Selasa, Maret 6

Sukses Diusia Muda? Siapa Takut!


    


ABSTRAK
Kewirausahaan merupakan kegiatan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat dalam arti tingkat hidup yang lebih baik dan bermutu. Kewirausahaan sangat besar peranannya di dalam perkembangan pertumbuhan ekonomi.

KATA KUNCI : Sukses, Wirausaha Muda, Kerja Keras, Kemampuan, Usaha.

PENDAHULUAN
     Kewirausahaan adalah proses mengidentifikasi, mengembangkan, dan membawa visi ke dalam kehidupan.Visi tersebut bisa berupa ide inovatif, peluang, cara yang lebih baik dalam menjalankan sesuatu. Hasil akhir dari proses tersebut adalah penciptaan usaha baru yang dibentuk pada kondisi risiko atau ketidakpastian.
        Banyak anak muda yang ingin memulai usaha tetapi bingung ingin memulai darimana untuk membangun usaha, tujuan dibuatnya artikel ini adalah untuk menginformasikan kepada para calon wirausahawan muda untuk berani memulai usaha dan langkah-langkah untuk mencapai kesuksesan diusia muda.

PERMASALAHAN
1.     Mengapa orang ingin menjadi pengusaha sukses di usia muda?
2.     Bagaimana cara memulai berbisnis?
3.     Bagaimana langkah menuju kesuksesan?

PEMBAHASAN
1. Mengapa orang ingin menjadi pengusaha sukses di usia muda?
Ketika kita sukses pada usia muda, mungkin sebagian besar keinginan kita akan tercapai, karena kita masih memiliki waktu dan tenaga yang memadai, sedangkan, ketika kita sukses pada usia yang bisa dianggap sudah tidak muda lagi, mungkin yang kita pikirkan setelah sukses adalah siapa yang akan melanjutkan bisnis kita.
Penghasilan yang di dapatkan oleh seorang pengusaha pun sangat menjanjikan, seorang pengusaha dapat menghasilkan puluhan hingga ratusan juta rupiah perbulannya. Jutaan kali lipat dibanding bekerja di kantor. 
2. Bagaimana cara memulai berbisnis?
Untuk memulai suatu usaha banyak cerita yang dapat kita ambil hikmahnya. Namun, jika kita telaah lika-liku sebelum sukses menjadi pengusaha banyak cerita suka duka dibelakang kesuksesannya. Tidak sedikit cerita yang menyedihkan dibalik suskses yang diraih pengusaha tersebut. Sebelum memulai usaha diperlukan sifat-sifat seperti berikut : 
  • Tidak Takut Hidup Susah

Kesusahan dalam hidup harus dijadikan pelajaran dalam hidup, karena bukan berarti orang yang sukses dan berhasil tidak pernah merasakan kegagalan. Mereka harus bersusah susah terlebih dahulu sebelum memetik manisnya usaha yang mereka buat.  
  • Kerja Keras yang Cerdas

Kerja keras itu wajib, sementara kerja cerdas juga harus agar usaha keras yang kita lakukan bisa efektif dalam meraih target yang kita inginkan. Mereka yang sukses di usia muda bisa menggabungkan kerja keras dan kerja cerdas untuk menjadikan dirinya mampu menaklukan hambatan guna meraih impian.
  •  Memilih Usaha Sesuai Minat dan Bakat
             Kita harus memilih usaha yang sesuai dengan skil, minat, dan bakat. Pada masa kini, minat dan bakat dapat tersalurkan kapanpun dan dimanapun, kita dapat menyalurkan semua itu, karena pada jaman ini, semuanya semakin maju apalagi pada bidang teknologi, kita bahkan dapat mendapat pendidikan hanya melalui gadget kita, karena semua pembelajaran berada di internet. ( Siti Hadijah. “Rahasia Nyata Dibalik Cara Hidup Sukses di Usia Muda”. https://www.cermati.com/artikel/rahasia-nyata-dibalik-cara-hidup-sukses-di-usia-muda , 2017)

3.) Bagaimana Langkah menuju kesuksesan?
Dun Steinhoff & John F. Burgess (1993) mengemukakan beberapa karakteristik yang diperlukan untuk mencapai pengembangan dan keberhasilan berwirausaha sebagai berikut :
  1.  Untuk menjadi wirausahawan yang sukses, seseorang harus memiliki ide atau visi bisnis yang jelas serta kemauan dan keberanian untuk menghadapi risiko, baik berupa waktu maupun uang. Apabila ada kesiapan dalam menghadapi risiko. 
  2. Bila ingin sukses harus membuat perencanaan usaha, mengorganisasikan, dan menjalankannya. Agar usaha tersebut berhasil, selain harus bekerja keras sesuai dengan urgensinya, wiraushawan harus mampu mengembangkan hubungan, baik dengan mitra usaha maupun semua pihak yang terkait dengan kepentingan perusahaan
Sukses dalam berwirausaha tidak diperoleh secara tiba-tiba atau instan dan secara kebetulan, tetapi dengan penuh perencanaan, memiliki visi, misi, kerja keras, dan memiliki keberanian secara bertanggung jawab

CONTOH KASUS
   
Nanida Jenahara Nasution (Hijab Designer, pendiri Hijabers Community)

Jehan mendirikan Hijabers Community (HC) pada 27 November 2010 yang memiliki berbagai kegiatan bagi muslimah dari pengajian, sharing, kegiatan sosial hingga hijab style.
Awalnya Jehan ragu untuk memfokuskan diri pada desain pakaian muslimah apalagi untuk anak muda, karena saat itu, jilbab identik dengan ibu ibu. Seiring berjalannya waktu, Jehan pun mantap terjun ke fashion muslimah dengan gaya yang unik bagi muslimah muda.
            Dalam kasus ini dapat kita lihat bahwa faktor kerja keras yang cerdas, hal tersebut dapat kita lihat dalam hal bagaimana ia melaksanakan kegiatan bagi muslimah, ia melaksanakan pengajian, sharing, kegiatan sosial hingga hijab style. Dalam kasus ini pun dia mengambil pendidikan sesuai minat dan bakat, dapat kita lihat bahwa ia adalah seorang hijab designer, dalam menyalurkan bakat dan minatnya dalam mendesain hijab. ( Wishnu. “10 Pengusaha Muda Kreatif Indonesia (I)”. http://wishnumahendra12.blogspot.co.id/2014/08/10-pengusaha-muda-kreatif-indonesia-i.html , 2014)


KESIMPULAN
Usia bukan halangan untuk kita memulai usaha dan menjadi seorang pebisnis muda, meskipun saingan kita sudah berpengalaman, tetapi jika kita memiliki niat, tekad besar dan bersabar kita akan mampu menjadi pebisnis yang handal. Oleh karena itu, usia yang muda bukan berarti kita tidak dapat berpengaruh dalam kehidupan sosial saat ini, terutama saat berbisnis, karena dalam berbisnis dibutuhkan inovasi yang baru untuk setiap usaha yang akan dijalani.


DAFTAR PUSTAKA

Cermati. (2017, 25 September). Rahasia Nyata Dibalik Cara Hidup Sukses di Usia Muda. Diperoleh 03 Maret 2018, dari https://www.cermati.com/artikel/rahasia-nyata-dibalik-cara-hidup-sukses-di-usia-muda

Wishnu Mahendra. (2014, 29 Agustus). 10 Pengusaha Muda Kreatif Indonesia (I). Diperoleh 03 Maret 2018, dari http://wishnumahendra12.blogspot.co.id/2014/08/10-pengusaha-muda-kreatif-indonesia-i.html

Kasmir. Kewirausahaan, Edisi Revisi. Jakarta: Rajawali Pers. 2013.

Suryana. Kewirausahaan :Kiatdan Proses Menuju Sukses. Jakarta: SalembaEmpat. 2013.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar