Selasa, Maret 13

Pentingnya Motivasi Dalam Berwirausaha



ABSTRAK

Motivasi adalah kunci yang akan membuka potensi manusia.Tanpa motivasi,sedahsyat apapun potensi yang dimiliki tidak mampu untuk merubah menjadi kemampuan yang maha dahsyat.

Motivasi usaha merupakan salah satu pendorong tumbuh kembangnya jiwa wirausaha seseorang. Kesuksesan seseorang seringkali disertai dengan motivasinya yang kuat dalam menjalakan setiap usaha yang dijalaninya.
 
KATA KUNCI : Motivasi, Berwirausaha


LATAR BELAKANG
Motivasi merupakan kekuatan yang menjadikan kita memulai tanpa keinginan memulai, untuk mendahulukan yang ingin ditunda, untuk meneruskan walau pun ingin berhenti, dan untuk tetap berupaya mengatasi semua ketidakmungkinan.
Untuk mulai berwirausaha, cara yang paling efektif adalah dengan mengamati apa yang kita lakukan sehari-hari. Salah satunya dengan mencari sesuatu yang membuat seseorang sangat senang melakukannya, seakan tanpa ada perasaan lelah.


RUMUSAN MASALAH
1. Bagaimana cara menumbuhkan motivasi dalam berbisnis
2. Apa saja jenis dan tujuan motivasi?


PEMBAHASAN

1. Bagaimana cara menumbuhkan motivasi dalam berbisnis ?
Motivasi adalah kekuatan tak tampak yang memisahkan kita dari mereka yang hanya bercita-cita tetapi yang tidak bersungguh-sungguh.
Motivasi seseorang bisa tumbuh karena adanya 2 faktor, faktor dari dalam diri sendiri dan faktor dari luar diri seseorang (lingkungan, orang lain). Sedangkan menumbuhkan motivasi dalam berbisnis kita harus menumbuhkan faktor dari dalam diri sendiri terlebih dahulu untuk memulai usaha. 

Menumbuhakan rasa cinta dan suka terhadap sebuah tantangan dan rintangan
Seorang wirausahawan tidak takut terhadap tantangan Karena ia sudah menanamkan pada dirinya bahwa tantangan dalam hidup bukan lah hal yang harus dihindari bahkan tidak dapat dihindari akan tetapi harus dihadapi dengan pikiran yang tenang dan positif.

Ingin menirukan figure/sesorang yang sukses
Langkah yang benar dalam meniru figur seseorang yaitu dengan mencari tahu resep sukses mereka,baik dari segi pengalaman hidup, cara dia melakukan kegiatan usahanya, hingga cara dia mengatasi kegagalan dalam berwirausaha.Tapi hal ini bukan hanya sekedar mencari tahu saja, akan tetapi langsung meniru dan memperaktikan cara sukses mereka, dengan caramu sendiri tetapi dengan tips-tips yang telah kamu kumpulkan sebelumnya.

Kegagalan pekerjaan yang dialami dalam meniti pekerjaan
kegagalan yang telah terjadi harus di jadikan pelajaran sehingga muncul semangat baru untuk memperbaikinya dalam usaha berikutnya.

2. Apa saja jenis dan tujuan motivasi ?
            Jenis-jenis motivasi diantaranya :
1.      Motivasi Positif (insentif positif), manajer memotivasi bawahan dengan memberikan hadiah kepada mereka yang berprestasi baik.
2.    Motivasi negatif (insentif negatif), manajer memotivasi bawahan dengan memberikan hukuman kepada mereka yang pekerjaannya kurang baik (prestasi rendah).
Tujuan Motivasi
1.      Mendorong gairah dan semangat kerja
2.      Meningkatkan kepuasan
3.      Meningkatkan produktivitas kerja
4.      Mempertahankan loyalitas
5.      Efektifitas
6.      Efisiensi
7.      Meningkatkan kreativitas, dan lain-lain.

CONTOH KASUS :   Mompreneur adalah istilah yang digunakan oleh Majalan Entrepreneur dari Amerika Serikat untuk menggambarkan bisnis yang dilakoni oleh para ibu di negeri tersebut. Tak ubahnya seperti entrepreneur yang berarti wirausaha (Danarti, 2008, hlm 7). Yang membedakan adalah mompreneur adalah bisnis yang dilakukan oleh para ibu dengan berkantor di rumah. Mereka melakukan aktivitas bisnis disela-sela kesibukan mengasuh anak, merawat rumah, mengerjakan tugas rumah tangga dan mengurus suami. Mereka bisa mempunyai usaha mereka sendiri dengan tetap tidak melupakan status mereka sebagai ibu rumah tangga. Ibu rumah tangga memiliki tanggung jawab yang sangat besar dalam suatu keluarga. Kebanyakan pekerjaan rumah dikerjakan oleh ibu sendiri. Kebanyakan ibu rumah tangga bergantung pada sang suami untuk menafkahi semua kebutuhan keluarga. Oleh karena itu, banyak ibu rumah tangga yang memilih tinggal di rumah dan tidak memiliki pekerjaan hanya untuk memenuhi tugasnya sebagai ibu rumah tangga. Namun, berbeda dengan ibu rumah tangga yang masih memiliki semangat dan motivasi yang tinggi untuk membantu suaminya dalam mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

KESIMPULAN
Melalui kasus diatas dapat kita ketahui bahwa, motivasi sangat penting dalam memulai suatu usaha. Tanpa motivasi , kita tidak akan menemukan apa yang menjadi alasan kita untuk berwirausaha dan apa yang akan menjadi tujuan kita setelah wirausahaa kita mulai berjalan. Motivasi adalah dorongan atau daya penggerak yang mengarahkan seseorang melakukan suatu tindakan  untuk memenuhi hal yang dibutuhkan atau diharapakan. Jenis motivasi adakalanya motivasi positif dan motivasi negatif. Tujuan motivasi di antaranya adalah Mendorong gairah dan semangat kerja, meningkatkan kepuasan, meningkatkan produktivitas kerja, mempertahankan loyalitas, efektifitas, efisiensi, meningkatkan kreativitas, dan lain-lain. Ada banyak faktor yang mendorong dan menghambat kesuksesan dalam berwirausaha. Tetapi keberhasilan atau kegagalan seseorang dalam berwirausaha sangat bergantung pada kemampuan pribadi wirausahawan itu sendiri. Motivasi digunakan pada saat kita memulai untuk berwirausaha, dan tentunya selama berwirausahaa kita tetap membutuhkan motivasi karena dengan sifat manusia yang gampang menyerah dan gampang bosan, dengan motivasi kita dapat tetap menjalankan wirausaha kita.



DAFTAR PUSTAKA 
Kinda, Winno Margirez. “Bagaimana Cara Menumbuhkan Motivasi”. 23 Februari 2013. Diambil dari https://winnomargirezkinda5120196.wordpress.com/2013/02/23/bagaimana-cara-menumbuhkan-motivasi/.

Bahri, Syamsul. “8 Tips Cara Menumbuhkan Semangat Baru Dalam Berwirausaha Yang Mulai Meredup Akibat Kegagalan”. Diambil dari http://www.padahakan.com/2016/01/8-tips-cara-menumbuhkan-semangat-baru-dalam-berwirausaha.html

Antariksa. Yodhia. “Bagaimana Cara Menumbuhkan Motivasi Dan Memulai Bisnis Sendiri”. Diambil dari http://menjadiwirausaha.com/bagaimana-cara-menumbuhkan-motivasi-dan-memulai-bisnis-sendiri/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar