banyak fakta.
2.    Tahap inkubasi : dimana tahap ini berguna untuk mengalihkan perhatian dari persoalan yang dihadapinya,agar tidak tercampur pemikiran untuk mengembangkan usahanya. Maksudnya tentunya untuk berfikir kreatif harus tenang,dan focus,jangan sampai ada pemikiran lain yang membuat pikiran kreatif ini menjadi terganggu.
3.    Tahap iluminasi : pemikir berhasil memunculkan ide baru
4.    Tahap evaluasi : setelah timbul ide baru,maka dia berfikir kembali apakah ide baru itu membuat kemajuan atau tidak dalam berwirausaha.
Hambatan dalam berfikir kreatif :
1.    Hambatan dari diri sendiri seperti : rasa malas,kurang mood dan lain-lain yang dari dalam diri sendiri.
2.    Hambatan dari luar seperti : mencoba meniru-niru usaha ,ketika melihat si A sukses dalam usaha tersebut,si B akhirnya ikut-ikutan membuka usaha yang seperti si A tanpa dikembangkan.

·         Mengapa perlu berinovasi ?
Dalam berwirausaha diperlukan inovasi untuk menjaga keutuhan dari usaha yang dijalani agar tetap memenuhi kebutuhan pelanggan dan memberikan yang terbaik untuk konsumen .  Dan selain itu,inovasi juga dibutuhkan karena dapat memberikan keuntungan yang besar. Selain itu, masih ada beberapa alasan lain dari pertanyaan mengapa perlu berinovasi ? terdapat 3 alasan lain yang kami kembangkan diantaranya yaitu :
1.    Keinginan konsumen yang tidak pernah puas dan kembali ketabiat manusia,manusia tidak pernah puas akan suatu hal,jika sudah dapat satu maka dia ingin yang lebih,terkadang manusia juga labil. Di sinilah kita perlu inovasi untuk membuat produk yang bisa memuaskan  dan mencukupi kebutuhannya. Sebagai contohnya produk smart phone ,sesuai perkembangan zaman,dulu smartphone hanya sebatas buat nelpon dan SMS-an dan sekarang muncul smartphone yang sudah ada internetan dan bisa irit tanpa memakan pulsa yang begitu banyak.
2.    Inovasi yang membuat zaman it uterus berkembang dan membuat inspirasi-inspirasi baru.
3.    Dunia terasa kosong jika tanpa inovasi. Kenapa begitu? Tanpa inovasi manusia lama-kelamaan akan bosan. Contohnya :  playstation 1 Cuma lihat grafiknya dan tentunya pemain yang memainkan playstation  tersebut bosa dengan grafik yang itu-itu aja,lalu muncullah playstation 2 yang grafiknya lebih bagus dan hingga saat ini terus berkembang karena manusia itu gampang bosan maka perusahaan berpikir untuk berinovasi agar pemain atau player tersbut tidak bosan dengan hal yang itu-itu saja.

·         Bagaimana kunci sukses menjadi wirausaha
Dengan cara terus berinovasi dan terus mengembangkan pikiran (berkreatifitas) . Tidak hanya itu saja,masih banyak lagi. Dan beberapa tambahan untuk sukses menjadi wirausaha yang dikutip dari pengusaha hingga orang terpandang lainnya seperti :

Bob Sadino : “ Usaha yang sukses itu yang dijalankan bukan dipikir terus menerus”.  Maksud dari kata-katanya yaitu segara lakukan selagi ada peluang,cukup berpikir sebentar lakukanlah kemudian.

BJ. Habibie 3 kunci sukses dalam berwirausaha sukses :
1.    Berorientasi pada dasarnya, Sebagai seorang pengusaha, kita harus bisa mengendus dan menganalisa, apa sih yang pasar/konsumen inginkan? Apakah konsumen ingin tempat tidur lebih empuk? Apakah ingin kemewahan furnitur? Ataukah ingin bakso murah tapi enak dan higienis? Kita harus jeli sebagai pengusaha!
2.    Wirausaha tidak perlu tips dan trik , Karena memang berwirausaha 90% Action, karena kebanyakan orang, setelah bersemangat dan berkobar – kobar ingin memutuskan menjalankan usaha yang sudah direncanakannya selama 2 tahun, ketika ingin praktek, nyalinya langsung melempem alias kempis.
3.    Harus kredibel dalam segala kondisi, Artinya, orang tersebut harus bisa dipercaya untuk semua orang yang menemuinya. Kepercayaan itu penting, sekali orang tidak percaya kepada anda, maka mereka tidak akan pernah lagi berbisnis dengan anda.
Dan terakhir kunci sukses lainnya yaitu :
1.    Terus semangat
2.    Kuatkan tekad
3.    Keluar dari zona nyaman
4.    Inovasi mengikuti zaman / menyesuaikan dengan masyarakat
5.    Focus
6.    Ulet
7.    Mau bekerja keras
8.    Berani memulai
E.    Kesimpulan
Kami simpulkan bahwa usaha tanpa inovasi dan kreatfitas tidak akan berkembang dan tidak akan maju . Selain inovasi dan kreatif,pengusaha juga membutuhkan kunci-kunci lain yang dapat membuat usaha tersebut maju.
F.    Daftar pustaka


Tidak ada komentar:

Posting Komentar