Maret 15, 2018

BERBISNIS? PEMUDA JANGAN TAKUT MEMULAI!

                                                           
1.    Novia Nila Sutarman @L22-Novia
2.    Ellyza Anggraini @L21-Ellyza
3.    Chairunnisa           @L23-Nisa

Abstrak
Membangun keberanian para pemuda dalam berbisnis dengan motivasi yang berfungsi sebagai penggerak kepribadian pengusaha muda.
Kata Kunci
Pola pikir, membangun motivasi, pengusaha muda
Pendahuluan
Pada era saat ini, dimana perkembangan teknologi menjadi sangat massive adalah kesempatan yang terbuka sangat lebar. Khususnya, bagi para pemuda yang biasa dikenal sebagai para millennials untuk menciptakan kesempatan berkembang dalam berbisnis. Bukan hanya kesempatan tapi juga sebagai alat yang dapat membantu para pemuda menghasilkan inovasi dalam berbisnis. Tetapi sebagai pengusaha muda, tidaklah cukup hanya menjadi muda saja. Salah satu kelemahan para pemuda saat ini adalah banyak dari mereka yang masih takut dalam memulai. Perlu keberanian untuk memulai usaha. Mulailah dengan suatu yang kecil untuk dapat menggapai dan menyelesaikan hal yang besar. Dengan adanya motivasi, diharapkan dapat membantu berjalannya proses para pemuda dalam mengembangkan evaluasi diri sebagai seorang wirausahawan.
A.   Permasalahan
a.    Bagaimana cara meningkatkan dan membangun keberanian para pemuda dalam memulai usaha?
b.    Bagaimana cara mengubah pola pikir para pemuda untuk menjadi kritis dan peka terhadap kesempatan?
c.    Apa yang harus para pemuda lakukan untuk dapat memotivasi diri menjadi para wirausahawan yang berkompetensi?

B.   Pembahasan

1.    Cara meningkatkan dan membangun keberanian para pemuda dalam berbisnis
Dalam berbisnis tidak hanya memerlukan modal ilmu yang akan digunakan saat berkecipung di dunia bisnis saja, namun mental dalam diri juga diperlukan. Sejauh ini banyak para mahasiswa lulus dengan titel tinggi namun saat terjun dalam dunia bisnis ternyata masih belum lincah. Bukan karena modal ilmu yang belum cukup, namun modal mental diri untuk berbisnis yang masih minim, dan juga ketidakpercayaan pada diri sendiri juga menjadi factor penghambat para pemuda dalam membangun bisnis.

Mental dalam berbisnis memang sangat diperlukan apalagi untuk para calon pebisnis muda. Dengan mental yang kuat maka seorang pebisnis akan lebih mudah memotivasi diri sendiri juga orang lain sehingga usaha yang diciptakan akan berkembang. Gooyaabi Templates dalam BisnisHack.com mengemukakan 5 cara membangun mental bisnis yang kuat, yaitu :
1.    Berpikir positif
Mulailah belajar untuk berpikir positif. Dengan selalu berpikir positif maka akan meningkatkan kejernihan pikiran sehingga dengan mudah dapat memikirkan perkembangan bisnis Anda. Selain itu, dengan berpikir positif akan memberikan semangat diri sendiri untuk maju, meningkatkan kreatifitas, mengembangkan potensi diri, membuat inovasi, meningkatkan kepercayaan diri serta dapat merefresh otak.

Ini adalah langkah yang sangat sederhana namun akan terasa berat dan sulit jika tidak dilakukan secara terus – menerus. Maka belajarlah untuk berpikir positif dalam hal apapun dan sekecil apapun. Karna akan sangat membantu anda untuk menjadi terbiasa.

2.    Bangkitkan keberanian
Hal yang paling penting selanjutnya adalah membangkitkan keberanian. Mulailah secara perlahan. Ini adalah langkah yang mayoritas sulit dilakukan untuk pemula dalam berbisnis.

Keberanian menjadi hal yang sangat mendominasi dalam diri, jika ingin sukses dan maju. Faktanya, lebih dari setengah lulusan perguruan tinggi yang gagal dalam bidangnya karena keberanian dalam diri mereka minim. Orang yang lebih dulu menjadi sukses adalah orang yang berani, bukan orang yang pandai.

3.    Jangan takut mengambil resiko
Risiko bukanlah momok yang harus dihindari, bagi para pebisnis risiko adalah makanan sehari – hari. bukanlah pebisnis jika tidak pernah merasakan risiko dalam bidangnya.

Ingatlah, disaat anda mengambil risiko, disitulah peluang terbuka sangat lebar untuk membuat anda sukses.

4.    Lapang dada
Lapang dada adalah salah satu kunci untuk perjalanan anda menuju sukses, dalam bisnis yang dimana risiko, masalah, kerugian telah menjadi makanan sehari – hari. lapang dada adalah cara terampuh anda untuk dapat kembali bangkit dan mengejar kesuksesan anda.

5.    Semangat yang tinggi
Seorang pebisnis yang ingin sukses pastinya harus memiliki semangat yang tinggi baik dalam segala aktifitas apapun. Semangat sangat diperlukan dalam menumbuhkan keberanian dalam diri, dengan semangat Anda dapat mendapat energy positif dalam menjadi seorang pebisnis muda.

2.    Cara mengubah pola pikir para pemuda dalam melihat peluang
Dalam mengubah pola pikir dan meningkatkan kepekaan dalam melihat peluang haruslah memerlukan keberanian dan kerelaan, serta focus.
Menurut McGrath dan MacMillan (2000) ada lima  karakteristik yang umumnya dimiliki oleh pengusaha :
1.    Pengusaha sangat bersemangat dalam melihat atau mencari peluang – peluang baru
2.    Pengusaha mengejar peluang dengan disiplin yang ketat
3.    Pengusaha hanya mengejar peluang yang sangat baik dan menghindari mengejar peluang lain yang belum jelas
4.    Pengusaha berfokus pada pelaksanaan
5.    Pengusaha mengikutsertakan energy setiap orang yang berbeda dalam jangkuan mereka

3.    Apa yang harus para pemuda lakukan untuk dapat memotivasi diri menjadi para wirausahawan yang berkompetensi?
Kompetensi perlu dimiliki oleh wirausahawan seperti halnya profesi lain dalam kehidupan, kompetensi ini mendukung para pebisnis kearah kesuksesan. Dan & Bradstreet business Credit Service (1993) mengemukakan 10 kompetensi yang harus dimiliki, yaitu:
1.    Knowing your business
2.    Knowing the basic business management
3.    Having the proper attitude
4.    Having adequate capital
5.    Managing finances effectively
6.    Managing time efficiently
7.    Managing people
8.    Statisfying customer by providing high quality product
9.    Knowing How to Compete
10.  Copying with regulation and paper work

C.   Contoh Kasus
Ahmad Anggoro, kini berusia sekitar 23 tahun. Pemuda yang lahir pada tanggal 9 september 1991 silam, ternyata mampu meraih kesuksesan lebih cepat di bandingkan kebanyakan orang lain. Di usianya yang masih terbilang muda, pria kelahiran Kediri ini mampu menjadi pengusaha sukses dengan omzet ratusan juta rupiah perbulan dari peluang usaha clothing yang telah ia jalani sejak tahun 2010. Ahmad anggoro hanyalah seorang lulusan SMK swasta dan berasal dari keluarga yang biasa - biasa saja membuat pemuda ini nekad merantau ke Jakarta. Dengan hanya bermodalkan ijazah SMK dan uang seadanya,ia kemudian mencoba peruntungannya di kota metropolitan di Jakarta. Sesampainya di Jakarta, beliau kemudian tinggal di sebuah kontrakan kecil di Jakarta Timur.Ia berpikir keras, peluang usaha apakah yang sekiranya dapat ia jadikan usaha sampingan  agar ia bisa sukses. Sebelum ia sukses, ia pernah bekerja sebagai buruh pabrik kayu. 2 Bulan bekerja di pabrik tersebut, beliau kemudian menjadi penjaga warnet dengan hasil bulanan sekitar Rp. 700.000,- / bulan. Satu fakta yang ia sadari adalah Ahmad memiliki kemampuan menggambar. Ia menyadari bahwa potensi yang di milikinya adalah dalam hal grafis atau menggambar. Dengan modal 2 juta yang ia dapatkan dari hasil menabung gaji di warnetnya selama satu tahun. Ia kemudian terjun ke dunia bisnis bagian clothing. Dari sini timbul ide untuk menjalankan usaha clothing.Ia menyimpulkan bahwa usaha pembuatan pakaian masih memiliki potensi yang sangat besar untuk di jalankan karena banyaknya peminat terlebih para anak muda yang gemar mengoleksi kaus atau pakaian. Kaos hasil kreasinya kemudian ia pasarkan kepada teman - temannya melalui lewat jejaring sosial atau selebaran. Setelah beberapa menjalankan bisnis ini, ia tak luput dari halangan dan rintangan. Tepatnya pada tahun 2010, di tahun pertamanya menjalankan bisnis kaos, ia rupanya mengalami kerugian besar karena uangnya di curi oleh salah satu sahabatnya sendiri, terlebih produk yang di hasilkan kurang laku di pasaran lantaran masih kalah dengan produk yang sudah lebih dahulu terkenal. 
Kegagalan bukan berarti berakhir. Ahmad Anggoro tahu itu, ia tetap saja berusaha dan tak kenal menyerah. Berbekal dari pengalaman, ia kemudian berinovasi untuk membuat kaos dengan desain lebih modern, simple dan mengikuti trend perkembangan jaman saat ini. Seiring dengan kemajuan usahanya, ia mencoba berinovasi dengan menjual produk selain kaos seperti Tas, Dompet, celana dll. Kini, di usianya yang masih sangat muda, Ia telah mendapatkan omzet usaha sekitar Rp. 100.000.000,- perbulan. Tak hanya itu, secara tidak langsung pemuda asal Kediri ini telah membka lapangan kerja baru bagi 50 pekerja yang bekerja di tempat usahanya. Kini ia telah memiliki berbagai hal yang di inginkan oleh pemuda kebanyakan termasuk saya pribadi, mobil, istri, rumah pribadi dan tentunya memberangkatkan orangtuanya untuk melaksanakan ibadah haji.

RAHASIA BISNIS 

1. Pintar melihat peluang
kemampuan untuk membaca peluang merupakan karakteristik seorang pengusaha. Seorang pengusaha yang sukses pastilah memiliki kemampuan untuk membaca peluang pasar kemudian mencoba untuk memanfaatkan peluang usaha tersebut. 

2. Berani
Dengan hanya bermodalkan uang Rp, 2 juta hasil kerja di warnet, Ia berani mencoba menjalankan bisnis dengan resiko ia harus kehilangan uang tabungannya selama setahun.

3. Membaca diri
Anda harus tahu apa potensi anda. Kita tentu memiliki kekurangan, namun di sisi lain kita juga memiliki kelebihan, bakat dan potensi yang dapat kita latih untuk menghasilkan kesuksesan. Sayangnya, banyak sekali pemuda yang tidak mengetahui apa bakat terpendamnya, lebih parah lagi meskipun mereka tahu, mereka tidak mau berusaha untuk memanfaatkan bakar yang ia miliki utuk menghasilkan uang.

4. Pantang menyerah
Meskipun pernah rugi besar karena tidak laku dan pencurian yang di lakukan temannya. Ternyata tidak menyurutkan langkah Ahmad Anggoro, bukannya mundur namun menjadi bahan untuk tafakur. Dari kegagalan pasti ada hikmah yang apa bila kita dapat menyikapinya dengan benar akan menjadi salah satu kekuatan yang besar. 



D.    Kesimpulan
Mengubah pola pikir memanglah tidak semudah membalik telapak tangan, namun dengan motivasi sebagi roda penggerak dalam mengembangkan kompetensi dan kemampuan dalam berbisnis patutlah kita sebagai pemuda menggunakan motivasi untuk semakin berkembang untuk diri sendiri dan juga dapat bermanfaat untuk orang lain.



Daftar Pustaka

Lieli. 2011. Faktor – Faktor yang Berpengaruh Terhadap Niat Kewirausahaan (Entrepreneurial Intention). Vol 13, No 2 Tahun (2012). Kategori: Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan (Dinduh Kamis, 15 Maret 2018): http://puslit2.petra.ac.id/ejournal/index.php/man/article/view/18329

Triton. 1993. Dan & Bradstreet business Credit Service  :137 – 139

Lukiastuti. 2013. Pengaruh Orientasi Stratejik Entrepreneurs Terhadap Peningkatan Kinerja Ukm: Studi Pada Ukm Batik di Kabupaten Sragen. Vol 1, No 1 Tahun (2012). Kategori: Conference In Business, Accunting And anagement (Diunduh Kamis, 15 Maret 2018):

Rachmat. 2013. Entrepreneur Sebagai Pilihan Karir Mahasiswa Maluku Utara: Peran Efikasi Diri dan Kepribadian. Vol 1, No 3 Tahun (2012). Kategori: Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan (Diunduh Kamis, 15 Maret 2018)

Gooyabi. 2016. 5 Cara Membangun Mental Bisnis yang Kuat (Diakses Kamis 15 Maret 2018)
http://www.bisnishack.com/2014/08/5-cara-membangun-mental-bisnis-yang-kuat.html?m=1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar