Kamis, Maret 8

JANGAN TAKUT JADI PENGUSAHA!


FAKTOR MENJADI PENGUSAHA SUKSES

Oleh :
Rizky AP (@L08-Rizky)
M. Aldy Firdausi N. (@L11-Aldy)
M. Arief Afifuddin (@L12-Arief)
@Startup-L04


ABSTRAK
Tidak semua orang ingin menjadi seorang pengusaha tapi setiap orang ingin menjadi seorang yang sukses dalam setiap pekerjaannya. Meskipun tidak semua orang menginginkan menjadi seorang pengusaha tapi setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi seorang pengusaha dalam bidang apapun.

Di era ini, sudah banyak orang yang memiliki kesadaran untuk membuka usahanya sendiri. Sudah banyak pengusaha-pengusaha kecil yang baru memulai usahanya yang sebenarnya kebanyakkan dari mereka sebelumnya adalah seorang karyawan di sebuah perusahaan.

Seorang pengusaha baru sangat membutuhkan motivasi untuk menjadi pengusaha yang sukses. Dan untuk menjadi seorang pengusaha yang sukses, seseorang membutuhkan kesiapan jiwa dan raga yang mendalam untuk menghadapi segala rintangan yang menghadang.

KATA KUNCI
Pengusaha, Pengusaha yang sukses, Faktor kesuksesan

PENDAHULUAN
Pengusaha atau wirausahawan adalah orang yang melakukan aktivitas wirausaha yang dicirikan dengan pintar atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun manajemen operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya.

Untuk  menjadi pengusaha yang sukses harus memiliki ide atau visi bisnis (business vision) yang jelas, kemudian ada kemauan dan keberanian untuk menghadapi risiko baik waktu maupun uang. 

Suatu usaha dikatakan berhasil di dalam usahanya apabila setelah jangka waktu tertentu usaha tersebut mengalami peningkatan baik dalam permodalan, skala usaha, hasil atau laba, jenis usaha atau pengelolaan. Seseorang yang memiliki kewirausahaan tinggi dan digabung dengan kemampuan manajerial yang memadai akan menyebabkan dia sukses dalam usahanya. Selain dari laba, keberhasilan usaha dapat dilihat dari target yang dibuat oleh pengusaha, bahwa kita dapat menganalisis keberhasilan usaha dengan mengetahui kinerja suatu perusahaan.

PEMBAHASAN
Steers (1978), memberikan beberapa kriteria penting sebagai indikator keberhasilan usaha, yaitu: kemampuan menyesuaikan diri, produktifitas, kepuasan kerja, kemampuan mendapatkan laba dan pencarian sumber daya.

Seorang pengusaha di dalam menekuni usahanya bertujuan untuk meraih keberhasilan. Sebagai pengelola usaha, pengusaha harus dapat mengorganisasi, memanfaatkan, dan meningkatkan sumber daya yang tersedia sedemikian rupa sehingga mampu bersaing dan berkompetitif dengan pelaku usaha lain serta dapat pula memanfaatkan setiap kesempatan yang ada.

Untuk menjadi seorang pengusaha yang sukses bisa dipelajari bukan hanya karena bakat, keberuntungan atau bahkan faktor keturunan semata. Salah satu caranya yang paling ampuh adalah dengan menempatkan pola pikir kita menjadi seorang pengusaha sukses. Dengan begitu maka Kita akan dapat menerapkan pola hidup seorang pengusaha sukses. Termasuk dalam hal memperlajari strategi untuk mendapatkan uang. Seorang pengusaha sukses mampu melihat dunia dan memiliki pola pikirnya sendiri. Dan pola pikir inilah yang mampu menjadi pembeda dari seorang pengusaha sukses dengan jutaan orang yang lainnya. Dimana ketika jutaan orang pada umumnya melihat masalah, namun seorang pengusaha sukses justru akan melihat sebuah peluang. Saat jutaan orang memilih untuk mengakui sebuah kagagalan dan menyerah. Seorang pengusaha sukses justru menilai sebuah kegagalan sebagai tantangan untuk menjadi lebih baik.

Adapun hal-hal yang biasa dilakukan adalah
  1. Selalu lakukan penilaian dan juga evaluasi diri.
    Sebelum Kita membayangkan untuk menjadi seorang pengusaha yang sukses. Ada baiknya Kita tilik kembali apakah Kita sudah memiliki cukup bekal untuk menuju kearah sukses. Mulailah untuk menulis apa saja kekurangan serta kelebihan Kita sebanyak-banyaknya. Kemudian cobalah untuk mengelompokkan point-point tersebut dalam beberapa bagian. Misalnya dalam hal pengetahuan dan pengalaman. Kemudian yang termasuk dalam keterampilan dan juga kegemaran. Dan yang terakhir yang berhubungan dengan kepribadian Kita.
  2. Menjadi sosok yang lebih proaktif.
    Sebenarnya, hampir semua orang memiliki ide yang unik dan juga menarik. Namun, sayangnya hanya sedikit dari mereka yang mau untuk merealisasikan ide tersebut. Seseorang yang memiliki sifat proaktif akan lebih cenderung memiliki sifat inisiatif. Saat tidak adanya peluang, mereka tidak akan menyerah. Namun, justru akan mencari atau membuat peluang yang baru. kebalikan dari orang yang proaktif adalah orang yang reaktif. Dimana orang yang memiliki sifat reaktif akan cenderung menunggu adanya instruksi. Atau dia hanya akan menunggu sampai munculnya peluang baru. Sehingga dia baru akan bertindak ketika mendapatkan aksi dari orang lain terlebih dahulu.Untuk itulah penting untuk menjadi seorang yang proaktif. Karena Kita akan dapat memberikan kekuatan serta pilihan untuk diri Kita sendiri. Kita akan memiliki kendali penuh terhadap aksi untuk mencapai sebuah kesuksesan. Sehingga lebih baik Kita meninggalkan sifat reaktif sekarang juga dan mulai beralih menjadi proaktif.
  3. Luangkanlah waktu untuk memikirkan hal-hal yang kreatif.
    Sebelum Kita menjalankan sebuah bisnis. Maka Kita perlu meluangkan waktu Kita dan membiarkan pikiran Kita memikirkan hal-hal kreatif yang akan menginspirasi. Hanya dengan sebuah kreativitaslah Kita akan mengahsilkan ide-ide yang cerdas dan dapat dikembangkan menjadi sebuah bisnis nantinya. Lalu bagimana caranya untuk dapat meningkatkan kreativitas diri Kita? Kita bisa melakukan trip singkat. Mungkin berjalan-jalan di tengah taman atau kebun yang sejuk dan menikmati alam. Atau mungkin dengan membaca buku ditempat yang tenang dan lingkungan yang kondusif. Bisa juga berjalan atau bepergian santai sambil berkendara. Yang penting Kita aktif dan tidak bermalas-malasan seharian dirumah atau di kamar.
  4. Belajarlah dari orang lain.
    Setiap adanya pola pikir yang Kita ambil maka tentu saja akan mempengaruhi cara Kita berpikir. Dan akan berujung pada bagaimana Kita akan bertindak. Maka jika tidak dimulai dengan sebuah pola pikir yang baik. Selamanya mungkin Kita tidak akan pernah bisa melihat peluang yang ada disekitar Kita. Namun, hanya dengan mulai menerapkan pola pikir seorang pengusaha yang sukses. Maka persepsi Kita mengenai dunia akan berubah secara total. Setelah Kita memiliki pola pikir sama seperti pola pikir pengusaha sukses. Maka Kita baru akan menyadari bahwa ternyata ada banyak sekali peluang untuk menuju kesuksesan yang ada disekitar Kita. Untuk itulah jangan pernah takut untuk melihat dan juga belajar dari orang lain. Terutama dari mereka yang sudah berhasil meraih kesuksesan atau sudah menjalani proses pembelajaran untuk menjadi sukses.
  5. Bekerjalah sesuai dengan passion yang Kita miliki.
    Terkadang mungkin Kita merasa bingung. Sebenarnya bisnis apa yang paling cepat mendatangkan kesuksesan. Atau bisnis bidang apa yang bisa membawa Kita pada kesuksesan. Dan jawabannya adalah semua bisnis bisa. Asalkan, apapun bisnis yang Kita pilih untuk Kita jalankan merupakan sebuah bisnis yang sesuai dengan passion Kita. Bisnis dalam bidang apapun, jika dijalankan sesuai dengan passion. Maka Kita akan merasa senang menjalankannya. Dan menjadikan Kita lebih bersemangat dalam berbisnis. Sehingga mental Kita lebih kuat, dan tidak mudah untuk goyah.
  6. Harus berani mengambil resiko yang ada.
    Untuk menjadi seorang pengusaha yang sukses, tentu saja tidak bisa Kita raih jika Kita hanya berdiam diri saja. Apalagi, Kita memiliki pendirian hanya untuk menunggu uang yang datang. Orang yang sukses, mereka pasti bekerja keras dan berani dalam mengambil setiap resiko yang ada. Semuanya demi mendapatkan keuntungan dan memperoleh kekayaan. Kita baru dapat disebut sebagai seorang yang sukses. Saat Kita telah mampu untuk melipat gkitakan kesuksesan Kita. Dengan kata lain, Kita harus melangkah kedepan, bukan hanya berjalan ditempat saja. Namun, perlu diingat, bahwa bukan berarti Kita harus berani mengambil resiko secara buta. Melainkan, harus penuh dengan kalkulasi. Yaitu dengan membandingkan setiap resiko dan juga peluang yang ada. Hal tersebut untuk memajukan bisnis Kita. Kita haruslah menjadi seseorang yang penuh dengan perhitungan.
  7. Membuat tujuan, menentukan target, menguji target dan memperbaiki peluang.
    Kita harus memiliki tujuan yang jelas. Tuliskan apa saja tujuan Kita menjalankan bisnis tersebut. Jangan hanya tujuan secara umum namun harus lebih jelas dan mengarah pada satu hal saja. Tujuan yang dimaksud adalah bukan tujuan jangka panjang. Namun tujuan jangka pendek Kita dalam menjalankan bisnis itu untuk apa.
Maka langkah berikutnya adalah buat sebuah target. Yang mana target ini yang nantinya akan menjadi tolak ukur. Apakah tujuan Kita dapat tercapai dengan baik atau tidak. Setelah mempunyai sebuah target untuk mencapai sebuah tujuan. Maka selanjutnya adalah Kita bisa menguji apakah target tersebut layak atau tidak. Misalnya yaitu dengan menggunakan sampel untuk melihat reaksi dan juga memperoleh feedback dari bisnis yang akan kita jalankan. Dan dari situ juga Kita akan mendapatkan sebuah langkah untuk bisa memperbaiki hal-hal yang masih kurang dalam bisnis Kita.

Bagi sebagian orang menjadi focus pada suatu bisnis tertentu bukanlah sesuatu yang mudah. Apalagi jika usaha yang ditekuninya ternyata tidak juga mendatangkan  suatu keuntungan yang besar. Maka orang tentu saja akan lebih memilih untuk beralih pada usaha yang bisa mendatangkan keuntungan yang lebih besar dalam waktu yang singkat. Dan hal tersebut, justru membuat mereka untuk kehilangan focus pada bisnis meraka.

DAFTAR PUSTAKA
Kudo. 2017. 7 Cara Menjadi Pengusaha Sukses dari Nol Terbaru. https://kudo.co.id. Diakses pada tanggal 8 Maret 2018.
Surya, Mahendra. 2012. Entreprener: Keberhasilan Usaha­. http://mahendra-s-h-fpsi05.web.unair.ac.id. Diakses pada tanggal 8 Maret 2018.

DAFTAR LINK


Tidak ada komentar:

Posting Komentar