Selasa, Mei 29

PENGEMBANGAN KEMBALI MANAJEMEN SDM DAN MANAJEMEN OPERASI DAN PRODUKSI


@Proyek-L09, @Starup-L06, @L16-Mega, @L17-Humairoh, @L20-Nabila
Disusun Oleh
Mega Puspitasari
Humairoh
Nabila Sofyan Aisya Putri

ABSTRAK
            Artikel ini dibuat dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan kembali bagaimana pentingnya memanfaatkan manajemen sumber daya manusia dan manajemen operasi dan produksi yang sudah ada karna sumber daya manusia merupakan salah satu bidang manajemen umum yang meliputi segi-segi perencanaan, pengorganisasian, pelaksaaan dan pengendalian.
Sumber daya manusia sangatlah penting karena dari sumber daya manusia itu sendiri memberikan prestasi cukup dan tidak mempekerjakan pegawai yag tidak bermanfaat. Sumber daya manusia dianggap semakin penting perannya dalam pencapaian tujuan khususnya dalam berwirausaha.
Keyword: perencaaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengendalian, prestasi.

PENDAHULUAN
            Manajemen sumber daya alam manusia adalah sebuah ilmu atau cara untuk mengatur bagaimana hubungan dengan peranan tenaga kerja (smber daya / obyek utama) secara efektif dan efisien sehingga dapat dimaksimalkan untuk mencapai tujuan bersama, baik perusahaan, karyawan maupun masyarakat. Sedangkan manajemen oprasional adalah suatu bentuk pengelolaan yang menyeluruh dan optimal pada sebuah masalah tenaga kerja, barang, mesin, peralatan, bahan baku atau produk apapun yang bisa dijadikan sebuah barang atau jasa yang bisa diperjual belikan. Manajemen oprasi adalah serangkaian aktivitas yang menghasilkan nilai dalam bentuk barang dan jasa dengan mengubah input menjadi output (Jay Heizer dan Barry Render, 2009).

         A.    PERMASALAHAN
1. Bagaimana cara mengetahui tujuan diberikan pada manajemen sumber daya manusia?
2. Bagaimana fungsi yang diberikan pada manajemen sumber daya manusia?
3. Apasaja faktor-faktor yang harus diperhatikan dalam produksi?
4. Apasaja jenis-jenis produksi yang baik untuk digunakan?
5. Hal apasaja yang harus diperhatikan dalam mengambil keputusan dioperasi?

B. PEMBAHASAN
            Menurut Werther dan Davis menyatakan bahwa adapun tujuana manajemen sumber daya manusia itu meliputi beberapa tujuan, seperti:
1.      Tujuan Kemasyarakatan
Setiap organisasi apapun tujuannya, harus mengingat akibat bagi kepentingan masyarakat umum, disamping itu aspek etika dan moral dari produk yang dihasilkan oleh suatu organisasi.
2.      Tujuan Organisasi
Untuk mengenal bahwa manajemen sumber daya manusia itu ada (exist), perlu memberikan kontribusi terhadap pedayagunaan organisasi secara keseluruhan.
3.      Tujuan Fungsional
Secara fungsional manajemen sumber daya manusia adalah untuk memelihara (maintain) kontribusi bagian-bagian lain agar mereka melaksanakan tugasnya dengan optimal.
4.      Tujuan Pribadi
Kepentingan personal atau individual dalam organisasi juga harus diperhatikan oleh setiap manajer, terutama sumbe daya manusia, dan harus diarahkan dengan tujuan organisasi secara keseluruhan.
            Adapun fungsi manajemen sumber daya manusia seperti halnya fungsi manajemen umum, yaitu:
1.      Fungsi Manajerial
·         Perencanaan (planning)
·         Pengorganisasian (organizing)
·         Pengarahan (directing)
·         Pengendalian (controlling)
2.      Fungsi Oprasional
·         Penggandaan sumber daya manusia (recruitment)
·         Pengembangan (development)
·         Kopensasi (compensation)
·         Pengintegrasian (integration)
·         Pemeliharaan (maintenance)
·         Pemutusan hubungan tenaga kerja (separation)

Manajemen operasi dan produksi merupakan sebuah gabungan dari suatu aktivitas yang menghasilkan barang dan jasa degan mengubah dari input menjadi output. Adapun foktor-faktor yang mempegaruhi, seperti:
1.      Alam
2.      Modal
3.      Tenaga kerja
4.      Teknologi
Jenis-jenis proses produks, yaitu:
1.      Proses poduksi terus-menerus
Sebuah proses produksi yang terdapat pola atau urutan yang pasti dari awal bahan baku sampai menjadi barang jadi.
2.      Proses produksi terputus-putus
Sebuah proses produksi yang tidak dari bahan baku sampai menjadi barang jadi.
                        Dari manajemen operasi ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mengambil sebah keputusan, seperti:
1.      Fungsi
Pada organisasi jasa, fungsi operasi biasa disebut departemen operasi.secara umum, pada setiap organisasi istilah “operasi” digunakan untuk mengacu padafungsi yang menghasilkan barang atau jasa.
2.      System
Mengacu pada system transfomasi yang menghasilkan barang dan jasa. Gambaran system tidak hanya menjadi pijakan untuk definisi jas dan manufaktur sebagai system trasformasi, tetapi juga sebagai dasar yang kuat untuk rancangan dan analisis operasi.
3.      Keputusan
Mengambil keputusan adalah wajar karena memutuskan pehatian pada pengambilan keputusan sebagai tema pokok dam operasi. Ada lima keputusan manajer operasi, yaitu:
1.      Proses
2.      Kapasitas
3.      Persediaan
4.      Tenaga kerja
5.      Mutu
Menurut T. Hani Handoko (1992) mendefinisikan bahwa banyak kegiatan-kegiatan yang harus diperhatikan dalam manajerial, yaitu:
1.      Pemilihan
2.      Perancangan
3.      pengoprasian
4.      pengawasan
5.      pembaharuan

            C. KESIMPULAN
                        Dari pembahasan diatas kita bisa menyimpulkan bahwa Sumber daya manusia yang mempunyai nilai lebih tidak pasti hasil kerjanya maksimal, tergantung adanya perencanaan, pengembangan, pemeliharaan tenaga kerja oleh perusahaan. Selain itu sumber daya manusia juga berarti dalam sebah mengatur, mengurus, mengawasi kegiatan oprasionl berdasarkan visi prusahaan agar tujuan yang sudah di tetapkan dapat dicapai secara optimal.

            DAFTA PUSTAKA
1. Ahmad Hamidi. 2014. Manajemen operasi dan penentuan lokasi dalam kegiatan produksi. Dalam http://hamididoank.blogspot.co.id/2014/03/makalah-manajemen-poasionalr.html?m=1
2. Nassa Hairul. 2013. Manajemen produksi dan perasi. Dalam
http://hanhairulnassa.blogspot.com/2013/12/manajemen-produksi-dan-operasi.html?m=1
3. Andriawan Syahrul Azhar. 2012. Manajemen Produksi. Dalam http://andriawanazhar.blogspot.com/2012/01/manajemen-produksi.html?m=1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar