Selasa, Maret 6

TIDAK PERLU TAKUT UNTUK MENJADI PENGUSAHA MUDA







Latar Belakang :

   Di zaman modern ini, sudah banyak anak muda yang memulai bisnis atau bahkan sudah menjdi pengusaha yang sukses. Ada yang memulainya dari hal kecil sehingga menghasilkan sesuatu yang besar. Tetapi tak sedikit dari mereka yang merasa ragu untuk mulai berbisnis. Untuk itu kami membuat artikel ini agar anak-anak muda tidak takut untuk menjadi pengusaha.

Rumusan Masalah:

1. Kenapa anak muda takut untuk berbisnis?
2. Hal apa saja yang diperlukan untuk memulai bisnis?

Tujuan Pembuatan Artikel:

  Agar para pembaca berkeinginan untuk berbisnis dan juga untuk menyelesaikan tugas mata kuliah Kewirausahaan 1.

Isi / Permasalahan:

1. Kenapa anak muda takut untuk berbisnis?

Ada beberapa faktor mengapa orang-orang takut untuk menjadi pengusaha muda, yaitu:

A. Tidak Memiliki Modal
             Untuk mulai sebuah usaha, diperlukan modal. Tetapi banyak yang takut berbisnis karena                     faktor ini. Tetapi sekarang sudah banyak orang yang mau meminjamkan modal untuk                           memulai usaha.
B. Tidak Memiliki Keberanian
      Kunci untuk berbisnis adalah memiliki keberanian. Orang yang tidak memiliki keberanian                 biasanya takut untuk menghadapi rintangan sebagai pengusaha, yaitu takut akan kegagalan.
C. Tidak Memiliki Ide Yang Menarik
     Dalam berbisnis, kita harus punya ide-ide yang menarik perhatian orang banyak. Hal ini                       bertujuan agar bisnis kita lancar dan disukai banyak orang.
D. Tidak Memiliki Networking yang baik
     Kurangnya networking berdampak kepada pemasaran. Jika kita tidak memiliki relasi yang                   baik terhadap orang-orang, maka kita akan kesulitan untuk memasarkan barang dagangan                   kita.

2. Hal apa saja yang diperlukan untuk memulai bisnis?

Untuk mulai berbisnis, diperlukan hal-hal sebagai berikut:

   A. Persiapkan Mental
        Dalam memulai usaha, harus bisa menghadapi semua permasalahan. Termasuk siap                              menghadapi kegagalan.Untuk menghadapinya, kita perlu mental yang sehat dan kuat agar tidak          mudah menyerah.
   B. Memahami Pasar
        Saat memulai berbisnis, kita harus tau tujuan kita memasarkan barang dagangan kita. Salah                  pemasaran dapat berdampak terhadap penghasilan. Dan kita juga harus memahami tipe-tipe                pelanggan yang akan kita tuju. Untuk itu trik pemasaran yang baik diperlukan dalam berbisnis.
   C. Perbanyak Networking
       Jika kita memliki banyak kenalan dan berhubungan baik dengan mereka, maka mereka tidak               akan segan-segan membantu kita dalam mempromosikan barang dagangan kita.


Contoh kasus :
 Victor Giovan Raihan

Victor Giovan Raihan via blogspot.com


Berawal dari iseng untuk membuat racikan minuman yang terbuat dari teh dan susu fermentasi, Pelajar 18 tahun ini berhasil mengembangkan Teh Kempot sebagai brand yang laris di pasaran. Minumannya disukai banyak orang, hingga membuatnya memiliki 10 outlet sendiri dan 17 outlet yang dikelola oleh mitranya.

Teh yang dijual dengan harga Rp2.000- Rp2.500 per kemasan 250 ml ini membuka peluang kemitraan dengan modal awal sebesar Rp3,5 juta. Dengan jumlah uang tersebut, mitranya akan mendapatkan 1 paket booth (gerobak), alat masak dan 100 cup (gelas kemasan) pertama.
Sebelum menekuni bisnis ini, Victor telah lebih dulu memulai usahanya di bisnis bakso, saat ini outlet baksonya sudah ada lima dan berencana untuk menambah 5 outlet baru lagi. Meski keluarga dan orangtuanya bertugas di kepolisian, namun pemuda ini tetap yakin untuk meraih kesuksesan lewat jalur bisnis yang digelutinya.

Kesimpulan

   Semua orang bisa berkarya, semua orang bisa sukses dengan karyanya. Tapi kesuksesan tidak datang dengan mudah dalam sekali gerakan. Semua orang sukses pasti mengalami pasang surut nya, jadi jangan takut untuk melangkah. berapapun umur kita, jika kita mempunyai keinginan untuk terus bangkit dan pantang menyerah. kita pasti bisa menjadi manusia yang sukses.

Terima Kasih dan salam Sukses untuk kita semua!!


Daftar Pustaka

https://www.cermati.com/artikel/7-profil-pengusaha-muda-dan-sukses-di-indonesia | senin, 5 Maret 2018. Pukul 19.34 WIB
http://www.krona.cc/blog/item/35-alasan-bisnis | Minggu, 4 Maret 2018. Pukul 21.21 WIB

7 komentar:

  1. @K31-nur @startup-K08 bermanfaat sekali terimakasih

    BalasHapus
  2. @K34-Ayu,@starup-K13 Bermotivasi sekali buat mahasiswa yang ingin berbisnis. Terimakasih.

    BalasHapus
  3. @K12-Nadya @startup-K10 artikelnya sangat membantu saya .

    BalasHapus
  4. @K33-nandira @startup-K09
    Bagus dan penjelasan yang diberikan dapat mudah ditangkap, nice!

    BalasHapus
  5. @k39-Regita @starup-K08 judulnya menarik untuk dibaca & isi artikelnya pun sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  6. @k32-saraswati @strartup-09
    Terimakasih, artikel sungguh sangat bermanfaat dan bisa menambah wawasan

    BalasHapus
  7. @k36-Cintya @startup-k07 artikelnya sangat bermanfaat

    BalasHapus