Selasa, Maret 6

PENTINGNYA SUATU MOTIVASI BAGI MAHASISWA UNTUK BERWIRAUSAHA


Abstract 

menjelaskan bagaimana cara menjadi pengusaha yang baik dan sukses bagi mahasiswa dengan berbekal motivasi.

Kata Kunci

Motivasi, wirausaha sukses, puncak karir berwirausaha

Pendahuluan

motivasi adalah suatu hal yang kita perlukan untuk menambah semangat kita untuk menjadi yang terbaik di masa depan. Dengan adanya motivasi, kita dapat lebih bisa memandang masa depan dengan lebih baik. Motivasi dapat berasal dari pengalaman berharga seseorang yang dapat kita ambil cerita pengalaman nya untuk dijadikan patokan kita untuk bisa menjadi seperti dirinya dan bahkan bisa lebih baik. Motivasi sangat diperlukan bagi mahasiswa untuk kehidupan nya. Terlebih dalam berwirausaha. Mahasiswa harus memiliki motivasi jika ingin berwirausaha agar mencapai target yang baik dalam usahanya.


Pembahasan

Menurut Iskandar (2013) menyatakan Motivasi adalah kunci yang akan membuka potensi manusia.Tanpa motivasi,sedahsyat apapun potensi yang dimiliki tidak mampu untuk merubah menjadi kemampuan yang maha dahsyat.
Motivasi usaha merupakan salah satu pendorong tumbuh kembangnya jiwa wirausaha seseorang. Kesuksesan seseorang seringkali disertai dengan motivasinya yang kuat dalam menjalakan setiap usaha yang dijalaninya.
Menurut Adi Sutanto (2000) dalam Aditya dan Edy Rahardja (2012) beberapa faktor-faktor yang memotivasi seseorang untuk menjadi entrepreneur yaitu keinginan merasakan pekerjaan bebas, keberhasilan diri yang dicapai, dan toleransi akan adanya resiko.

Motivasi sangat diperlukan bagi mahasiswa untuk mencapai keberhasilan dalam berwirausaha. Dengan adanya motivasi, mahasiswa akan dapat menjadi lebih bersungguh-sungguh dalam menjalankan usaha nya. Mahasiswa harus memiliki sosok motivator yang dapat ia jadikan sebagai seseorang yang sangat dikaguminya. Sosok motivator itulah yang telah memberi dirinya motivasi agar melakukan hal yang ia inginkan dengan lebih serius dan lebih berusaha untuk menjadi yang terbaik.
Setiap pengusaha sukses dapat menjadi sosok inspirator bagi mahasiswa untuk bisa menjadi seperti dirinya. Mahasiswa yang berbekal motivasi dari sosok inspirasi nya, akan lebih mengerti apa yang akan ia hadapi dalam berwirausaha. Karena, dalam melakukan usaha, tidak segampang membalikan telapak tangan. Tetapi kita harus berusaha dari nol untuk menjadi pengusaha yang sukses. Dan siap menghadapi segala rintangan yang akan kita hadapi. Dan pastinya hal itu terdapat pada sosok motivator yang ia sangat sukai pengalaman hidupnya.
Dalam berwirausaha, selain usaha dan mempunyai motivasi, kita diharuskan berdoa dalam melakukan usaha kita. Karena segala sesuatu takkan terjadi tanpa adanya pertolongan dari tuhan yang maha esa. Kita harus berdoa agar usaha yang kita lakukan lancar dan dapat memenuhi target yang kita inginkan.
Menurut (Kasmir, 27 – 28) dalam Ika Sari (2017) Ciri-ciri calon wirausaha yang akan berhasil adalah seseorang yang :
  1. Memiliki visi dan tujuan yang jelas
  2. Inisiatif dan selalu proaktif
  3. Berani mengambil risiko
  4. Kerja keras
  5. Bertanggung jawab terhadap segala aktifitas yang dilakukannya
  6. Komitmen pada berbagai pihak
  7.  Mengembangkan dan memelihara hubungan baik dengan berbagai pihak
Menurut (Alma, 106 – 109) dalam Ika Sari (2017) delapan anak tangga menuju puncak karir berwirausaha terdiri atas :

  1. Mau kerja keras (capacity for hard work)
  2. Bekerjasama dengan orang lain (getting things done with and through people)
  3. Penampilan yang baik (good appearance)
  4. Yakin (self confidence)
  5. Pandai membuat keputusan (making sound decision)
  6. Mau menambah ilmu pengetahuan (college education)
  7. Ambisi untuk maju (ambition drive)
  8. Pandai berkomunikasi (ability to communicate) 
Kesimpulan

Sebagai mahasiwa, jika ingin berwirausaha,diharuskan memiliki jiwa usaha yang kuat dan memiliki motivasi yang kuat sebagai seorang pengusaha. Harus mempunyai sikap diri yang baik agar dapat menjadi seseorang yang sukses di usahanya. Dan peran seorang motivator sangat berguna bagi mahasiswa untuk dapat menginspirasi dirinya agar menjadi yang terbaik. Dan seorang calon pengusaha tidak takut akan kegagalan. Namun harus jadikan kegagalan itu sebagai semangat kita agar lebih baik lagi.



Contoh kasus
   
  
  




Riezka Rahmatiana adalah sosok perempuan muda yang memiliki usaha di bidang kuliner, yaitu justmine pisang ijo. Dalam perjalanan bisnisnya, dirinya pernah mengalami kegagalan. Dan hingga akhirnya ia mendapatkan ide untuk membuat usaha pisang ijo pada tahun 2008 yang sedang booming saat itu. Dengan tekad yang kuat dan dengan modal yang pas-pasan, dirinya berusaha untuk menjalankan bisnis pisang ijo nya tersebut dengan belajar resep kepada pemilik restoran makasar. Dengan tekad yang kuat, kini dirinya menjadi pengusaha yang sukses dan mendapatkan penghargaan The Young Entrepreneur Award.

5 komentar:

  1. @K34-Ayu,@starup-K13, Sangat bermanfaat untuk yang ingin berwirausaha. Terimakasih

    BalasHapus
  2. @K33-nandira @starup-K09
    Sangat menarik dan bermanfaat. Nice!

    BalasHapus
  3. @k32-saraswati @startup-k09
    Terimakasih, artikelnya sangat bermanfaat terutama bagi mahasiswa yang ingin berwirausaha

    BalasHapus
  4. @K01-Richa @Startup K01
    Informasi yang menarik!

    BalasHapus
  5. @k36-Citya @startup-k07 Info yang sangat menarik

    BalasHapus