Rabu, Maret 7

Motivasi dan Prestasi Mahasiswa dalam Berwirausaha



Image result for logo mercu buana vector
@J10-Nabila, @J23-Armeta, @J24-amelia
@Startup-J05
@Proyek-J01

 Motivasi dan Prestasi Mahasiswa dalam Berwirausaha
Abstract

Everyone should have motivation before he starts a business. Because if he does not have a motivation he will find it hard to start entrepreneurship. Especially for students, they really need to have a motivation for them to bias entrepreneurship well and run smoothly. When he has motivated the students will be very easy to get the achievements of the business they run. All this must also do a long thought before we have a business because it is basically not easy to start a business if we only have a motivation. Because we also have to have strong determination and also good effort so that we can have achievement in our effort.

Setiap orang harus memiliki motivasi sebelum ia memulai sebuah usaha. Karena jika ia tidak memiliki sebuah motivasi ia akan sulit untuk memulai berwirausaha. Khususnya untuk mahasiswa, mereka sangat perlu memiliki sebuah motivasi agar mereka bias berwirausaha dengan baik dan berjalan lancar. Ketika ia telah memiliki motivasi para mahasiswa tersebut akan sangat mudah mendapat prestasi dari usaha yang mereka jalankan. Semua ini pun harus melakukan sebuah pemikiran panjang sebelum kita memiliki sebuah usaha karena pada dasarnya tidak mudah untuk memulai usaha jika kita hanya memiliki sebuah motivasi. Karena kita juga harus memiliki tekad yang kuat dan juga usaha yang baik agar kita bisa memiliki prestasi dalam usaha kita.


Kata kunci : motivasi, wirausahawan, sukses dan berprestasi


    Banyak mahasiswa jaman sekarang termotivasi untuk berwirausaha sambil kuliah. Motivasi mereka seringkali terdengar adalah mencari pengalaman, menambah uang saku, terkadang juga sebagai portofilio untuk skripsi mereka
   Artikel ini kami buat agar menambah semangat dan motivasi mahasiswa yang ingin sekalgius menjadi wirausahawan muda.

                                                                 Pembahasan
  Motivasi dan berprestasi yang dimaksud adalah menurut Mcceland dan Heckhausen motif yang menolong Individu dalam mencapai sukses dan bertujuan untuk berhasil dalam kompetesi. Menurut kelompok kami sendiri adalah untuk berwirausaha paling tidak kita harus memiliki motivasi dan kemauan yang tinggi di dalam diri kita agar tercapainya suatu harapan tersebut, dan mencapai suatu goals. Jika kita memiliki motivasi untuk berwirausaha ada beberapa hal yang mempengaruhi motivasi itu sendiri diantaranya
1)      Intelegensi
Kemampuan mental yang kompleks dan ada pada dalam diri seseorang
2)      Kebutuhan dan Pendidikan
Konsep diri dan perilaku seseorang dalam menghadapi macam kebutuhan berbeda, makin tinggi pendidikan  semakin luas pengetahuan yang dikuasai atau diperoleh.
Mahasiswa zaman sekarang tidak perlu minder bila ingin berwirausaha karena hal sekecil apapun apabila dimulai dari usaha kecil akan membawa dampak yang besar pada masa yang akan datang. Hanya sesekali atau dalam bentuk iseng-iseng dapat menghasilkan suatu ide atau terobosan baru dalam menjadi wirausahawan muda dan berwirausaha.
  Disamping itu juga didalam artikel ini mahasiswa diberikan kesempatan untuk mewujudkan cita citanya mahasiswa diberikan kebebasan untuk mencapai tujuan yang diinginkan yaitu dalam berwirausaha. Mahasiswa dapat memilih sendiri bisnis apa yang akan dijalani, dan kebebasan untuk mengatur rencana bisnis dan peluang kesuksesan bisnis dapat ditentukan oleh mahasiswa sendiri, selain itu jika hasil usaha mahasiswa itu baik maka ada suatu kepuasan didalam diri sendiri, salah satunya dapat mengurangi tingginya lapangan pekerjaan, dapat memberi gaji pada tiap pegawai. Menurut kelompok kami sekarang memiliki banyak terobosan dan ie0ide terbaru mereka dalam berwirausaha sehingga selain menguntungkan bagi dirinya, juga menguntungkan bagi orang banyak.

1) Hafiza Elfira
Menempuh pendidikan di Universitas Indonesia, Depok merupakan tantangan sendiri bagi mahasiswi berusia 22 tahun. Tidak hanya pintar dalam bidang akademis, Hafiza memiliki otak bisnis ketika masih kuliah. Berawal dari sebuah social entrepreneur di bawah Nalacity Foundation, wanita ini gemar memberikan penyuluhan kepada ibu-ibu penderita kusta. Namun,dalam waktu yang cukup panjang dia berhasil membuat bisnis manik-manik yang laris di pasaran. Hasilnya ratusan juta rupiah bisa dia ambil selama kuliah.

2) Yasa Singgih
Pria lulusan Bina Nusantara ini sudah terbiasa berbisnis sejak usia 15 tahun, ketika ayahnya diklaim memiliiki penyakit jantung. Never too young to become a billionaire! Menjadi jargon yang selalu memotivasinya untuk maju dan mengembangkan bisnis.
Kesimpulan
Bila ingin sukses berbisnis dan berusaha tak perlu memandang umur, muda dan tua tetap saja bisa sukses berbisnis

Daftar pustaka
Maspinter.blogspot.co.id
Bisnisukm.com/motivasiberwirausahadikalanganmahasiswa
http://www.tommcifle.com/pengusaha-muda/

15 komentar: