Selasa, Maret 6

Motivasi Semangat Berbisnis Dalam Mencapai Usaha Yang Sukses

Dalam membangun suatu usaha, sangatlah diperlukan gairah atau semangat yang berasal dalam diri kita sendiri. Karena dengan begitu kita dapat memotivasi diri kita agar berhasil dan mampu memperoleh hasil yang memuaskan sesuai dengan apa yang kita inginkan.
Dalam dunia usaha sangatlah diperlukan sebuah Motivasi karena, memiliki suatu peranan yang penting dan berada di posisi utama dalam diri kita. Masalah globalisasi ekonomi yang sekarang telah banyak menimpa perusahaan, dan berujung dengan kebangkrutan karena Manajemen tidak bisa membuat suatu strategi atau memotivasi karyawan – karyawannya.

Pada Artikel ini, kita akan membahas tentang bagaimana Motivasi Semangat Berbisnis Dalam Mencapai Usaha Yang Sukses dalam lingkup personal. Memiliki suatu semangat untuk maju adalah hal terpenting untuk dapat meraih kesuksesan dalam hidup. Suatu Motivasi sering kali menjadi kata kunci untuk kita dapat meraih keberhasilan.  

Motivasi adalah sebuah dorongan atau alasan yang mendasari semangat dalam melakukan sesuatu. Motivasi juga dapat menjadi pendorong suatu hal yang diharapkan yang mampu meberikan suatu dorongan kepada setiap individu yang memiliki semangat berkerja keras dan memiliki antusias yang tinggi untuk mencapai suatu prestasi yang membanggakan. 

Dalam buku Thoha ( 2004: 206) mengatakan bahwa perilaku manusia itu hakekatnya adalah berorientasi pada tujuan dengan kata lain bahwa perilaku seseorang itu pada umumnya di rangsang oleh keinginan untuk mencapai beberapa tujuan.

Banyak cara agar kita dapat focus dalam memotivasi diri kita, diantaranya yaitu dengan menyadari bahwa diri kita haruslah menjadi pekerja yang profesioanal. Hal yang penting disini adalah bagaimana kita dpat bekerja dengan senyuman atau dengan kata lain kita memliki hati yang riang gembira tanpa paksaan ataupun memulai sesuatu karena terpaksa.

Berikut ini adalah cara yang dapat kita lakukan untuk Momotivasi diri dalam segala hal:

1. Tentukan Tujuan Hidup
Ingatlah, setiap langkah berani yang ditempuh akan semakin mendekatkan pada tujuan yang hendak dicapai. Karena setiap orang dapat membuat sebuah rencana dan prioritas dalam pikirannya masing-masing. Dan satu hal yang dapat kita pastikan, bahwa rencana itu dapat benar-bener dipahami dengan jelas, dan kita dapat membuat rencana tersebut menjadi kenyataan.

2. Senangi Setiap Usaha Yang Dilakukan
Dalam melakukan suatu usaha atau memulai suatu usaha, senangilah hal tersebut. Karena dengan begitu suatu usaha yang kita lakukan, akan menajdi suatu yang menarik bagi diri kita sendiri.

3. Tumbuhkan Sikap Positif
Tumbuhkanlah sikap postif yang dalam diri kita, karena ada masanya dimana setiap orang akan menemui kegagalan dalam mencapai kesuksesan dan merasa terpuruk karenanya. Ingatlah bahwa kegagalan itu adalah bagian dari kemenangan. 

4. Konsisten
Tetap konsisten dan janganlah mudah menyerah. Terapkanlah hal tersebut dalam diri kita. Karena jika muncul tantangan didepan, kita dapat mengatasi tantagan tersebut. 

5. Penghargaan pada diri sendiri
Saat kita telah berhasil mencapai sesuatu yang, maka berilah penghargaan pada diri kita sendiri. Karena dengan begitu kita dapat membuat diri kita bahagia dengan kesuksesan yang telah kita capai dan teruslah memberika suatu motivasi demi hasil kerja yang baik. 

6. Periksa perkembangan usaha
Periksalah hasil usaha kita setiap saat, karena dengan kita memeriksa usaha yang telah kita kerjakan, kita telah mengurangi faktor timbulnya masalah kepada usaha kita. Karena dengan begini kita juga dapat mengoreksi diri kita, bila suatu waktu ada sesuatu yang tertinggal dibelakang. 

Contoh kasus : 

Hamzah Izzulhaq


Pemuda kelahiran 1993 ini sudah membuktikan diri sebagai pengusaha muda yang sukses. Sejak kecil, ia sudah terlihat memiliki bakat berbisnis, yakni dengan berjualan kelereng, petasan, hingga koran. Ia juga pernah menjadi tukang parkir dan ojek payung. Saat tengah mengikuti seminar bisnis pelajar ketika masih duduk di bangku SMA, Hamzah ditawari usaha waralaba bimbingan belajar oleh seorang pemuda yang juga masih muda namun sudah memiliki bimbingan belajar dengan 44 cabang. Dengan bermodal uang Rp5 juta dan pinjaman Rp70 juta dari ayahnya, ia membeli salah satu cabang yang kebetulan ditawarkan untuk diambilalih seharga Rp175 juta. Sisanya yang sebesar Rp100 juta dibayar dengan dicicil dari keuntungan setiap semester. Usahanya itu semakin berkembang, dan kini Hamzah sudah memiliki 3 lisensi waralaba bimbel dengan jumlah siswa di atas 200 orang setiap semester. Sejak akhir 2011, bisnis Hamzah telah resmi berbadan hukum dengan nama CV Hamasa Indonesia. Pemuda 22 tahun ini menjabat sebagai direktur utama

Daftar Pustaka

https://media.neliti.com/.../117128-ID-pengaruh-motivasi-usaha-terhadap-keberha.pdf

journal.sbm.itb.ac.id/index.php/mantek/article/view/1832...

download.portalgaruda.org/article.php?...PENGARUH%20MOTIVASI%20KERJA%2...

Adair, Jhon. 2007. Pemimpin yang bepusat pada tindakan. Binarupa Aksara: Jakarta.

Buchari, zainun. 2007. Manajemen dan Motivasi, Edisi Revisi, Cetakan ke 3. Balai Aksara: Jakarta. 

Nimran, Umar. 2005. Perilaku Organisasi. Citra Media: Surabaya.

https://www.cermati.com/artikel/8-kisah-inspiratif-pengusaha-sukses-indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar