Minggu, April 8

Bisnis Konvensional, Waralaba dan E commerce


Disamping bisnis konvensional atau bisnis yang belum atau tidak menggunakan media online untuk menjalankan bisnisnya. Bisnis Online Penerapan teknologi informasi dan komunikasi (khususnya internet) untuk mendukung, mengelola, dan menjalankan bisnis. (Nasirudin, 2014)
Di jaman serba teknologi ini, model perbisnisan semakin bervarisi. Diantaranya bisnis waralaba dan bisnis e commerce. Mari kita bahas satu persatu ,
Waralaba adalah hak khusus yang dimiliki oleh orang perseorangan atau badan usaha terhadap sistem bisnis dengan ciri khas usaha dalam rangka memasarkan barang dan/atau jasa yang telah terbukti berhasil dan dapat dimanfaatkan dan/atau digunakan oleh pihak lain berdasarkan perjanjian waralaba (Iswi dkk, 2009)
Sedangkan e-commerce merupakan singkatan dari electronic commerce, yang secara singkat dapat didefinisikan sebagai mekanisme transaksi jual dan beli dengan menggunakan fasilitas internet sebagai media komunikasi. (Nurfansa, 2014)
Perlunya hal ini diketahui oleh calon wirausahawan, baik bisnis waralaba maupun bisnis e commerce memiliki ke untungan dan kerugiannya masing –masing. Sesuaikan keuntungan dan kerugian ini dengan diri anda dan peluang anda. Ada yang cocok mengelola waralaba ada pula yang cocok menjalani  e commerce. Ada pula yang dapat menjalan keduanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.