Kamis, Maret 15

Pengusaha Mengubah Mindset dan Memberi Motivasi

 @L13-Huda , @L14-Khalil, @L15-Fateh, @proyek-L02, @Startup-L05

Oleh Muhammad Huda, Khalil Gibran S, Fateh Halmar



Abstrak
Kebanyakan orang, ketika ingin mulai berwirausaha mempunyai pikiraan-pikiraan yang sebenernya tidak perlu di pikirkan atau pikiran negatif.
Seperti takut rugi, usahanya kurang menarik, banyak pesaing dan masih banyak lagi pikiran-pikiran negatif lainnya. Maka dari itu seseorang yang ingin mulai mau berwirausaha wajjib mengubah pola pikirnya serta menumbuhkan motivasi berprestasi dalam berwirausaha. Di artikel yang menarik ini di bahas point demi pointnya.

Kata Kunci
Motivasi berprestasi, mengubah pola pikir, berwirausaha, penguasaha

1.1   Pendahuluan
Dalam berwirausaha ada beberapa elemen-elemen penting yang harus di tumbuhkkan pada diri sorang pengusaha dimana elemen-elemen itu yang akan membuat mentalitas pengusaha menjadi setebal baja. Beberapa elemen-elemen tersebut sudah ada yang di jelaskan pada artikel sebelumnya yaitu ada menumbuhkan motivasi ingin berwirausaha, menghilangkan mitos ketakutan dalam berwirausaha, dan mebuat tujuan yang jelas dalam berwirausaha. Di artikel selanjutnya ini kita akan membahas lebih rinci lagi tetang elemen-elemen yang dimiliki oleh seorang pengusaha yaitu dalam megubah pola pikir dan menumbuhkkan motivasi untuk berprestasi.

1.2   Permasalahan
A.      Menjelaskan mengapa seorang pengusaha harus merubah pola pikirnya dalam                     berwirausaha ?
B.      Bagaimana cara merubah pola pikir dalam berwirausaha ?
C.      Menjelaskan apa itu motivasi berprestasi dalam berwirausaha ?
D.      Mengapa motivasi berprestasi dalam berwirausaha di perlukan ?

A.      Merubah Pola Pikir

Pola pikir ( Mindset ) adalah keyakinan-keyakinan tentang diri Anda dan kualitas Anda yang paling dasar.   Pikirkan tentang kecerdasan Anda, bakat Anda, kepribadian Anda. Apakah kualitas ini hanya tetap sifat, diukir dalam batu dan begitu saja? Atau apakah mereka hal yang dapat dipupuk sepanjang hidup Anda?

Orang dengan pola pikir tetap ( fixed mindset ) percaya bahwa sifat mereka hanya kodrat. Mereka memiliki sejumlah kepandaian dan bakat, dan tidak ada yang bisa mengubahnya. Jika mereka memiliki semuanya, mereka sudah siap, tetapi jika mereka tidak Jadi orang di pola pikir ini khawatir tentang sifat-sifat mereka dan bagaimana mereka memenuhi kriteria-kriteria tertentu. Mereka memiliki sesuatu untuk membuktikan kepada diri mereka sendiri dan orang lain.

B.      Tips Mengubah Pola Pikir

1. Ambillah informasi yang baik dan positif
Berfikirlah secara tenang agar anda bisa menemukan informasi yang paling baik dibidang  anda dan carilah informasi yang positif juga .

2. Jadikan panutan tokoh yang terbaik
Anda bisa mencari tokoh bisnis yang sukses yang sesuai dengan bidang yang anda inginkan dan bisa anda jadikan panutan.

3. Bertanya pada diri sendiri
Apakah keyakinan bisa membantui dan mendukung keyakinan anda dengan kondisi anda sekarang, anda bisa menanyakan pada diri anda.

4. Membentuk pola pikir dengan visi dan misi
Bangunlah pola pikir anda agar dapat melihat dengan jelas langkah anda kedepan. Penting sekali melakukan pendekatan secara proaktif karena itu bisa menuntun menuju langkah anda. baru anda dapat mewujudkan visi anda agar menjadi sebuah tujuan yang relevan. Karena hal tersebut bisa membentuk pola pikir anda sesuai dengan visi anda.

5. Proteksi pola pikir anda
Lindungilah pola pikir anda dari informasi yang kurang baik dan berlawanan dengan yang anda yakini, karena hal tersebut dapat menyelamatkan anda dari penentang dan orang orang yang ingin anda bimbang


C.      Motivasi berprestasi

Motivasi  adalah pikiran untuk menghasilkan dan melatar belakangi sesuatu yang akan   diraih didalam berwirausaha yang merupakan dorongan dari dalam diri seseorang untuk berbuat.  motivasi yang perlu dikembangkan motivasi berprestasi dan berafiliansi untuk menimbulkan motivasi tersebut perlu informasi yang cukup mengenai keuntungan dalam berwirausaha yang pertama, gaji seorang wirausaha sangat besar jika kita mau kerja keras kedua, kita bisa mengatur waktu sendiri dan bebas ketiga, hidup penuh tantangan mengasikkan setelah kita mengerti enaknya sebagai wirausahawan maka langkah awal untuk memulai adalah  cari informasi sebanyak-banyaknya mengenai berwirausaha.

D.      Perlunya motivasi berprestasi dalam berwirausaha
  Menurut Nasution (1982:26), Louis Allen (1986:70), ada tiga fungsi motif, yaitu:
1. Mendorong manusia untuk menjadi penggerak atau sebagai motor yang                                    melepaskan  energi.
2. Menentukan arah perbuatan ke tujuan tertentu.
3. Menyeleksi perbuatan, yakni menentukan perbuatan-perbuatan apa yang harus dijalankan untuk mencapai suatu tujuan dengan menghindari perbuatan yang tidak bermanfaat bagi pencapaian tujuan itu.

Dari ke-3 point diatas kita tau menumbuhkan motivasi berprestasi dalam berwirausaha adalah sesuatu yang sangat penting. Namun dalam hal ini menumbuhkan motivasi berprestasi dalam diri sendiri mempunya efek yang lebih besar dari pada anda mendapatkan motivasi dari orang lain. Dari hal itu lah motivsai berprestasi dalam berwirausaha akan memacu anda untuk terus berpikir kreatif, inovatif, dan bekerja keras.

Referensi :

Agung Wahyudi Dalam Modul Perkulihan :
Larto, 2013.  Koperasipreneur.  Jurus jadi pengusaha kaya anti bangkrut.  Penerbit Nagamedia.  Jakarta.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.