Selasa, Maret 6

Motivasi Menjadi Pengusaha Sukses untuk Mahasiswa




 Abstrak


Artikel ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi niat kewirausahaan mahasiswa. Artikel ini juga menunjukkan peran faktor kontekstual, seperti dukungan akademis dan dukungan sosial dalam menentukan niat wirausaha mahasiswa.

Kata Kunci : Motivasi, Pengusaha, Sukses, Bill Gates, Matt Wergzyn

Pendahuluan

Penulisan karya tulis ini bertujuan untuk memaparkan kisah-kisah pengusaha sukses diberbagai belahan dunia sehingga diharapakan artikel  ini dapat memotivasi pembaca untuk menjadi pengusaha. Dengan dibuatnya artikel ini diharapkan dapat membentuk pengusaha pengusaha baru diberbagai bidang.

Rumusan masalah

·      Apa itu motivasi?
·     Bagaimana memotivasi diri?
·     Bagaimana cara memotivasi mahasiswa agar berkeinginan menjadi pengusaha?



Isi


Motivasi

Motivasi menurut Weiner (1990) yang dikutip Elliot et al. (2000), motivasi didefenisikan sebagai kondisi internal yang membangkitkan kita untuk bertindak, mendorong kita mencapai tujuan tertentu, dan membuat kita tetap tertarik dalam kegiatan tertentu.
Menurut Uno (2007), motivasi dapat diartikan sebagai dorongan internal dan eksternal dalam diri seseorang yang diindikasikan dengan adanya; hasrat dan minat; dorongan dan kebutuhan; harapan dan cita-cita; penghargaan dan penghormatan. Motivasi adalah sesuatu apa yang membuat seseorang bertindak (Sargent, dikutip oleh Howard, 1999)


Sedangkan untuk memotivasi diri diambil duniakaryawan.com cara memotivasi diri dapat dilakukan dengan berbagai cara, antara lain:

·       Bayangkan Ketika Anda Mencapai Target Anda
·       Tuliskan Semua Cita-cita Anda Lengkap dengan Waktu Pencapaiannya
·       Ketahui Bahwa Hanya Anda yang Bisa Mewujudkan Mimpi Anda
·       Buat Target yang Realistis
·       Ceritakan Tujuan Anda Kepada Orang-orang di Sekitar Anda
·       Segarkan Pikiran Anda
·       Baca Biografi Tokoh Favorit
·       Tonton Film atau Tayangan yang Menginspirasi
·       Terapkan Sistem Reward and Punishment untuk Diri Sendiri

Faktor-faktor Motivasi Berwirausaha

Menurut, Kasmir (27-28) dalam Ika Sari (2017) ciri-ciri wirausaha yang berhasil adalah :
1.      Memiliki visi dan tujuan yang jelas. Hal ini berfungsi untuk menebak ke mana langkah dan arah yang dituju sehingga dapat diketahui langkah yang harus dilakukan oleh pengusaha tersebut
2.      Inisiatif dan selalu proaktif. Ini merupakan ciri mendasar di mana pengusaha tidak hanya menunggu sesuatu terjadi, tetapi terlebih dahulu memulai dan mencari peluang sebagai pelopor dalam berbagai kegiatan.
3.      Berorientasi pada prestasi. Pengusaha yang sukses selalu mengejar prestasi yang lebih baik daripada prestasi sebelumnya. Mutu produk, pelayanan yang diberikan, serta kepuasan pelanggan menjadi perhatian utama. Setiap waktu segala aktifitas usaha yang dijalankan selalu dievaluasi dan harus lebih baik dibanding sebelumnya.
4.      Berani mengambil risiko. Hal ini merupakan sifat yang harus dimiliki seorang pengusaha kapanpun dan dimanapun, baik dalam bentuk uang maupun waktu.
5.      Kerja keras. Jam kerja pengusaha tidak terbatas pada waktu, di mana ada peluang di situ dia datang. Kadang-kadang seorang pengusaha sulit untuk mengatur waktu kerjanya. Benaknya selalu memikirkan kemajuan usahanya. Ide-ide baru selalu mendorongnya untuk bekerja kerjas merealisasikannya. Tidak ada kata sulit dan tidak ada masalah yang tidak dapat diselesaikan.
6.      Bertanggungjawab terhadap segala aktifitas yang dijalankannya, baik sekarang maupun yang akan datang. Tanggungjawab seorang pengusaha tidak hanya pada segi material, tetapi juga moral kepada berbagai pihak.
7.      Komitmen pada berbagai pihak merupakan ciri yang harus dipegang teguh dan harus ditepati. Komitmen untuk melakukan sesuatu memang merupakan kewajiban untuk segera ditepati dana direalisasikan.
8.      Mengembangkan dan memelihara hubungan baik dengan berbagai pihak, baik yang berhubungan langsung dengan usaha yang dijalankan maupun tidak. Hubungan baik yang perlu dlijalankan, antara lain kepada : para pelanggan, pemerintah, pemasok, serta masyarakat luas.

Dalam memotivasi mahasiswa agar menjadi pengusaha, penulis menyimpulkan bahwa dengan membaca kisah-kisah para pengusaha yang telah sukses dapat menimbulkan semangat para mahasiswa untuk turut menjadi pengusaha. Berikut adalah beberapa kisah pengusaha sukses :

Bill Gates : Sang Pendiri Microsoft

                                                           


William Henry Gates III atau dikenal dengan Bill Gates adalah bos dari perusahaan Microsoft.  Kekayaannya dan kemampuan, manajerialnya membuat orang berdecak kagum. Kesuksesan bill gates didunia teknologi dan bisinis baik disadarinya atau tidak, meski itu jelas tercermin dari sikapnya, tidak terlepas dari kepandaiannya dalam mengatur karyawan dan perputaran uang di microsoft. Selain kepandaian tersebut, kunci kesuksesan Bill Gates yang lain adalah menggandeng teman belianya sebagai mitranya di Microsoft. Pensiun dari Microsoft bill gates banyak terfokus pada keinginannya untuk membantu banyak orang dalam membantu bidang kesehatan dan pendidikan.



Matt Wegrzyn : Jual-Beli Domain

                                                           


Matt merupakan pendiri situs bodis.com sebuah situs jual beli domain. Setelah dua tahun menekuni aksi jual beli domain, matt memutuskan untuk menangani lebih serius. Dia pun membuat website bodis.com, ditahun 2007. Bodis.com adalah website yang menyediakan layanan jual beli domain. Bagi pemilik domain yang memiliki domain yang tidak berminat membuat website namun tak ingin menjual, bisa juga memarkir domainnya, dengan memasang layanan iklan yang dapat mendatangkan pemsaukan.

Kesimpulan

Untuk memulai menjadi seorang pengusaha, banyak cara untuk memotivasi diri. Mulai dari menentukan target, membayangkan diri sendiri menjadi pengusaha sukses, serta membaca kisah-kisah para pengusaha sukses sebagai gambaran sehingga menimbulkan motivasi dalam diri untuk menjadi pengusaha.

Daftar Pustaka

Kaelola, akbar. 2011. the power of mimpi. Yogyakarta: buku pintar.
sari,suinda. 2013. the story of bill gates. Jakarta: buku pintar
oroh, SJ Fary. 2010. Menjadi jutawan internet sebelum usia 25. Jakarta. PT elex media komputindo
Sari, Ika. Motivasi Menjadi Pengusaha Sukses, Mengalahkan Mitos. Modul Kewirausahaan 1. Universitas Mercubuana. 2017.
Aditya, Reza. 9 Cara Memotivasi Diri Sendiri untuk Karier yang Lebih Baik. 5 maret 2018. http://www.duniakaryawan.com/memotivasi-diri-sendiri/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar