Selasa, Mei 15

MANAJEMEN DALAM BERBISNIS

@J14-Lutviyanti
@Startup-J09
@Proyek-J07


ABSTRAK

Diharapkan dapat memberi informasi bahwa manajemen yang baik itu sangat penting dalam sebuah bisnis dan mengenali cara manajemen dalam berbisnis dengan baik.


Kata Kunci: Mengenali manajemen berbisnis, bisnis, manajemen, manajemen bisnis






PENDAHULUAN

Bisnis adalah kegiatan yang mendapat keuntungan, apalagi jika kamu yang dapat memanajemen bisnisnya dengan baik. Namun sebelum mengetahui itu semua, kamu harus mengetahui pengertian dari manajemen bisnis, fungsi serta strateginya.
Agar mempermudah pembahasan, berikut rumusan masalah:
Apa itu Bisnis?
Apa itu Manajemen?
Apa itu Manajemen Bisnis?
Fungsi dari Manajemen?
Cara untuk bermanajemen dengan baik?

PEMBAHASAN

Steinford – 1979
“Business is all those activities involved in providing the goods and services needed or desired by people.”

Dalam pengertian ini bisnis sebagai aktifitas yang menyediakan barang atau jasa yang diperlukan atau diinginkan konsumen.
Manajemen adalah seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Lalu definisi Mary Parker Follet ini berarti bahwa seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi. 

Sebelum berbisnis, untuk para calon pembinis sangat diperlukannya rencana dalam berbisnis.
Mengingat rencana bisnis adalah seperti konsep pengembangan tertulis dalam bisnis, mala semua gambaran pengelolaan, manajemen, keuangan, pengembangan hingga target dan pemasarannya pun harus terencana secara sempurna. Usahakan memikirkan itu semua secara matang entah dalam jangka pendek maupun jangka panjang kedepannya.

Jadi Manajemen bisnis ialah kegiatan dalam merancang, mengelola dan mengoperasikan sebuah usaha atau bisnis. dia mencangkup semua pengaturan baik dari dalam proses pengerjaan suatu bisnis untuk mencapai suatu tujuan yang kamu inginkan.

Lalu apa saja fungsi dari manajemen?
Dalam teorinya ada 5 fungsi utama manajemen, yaitu :
  1. Planning (Perencanaan)Proses ini untuk menentukan tujuan dari perusahaan/organisasi dalam bentuk visi dan misi baik jangka panjang dan jangka pendek. 
  2. Organizing (Mengorganisasi)Fungsi ini berguna untuk mengorganisasi/mengatur orang-orang yang ada dalam organisasi/perusahaan tersebut. Istilah kerennya adalah the right man at the right place.
  3. Staffing (Penempatan)Tidak jauh berbeda dengan organizing, staffing ini lebih luas. Kalau organizing lebih ke memanajemen sumber daya manusia sedangkan staffing lebih ke sumber daya secara umum. Misalkan, peralatan dan inventaris yang dimiliki.
  4. Coordinating (Mengkoordinasi)Coordinating ialah fungsi yang bertujuan untuk meningkatkan efisensi dan efektifitas kinerja, membuat suasana dalam lingkungan kerja menjadi dinamis, sehat, nyaman, dll. 
  5. Controlling (Mengontrol)Ini adalah fungsi terakhir manajemen, setelah semuanya dilakukan maka langkah terakhir adalah mengontrolnya. Fungsi controlling ini penting, supaya kinerja orang-orang didalamnya tidak menurun minimal standard kalau bisa ya meningkat.
Lanjut yaitu ada beberapa komponen penting dalam menyusun Manajemen Bisnis yaitu:
  • Deskripsi usaha jelas

Pastikan bisnis yang akan kamu kerjakan memiliki deskripsinya secara jelas, deskripsi bisnis ini harus mencakup bentuk usaha, produk nantinya yang akan dijual atau penawaran jasa, untung dan rugi, biaya operasional, harga yang dipatok hingga sistem kerjanya. 
  • Lakukan analisa pesaing

Lalu lakukan analisa terhadap pesaing untuk bisnis Anda. Tujuannya agar dapat bisa menciptakan suatu strategi yang tepat untuk bisnis Anda. Lakukan analisa serta pengamatan mendalam sehingga bisa mengetahui dari segi kelemahan dan kekuatan pesaing.
  • Strategi pemasaran

Dengan strategi pemasaran yang baik, maka besaran potensi untuk mendapatkan kesuksesan di pasaran bisa didapatkan. Pastikan merencanakan manajemen bisnis anda dengan tepat mulai dari biaya, promosi produk, tempat, target promosi hingga media untuk berpromosi. 
  • Laporan keuangan

Rencanakan anggaran secara teliti keseluruhannya sehingga Anda bisa mudah membuat laporan keuangannya. Selalu jujur dan transparan ketika membuat laporan keuangan sehingga kemajuan dan perkembangan usaha bisa tampak.
  • Menjaga kualitas produk dan jasa

Produk atau jasa yang Anda tawarkan menjadi poin penting dalam perjalanan manajemen bisnis. Dengan memiliki produk yang berkualitas dan jasa yang membuat banyak konsumennya puas, maka bisa dipastikan konsumen Anda bisa lebih loyal dan setia. Pertahankan semua kualitasnya sehingga Anda bisa tetap dipercaya oleh konsumen.
Pastikan untuk merencanakan segalanya hingga ke detil terkecil dari mulai strategi hingga manajemen bisnis dalam menjalankannya. Jangan sampai ada detil penting yang tertinggal yang membuat Anda kesulitan nantinya dalam menjalankan bisnis tersebut.

KESIMPULAN

Pentingnya manajemen bisnis dalam usaha karena pelaku usaha membutuhkan pengaturan yang efekstif dan efisien untuk menjalankan usahanya. Untuk mengolah yang ada dalam usahany harus menggunakan prinsip manajemen. jika tidak memakai prinsip menajemen maka perjalanan usaha dalam sistem pengelolaannya tersebut tidak bisa berjalan atau beroperasi dengan baik.

Dapat disimpulkan bahwa manajemen bisnis berguna untuk membantu para pelaku bisnis dalam menjalankan bisnisnya sehingga dapat menghindari adanya resiko mendapatkan kerugian dalam bisnis tersebut. 


DAFTAR PUSTAKA

https://uangteman.com/blog/bisnis/strategi-manajemen-bisnis/


https://zsahrameizhella.wordpress.com/2011/10/24/pengantar-bisnis-2/

http://rocketmanajemen.com/pengertian-manajemen/

https://www.kaskus.co.id/thread/5687e193947868122d8b456a/pentingnya-manajemen-dalam-bisnis/

https://webbisnis.com/7-macam-manajemen-usaha-yang-perlu-anda-tahu/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar