Maret 08, 2018

Modal Penting dalam Berwirausaha

  1. Lucia Debby Gracela Sihombing @L31-Lucia
  2. Maulani Nurtilawah @L32-Maulani
  3. Tania Salzabila Fajrin @L37-Tania
@Starup-L11, @Proyek-L01

Abstrak

Berwirausaha dengan modal-modal yang harus dipahami dan dilakukan pada seorang wirausaha. Modal-modal pada kasusberwirausaha sering sekali hanya bertolak ukur pada keuangan, tetapi modal berupa uang bisa didapatkan dengan cara menabung, lalu untuk modal yang pentingnya yaitu kemauan tinggi dan sikap-sikap yang profesional yang harus dimiliki oleh seorang wirausahawan.

Kata Kunci
Kewirausahaan , Modal , Bisnis, Usaha, Entreprenuer

Pendahuluan

Berkewirausahaan pada dasarnya memiliki arti yaitu seseorang yang menjalankan usahanya untuk mendapatkan keuntungan dengan cara berkreatif dan inovatif. Pada artikel ini menjelaskan bahwa seseorang yang ingin memeulai berwirausaha tidak bertolak ukur hanya pada modal berupa uang, tetapi modal yang diutamakan justru berupa ide dan sikap yang dibutuhkan. 

 
A. Permasalahan

1. Apa itu kewirausahaan?
2. Apa macam-macam modal yang penting untuk berwirausaha?
3. Faktor apa saja yang dapat memotivasi dalam berwirausaha?
4. Sikap yang diperlukan untuk berwirausaha?
5. Contoh kasus dalam berwirausaha?

B. Pembahasan

1. Pengertian Kewirausahaan
Hisrich, Peters, dan Sheperd (2008:h 10) mendifinisikan: “Kewirausahaan adalah proses penciptaan sesuatu yang baru pada nilai menggunakan waktu dan upaya yang diperlukan, menanggung risiko keuangan, fisik, serta risiko sosial yang mengiringi, menerima imbalan moneter yang dihasilkan, sertra kepuasan dan kebebasan pribadi”
Kewirausahaan dapat didefinisikan sebagai berikut: “Wirausaha usaha merupakan pengambilan risiko untuk menjalankan usaha sendiri dengan memanfaatkan peluang-peluang untuk menciptakan usaha baru atau dengan pendekatan yang inovatif sehingga usaha yang dikelola berkembang menjadi besar dan mandiri dalam menghadapi tantangantantangan persaingan (Nasrullah Yusuf, 2006).
Menurut Peggy A. Lambing & Charles R. Kuehl dalam buku Entrepreneurship (1999), kewirausahaan adalah suatu usaha yang kreatif yang membangun suatu value dari yang belum ada menjadi ada dan bisa dinikmati oleh orang banyak.

2. Macam-macam modal dalam berwirausaha 

Menurut Rizal Hans,2011 modal yang harus dimiliki dalam memulai berwirausaha adalah sebagai berikut :
a.       Mental
 Mental merupakan modal awal seseorang untuk menjadi wira usaha.
b.      Totalitas
c.       Dana Cadangan
Dana cadangan disini adalah persiapan kita saat tidak lagi menerima gaji tiap bulannya. Dana cadangan ini bukan bagian dari modal.
d.      Modal
Disini modal bisa berupa materi dan ide.

Sedangkan Menurut Frandy, 2015 Menyebutkan bahwa modal yang harus dimiliki untuk berwirausaha adalah sebagai berikut :

a.      Tekad kuat dan kemauan yang keras
Tekad adalah energi jiwa yang mendorong untuk melakukan sesuatu. Jika pikiran adalah akar dari segala tindakan dan perilaku maka tekad adalah energi yang mendorong untuk melakukannya.
b.      Berani Mengambil Resiko
c.      Disiplin
d.      Fokus
e.      Kreatif dan Inovatif
Kreatif maksudnya bisa memberikan solusi atas permasalahn dari sudut pandang yang berbeda, unik, dan orisinil. Sedangkan inovatif adalah kemampuan menciptakan suatu ide, gagasan, produk, atau jasa baru yang diminati pasar.
f.       Pandai Bersyukur

3. Faktor-faktor yang mempengaruhi berwirausaha 

Menurut Kasmir (27-28) :
1.      Memiliki visi dan tujuan yang jelas.
2.      Inisiatif dan selalu proaktif.
3.      Berorientasi pada prestasi.
4.      Berani mengambil risiko.
5.      Kerja keras.
6.  Bertanggungjawab terhadap segala aktifitas yang dijalankannya, baik sekarang maupun yang akan datang.
7.  Komitmen pada berbagai pihak merupakan ciri yang harus dipegang teguh dan harus ditepati.
8. Mengembangkan dan memelihara hubungan baik dengan berbagai pihak, baik yang berhubungan langsung dengan usaha yang dijalankan maupun tidak.

4. Sikap yang dimiliki kewirausahawan

Menurut Ika Sari ciri-ciri wirausaha yang pokok untuk dapat berhasil dapat dirangkum dalam tiga sikap, yaitu :
a.                   Jujur.
b.                   Mempunyai tujuan jangka panjang,
c.                   Selalu taat berdoa,
 
5. Contoh Kasus Seorang yang sukses dalam berwirausaha
 
Putri Tanjung memilih untuk memulai terjun dan membangun usahanya sendiri di usia yang masih belia. Usianya yang masih muda tak menghalangi tekatnya untuk segera memulai usaha pertamanya.
Event organizer (EO) dipilih sebagai bisnis perdana gadis 17 tahun ini. Ia membangun Creativepreneur Event Creator.
Mengawali karir dengan mendirikan El Paradiso di tahun 2011, Putri mulai merintis usahanya dengan menggarap kegiatan skala kecil seperti ulang tahun. Berbekal pengalaman tersebut, pada awal 2014, Putri memberanikan diri memperbesar skala usahanya sekaligus mengganti nama usaha kreatifnya ini dengan nama Creativepreneur Event Creator.
Gelaran perdananya adalah “Mandiri Creativepreneur Corner 2014″ hasil kolaborasi dengan Transevent dan Bank Mandiri yang telah terselenggara pada 18 Januari 2014 lalu di The Hall Senayan City, Jakarta. Acara itu menjadi bukti kemandiriannya untuk tidak bergantung pada nama besar sang ayah yang saat ini menjabat sebagai Menteri Koordinator bidang Perekonomian Chairul Tanjung.
Sukses dengan Creativepreneur Corner-nya yang mengusung konsep talkshow, Putri mulai mengembangkan usahanya lewat gelaran acara dengan genre yang berbeda.
Kedepan, Putri bercita-cita dapat menggelar lebih banyak acara lagi dan lebih dapat menggalang anak muda kreatif sebagai sumbangsih nyatanya dalam mendukung perekonomian nasional.
  
C. Kesimpulan

Kewirausahaan adalah suatu kemampuan kreatif dan inovatif dalam menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda yang dijadikan dasar, kiat dalam usaha atau perbaikan hidup. Hakikat dasar dari kewirausahaan adalah kreativitas dan keinovasian. Kreativitas adalah berfikir sesuatu yang baru dan keinovasian adalah berbuat sesuatu yang baru.

Daftar Pustaka 

Frandy. 2015. Modal Utama dalam Menjalankan usaha. Dalam http://www.masfrandy.com/2015/01/modal-utama-dalam-menjalankan-usaha.html
Hans,R. 2011. Model Penting untuk Berwirausaha. Dalam Kompasiana
Kasmir. 27-28. Dalam Motivasi Menjadi Pengusaha Sukses, Mengalahkan Mitos. Jakarta :Universitas Mercu  Buana
Ika sari. Kewirausahaan I: Motivasi Menjadi Pengusaha Sukses. Jakarta : universitas Mercu Buana
Hisrich,Peters,Sheperd. 2008. Modul 2:Konsep Dasar Kewirausahaan. Jakarta : Direktorat Pembinaan dan Kelembagaan, Direktorat jendral Pendidikan Non Formal dan Informal, Kementrian Pendidikan Nasional http://www.infokursus.net/download/0206101221BUKU_3_MODUL_2_KONSEP_DASAR_KEWIRAUSAHAAN.pdf
Peggy A,Charles. 1999. Enterpreneurship. Dalam Makalah Kewirausahaan dan Manajemen Inovasi . Malang : Universitas Brawijaya http://ymayowan.lecture.ub.ac.id/files/2012/09/konsep-dasar-kewirausahaan.pdf
Yusuf,N. 2006. Modul 2:Konsep Dasar Kewirausahaan. Jakarta : Direktorat Pembinaan dan Kelembagaan, Direktorat jendral Pendidikan Non Formal dan Informal, Kementrian Pendidikan Nasional http://www.infokursus.net/download/0206101221BUKU_3_MODUL_2_KONSEP_DASAR_KEWIRAUSAHAAN.pdf

4 komentar:

  1. @L08-Rizky
    @Startup-L04
    Apakah teman yang banyak termasuk modal dalam membuka usaha?

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. @L39-Lestari, @Starup-L13
    Bagaimana cara Inisiatif dan selalu proaktif dalam berwirausaha ?

    BalasHapus
  4. @L17-Humairoh
    @Startup-L06

    Menurut anda, bagaimana kita bisa menciptakan suatu ide usaha?

    BalasHapus