Kamis, Maret 22

Kreatif dan Berinovasi itu wajib

 @L13-Huda , @L14-Khalil, @L15-Fateh, @proyek-L03, @Startup-L05
Oleh Muhammad Huda, Khalil Gibran S, Fateh Halmar


ABSTRAK
Artikel ini dibuat dengan tujuan memberikan wawasan kepada Mahasiswa tentang bagaimana pentingnya Mahasiswa berpikir kreatif dan berinovasi dalam berwirausaha. Dengan berfikir lebih kreatif dan inovasi merupakan langkah awal dalam berwirausaha. Karena dalam berwirausaha kita dituntut untuk berfikir kreatif dan inovatif.

KATA KUNCI
Kreatifitas, Inovasi dan Mahasiswa

PENDAHULUAN
Kreativitas sebagai sebuah proses atau kemampuan yang mencerminkan kelancaran, keluwesan (fleksibilitas) dan orisinalitas dalam berpikir, serta kemampuan untuk mengelaborasi (mengembangkan, memperkaya, memperinci) suatu gagasan. Pengertian ini lebih menekankan aspek proses perubahan (inovasi dan variasi). Menemukan cara di luar hal yang biasa atau Thinking out of the box, sangat di tuntut oleh semua pihak sehingga muncul istilah pemikiran “antimeanstream”. Sebagai mahasiswa kita dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif.

RUMUSAN MASALAH
1.     Apa pengertian dari Kreativitas dan Inovasi ?
2.     Mengapa Kreativitas penting dalam usaha ?
3.     Apa hambatan dalam menggali kreatifitas dan inovasi ?
4.     Apa solusi mengatasi hambatan dalam menggali kreatifitas dan inovasi ?

PEMBAHASAN

Pengertian Kreativitas dan inovatif
“Kreativitas adalah suatu kemampuan untuk menyelesaikan masalah yang member kesempatan individu untuk menciptakan ide2 asli/adaptif fungsi kegunaannya secara penuh untuk berkembang” (Widyatun,1999)
"Inovatif yaitu Usaha seseorang—dengan mendayagunakan pemikiran, kemampuan imajinasi, berbagai stimulan, dan individu yang mengelilinginya—dalam menghasilkan produk baru, baik bagi dirinya sendiri ataupun lingkungannya."

Pentingnya kreativitas dalam usaha
Pemikiran kreatif berhubungan secara langsung dengan penambahan nilai, penciptaan nilai, serta penemuan peluang bisnis. Pola pemikiran kreatif juga dibutuhkan untuk menggambarkan keadaan masa depan, di mana seorang wirausaha akan beroperasi, juga akan memberikan gambaran yang tidak dapat dihasilkan oleh eksplorasi terhadap trend masa kini.

Hambatan dalam menggali kreativitas
Menggali kreativitas dan inovasi bukan perkara yang mudah, hambatan pasti ada. Hambatan yang selalu muncul ialah kurang percaya diri sehingga akan timbul pada diri sifat malas, tidak mau mengeksplor kemampuannya, serta tidak yakin atas kemampuannya sendiri. Ini adalah penghambat yang besar.

Solusi mengatasi hambatan
Yang pertama adalah bagaimana kita harus berani mengambil resiko. Mengambil resiko tidaklah salah. Seperti istilah yang sering kita dengar, high risk high return. Dengan mengambil resiko, kita menjadi tau apa yang akan terjadi jika kita mengambil keputusan yang berbeda. Keputusan tersebut bisa menjadi keputusan yang ternyata adalah terbaik.
Solusi yang kedua adalah kita harus yakin bahwa kita kreatif. Sifat kreativitas itu tentunya telah ada di dalam diri setiap manusia. Jadi, jika diawali dengan keyakinan dalam diri kita bahwa kita kreatif, maka akan mudah ke depannya untuk kita bersikap kreatif dan melakukan inovasi tertentu.
Yang terakhir adalah bagaimana kita harus merubah sikap kita. Jangan selalu menyalahkan yang salah. Jangan selalu berfikiran negatif. Karena hal-hal negativ hanya akan memberikan impact yang negatif juga untuk masing-masing diri kita dan sifat kireativitas serta inovasi kita tidak akan berkembang.

Kesimpulan
Modal utama untuk menjadi mahasiswa yang kreatif dan inovatif adalah pola pikir, mental, serta ketekunan. Setiap orang pasti mempunyai pengalaman hidup, dari pengalaman itulah seharusnya Anda belajar. Percayalah semua yang diciptakan Tuhan tidak ada yang sia sia, jika Anda mau mempelajarinya.

Daftar Pustaka
Iskandar.2013.mengapa kreatifitas penting dalam usaha dalam http://www.iskandarst.com/mengapa-kreativitas-penting-di-dalam-usaha/
Purisdiki.2017.menjadi mahasiswa kreatif dan inovatif dalam http://www.purisdiki.id/2017/10/menjadi-mahasiswa-kreatif-dan-inovatif.html
Wianto,Totok.2017.menjadi mahasiswa kreatif dan peduli dalam https://ulm.ac.id/id/2017/07/18/menjadi-mahasiswa-kreatif-inovatif-dan-peduli/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar