Kamis, Mei 24

DASAR MANAJEMEN DALAM BERBISNIS


DASAR MANAJEMEN DALAM BERBISNIS

@L26-Alvian, @L27-Bendy, @L30-Rayhan, @Proyek-L07, @Startup-L10
Oleh Alvian Fuadi, Bendy Emeraldi Alvaro, Rayhan Ismed






ABSTRAK
Didalam artikel ini akan dibahas mengenai apa itu dasar-dasar manajemen dalam berbisnis. Banyak masyarakat awam atau pebisnis pemula yang masih belum mengetahui dasar manajemen dalam berbisnis, mereka kerap kali gagal dalam membangun bisnis di awal. Nah diharapkan kepada masyarakat awam ataupun pebisnis pemula agar membaca artikel ini, agar mereka bisa membangun bisnis dan menatanya bisnisnya lebih baik lagi kedepannya.

KATA KUNCI : Manajemen, Bisnis, Dasar

PENDAHULUAN
Manajemen secara umum merupakan suatu proses dari serangkaian kegiatan mencakup perencanaan, pengarahan, pengorganisasian dan pengendalian/pengawasan dengan maksud untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien. Dalam hal ini, dasar-dasar manajemen sangat penting dipahami bagi seseorang yang sedang mengembangkan bisnis.
Tujuannya agar bisnis dapat berjalan sesuai dengan pengelolaan yang sudah direncanakan. Dasar-dasar manajemen dalam bisnis mencakup beberapa hal yang harus dipahami, antara lain manajemen sumber daya manusia, manajemen produksi, manajemen pemasaran, manajemen keuangan dan informasi.
                               
PERMASALAHAN
1.      Apa definisi dari dasar manajemen bisnis ?
2.      Apa pentingnya tujuan dari manajemen ?
3.      Apa manfaat dari ilmu dasar manajemen bisnis ?

PEMBAHASAN
1.      Definisi
Ada beberapa definisi mengenai manajemen yang diberikan oleh para ahli. Robbins dan Coulter (1999) menyebutkan manajemen adalah proses pengkoordinasian dan pengintegrasian kegiatan-kegiatan kerja agar diselesaikan secara efektif dan efisien melalui orang lain. 2 kata penting yang saling terkait di sini adalah pengkoordinasian orang lain dan efektif efisien. Pengkoordinasian orang lain artinya melibatkan orang lain, sedangkan efektif dan efisien untuk menunjukkan berdaya guna dan berhasil guna. Pengkoordinasian orang lain tidak berarti kegiatan tidak dapat dilakukan sendiri, hanya saja dalam pertimbangan efektifitas dan efisiensi, perlu pelibatan orang lain. Lalu untuk dapat tercapai secara optimal pelibatan tersebut, perlu dikelola atau ada proses atau upaya pengkoordinasian yang disebut manajemen.
Sedangkan ahli lainnya yaitu Jhon D. Millett, ia mendefinisikan manajemen menjadi ”management is the proceess of directing and facilitating the work of people organized in formal groups to achive a desired goal (adalah suatu proses pengarahan dan pemberian fasilitas kerja kepada orang yang diorganisasikan dalam kelompok formal untuk mencapai tujuan”.

2.      Pentingnya tujuan dari manajemen
Setiap kegiatan yang dilakukan manusia diharapkan dapat mencapai tujuan yang diinginkan seperti kita ketahui tujuan dalam managment sangat penting karena tujuan tersebut dapat :
1.      Terwujudnya suasana kerja yang aktif, inofatif, kreatif, efektif, menyenangkan dan bermakna bagi para karyawan atau anggota.
2.      Terciptanya karyawan atau anggota yang aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, keperibadian, kecerdasan, ahlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat bangsa dan Negara.
3.      Tercapainya tujuan yang lebih efektif dan efisien dalam sebuah organisasi.
4.      Terbekalinya tenaga profesional dengan teori tentang proses dan tugas administrasi kepemimpinan (tertunjangnya profesi sebagai manajer atau konsultan manajemen).

3.      Manfaat
Manfaat yang bisa di dapat dari ilmu dasar manajemen bisnis ini adalah sebagai berikut :
1.      Membantu manajer dan para anggota untuk merancang strategi melalui pendekatan yang lebih sistematis, rasional, dan efektif.
2.      Mendapatkan hasil yang maksimal melalui proses yang menyeluruh. Proses tersebut tentunya harus dilaksanakan sesuai dengan fungsi manajemen.
3.      Membantu proses alokasi sumber daya yang efektif.
4.      Mendorong tumbuhnya sikap profesional dalam diri setiap anggota organisasi yang diberikan kepercayaan untuk melaksanakan tugas.

KESIMPULAN
Dari artikel ini maka dapat disimpulkan bahwa pengertian manajemen secara umum merupakan suatu proses dari serangkaian kegiatan mencakup perencanaan, pengarahan, pengorganisasian dan pengendalian/pengawasan dengan maksud untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien. Dalam hal ini, dasar-dasar manajemen sangat penting dipahami bagi seseorang yang sedang mengembangkan bisnis. Maka dari itu bagi masyarakat awam atau pebisnis pemula harus mempelajari dan memahami definisi atau konsep dari dasar-dasar ilmu manajemen dalam berbisnis, agar bisnis yang kita bangun bisa bertahan lama dan memiliki prospek yang cerah.

DAFTAR PUSTAKA
-          Michael Putra.Pengertian manajemen. Dalam https://www.sayanda.com/pengertian-manajemen/#Manfaat_Manajemen
-          Same Mansur.2012.Makalah konsep dasar manajemen. Dalam https://samoeji.blogspot.co.id/2012/03/makalah-konsep-dasar-manajemen.html
-          Guru mengajar.2015.Makalah konsep dasar manajemen. Dalam https://iqrabelajar.wordpress.com/2015/02/20/makalah-konsep-dasar-manajemen/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar