Selasa, April 3

Cara Berpikir Kreatif Dan Inovatif Dalam Bisnis


MUHAMMAD RAMDHAN DINATA PUTRA @K02-Ramdhan 
INDRA PRASTYO PAMBUDI @K16-Indra 
DIMAS NOVAL MUSSLIMIN @K27-Dimas

Abstrak

Tahukah anda apa itu inovasi dan kreatif ?

Kata kunci :kreatif ,inovasi


Latar belakang

Tahukah anda apa itu inovasi dan kreatif ?. Pengertian inovasi dan pengertian kreatif berbeda, namun memiliki kesamaan. Secara umum, Pengertian Inovasi adalah melakukan proses pembaharuan/pemanfaatan/pengembangan dengan menciptakan hal baru yang berbeda dengan sebelumnya. Sedangkan Secara umum, Pengertian Kreatif adalah kemampuan mengembangkan/menciptakan ide dan cara baru yang berbeda dari sebelumnya.

Rumusan masalah :

Pengertian inovasi dan kreatif dalam usaha
Pembahasan
Pengertian Inovasi - Inovasi adalah proses pembaharuan/pemanfaatan/pengembangan dengan menciptakan hal baru yang berbeda dengan sebelumnya. Inovasi juga dapat diartikan penemuan baru dalam teknologi atau kemampuan dalam memperkenalkan temuan baru yang berbeda dari yang telah ada sebelumnya. Orang yang melakukan inovasi disebut dengan inovator. Inovasi harus lah bermanfaat bagi sang inovator atau orang lain. Inovasi dibedakan menjadi dua macam antara lain sebagai berikut...
Inovasi yang terjadi karena sengaja (invention) : Inovasi invention adalah proses munculnya suatu hal baru dari kombinasi hal-hal lama yang telah ada. Pengertian Inovasi Menurut Definisi Para Ahli - Dalam pengertian inovasi, terdapat beberapa ahli yang mendefinisikan pengertian inovasi antara lain sebagai berikut...
Everet M. Rogers : Menurut Everet M. Rogers, pengertian inovasi adalah gagasan, ide, rencana, praktek atau benda yang diterima dan disadari sebagai hal yang baru dari seseorang atau kelompok untuk di implementasikan atau diadopsi.

Inovasi yang terjadi tanpa sengaja  (discovery) : Inovasi discovery adalah penemuan hal baru, baik berupa alat ataupun gagasan. Discovery dapat menjadi invention, ketika masyarakat mengakui dan dapat memanfaatkan hasil inovasi tersebut.
 Ciri-Ciri Inovasi - Terdapat 4 ciri-ciri inovasi antara lain sebagai berikut..
Memiliki ciri khusus
Memiliki unsur pembaharuan
Program inovasi melalui program yang terencana
Memiliki tujuan
Pengertian Kreatif - Kreatif adalah kemampuan mengembangkan/menciptakan ide dan cara baru yang berbeda dari sebelumnya. Sedangkan Pengertian Kreativitas adalah kemampuan seseorang untuk menciptakan hal baru, barik berupa gagasan, karya nyata, dalam bentuk aptitude atau non aptitude, kombinasi dari hal yang telah ada atau relatif berbeda dari yang telah ada sebelumnya. Kreativitas merupakan naluri yang ada sejak lahir namun, kreativitas tidak dapat berkembang dengan sendirinya, tetapi membutuhkan rangsangan dari lingkungannya.
Menurut Imam Musbikin (2006: 6) : Menurut imam musbikin, pengertian kreativitas adalah kemampuan memulai ide, melihat hubungan baru, atau tak diduga sebelumnya, kemampuan memformulasikan konsep yang tak sekedar menghafal, menciptakan jawaban baru untuk soal-soal ada, dan mendapatkan pertanyaan baru yang perlu di  jawab.


2. Ciri-Ciri Kreativitas - Terdapat beberapa ciri-ciri kreativitas antara lain sebagai berikut...
Memiliki rasa ingin tahu yang luas dan mendalam
Memiliki daya imajinasi yang tinggi
Selalu memberikan gagasan atau usulan terhadap suatu masalah
Melihat suatu masalah dalam berbagai sudut pandang
Orisinal dalam ungkapan gagasan dan dalam pemecahan masalah
3. Alat Ukur Kreativitas - Menurut Utami Munandar (2009:68-70) tes untuk mengukur kreativitas adalah sebagai berikut...
Tes kreativitas verbal : Konstruksi tes kreativitas verbal berdasarkan model struktur intelek dari guilford sebagai kerangka teoritis. Tes terdiri dari enam sib-tes yang semuanya mengukur operasi berfikir divergen
Tes kreativitas figuran (TKF) : Tes yang memungkinkan penyelesaian dalam waktu singkat dan dapat diberikan dalam kelompok. Tes ini mengukur aspek kelancaran, kelenturan, orisinalitas, dan elaborasi dari kemampuan berfikir kreatif.
Skala sikap kreatif : skala sikap kreatif terdiri dari 32 butir pertanyaan yang disusun untuk siswa SD, dan SMP setiap pertanyaan dijawab "ya" atau "tidak". Tes dioperasikan dalam dimensi : keterbukaan dalam pengalaman baru, kelenturan dalam berfikir, kebebasan dalam ungkapan diri, menghargai fantasi, minat terhadap kegiatan kreatif, kepercayaan terhadap gagasan sendiri, dan kemampuan mandiri dalam memberi pertimbangan.
Skala penilaian anak berbakat oleh guru :  Tes yang terdiri dari 4 sub skala yang mengukur intelektual umum, motivasi, kreativitas, dan kepemimpinan



Contoh kasus
Bisnis Daur Ulang Sampah , Pria ini Untung Miliaran Rupiah
Sebagian orang menilai sampah hanyalah barang bekas yang tak ternilai, mungkin bisa dikatakan bernilai walaupun dihargai dengan nilai yang rendah. Namun siapa sangka dari hasil kerja keras serta ketekunannya, Muhammad Baedowy mengolah limbah-limbah plastik, membuat jaringan kemitraan kemudian mengekspor produknya. Hasil miliaran rupiah pun didapat dari hasil bisnis ini.
Ketika kita membeli sebuah produk, tentunya kita akan segera membuangnya jika produk tersebut sudah habis isinya. Kemasannya kita buang begitu saja, jarang sekali orang memikirkan bagaimana barang tersebut jika dimanfaatkan. Padahal, apabila kita melihat dari kacamata wirausaha kemasan tersebut bisa menjadi lahan bisnis dan punya peluang besar untuk dikembangkan.

Jika Anda ingin melihat bagaimana bisnis daur ulang sampah ini beroperasi, lokasinya berada di Jl. Raya Cimuning Kec. Mustika Jaya, Bekasi. Puluhan karung berukuran jumbo berisi barang-barang bekas berjejer di pinggiran kanan kiri jalan raya. Walaupun banyak tumpukan sampah, namun tidak tercium adanya bau yang menyengat.

Mohammad Baedowy (40 tahun) hampir 13 tahun menggeluti bisnis daur ulang sampah plastik di bawah label C.V Majestic Buana. Dalam setahun saja uang miliaran rupiah bisa ia kantongi dari bisnis pengolahan sampah yang diekspor ke China ini.
Sudah hampir 13 tahun Mohammad Baedowy (40) berkecimpung “mengurusi” limbah plastik di bawah bendera CV Majestic Buana. Dalam setahun, miliaran rupiah bisa dikantongi dari bisnis yang produknya sudah diekspor ke Cina ini.



Kesimpulan
Sebagai seorang wirausahaan Di tuntut untuk memiliki ide yang se kreatif mungkin untuk menghasilkan sebuah produk yang bernilai tinggi dan tidak monoton 

Daftar pustaka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.