Kamis, Maret 15

Berprestasi dan Sukses dalam Berwirausaha


@L26-Alvian, @L27-Bendy, @L30-Rayhan, @Proyek-L02, @Startup-L10
Oleh Alvian Fuadi, Bendy Emeraldi Alvaro, Rayhan Ismed




Abstrak
Dalam artikel ini diharapkan kita bisa menjadi seorang pengusaha yang sukses. Karena sukses adalah milik siapa saja yang mau berusaha dalam berkegiatan.  Maka kita harus tanamkan sikap kerja keras dan selalu berusaha dalam membangun sebuah usaha.

Kata Kunci
Wirausaha, sukses, kerja keras, berusaha.

Pendahuluan
Wirausaha adalah seorang yang berani berusaha secara mandiri dengan mengerahkan segala sumber daya dan upaya meliputi kepandaian mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya untuk menghasilkan sesuatu yang bernilai lebih tinggi. Orang yang melakukan kegiatan wirausaha biasa disebut wirausahawan.
Seorang wirausahawan harus bisa kreatif untuk membuat sebuah roduk yang dikira sangat diminati oleh masyarakat umum. Hal itu dilakukan agar sebuah produk yang dihasilkan bisa laku dipasaran. Bila suatu produk yang dihasilkan bisa dijual dengan cepat dan laku keras, maka bisa dikatakan wirausahwan tersebut dibilang sukses dalam membuat sebuah produk baru.

Permasalahan
1.    Sukses membangun usaha
2.    Cara-cara/tips agar bisa sukses berwirausaha
3.    Wirausahawan yang memiliki motif berprestasi tinggi

Pembahasan
1.      Sukses membangun usaha
Melihat tingkat persaingan pencari kerja di Indonesia yang semakin hari semakin ketat, ternyata mendorong sebagian besar masyarakat untuk merintis sebuah usaha sebagai salah satu alternatif tepat guna mencukupi kebutuhan hidup mereka. Berbagai macam peluang usaha pun kini mulai dirintis para pemula, sebut saja seperti peluang bisnis di sektor jasa, aneka macam bisnis kuliner, bisnis fashion atau pakaian, dll. Untuk berwirausaha biasanya kesulitan pada awal memulainya. Orang menjadi sulit untuk memulai usaha karena cara berpikir. Ada yang berpikir positif dan ada yang berpikir negatif. Ciri-ciri orang berpikir negatif adalah tidak menarik, tidak laku, mutu jelek, gagal dan rugi sementara ciri-ciri orang berpikir positif adalah produk menarik, kualitas istimewa, pembeli puas, sukses dan untung. Cara berpikir akan menentukan untuk memulai usaha dan bertekun untuk terus mengembangkannya. Maka dari itu kita sebagai orang yang ingin membangun sebuah usaha harus berpikiran secara positif.
Untuk menjadi wirausahawan muda sukses perlu menerapkan 5 D secara konsisten yakni: Dream (wirausaha sukses memiliki impian dan visi yang jelas tentang masa depan bisnisnya, Deciveness (wirausaha sukses memiliki kemampuan untuk mengambil keputusan untuk memulai usaha),  Doers (mulai melakukan tidak hanya berbicara), Determination (melaksanakan kegiatan bisnis dengan perhatian dan tidak mudah menyerah meski ada banyak tantangan), Dedication(wirausaha memiliki dedikasi yang tinggi terhadap pekerjaan dan bisnisnya).

2.      Cara-cara/tips agar bisa sukses berwirausaha
1. Awali Dengan Impian dan Imajinasi,
Segala sesuatu keberhasilan itu bermula dari impian & keyakinan dengan didorong oleh kerja keras untuk mewujudkannya. Jika kita mempunyai impian untuk menjadi seorang pengusaha yang sukses dan punya niat untuk mewujudkannya. Segeralah bangun dari mimpi kita. Bekerja keraslah untuk segera merubah mimpi kita itu menjadi kenyataan. Hanya seorang pemimpi yang mampu menciptakan dan membuat sebuah terobosan dalam produk, jasa ataupun ide yang bisa sukses.
2. Semangat dan Kegigihan Antusiasme,
Semangat dan kegigihan adalah sebuah modal utama di dalam memulai sebuah perjuangan baru untuk mencapai keberhasilan. Bila kita loyo, tidak bersemangat dan bermalasan, yakinlah tidak lama lagi kita akan segera mengalami kegagalan total. Carilah motivasi usaha kita itu dengan mempelajari perjuangan pengusaha-pengusaha yang sukses pendahulu kita
3. Berani Mengambil Resiko
Setiap sesuatu yg kita usahakan tentu akan ada resikonya. Semakin besar hasil yang ingin dicapai, tentu kemungkinan resiko kegagalan juga besar. Orang yang berani mengambil resiko adalah calon orang yang sukses. Jangan takut akan kegagalan, tapi jadikanlah kegagalan itu sebagai batu loncatan menuju kesuksesan
4. Kerja Keras & Mau Belajar Dari Pengalaman Orang Lain
Pengalaman adalah guru yang terbaik Seorang calon pengusaha yang sukses mau mengambil pengalaman dari orang lain & dari dirinya sendiri. Apapun pengalaman seseorang itu baik kesuksesan atau kegagalan harus dijadikan pelajaran sebagai panduan dalam memulai/mengembangkan usahanya. Selain itu, yang tidak kalah penting adalah kerja keras, karena hanya dengan bekerja keraslah sebuah usaha akan mengalami kemajuan dan kesuksesan.
5. Bersedia Menerima kritikan dan Nasehat Dari Orang Lain.
Sebagian orang menganggap bahwa kritikan yang ditujukan kepadanya itu adalah sebagai sebuah penghambat bagi kelangsungan usahanya. Tetapi bagi orang yg berfikir normal akan menjadikan kritikan atau nasehat dari orang lain sbg gurunya yg membimbing dia ke arah sukses. Menerima kritikan berarti kita mempunyai kekurangan. Dengan mengetahui kekurangan yg ada pd kita mk kita bisa memperbaiki kekurangan itu. Berterima kasihlah kepada orang yang mau menegur dan mengkritik kita.
6. Menjalin Kerjasama Dengan Orang Lain
Betapapun pandainya seseorang itu, apabila dia bekerja sendiri maka perjuangannya itu hanya akan sia-sia belaka. Tidak ada seorang pebisnis yg mampu bekerja sendiri. Kerjasama dgn rekan, teman, mitra kerja sangat penting bagi perkembangan suatu bisnis. Merekalah yang akan memberi masukan, saran dan kritik dan membantu di saat-saat sulit. Seorang pebisnis harus mampu menjalin kerjasama dan bergaul untuk menjalin relasi bisnis dengan seluas-luasnya.
7. Berani Menghadapi Kegagalan
Jangan dikira para pebisnis yang telah mapan dan maju tidak pernah mengalami kegagalan.  Tapi mereka tidak pernah putus asa & terus berusaha sampai sukses. Orang yang takut gagal adalah orang yang pengecut yang tidak berani melakukan apapun dan kerjanya hanya menghayal saja.

3.      Wirausahawan yang memiliki motif berprestasi tinggi
Wirausahawan yang memiliki motif berprestasi tinggi pada umumnya memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
1.    Ingin mengatasi sendiri kesulitan dan persoalan-persoalan yang timbul pada dirinya.
2.    Selalu memerlukan umpan balik yang segera untuk melihat keberhasilan dan kegagalan.
3.    Memiliki tanggung jawab personal yang tinggi.
4.    Berani menghadapi risiko dengan penuh perhitungan.
5.    Menyukai dan melihat tantangan secara seimbang, jika tugas yang diembannya sangat ringan, wirausahawan merasa kurang tantangan, tetapi ia selalu menghindari tantangan yang paling sulit yang memungkinkan pencapaian keberhasilan sangat rendah.

Kesimpulan
Dari pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa bila menjadi seorang wirausaha yang sukses harus berjuang keras, semangat pantang menyerah, dan selalu berusaha. Kita sebagai pemuda harus berani mengambil resiko untuk bisa membangun usaha, agar kita bisa menjadi sukses di masa depan. Sekian dari kami, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi para pemuda yang ingin atau sedang dalam membangun usaha.

Daftar Pustaka
·         Rangga Putra.2015.Kiat-kiat sukses dalam berwirausaha. Dalam https://ranggaputra14ekonomi.wordpress.com/2015/01/22/kiat-kiat-sukses-dalam-berwirausaha/
·         Ade Sanjaya.2015.Pengertian kewirausahaan. Dalam http://www.landasanteori.com/2015/09/pengertian-kewirausahaan-definisi-minat.html
·         Retno Damayanti.2015.Motivasi berprestasi kewirausahaan. Dalam http://retnoengineteacher.blogspot.co.id/2015/05/v-behaviorurldefaultvmlo_25.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar