Selasa, April 3

Pentingnya Komunikasi Untuk Pemimpin






ABSTRAK
Komunikasi adalah bagian penting dari mempengaruhi orang lain untuk memperoleh apa yang kita inginkan. Sehingga banyak ahli-ahli yang menjabarkan aspek-aspek tentang komunikasi. Antara lain menurut J.A Devito,1997 bahwa dari semua pengetahuan dan ketrampilan yang anda miliki, pengetahuan dan ketrampilan komunikasi termasuk di antara yang paling penting dan berguna. Sedangkan menurut  D.B.Curtis,1992 kemampuan berkomunikasi menunjukan kemampuan mengirimkan pesan dengan jelas, manusiawi, efisien, dan menerima pesan-pesan secara akurat.

KATA KUNCI : Komunikasi, Kepemimpinan

LATAR BELAKANG
Untuk menjalankan kepemimpinan, seorang pimpinan setidaknya harus memiliki kompetensi dasar. Salah satunya yaitu komunikasi.
Komunikasi adalah bagian penting dari mempengaruhi orang lain untuk memeperoleh apa yang kita inginkan. Komunikasi dideskripsikan sebagai proses penukar informasi atau ide untuk mencapai pemahaman. Kemampuan komunikasi yang baik akan sangat membantu semua proses yang  ada dalam suatu organisasi/lembaga.
Komunikasi kepemimpinan adalah proses komunikasi yang dilakuan pemimpin (komunikator) kepada bawahan (komunikan). Maka komunikasi yang baik sangatlah penting dimiliki oleh seorang pemimpin karena berkaitan dengan tugasnya untuk mempengaruhi, membimbing, mengarahkan, mendorong anggota untuk melakukan aktivitas tertentu guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan serta mencapai efektifitas dalam kepemimpinan, perencanaan, pengendalian, koordinasi, latihan ,manejemen konflik serta proses-proses organisasi lainnya.

RUMUSAN MASALAH
·         Bagaimana konsep kepemimpin yang baik ?
·         Apa saja gaya komunikasi yang biasa digunakan oleh seorang pemimpin ?


PEMBAHASAN

Bagaimana konsep komunikasi kepemimpinan yang baik ?
  1. Responsivitas, merespon dalam komunikasi menunjukan bahwa pemimpin peduli terhadap pelanggan dan rekan.
  2.  Terbuka,  pemimpin yang baik akan selalu dalam keterbukaan dan kejujuran.
  3.  Permainan Tim, Pemimpin tidak hanya mendelegasikan tugas dan wewenang, namun mereka akan terlibat dan ambil bagian terhadap beban tanggung jawab.
Apa saja gaya komunikasi yang biasa digunakan oleh seorang pemimpin ?

1.      Gaya Controlling
Gaya komunikasi yang bersifat mengendalikan ini, ditandai dengan adanya satu kehendak untuk membatasi, memaksa dan mengatur perilaku, pikiran dan tanggapan orang lain.Orang-orang yang menggunakan gaya komunikasi ini dikenal dengan nama komunikator satu arah.

2.      Gaya Equalitarian
Dalam gaya komunikasi ini, tindak komunikasi dilakukan secara terbuka. Artinya, setiap anggota organisasi dapat mengungkapkan gagasan ataupun pendapat dalam suasana yang rileks, santai dan informal.

3.      Gaya Struktural
Gaya komunikasi yang berstruktur ini,lebih memberi perhatian untuk mempengaruhi orang lain dengan membagi informasi tentang aturan yang berlaku dalam organisasi tersebut.

4.      Gaya Relinqushing
Gaya komunikasi ini lebih mencerminkan kesediaan untuk menerima pendapat orang lain, daripada keinginan untuk memberi perintah.

5.      Gaya Dinamis
Gaya komunikasi ini cukup efektif digunakan dalam mengatasi persoalan-persoalan yang bersifat kritis. Tujuan utama gaya komunikasi yang agresif ini adalah mestimulasi atau merangsang pekerja/karyawan untuk bekerja dengan lebih cepat dan lebih baik.

CONTOH KASUS
Ridwan Kamil atau Kang Emil panggilan akrabnya menjadi salah satu walikota yang terbaik. Dengan gaya kepemimpinannya dan pola komunikasinya tersebut bisa menjadikan Bandung sebagai kota yang maju dan modern. Serta sikap tegasnya yang langsung mengambil sikap tanpa pandang siapa orangnya. Kebijakan yang ia berikan pun berjalan dengan baik seperti senin gratis, kamis inggris dan sebagainya yang menjadikan Bandung menjadi kota yang maju dan juga modern.
Kang Emil pun melakukan hal tersebut tanpa alasan. Dengan gaya kepemimpinannya tersebut yang kharismatik dan demokratis. Untuk pola komunikasinya dengan dua arah, menerima kritik dan memanfaatkan sosial media sebagai alat komunikasinya, Kang Emil pun menunjukan sikap tegas yang benar-benar bisa untuk di tunjukan menjadi acuan untuk kota Bandung agar bisa di contoh oleh kota-kota besar lainnya. Dengan di adakan hari per hari yang berbeda bisa menjadikan sesuatu yang berbeda pula di masyarakat bandung ataupun luas. Dengan begitu gaya kepemimpinannya dan pola komunikasinya tersebut di harapkan supaya masyarakat bandung bahkan kota bandungnya sendiripun bisa menjadi corak yang berbeda dari yang lainnya.

 
KESIMPULAN 
         Kepemimpinan (leadership) adalah proses dalam mengarahkan dan mempengaruhi para anggota dalam melakukan berbagai aktivitas di suatu organisasi. Tipe kepemimpinan dalam mempengaruhi para bawahannya dapat berbeda-beda seperti; kepemimpinan otoriter, keepemimpinan partisipatif dan kepemimpinan delegatif. Sedangkan komunikasi adalah proses penyampaian dan pertukaran informasi sekurang-kurangnya antara 2 pihak yang berperan sebagai pengirim (sender) dan penerima (receiver) dengan menggunakkan berbagai media yang ada.  Tipe kepemimpinan dalam mempengaruhi para anggotanya dapat berbeda-beda. Hal ini disebabkan latar belakang pemimpin, budaya, organisasi, pengikut dan lingkungan.Bentuk komunikasi yang dilakukan pemimpin antar individu yang memiliki perbedaan budaya akan menimbulkan perbedaan karakter, sehingga membutuhkan penyesuaian agar kegiatan komunikasi dapat berjalan secara efektif.Faktor yang memengaruhi pola komunikasi dalam organisasi karena adanya komunikasi vertikal yaitu berdasar struktur jabatan dan komunikasi harisontal yaitu antar anggota dalam organisasi.

DAFTAR PUSTAKA

Ikhtisar. “Konsep Sederhana Menjadi Pemimpin Yang Lebih Baik”. 01 Oktober 2015. Diambil dari http://ikhtisar.com/konsep-sederhana-menjadi-pemimpin-yang-lebih-baik/

Syarif, Abdullah. “Peranan Komunikasi Dalam Kepemimpinan”. 06 September 2014. Diambil dari https://jurnalalishlah.wordpress.com/2014/09/06/peranan-komunikasi-dalam-kepemimpinan/

Kina, Asri. “Gaya Kepemimpinan dan Pola Komunikasi Ridwan Kamil”. 10 Oktober 2016. Diambil dari http://asrikina.blogspot.co.id/2016/10/gaya-kepemimpinan-dan-pola-komunikasi.html

Abdullah, Sandy. "Kepemimpinan dan Komunikasi". 28 April 2014. Diambil dari http://www.vedcmalang.com/pppptkboemlg/index.php/menuutama/edukasi/988-kepemimpinan-dan-komunikasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar