Selasa, Maret 6

GALI POTENSI DIRI DALAM MERAIH PELUANG WIRAUSAHA DIMASA DEPAN




GALI POTENSI DIRI DALAM  MERAIH PELUANG WIRAUSAHA DIMASA DEPAN
Lutfiah Mawar Tina, Shella Sarahthifa, Shintadevi Larasati Adityaputri
@J11, @J25, @J34
@Proyek-J01


Abstrak
Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pola pikir dapat berperan penting  dalam mempengaruhi mind set seseorang/kelompok dalam berwirausaha.
Kata kunci : Mindset, Motivasi dan Pola Pikir Berwirausaha

A.   Pendahuluan
1.   Latar belakang
            Berwirausaha merupakan salah satu cara seseorang untuk bekerja dan menitih karir untuk kehidupan mereka di masa yang akan datang. Dengan berwirausaha dapat pula membukakan lapangan pekerjaan baru bagi orang-orang yang membutuhkan atau sedang mencari pekerjaan, selain itu dapat membantu tugas pemerintah dalam mengurangi pertumbuhan pengangguran di Indonesia.

            Pada zaman modern ini tidak hanya orang-orang dewasa atau tua yang berani untuk memulai bisnis mereka, sekarang banyak terlihat generasi muda yang sudah berani melangkah untuk memulai usaha mereka dan tidak sedikit pula yang dapat meraih kesusksesan di usia muda. Banyak kita lihat disekitar kita usaha-usaha yang ternyata di pelopori oleh anak muda yang notebene masih menempuh pendidikan mereka. Entah itu usaha makanan, fashion, motivator dan lain sebagainya. Mereka mulai berfikir untuk menghasilkan keuntungan sendiri tanpa harus bekerja untuk orang lain. Dengan banyaknya wirausahawan baru tanpa sadar dapat mengurangi jumlah pengangguran dimasyarakat. Penduduk Indonesia pun tidaklah asing dengan sebutan wirausaha atau wirausahawan sebagai pelaku. Tidak sedikit pula masyarakat yang lebih memilih untuk mendirikan usaha mereka sendiri daripada menggantungkan kehidupan mereka dengan bekerja sebagai karyawan swasta maupun negeri. Dengan tekat dan 5 keuletan segala macam peluang dapat dijadikan sebuah usaha yang menghasilkan pundi-pundi keuntungan. Tergantung bagaimana mereka dapat memanfaatkan peluang tersebut serta memanfaatkan waktu, tenaga dan uang untuk bisa menjadi seorang pengusaha sukses.

2.   Kajian teori
a.     Pengertian Wirausaha
·      Menurut Schumpeter (dalam Bygrave, 1996), wirausaha adalah seorang yang memperoleh peluang dan menciptakan oragnisasi untuk mengejar peluang tersebut.
·     Menurut Prawirokusumo, Wirausaha ialah mereka yang melakukan usaha-usaha kreatif dan inovatif dengan jalan mengembangkan ide dan meramu sumber daya untuk menemukan peluang dan perbaikan hidup

b.    Pengertian Kewirausahaan
·   Menurut Zimmerer (Kasmir, 2011: 20) menyatakan bahwa “kewirausahaan adalah suatu proses penerapan kreativitas dan inovasi dalam memecahkan persoalan dan menemukan peluang untuk memperbaiki kehidupan (usaha)”.
·    Menurut Robbin & Coulter Kewirausahaan yakni suatu proses dimana seseorang atau suatu kelompok individu menggunakan upaya yang terorganisir & sarana untuk mencari sebuah peluang dan menciptakan suatu nilai yang tumbuh dengan memenuhi kebutuhan serta keinginan melalui sebuah inovasi dan keunikan.

c.     Pengertian Pola Pikir
Pola pikir atau mindset adalah sekumpulan kepercayaan(belief) atau cara berfikir yang mempengaruhi perilaku dan sikap seseorang, yang akhirnya akan menentukan level keberhasilan hidupnya.(Adi W. Gunawan dalam Yogya, 2008).

d.    Pengertian Motivasi
Menurut Mulyasa (2003:112), Pengertian Motivasi merupakan tenaga pendorong atau penarik yang menyebabkan adanya tingkah laku ke arah suatu tujuan tertentu. Peserta didik akan bersungguh-sungguh karena memiliki motivasi yang tinggi.

e.     Pengertian Sikap
Menurut Eagle dan Chaiken (1993) dalam buku A. Wawan dan Dewi M. (2010, p.20) mengemukakan bahwa sikap dapat diposisikan sebagai hasil evaluasi terhadap obyek sikap yang diekspresikan ke dalam prosesproses kognitif, afektif (emosi) dan perilaku.
  
f.      Indikator Sikap Kewirausahaan
Seorang wirausaha tidak akan berhasil apabila tidak memiliki pengetahuan, kemampuan, dan keterampilan sesuai dengan ungkapan Michael Harris dalam Suryana (2014, h. 81)

Cara Membangun Mindset Kesuksesan yang Powerful
Banyak langkah yang akan anda lakukan nanti namun tiap langkah tersebut sering mengalami hambatan. Hambatan bukan hanya menjadi penghalang seseorang untuk sukses namun hambatan tersebut kadang menjadi penyebab kegagalan yang beruntun bagi seseorang.
Orang yang tidak bisa mengatasi hambatan akan sulit bagi mereka untuk mencapai kesuksesan. Tidak semua apa yang diupayakan dalam hidup seseorang juga akan mengalami hal yang mudah dan mulus. Naik turun dan masalah dalam dunia ini adalah hal yang biasa. Kadang bisnis bisa menjadikan seseorang sukses namun kadang bisnis bisa menghancurkan seseorang.
Saat bisnis menimbulkan polemik dalam diri anda dan anda tidak mampu mengatasinya, apa yang akan anda lakukan? Bangkit dari keterpurukan sekalipn itu pahit namun bangkit bukanlah hal yang mudah dilakukan. Kadang anda memiliki konsep pikiran yang baik namun ketika anda menjalaninya ternyata konsep tersebut jauh dari apa yang anda bayangkan.
Terdapat 2 macam mindset. Berikut adalah macam-macam mindset yang dimiliki orang:
• Mindset positive
Suatu pemikiran yang melibatkan hal yang lebih menguntungkan untuk menjadikan seseorang lebih baik dari keadaan semula Mindset memungkinkan seseorang untuk meraih kesuksesan. Hal ini menimbulkan gairah yang luar biasa pada seseorang dan mindset positif selalu dibutuhkan untuk hidup yang lebih baik. Mindset selalu menimbulkan sikap yang jauh lebih berharga dari sikap sebelumnya.
Pemikiran yang selalu mengedepankan keinginan untuk mengubah suatu keadaan menjadi lebih baik lagi. Mindset positif akan membangun karakteristik seseorang yang kuat.
Mindset akan membentuk kepribadian yang matang, berani menghadapi tantangan dan lebih kuat dalam menghadapi segala permasalahan hidup. Mindset positif datang dari kepercayaan dan keyakinan kuat tentang diri sendiri. Mindset positif mampu mengubah seseorang menjadi apa yang mereka inginkan. Mindset positif ini akan meyakinkan seseorang bahwa dirinya mampu menjadi yang lebih baik dati orang lain. Konsepdari mindset inilah yang banyak dicari dan bisa membuat seseorang menjadi lebih professional.
• Mindset negative
Mindset negative merupakan pikiran seseorang yang mampu mempengaruhi sikap atau perilakunya menjadi lebih buruk dari keadaan saat ini. Mindset negatif sering menimbulkan rasa malas untuk bangkit. Mindset negative menimbulkan kekacauan pikiran bakan bisa menimbulkan stress dan frustasi. Semakin banyak mindset negative maka semakin terpuruk keadaan seseorang.
Mindset negative harus dibuang perlahan-lahan namun dengan tujuan yang jelas. Pada dasarnya mindset negative berasal dari keraguan seseorang terhadap suatu hal yang belum pasti benar adanya.
Apabila seseorang memiliki mindset negativ dan tetaptertanam dalam dirinya,maka dia tidak akan mampu menjadi seperti yang dia inginkan. Mindset negariv adalah racun dalam diri seseorang yang bisa menimbulkan masalah. Mindset ini akan membuat seorang menjadi takut tanpa ada sebab yang pasti bahkan seseorang akan menjadi ketakutan dalam jangka waktu yang lama.
Indikator berfikir positif
Menurut Jim Dorman Dan Jhon Maxwel (1996), pemikiran yang positif dapat mengubah hidup sserta membuat kita sukses dalam setia usaha yang ingin dikejar.
Berikut ini adalah beberapa indikator orang yang selalu berpikir positif (asmani, 2009:26-30):
a.     Percaya diri
bila seseorang memiiki pikiran yang positif maka ia akan yakin pada dirinya sendiri serta pada orang lain. Berkat pikiran yang positif seseorang menjadi lebih berkeinginan untuk mecoba hal-hal yang baru serta mencoba berbagai kesempatan.
b.    Inisiatif
percaya diri menjadikan seseorang sebagai pribadi yang penuh inisiatif. Keyakinan bahwa hidup ini positif dapat menimbulkan keinginan uat dalam diri untuk mencoba hal-hal yang baru.
c.     Ketekunan
Bila seseorang yakin bahwa hal-hal yang positif akan terjadi maka sseorang itu akan tetap tekun berusaha hingga hal-hal positif itu benar-benar muncul. Bahkan bila ada berbagai halangan sekalipun akan tetap pantang mundur.
d.    Kreativitas
jika pikiran seseorang tertuju pada hal positif maka akan tumbuha keinginan besar pada diri oarang tersebut untuk terus menyelidiki,  bertanya serta ,mencari tantangan baru.
e.     Kepemimpinan
belajar untuk menjadi pemimpin besar membutukan prosesyang lama namun bisa dimulai dari hubungan dengan orang lain.
f.     Perkembangan
jika kita berpikir positif banyak pintu terbuka lebar bagi kita. Salah satu yang paling utama adalah pintu peluang untuk berkembang.
Indikator berfikir negatif
Gejala berpikir negatif yang dapat dilihat antara lain sikap hidup yang pesimis, mudah putus asa dalam menghadapi masalah baik masalah di sekolah yang berkaitan dengan guru, teman, dan mata pelajaran maupun masalah yang terjadi di luar sekolah. Selain itu, banyak siswa yang merasa ragu terhadap masa depan. Hal tersebut mengakibatkan rendahnya prestasi dalam belajar siswa disekolah. Gejala lain yang dapat diamati dari siswa yang berpikir negatif adalah tingkat kepercayaan diri yang rendah. Siswa merasa rendah diri dalam pergaulan dan merasa tidak mampu mengerjakan tugas-tugas dari sekolah sehingga hasilnya tidak optimal. Mereka memandang dirinya tidak memiliki kemampuan yang dapat menunjang kesuksesan.
Sukses pengaruh dari Mindset?
Mindset positif merupakan pondasi untuk mencapai kesuksesan seseorang. eseorang yang bisa memiliki pandangan luas akan memiliki mindset yang positif. Kesuksesan berhubungan erat dengan mindset positif maupun pandangan luas.
Mindset menjadi kekuatan supra natural namun bukan kekuatan magic. Mindset positif merupakan kekuatan yang ada pada diri anda sendiri.
Kesuksesan seseorang bisa terjadi karena dia yakin dengan memampuan yang ada pada dirinya. Kemampuan tersebut sebenarnya tidak begitu besar namun karena dia menanamkan mindset positif dalam dirinya sehingga apa yang menjadi ketakutannya akan hilang dengan sendirinya.
Kekuatan mindset positif dalam mempengaruhi pola pikir dan tingkah laku seseorang akan membantu mereka untuk mendapatkan kesuksesan yang diharapkan. Bila anda melihat orang-orang yang sukses, mereka kadang tiidak memiliki pendidikan yang tiinggi namun mereka sukses karena memiliki mindset positif.
Menanamkan mindset positif dalam diri sendiri kadang sangat sulit bahkan sering mengalami kegagalan. Tapi ketika anda ingin sukses dan tidak kalah dengan orang lain,mindset akan terbentuk dengan sendirinya bahkan anda yakin dengan kesuksesan yang akan anda miliki nanti.
Tanamkan mindset poositif dalam diri anda dan kekuatan mindset tersebut akan membuat anda semakin yakin dengan kemampuan yang anda miliki. Kemampuan dan keyakinan yang tertanam dalam diri seseorang adalah kunci untuk meraih sukses
Pentingnya Pola Pikir dalam Berwirausaha
Perubahan pola pikir kadang sering terjadi terhadap semua orang, terutama kepada orang yang selalu merasakannya, karena mereka akan menyadari perubahan sekecil  apapun terhadap pola pikir mereka, apakah itu pola pikir yang positive atau negative yang mereka rasakan, jika  mereka merasakan perubahan hal positive terhadap diri mereka sendiri maka ada dorongan dalam diri mereka untuk selalu optimis dalam meraih mimpi dalam berwirausaha, dan jika dengan pola pikir yang negative ,  itu akan menyebabkan mereka selalu bersifat pesimis untuk meraih mimpi mereka,  maka dari itu pendidikan dan komunikasi untuk medapatkan informasi sangatlah penting dalam mengubah mindset seseorang dalam berwirausaha supaya mempunyai  pikiran inovatif dan kreatif dalam mewujudkan mimpinya menjadi seorang wirausaha yang berhasil.
Kesimpulan
Mindset/pola pikir pada seseorang dalam mewujudkan mimpinya dalam melakukan wirausaha kadang sering berubah,karena banyak sekali orang yang takut akan hal –hal yang belum pernah mereka coba sebelumnya, padahal menurut dweck menerjemahkan mindset sebagai kepercayaan mengenai siapa kita dan apa kemampuan kita, maka dari itu kita terlebih dahulu harus mengenal kemampuan kita dan kita harus yakin/percaya kepada kemampuan diri kita sendiri, karna banyak sekali orang yang ragu akan kemampuan dirinya yang dapat mengurungkan niat mereka untuk mewujudkan mimpinya dalam menjadi wirausaha. Untuk itu kita harus mengubah mindset kita dengan cara mengetahui/ mempelajari pengetahuan baru tentang bagaimana kita harus mempunyai pola pikir yang inovatif, karena dengan berpikiran positif dan inovatif kita dapat menciptakan hal yang baru dalam berwirausaha.

Kisah sukses pengusaha





                                                 Sumber: https://goo.gl/images/FRi8Sx 


          Chairul Tanjung adalah pengusaha sukses di Indonesia. Ia merupakan pengusaha suskes sekaligus CEO utama di CT Corp.  Namanya berada di urutan ke-937 dari 1000 orang terkaya di dunia versi majalah Forbes dengan total kekayaan senilai USD 1 miliar. Tahun 2014, ia memiliki kekayaan sebesar USD 4 miliar dan termasuk orang terkaya nomor 375 dunia.
Chairul Tanjung lahir di Jakarta pada tanggal 16 juni 1962. Ayahnya bernama Abdul Ghafar Tanjung, berasal dari Sibolga, Sumatera Utara, merupakan seorang wartawan pada orde lama yang menerbitkan surat kabar beroplah kecil. Ibunya bernama Halimah, seorang wanita keturunan Cibadak, Jawa Barat.
Chairul Tanjung berada dalam keluarga yang sederhana dan tinggal bersama dengan enam saudara lainnya. Ketika pada masa orde baru, ayahnya dipaksa tutup karena bersebrangan secara politik dengan penguasa saat itu. Keadaan ini yang membuat mereka tinggal di kamar losmen yang sempit.
Memulai Membangun Bisnis
Setelah lulus kuliah, Chaerul Tanjung bersama tiga rekannya mendirikan sebuah perusahaan yang diberi nama PT Pariarti Shindutama pada tahun 1987. Bermodal awal sekitar Rp 150.000.000,00 yang dipinjam dari Bank Exim, mereka memproduksi sepatu anak-anak untuk ekspor.Keberuntungan berpihak padanya, karena perusahaan tersebut langsung mendapat pesanan 160 ribu pasang sepatu dari Italia. Akan tetapi karena perbedaan visi tentang ekspansi usaha, Chairu Tanjungl memilih keluar dan mendirikan usaha sendiri.
Chaerul Tanjung menamakan perusahaan tersebut dengan Para Group. Perusahaan konglomerasi (perusahaan yang punya beragam bisnis dan memungkinkan tidak ada kaitan antara satu sama lain) ini mempunyai Para Inti Holdindo sebagai father holding company, yang membawahkan beberapa sub-holding, yakni Para Global Investindo (bisnis keuangan), Para Inti Investindo (media dan investasi), dan Para Inti Propertindo (properti).
Kehebatannya dalam membangun jaringan dan sebagai pengusaha, membuat bisnis yang ia kelola semakin berkembang. Chairul Tanjung mereposisikan dirinya ke tiga bisnis inti, yaitu; keuangan, properti, dan multimedia.
  1. Chairul Tanjung memiliki sejumlah perusahaan di bidang finansial, antara lain Asuransi Umum Mega, Asuransi Jiwa Mega Life, Para Multi Finance, Bank Mega, Mega Capital Indonesia, Bank Mega Syariah, dan Mega Finance.
  2. Perusahaan tersebut membawahi Para Bandung Propertindo, Para Bali Propertindo, Batam Indah Investindo, dan Mega Indah Propertindo. Para Group memiliki Bandung Supermall. Mal seluas 3 hektar ini menghabiskan dana Rp 99 miliar. Para Group meluncurkan Bandung Supermall sebagai Central Business District pada tahun 1999.
  3. Di bidang investasi, pada awal 2010 Para Group melalui anak perusahaannya, Trans Corp membeli sebagian besar saham Carefour Indonesia, yakni sejumlah 40 persen. MoU (memorandum of understanding) pembelian saham Carrefour ini ditandatangani pada tanggal 12 Maret 2010 di Perancis.
  4. Di bidang penyiaran dan multimedia, Para Group memiliki Trans TV, Trans7, Mahagagaya Perdana, Trans Fashion, Trans Lifestyle, dan Trans Studio. Chairul Tanjung meresmikan perubahan Para Grup menjadi CT Corp pada tanggal 1 Desember 2011. CT Corp terdiri dari tiga perusahaan sub holding: Mega Corp, Trans Corp, dan CT Global Resources yang meliputi layanan finansial, media, ritel, gaya hidup, hiburan, dan sumber daya alam.
                                    


                                  Daftar Pustaka


2011.Indikator berfikir negatif. Dalam :http://digilib.unila.ac.id/20549/14/BAB%20II.pdf

Khuzaeva, Eva Siti. 2014. Mengembangkan Pola Pikir Cerdas, Kreatif. Dalam : http://juliwi.com/published/E0104/Paper0104_138-148.pdf

Aprillia, dini. 2013. Pentingnya Pola Pikir dalam Berwirausaha. Dalam :


3 komentar:

  1. terima kasih atas info yang diberikan

    BalasHapus
  2. @k39-Regita @starup-K08 judulnya menarik untuk dibaca & isi artikelnya pun sangat bermanfaat.

    BalasHapus