Jumat, Maret 23

KONSEP KEMAJUAN USAHA


KREATIFITAS + INOVASI = KEMAJUAN

Rizky AP (@L08-Rizky)
M. Aldy Firdausi N. (@L11-Aldy)
M. Arief Afifuddin (@L12-Arief)
@Startup-L04, @Proyek-L03

ABSTRAK
Artikel ini ditulis untuk membantu seorang pengusaha baru yang ingin mengetahui faktor-faktor apa saja yang dibutuhkan oleh seorang pengusaha baru dalam membangun usahanya.

KATA KUNCI
Pengusaha Baru, Kreatif, Kreatifitas, Inovasi, Inovatif

PENDAHULUAN
Semakin berkembangnya kebutuhan dan semakin kompleksnya permasalahan yang dihadapi seseorang pengusaha menuntut cara berpikir kreatif bagi pengusaha tersebut. Inovasi-inovasi baru juga diharapkan lahir dari hasil-hasil pemikiran yang kreatif sebagai usaha peningkatan kualitas bisnisnya.

Untuk mewujudkan kreativitas dan menciptakan inovasi-inovasi baru dalam dunia kewirausahaan di Indonesia memerlukan pengusaha-pengusaha yang kreatif dan inovatif, yang memiliki konsep berpikir kreatif. Untuk mewujudkan hal ini membutuhkan sebuah perubahan bagi pengusaha dalam melatih cara berpikirnya kearah berpikir kreatif dan inovatif. Kreativitas sebenarnya adalah potensi yang dimiliki oleh setiap manusia sejak lahir, dan dapat dibentuk serta dilatih. Untuk itulah sangat penting memberikan pelatihan bagi pengusaha dalam merangsang pola pikir kreatifnya.

PEMBAHASAN
“Kreativitas adalah suatu kemampuan untuk menyelesaikan masalah yang member kesempatan individu untuk menciptakan ide2 asli/adaptif fungsi kegunaannya secara penuh untuk berkembang” (Widyatun,1999)

Kata “Kreatif” merupakan kata yang berasal dari bahasa Inggris To Create, yang merupakan singkatan dari :
·         Combine (menggabungkan) –penggabungan suatu hal dengan hal lain
·         Reverse (membalik) –Membalikan beberapa bagian atau proses
·         Eliminate (menghilangkan) –menghilangkan beberapa bagian
·         Alternatif (kemungkinan) –Menggunakan cara, bahan dll dengan yang lain.
·         Twist (memutar) –memutarkan sesuatu dengan ikatan
·         Elaborate (memerinci) –memerinci atau menambah sesuatu

Jadi, berpikir kreatif berarti :
Ø  Melepaskan diri dari pola umum yang sudah tertanam dalam ingatan.
Ø  Mampu mencermati sesuatu yang luput dari pengamatan orang lain.

"Inovatif yaitu usaha seseorang—dengan mendayagunakan pemikiran, kemampuan imajinasi, berbagai stimulan, dan individu yang mengelilinginya—dalam menghasilkan produk baru, baik bagi dirinya sendiri ataupun lingkungannya."

"Berpikir inovatif yaitu proses berpikir yang menghasilkan solusi dan gagasan di luar bingkai konservatif."

Syarat-syarat berpikir inovatif
-          Elastisitas yang tinggi
-          Produktivitas yang tinggi
-          Orisinalitas yang tinggi
-          Sensitivitas yang tinggi

Syarat-syarat inovasi
-          Menghasilkan produk yang bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungannya.
-          Menghasilkan produk yang relatif baru.
-         Menghasilkan produk yang memenuhi kebutuhan individu ataupun kelompok.

Kreatif dan inovatif itu sangatlah diperlukan dalam kehidupan sehari hari. Karena kreatif dan inovatif itu sangat menentukan kualitas hidup kita. Apalagi dalam bidang kewirausahaan, kita dituntut untuk memiliki jiwa yang kreatif inovatif karena keduanya akan menentukan hasil usaha kita.

Menurut Rahmat (2014), maju mundurnya bisnis akan ditentukan oleh kreativitas seorang pengusaha. Bisa jadi, sebuah bisnis saat ini maju atau berjalan. Namun perubahan akan terus berlanjut. Bisa jadi, bisnis sudah tidak bisa lagi berkembang akibat perubahan yang ada. Disini, kreativitas kita sebagai seorang pengusaha diperlukan untuk mengubah cara kita menjalankan bisnis dan menghasilkan produk atau jasa baru sesuai dengan perkembangan pasar. Pasar membutuhkan solusi dan manfaat. Untuk itu, seorang pengusaha harus inovatif, artinya menciptakan produk dan jasa yang diterima oleh masyarakat (pasar). Inovasi tidak selalu harus yang wah, tetapi sejauh mana produk atau jasa itu bermanfaat untuk sebanyak mungkin orang.

Inovasi di awali dari sebuah ide. Kemudian mengubah ide itu menjadi sesuatu yang bermanfaat. Nah, ide dihasilkan dari kreativitas. Jadi, kreatif dan inovatif adalah 2 hal yang harus ada pada seorang pengusaha dan saling berhubungan.

Ada banyak cara berpikir kreatif yang bisa kita kuasai. Berikut adalah 5 cara diantaranya bisa kita gunakan yang cukup ampuh.
1.      Teknik SKAMPERR. Yaitu teknik menSubtitusi, Kombinasi, Adaptasi, Memperbesar, Penggunaan lain, Eliminasi, Re-arrange (mengatur ulang), dan Reverse (kebalikan).
2.      Asosiasi. Asosiasi adalah menghubungkan satu hal dengan hal lain dan akan menghasilkan ide baru.
3.      Meminjam Pikiran Orang. Teknik menggunakan cara pandang dan wawasan miliki orang lain agar mampu menghasilkan ide yang tak terpikirkan oleh kita.
4.      Membelokan Asumsi. Ini adalah teknik dimana kita akan melepaskan diri dari kungkungan berpikir dengan cara mengubah asumsi.
5.      Dengan intuisi. Bagaimana mendapatkan ide dengan intuisi kita.

Adapun 5 Cara Melatih Berpikir Kreatif, yaitu
1.      Gunakan teknik-teknik berpikir kreatif. Semakin dilatih, kita akan semakin kreatif. Bahkan kita bisa berpikir kreatif secara otomatis tanpa menggunakan urutan teknis.
2.      Mau membuka diri terhadap pendapat orang lain. Bacalah buku, ikuti seminar, bicaralah dengan orang lain, tanyalah orang lain, dan sebagainya.
3.      Pergilah ke tempat yang belum pernah dikunjungi. Agar mata kita terbuka melihat hal-hal baru.
4.      Latihlah untuk selalu terbuka terhadap ide aneh atau gila sekali pun. Termasuk saat bingung terhadap ide tersebut.
5.      Belajarlah keterampilan baru, yang tidak berhubungan dengan bisnis atau pekerjaan kita.

KESIMPULAN
Kreativitas dan inovasi tidaklah suatu hal yang sama, karena berdasarkan pengertian diatas, dapat dilihat bahwa antara keduanya ada suatu tahapan yang berbeda.
·         Kreativitas adalah proses timbulnya ide yang baru, sedangkan inovasi adalah pengimplementasian ide itu sehingga dapat merubah dunia.
·         Kreativitas membelah batasan dan asumsi, dan membuat koneksi pada hal hal lama yang tidak berhubungan menjadi sesuatu yang baru, dan inovasi mengambil ide itu guna mejadikannya menjadi produk atau servis atau proses yang nyata.

Tetapi diantara keduanya juga memiliki persamaan, yaitu :
·         Sama-sama dapat membawa perubahan terhadap lingkungan
·         Sama-sama berhubungan dengan sebuah gagasan baru
·         Sama-sama menghasilkan nilai tambah bagi produk

DAFTAR PUSTAKA

Materi Pelengkap Modul Diklat Kepemimpinan Tk. IV Kemenkeu

Wahyudi, Eko. 2013. Pengertian Kreatif dan Inovatif. https://www.kompasiana.com. Diakses pada tanggal 23 Maret 2018.

Rahmat. 2014. Cara Berpikir Kreatif Dan Inovatif Dalam Bisnis. http://www.zonasukses.com. Diakses pada tanggal 23 Maret 2018.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar