Rabu, Mei 30

Berfikir Kreatfitas dan Inovatif Dalam Mengembangkan Birwirausaha

Berfikir Kreatfitas dan Inovatif Dalam Mengembangkan Birwirausaha



Orang yang berfikirnya secara kreatif dan inovatif  tidak akan takut kepada semakin sempitnya lapangan kerja, karena orang yang kreatif dan inovatif itu dapat menciptakan suatu lapangan pekerja untuk dirinya sendiri serta orang lain, mungkin itu adalah gagasan utama dalam diri kita untuk menerapkan cara berfikir kreatif dan juga secara inovatif,.

Dalam berwirausaha cara berfikr kreatif dan inovatif ini sangatlah penting karena dalam hal ini bisa menghasilkan ide-ide yang mungkin akan sangat menguntungkan,karena bisa memunculkan sesuatu hal yang baru,unik,dan menarik untuk di aplikasikan dalam entuk wirausaha.

Dalam hal ini pengertian kreatif  itu sendiri adalah cara berfikir yang menghasilkan metode baru,konsep baru,pengertian serta seni,yang menyebabkan banyaknya keluar ide atau hal-hal yang sebelumya tidak berhubungan menjadi saling terhubung karena berfikir secara kreatif,sedangkan kata kata kreatif dan inovatif sangatlah familiar ditelinga kita, tetapi banyak diantara kita yang tidak mengetahui akan arti kreatif dan inovatif.

Sedangkan Inovatif adalah kemampuan manusia mendayakan pikiran serta sumberdaya yang ada disekelilingnya untuk suatu karya yang baru atau benar-benar orisinil serta bermanfaat bagi banyak orang, dari kedua devinisi disini kita bisa ketahui betapa pentingnya di terapkan dalam berwirausaha,agar memacu anda sebagai pengusaha yang kuat,banyak ide, serta mengambil peluang usaha dengan tepat. 

Seorang yang pandai berwirausaha, harus mengetahui Cara Berpikir Kreatif Dan Inovatif. Mengapa? Maju mundurnya bisnis akan ditentukan oleh kreativitas Anda. Bisa jadi, sebuah usaha anda saat saat ini maju atau berjalan. Namun perubahan akan terur berlanjut.
Bisa jadi, usaha Anda sudah tidak bisa lagi berkembang akibat perubahan yang ada. Disini, kreativitas Anda diperlukan untuk mengubah cara Anda menjalankan usaha dan menghasilkan produk atau jasa baru sesuai dengan perkembangan pasar.

Pasar tidak membutuhkan produk atau jasa Anda. Tapi, pasar membutuhkan solusi dan manfaat. Untuk itu, seorang wirausaha harus inovatif, artinya menciptakan produk dan jasa yang diterima oleh masyarakat (pasar). Inovasi tidak selalu harus yang wah, tetapi sejauh mana produk atau jasa Anda bermanfaat untuk sebanyak mungkin orang.

Lalu apa hubungannya kreatif dan inovatif? Inovasi di awali dari sebuah ide. Kemudian mengubah ide itu menjadi sesuatu yang bermanfaat. Nah, ide dihasilkan dari kreativitas. Jadi, kreatif dan inovatif adalah 2 hal yang harus ada pada seorang wirausaha dan saling berhubungan.
Bagaimana Cara Berpikir Kreatif?
Ada yang bertanya, bagaimana cara berpikir kreatif bukan reaktif. Sebenarnya lawan reaktif itu adalah proaktif bukan kreatif.

5 Cara Berpikir Kreatif
Ada banyak cara berpikir kreatif yang bisa Anda kuasai. Berikut adalah 5 cara diantaranya bisa Anda gunakan yang cukup ampuh.
1. Teknik SKAMPERR. Yaitu teknik menSubtitusi, Kombinasi, Adaptasi, Memperbesar, Penggunaan lain, Eliminasi, Re-arrange (mengatur ulang), dan Reverse (kebalikan).
2. Asosiasi. Asosiasi adalah menghubungkan satu hal dengan hal lain dan akan menghasilkan ide baru.
3. Meminjam Pikiran Orang. Teknik menggunakan cara pandang dan wawasan miliki orang lain agar mampu menghasilkan ide yang tak terpikirkan oleh kita.
4. Membelokan Asumsi. Ini adalah teknik dimana kita akan melepaskan diri dari kungkungan berpikir dengan cara mengubah asumsi.
5. Dan yang kelima dengan intuisi. Bagaimana mendapatkan ide dengan intuisi Anda.

Cara Cepat Berpikir Kreatif
Bagaimana agar kita bisa cepat mampu berpikir kreatif? Kreativitas itu adalah sebuah skill atau kemampuan. Seperti Anda mengendarai mobil, Anda dengan cepat mengganti persneling karena Anda sudah berlatih dan biasa. Bagi yang belum bisa dan belum biasa, hal itu akan sulit. Begitu juga dengan kreativitas, harus berlatih dan membiasakan. Setelah mahir dan biasa, otomatis Anda akan cepat berpikir kreatif.

Cara Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif
Pada dasarnya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif adalah dengan memperbaiki mental dan kemampuan teknik. Keduanya sangat penting. Jika Anda hanya mempelajari masalah teknis, tetapi mental Anda masih belum kreatif, maka kreativitas Anda akan terhambat. Sebaliknya, orang yang sudah bermental kreatif, tidak mengetahui tekniknya, akan kurang optimal juga.

Langkah pertama adalah Anda harus mengetahui cara mengatasi hambatan berpikir kreatif. Penghambat utama berpikir kreatif adalah tidak mau menerima sesuatu yang baru dan aneh. Ingat, berpikir kreatif adalah menghasilkan sesuatu yang baru, jika Anda tidak mau menerima yang baru, bagaimana ide-ide hebat akan muncul?
Pada kenyataanya, banyak orang yang sulit menerima sesuatu yang baru, aneh, gila, paradoks, atau hal yang membingungkan. Untuk itu, jika Anda ingin lebih kreatif, bukalah diri Anda. Ini adalah sangat penting,

5 Cara Melatih Berpikir Kreatif
1. Gunakan teknik-teknik berpikir kreatif yang Anda pelajari di ebook Anda Pun Bisa Jenius. Semakin dilatih, Anda akan semakin kreatif. Bahkan Anda bisa berpikir kreatif secara otomatis tanpa menggunakan urutan teknis.
2. Mau membuka diri terhadap pendapat orang lain. Bacalah buku, ikuti seminar, bicaralah dengan orang lain, tanyalah orang lain, dan sebagainya.
3. Pergilah ke tempat yang belum pernah Anda kunjungi. Agar mata Anda terbuka melihat hal-hal baru.
4. Latihlah untuk selalu terbuka terhadap ide aneh atau gila sekali pun. Termasuk saat bingung terhadap ide tersebut.
5. Belajarlah keterampilan baru, yang tidak berhubungan dengan bisnis atau pekerjaan Anda.

Cara Mengukur Kemampuan Berpikir Kreatif
Mudah, sejauh mana ide-ide kreatif dan inovatif yang Anda hasilkan. Jika masih sedikit, artinya perlu diasah. Mengetahui saja tidak cukup, tetapi harus melatihnya. Kreativitas bukan ilmu, tetapi keterampilan yang perlu dilatih.
Pentingnya memiliki kreatifitas dan inovatif untuk mencapai sukses
Tidak semua orang mampu memiliki pemikiran yang kreatif, nah bagaimana cara agar dapat memunculkan kreatifitas yang berbeda dari orang lain dan tidak monoton.

Hal yang terpenting adalah bebaskan cara berpikir anda selebar-lebarnya jangan pernah menghambat diri untuk bisa berinovasi dan terbelenggu dengan hal yang merupakan rutinitas membosankan.
Cobalah untuk keluar dari zona nyaman agar anda memperoleh tantangan baru dalam berpikir karena ini berkaitan erat dengan tanda tanda seseorang akan sulit kaya jika selalu merasa hidupnya nyaman.

Sebagai contoh sederhana adalah hubungkan dan gabungkan beberapa hal yang berbeda untuk menjadi hal yang baru.

Apakah anda tahu sedotan yang biasa digunakan untuk minum? anda bisa bentuk sedotan tersebut menjadi kumpulan bunga warna warni atau juga dibentuk menjadi boneka plastik berwarna-warni yang lucu. Untuk tambahan aksesorisnya bisa diberikan mata buatan atau benda yang bisa menjadikan menjadi lebih menarik.

Jadi, cobalah untuk mencari hal baru yang bisa anda dapatkan dari penggabungan pengetahuan dan hal-hal lain yang anda miliki. Anda juga bisa belajar dari anak kecil yaitu rasa ingin tahu yang besar dengan mencoba hal-hal yang baru untuk mendapatkan ciptaan yang baru..
Apakah anda tahu salah satu rahasia perusahaan Apple dalam melakukan pengembangan terhadap produknya?
Perusahaan tersebut tidak seperti perusahaan pada umumnya yag mengharuskan setiap pekerjanya menjalankan setiap visi dan misi yang sudah ditentukan.
Mereka membiarkan para pekerjanya menemukan ide dan mewujudkan setiap ide-ide yang dianggap orang sekitar mustahil.

Dengan membebaskan pikiran anda, akan banyak sekali ide-ide kreatif yang akan muncul. Apapun juga ide yang muncul di benak anda, catatlah dalam note kecil anda dan jangan sampai hilang.
Untuk berkreasi dan mewujudkannya terkadang akan mengalami hasil yang tidak sesuai dengan harapan, janganlah langsung berkecil hati dan jangan bertanya “mengapa”. Gantilah pertanyaan dengan menggunakan kata apa, siapa, bagaimana, dimana dan kapan.

Sebagai contoh apabila anda sudah berkreasi terhadap produk yang anda miliki saat ini kemudian pada saat diperdagangkan ternyata tidak laku sama sekali, anda bisa memikirkan kembali seperti :
Apakah yang sebenarnya di inginkan oleh pelanggan
Siapa target pemasaran produk anda
Bagaimana membuat pelanggan puas terhadap produk dan bisa terjual dengan cepat
Dimana tempat yang tepat untuk mempromosikan dan menjual produk
Kapan waktu yang tepat untuk memasarkan.

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas, anda bisa melakukan riset terhadap situasi lingkungan sekitar, hal apa saja yang anda dapatkan sekcil apapun tetap jagan anda lewatkan dan tulis dalam catatan kecil anda.

Dengan begitu anda akan mendapatkan ide yang cemerlang melalui analisa yang anda lakukan seperti yang perah di ulas pada materi contoh analisis SWOT pada perusahaan ASTRA.
Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, ide anda bisa diterapkan terlebih dahulu melalui mendapatkan penilaian dari orang terdekat.
Apabila sebagian besar menyatakan “lampu hijau” berarti ide yang anda tuangkan memang bisa merebut pangsa pasar.

Tetapi apabila ide yang anda tuangkan masih saja mengalami kendala jangan langsung menyerah dan menganggap bahwa ide anda terlalu konyol dan tidak berguna sama sekali.
Mungkin anda bisa sharing kepada oragn terdekat mengenai ide anda untuk bisa mendapatkan saran untuk bisa lebih disempurnakan lagi.
Setiap ide-ide kreatif yang anda keluarkan secara tidak langsung melatih otak dalam berpikir lebih dari batas kewajaran cara berpikir kebanyakan orang.

Selain itu apa yang pernah kita pikirkan saat ini, mungkin suatu saat nanti akan lebih berguna dalam mengembangkan bisnis dan karir anda.
Oleh karena itu, jangan buang ide-ide anda. Setelah beberapa saat, cobalah untuk melihat catatan anda.
Dengan melihat ide-ide lama anda, bisa jadi anda menemukan solusi untuk membuat ide tersebut menjadi nyata atau anda akan menemukan ide kreatif yang baru yang lebih dasyat lagi.
Apabila masih belum dapat menemukan ide anda bisa meluangkan waktu sejenak untuk berlibur dan kemungkinan besar ide akan keluar dengan tidak sengaja.

Contoh Kasus:

Andris Wijaya


Sebut saja Andris Wijaya sebagai contohnya. Andris adalah seorang pengusaha muda asal Garut yang sukses lewat usaha nasi liwet instan hasil kreasinya. Sebuah usaha yang lahir dari hasil inovasinya dalam memanfaatkan beras Garut. Bagi Andris, beras sudah bukan barang aneh lagi dalam kehidupan sehari-harinya, karena sang ayah merupakan seorang pengusaha beras kenamaan di kota dodol tersebut. Andris Wijaya, Contoh Sukses Inovasi Dalam Wirausaha.
Ditahun 1996, sang ayah yang merupakan seorang pengusaha beras Garut yang cukup sukses meninggal dunia. Hal ini membuat bisnis keluarga semakin menurun dan terancam berhenti beroperasi. Ditahun 2003, Bersama dengan kakaknya, Andris yang saat itu telah bekerja di Jakarta pun pulang kampung untuk mencoba menghidupkan kembali usaha peninggalan sang ayah. Pria yang bergelar D3 fakultas teknik energi dari Politeknik ITB (sekarang Politeknik Bandung) langsung merasakan kerasnya perjalanan menjadi pengusaha, apalagi tanpa bekal pengalaman sebelumnya. Ia dan sang kakak yang tidak begitu memahami tentang seluk beluk bisnis beras mengalami jatuh bangun hingga terlilit utang sebesar 200 juta rupiah. Utang dengan angka sebesar itu berimbas pada penjualan perusahaan penggilingan beras yang mana menjadi salah satu harta keluarga yang paling berharga.
Ditengah keterpurukan, Andris mencoba bangkit. Pria yang kini berusia 34 tahun itu mencoba membuat mesin penggilingan beras sendiri yang secara perlahan mampu menstabilkan kondisi keuangan keluarganya. Setelah bisnis keluarganya pulih kembali, Andris tak lantas berpuas diri namun ia kemudian mencoba berinovasi, yaitu membuat nasi liwet dari beras Garut dengan nama “seribusatu”. Proses pembuatan dan penelitian dilakukan selama 6 bulan sebelum dipasarkan secara luas ke masyarakat luas. Market utama dari nasi liwet instan seribusatu ini sendiri adalah para wisatawan yang mencari oleh-oleh untuk dibawa pulang.
Bisnis yang didirikan ditahun 2011 itu cepat berkembang. Dari awalnya ia dan 3 orang pegawainya hanya mampu memproduksi 50 pak nasi liwet per hari, kini bisa memproduksi lebih dari 2.000 pak yang dibantu oleh 60 orang karyawan. Rasanya pun beragam, ada rasa original, pete, jengkol, cumi, teri dan jambal yang mana tersedia dalam 2 ukuran, yakni 250 serta 500 gram.
Pemasaran nasi liwet pun kini tidak hanya di Garut saja, melainkan sudah menyentuh sebagian besar kota di Indonesia bahkan hingga ke Amerika Serikat. Maklum saja, nasi liwet tersebut sangat praktis dan proses pembuatannya jauh lebih cepat dari nasi liwet yang aslinya. Berkat prestasinya ini Andris mendapat penghargaan sebagai pemenang kategori bidang pangan dalam “Anugerah Inovasi Jawa Barat Award” di tahun 2012.

Kesimpulan :

Dari artikel diatas kita dapat mengambil kesimpulan bahwa, kreatif dan inovatif itu sangatlah diperlukan dalam kehidupan sehari hari. Karena kreatif dan inovatif itu sangat menentukan kualitas hidup kita. Apalagi dalam bidang kewirausahaan, kita dituntut untuk memiliki jiwa yang kreatif inovati karena keduanya akan menentukan hasil usaha kita.
Mulailah dari sekarang untuk selalu berfikir kreatif serta inovatif, lakukan step by step,jangan takut gagal atau salah,karena pada dasarnya seseorang yang memiliki jiwa kreatif akan selalu membuka peluangnya sendiri dengan nalurinya sendiri serta dengan pembaharuan konsep berwirausaha yang diterapkan secara inovatif akan membawa usahanya ke dalam mangsa pasar dengan ide yang lebih baru dan peminat yang banyak,serta membawa usahanya itu menjadi lebih maju dan sukses.

Daftar Pustaka :

https://www.slideshare.net/Suripto3x/berfikir-kreatif-dan-inovasi
winstarlink.com/metode-berpikir-kreatif-cara-berpikir-kreatif-dan-inovatif/
www.bppk.kemenkeu.go.id/.../1-Bahan_Ajar_BERPIKIR_KREATIF_DAN_INOVAT...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar