Kamis, Maret 8

MOKASAHA ( Motivasi dan Karakter Wirausaha

@L13-Huda , @L14-Khalil, @L15-Fateh, @proyek-L01, @Startup-L05
Oleh Muhammad Huda, Khalil Gibran S, Fateh Halmar








ABSTRAK
Menjadi seorang pengusaha merupakan impian semua orang. Dalam hal ini tidak bisa semua orang menjadi pengusaha. Hanya orang-orang yang memiliki kemapuaan mau berusaha keras dan mempunyai motivasi yang tinggi. Jika tidak seperti itu, impian menjadi seorang pengusaha hanyalah bagaikan mimpi disiang bolong.
KATA KUNCI
Kewirausahaan, Motivasi, Karakteristik,
RUMUSAN MASALAH
1.    Apa motivasi sesorang untuk berwirausaha ?
2.    Apa itu Kewirausahaan ?
3.    Karakteristik apa saja yang biasa dimiliki oleh seseorang  wirausaha ?
4.    Tujuan  apa yang seharusnya dimiliki dalam berwirausaha ?
TUJUAN
1.    Memotivasi seseorang menjadi pengusaha yang bermentalkan baja
2.    Membuat seseorang menjadi lebih tau apa itu kewirausahaan
3.    Menimbulkan karakter seorang pengusaha
4.    Memetakan tujuan pengusaha menjadi lebih jelas dan terarah
PENDAHULUAN
Kewirausahaan (entrepreneurship) adalah seseorang yang membuat suatu ide inovatif menjadi suatu barang atau jasa untuk membantu orang banyak serta mendapatkan keuntungan sebesar besarnya.

Motivasi seseorang untuk menjadi wirausaha antara lain:
1. Laba
Dapat menentukan berapa laba yang dikehendaki, keuntungan yang diterima, dan berapa yang akan dibayarkan kepada pihak lain atau pegawainya.
2. Kebebasan
Bebas mengatur waktu, bebas dari supervsi, bebas aturan main yang menekan,/intervensi, bebas dari aturan budaya organisasi/perusahaan.
3. Impian personal
Bebas mencapai standar hidup yang diharapkan, lepas dari rutinitas kerja yang membosankan, karena harus mengkuti visi, misi, impian orang lain. Imbalan untuk menentukan nasib/visi, misi dan impianya sendiri.
4. Kemandirian
Memiliki rasa bangga, karena dapat mandiri dalam segala hal, seperti permodalan, mandiri dalam pengolahan/manajemen, mandiri dalam pengawasan, serta menjadi manajer terhadap dirinya sendiri.
            5. Sedekah
Dalam berwirausaha kita juga harus memperhatikan keadaan orang-orang disekitar dan memberi sedikit dari untung yang kita dapat kepada orang-orang yang keadaannya kurang beruntung dari kita. Karena sedekah adalah pintu untuk membuka rezeki dan dalam sedekah tidak berkurang sedikit pun harta yang kita punya melainkan akan bertambah.  
Definisi wirausaha
  1. Wirausaha atau enterpreneur adalah orang yang memiliki kemampuan melihat dan menilai kesempatan kesempatan bisnis mengumpulkan sumber sumber daya yang dibutuhkan guna mengambil keuntungan daripadanya serta mengambil tindakan yang tepat, guna memastikan kesuksesan (Geoffrey G. Meredit et ak, 1995)
  2. Enterpreneur atau wirausaha adalah seseorang yang mengambil risiko yang diperlukan untuk mengorganisasikan dan mengelola suatu bisnis menerima imbalan jasa berupa profit nonfinancial (Skinner, 1992).
  3. Wirausaha atau entrepreneur adalah orang yang memiliki kemampuan untuk melakukan koordinasi, organisasi dan pengawasan. Wirausaha memiliki pengetahuan yang luas tentang lingkungan dan membuat keputusan keputusan tentang lingkungan usaha, mengelola sejumlah modal dan menghadapi ketidakpastian untuk meraih keuntungan (Say, 1996).



Mengalahkan Mitos

Pendidikan menjadi kunci sukses keluar dari kesulitan dan membantu meraih keberhasilan usaha. Jangan percaya pada mitos-mitos terkait kewirausahaan. Berikut ini beberapa mitos yang selalu kita dengar di tengah masyarakat :
·         Wirausaha merupakan bakan & keturunan
·         Pengusaha adalah pelaku, bukan pemikir
·         Wirausaha tidak bisa diajarkan atau dibentuk
·         Pengusaha adalah selalu sebagai investor
·         Pengusaha membutuhkan keberuntungan      
·         Pengusaha harus selalu sukses dan tidak boleh gagal
·         Pengusaha adalah sama seperti penjudi
Menurut McGrath dan MacMillan (2000) ada lima karakteristik yang umumnya dimiliki oleh pengusaha :
·         Pengusaha sangat bersemangat dalam melihat atau mencari peluang-peluang baru
·         Pengusaha mengejar peluang dengan disiplin yang ketat
·         Pengusaha hanya mengejar peluang yang sangat baik dan menghindari mengejar peluang laun yang belum jelas
·         Pengusaha berfokus pada pelaksanaan
·         Pengusaha mengikutsertakan energy setiap orang yang berbeda dalam jangkauan mereka

Tujuan berwirausaha
Berikut beberapa tujuan dari seorang wirausaha yang seharusnya:
  • Berusaha dan bertekad dalam meningkatkan jumlah para wirausaha yang baik dengan kata lain ikut serta dalam mengader manusia manusia calon wirausaha untuk membangun jaringan bisnis yang lebih baik
  • Ikut serta dalam mewujudkan kemampuan para wirausaha untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat dan Negaranya
  • Ikut serta dalam menumbuhkan dan mengembangkan kesadaran serta orientasi kewirausahaan yang kokoh.
  • Menyebarluaskan dan membuat budaya ciri ciri kewirausahaan disekitarnya terutama dalam masyarakat
  • Mengembangkan dalam bentuk inovasi dan kreasi agar tercipta dinamika dalam kewirausahaan atau dunia bisnis sehingga kemakmuran dapat tercapai
Kesimpulan
Dari semua yang kami tuliskan diatas tidak akan berpengaruh terhadap anda jika anda hanya membaca saja dan tidak mau memulai berwirausaha. Karena motivasi terbesar untuk memulai berwirausaha dimulai dari diri anda sendiri kalau bukan sekarang kapan lagi.     
Daftar Pustaka

Fenny,Meifiska. 2013. Motivasi menjadi pengusaha dalam http://fennymeifiska045.blogspot.co.id/2013/04/motivasi-menjadi-pengusaha-sukses.html


Dr. Ir. Eddy Soeryanto Soegoto.2015.Menjadi pebisnis ulung dalam http://hariannetral.com/2015/06/pengertian-kewirausahaan-dan-wirausaha-serta-ciri-dan-tujuannya.html

Joshua,Hubler.2016.Motivasi Mahasiswa Menjadi Wirausahawan dalam http://pivot-toolkit.org/archives/150

Mqomaruddin.2014.Motivasi menjadi wirausaha pantang menyerah dalam https://bagiilmubagirizeki.wordpress.com/2014/12/18/motivasi-menjadi-wirausaha-pantang-menyerah/


1 komentar: