Selasa, Juni 5

Pentingnya Manajemen Pemasaran Dalam Menjalankan Bisnis





Abstrak
        Pemasaran adalah suatu proses dan manajerial yang membuat individu atau kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan dan mempertukarkan produk yang bernilai kepada pihak lain atau segala kegiatan yang menyangkut penyampaian produk atau jasa mulai dari produsen sampai konsumen. Pemasaran merupakan suatu kegiatan-kegiatan pokok yang dilakukan oleh para perusahaan baik itu perusahaan barang atau pun perusahaan jasa dalam rangka mengembangkan usahanya, untuk memperoleh laba, serta untuk mempertahankan kelangsungan hidup usahanya tersebut.
            Untuk mewujudkan hal tersebut, diperlukannya manajemen yang baik dalam pemasaran pada suatu perusahaan. Manajemen pemasaran adalah suatu usaha untuk merencanakan, mengimplementasikan (yang terdiri dari kegiatan mengorganisaikan, mengarahkan, mengkoordinir) serta mengawasi atau mengendalikan kegiatan pemasaran dalam suatu organisasi agar tercapai tujuan organisasi secara efesien dan efektif.

Kata Kunci    : Manajemen, Pemasaran, dan Bisnis

Pendahuluan
        pemasaran merupakan hal yang perlu dilakukan terlebih dahulu sebelum melakukan kegiatan pemasaran lainnya, dimana perusahaan melakukan perencanaan serta memikirkan konsep-konsep apa yang harus dilakukan bagi perusahaannya tersebut, sehingga tercipta kepuasan pelanggan yang diinginkan oleh perusahaan. Menurut Swastha (1979:17) “Konsep pemasaran adalah sebuah falsafah bisnis yang menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi dan sosial bagi kelangsungan hidup perusahaan”. Jadi pemasaran merupakan orientasi perusahaan yang menekankan bahwa tugas pokok perusahaan adalah menentukan kebutuhan dan keinginan pasar dan selanjutnya memenuhi kebutuhan dan keinginan tersebut sehingga dicapai tingkat kepuasan pelanggan yang melebihi dari kepuasan yang diberikan oleh para saingan, hal ini dilakukan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan pada suatu perusahaan.
            Pada dasarnya pemasaran menekankan orientasi pada kebutuhan dan keinginan konsumen yang didukung oleh kegiatan pemasaran yang terpadu yang ditujukan untuk menciptakan kepuasan langganan sebagai kunci untuk keberhasilan mencapai tujuan perusahaan. Dengan demikian ada empat unsur pokok yang terdapat dalam konsep pemasaran, yaitu: orientasi pada konsumen (kebutuhan dan keinginan konsumen), kegiatan pemasaran yang terpadu, kepuasan konsumen atau pelanggan, dan tujuan perusahaan jangka panjang.

Rumusan Masalah
1.     Apa itu manajemen pemasaran ?
2.     Fungsi manajemen pemasaran ?
3.     Peran pemasaran dalam menjalankan bisnis ?

Pembahasan
        Pengertian Manajemen Pemasaran
Manajemen pemasaran adalah suatu proses perencanaan dan pelaksanaan pemikiran, penetapan harga, promosi, serta penyaluran barang, jasa dan gagasan untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan tujuan-tujuan individu dan organisasi.
Manajemen pemasaran terjadi apabila sekurang-kurangnya satu pihak dari pertukaran potensial memikirkan cara untuk mendapatkan tanggapan dari pihak lain sesuai dengan yang dikehendaki.
Pemasaran umumnya dilihat sebagai tugas menciptakan mempromosikan, serta menyerahkan barang dan jasa ke konsumen dan perusahaan lain. Pemasaran yang efektif dapat dilakukan melalui banyak bentuk. Bisa berbentuk entrepreneurial, terformulasi, atau intrepreneurial; dan pemasaran memasarkan banyak jenis entitas: barang, jasa, pengalaman, acara khusus (event), orang, tempat, kepemilikan, organisasi, informasi, gagasan (philip kotler).
Pengertian pemasaran menurut Kotler (1997:8) adalah Suatu proses sosial dan manajerial yang didalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkandan mempertukarkan produk dengan pihak lain.

            Konsep Manajemen Pemasaran

          Setiap perusahaan memiliki ide atau konsep yang berbeda mengenai manajemen pemasaran. Satu perusahaan mungkin akan lebih menyukai konsep pemasaran dengan cara memproduksi barang dalam skala besar, dengan asumsi ongkos produksi bisa ditekan, harga barang akan murah, dan barang akan cepat laku. Tetapi perusahaan lain, mungkin memiliki konsep pemasaran yang berbeda melalui peningkatan kualitas barang yang dihasilkan. Setidaknya ada 5 konsep manajamen pemasaran dengan segala kekurangan dan kelebihan yang harus Anda ketahui.

            Konsep Produksi
Perusahaan yang mengadopsi konsep ini, berfikir bahwa barang maupun jasa yang dihasilkan haruslah murah, sehingga bisa dibuat kapan saja dan di mana saja agar tidak terjadi masalah dalam penjualan. Secara tidak langsung, perusahaan ini mencoba  manajemen pemasaran melalui upaya penurunan biaya produksi dan penguatan sistem distribusi. Dalam rangka menurunkan biaya produksi ke level minimum, perusahaan akan mengandalkan sistem produksi barang dalam skala besar. Konsep ini akan berjalan dengan baik jika permintaan melebihi stok. Namun, pelanggan tidak selalu  membeli barang atau jasa yang murah dan mudah didapat. Ada saatnya mereka membutuhkan barang berkualitas dengan harga yang pantas.

            Konsep Produk
Perusahaan yang menggunakan konsep ini memercayai bahwa kualitas barang maupun jasa yang dihasilkan perusahaan haruslah bagus, sehingga mudah menarik konsumen. Konsep manajemen pemasaran ini, mungkin bisa diterima oleh sebagian konsumen, namun kita tidak boleh lupa, kualitas yang bagus pasti memengaruhi harga, sedangkan bagi sebagian konsumen, harga yang murah masih menjadi tujuan utama untuk membeli barang.

Konsep Penjualan
Perusahaan yang menggunakan konsep ini berpikir bahwa pelanggan tidak boleh dibiarkan sendirian. Perusahaan harus mengarahkan konsumen dengan sebuah teknik penjualan yang harus dipikirkan, karena barang tidak dibeli tetapi barang harus dijual. Dalam konsep manajemen pemasaran ini, perusahaan harus memikirkan usaha penjualan untuk memengaruhi konsumen membeli produknya. Mereka percaya bahwa dengan sistem penjualan yang baik, mereka bisa menjual produk apa saja yang mereka tawarkan. Hal ini terkadang ada benarnya meskipun tidak bisa diandalkan secara terus menerus. Anda mungkin bisa meraih hati pelanggan satu kali disaat pertama promosi, tapi dengan banyaknya kompetitor , bisa jadi pelanggan akan berpindah produk di kemudian hari.

Konsep Pemasaran
Perbedaan antara penjualan dan pemasaran adalah, penjualan lebih menekankan pada produk yang dijual, sedangkan pemasaran lebih tertuju kepada keinginan dan kebutuhan konsumen. Perusahaan yang menggunakan konsep pemasaran menganggap bahwa kepuasan konsumen adalah segalanya, sehingga barang atau jasa yang dihasilkan harus sesuai kebutuhan mereka. Dengan kata lain, perusahaan seperti ini tidak membuat apa yang mereka bisa, tapi membuat apa yang konsumen inginkan. Konsep manajemen pemasaran ini mungkin terkesan modern dan bisa bertahan dalam waktu cukup lama, namun konsep ini hanya bisa dinikmati kalangan tertentu yang memiliki tingkat kesejahteraan lebih.

Konsep Pemasaran Umum
Konsep ini menekankan tidak hanya pada kepuasan konsumen tapi juga memerhatikan manfaat bagi orang lain. Sebagai contoh, jika suatu perusahaan menghasilkan mobil yang rendah bahan bakar tapi menyebabkan polusi. Hal ini hanya membuat konsumennya puas, tapi masyarakat tidak menerima manfaatnya. Perusahaan dengan konsep manajemen pemasaran umum, tidak akan mau menjualnya. Perusahaan dengan konsep ini percaya, bahwa sebuah kesuksesan bisnis akan dipengaruhi oleh kepuasan pelanggan dan memiliki dampak baik yang bisa diterima masyarakat umum, sehingga konsep ini memungkinkan untuk digunakan dan disukai banyak konsumen.


Fungsi Manajemen Pemasaran

          Manajemen pemasaran adalah suatu usaha untuk merencanakan, mengimplementasikan (yang terdiri dari kegiatan mengorganisaikan, mengarahkan,mengkoordinir) serta mengawasi atau mengendalikan kegiatan pemasaran dalam suatu organisasi agar tercapai tujuan organisasi secara efesien dan efektif. Di dalam fungsi manajemen pemasaran ada kegiatan menganalisis yaitu analisis yang dilakukan untuk mengetahui pasar dan lingkungan pemasarannya,sehingga dapat diperoleh seberapa besar peluang untuk merebut pasar dan seberapa besar ancaman yang harus dihadapi.
Penjelasan fungsi pemasaran yang merupakan kegiatan terpadu dan saling mendukung, antara lain :

a. Perencanaan pemasaran
Penentuan segala sesuatu sebelum dilakukan kegiatan-kegiatan pemasaran meliputi: tujuan,strategi, kebijaksanaan serta taktik yang dijalankan.
Tujuan:
-Meniadakan  ketidakpastian masa  datang bila ada perubahan
-perubahan karena   situasi   dan   kondisi   perusahaan   maupun   diluar   perusahaan maupun diluar perusahaan tidak menentu.
-Karena  tujuan  organisasi  sudah  difokuskan  maka  dengan  perencanaan akan menghindari adanya penyimpangan tujuan.
-Rencana  walaupun  mahal  tetapi  ekonomis  karena  segala  kegiatan  telah terfokuskan dengan segala biaya-biayanya.
Rencana pemasaran terinci diperlukan untuk setiap bisnis, produk atau merk.

b. Implementasi pemasaran
Adalah proses yang mengubah strategi dan rencana pemasaran menjadi tindakan pemasaran untuk mencapai sasaran. Implementasi mencakup aktivitas sehari-hari, dari bulan ke bulan yang secara efektif melaksanakan rencana pemasaran. Kegiatan ini dibutuhkan program tindakan yang menarik semua orang atau semua aktivitas serta struktur organisasi formal yang dapat memainkan peranan penting dalam mengimplementasikan strategi pemasaran.

c. Pengendalian/Evaluasi kegiatan pemasaran, yaitu:
Usaha memberikan petunjuk pada para pelaksana agar mereka selalu bertindak sesuai dengan rencana, meliputi :
-Penentuan Standard
-Supervisi kegiatan atau pemeriksaan
-Perbandingan hasil dengan Standard
-Kegiatan mengkoreksi Standard

Peran Manajemen Pemasaran Dalam Menjalankan Bisnis

          Di dalam sektor bisnis, pemasaran mulai di sadari oleh berbagai perusahaan pada waktu yang berbeda. Ada beberapa sebagian contoh yang termasuk dalam kategori pelopor di Asia seperti misalnya unilever, philips, dan sony. Di berbagai negara memiliki perbedaan dalam mempraktikan pada pangsa pasarnya. Secara umum, pemasaran cepat menyebar di perusahaan - perusahaan penghasil produk konsumen dalam bentuk kemasan (consumer packaged-goods), dan perusahaan penghasil produk untuk konsumen tahan lama (consumer durable-goods), dan perusahaan barang industri. Perusahaan jasa atau pelayanan konsumen  (consumer service firm), khususnya untuk perusahaan penerbangan dan bank mereka telah menuju pada pemasaran modern. 

Contoh Kasus
Strategi Pemasaran Produk Apple
Apple merupakan salah satu perusahaan teknologi komunikasi yang paling sukses di dunia. Hal ini tentunya tidak perlu diragukan lagi karena kita dapat melihat betapa inovatifnya Apple dengan berbagai macam produk baru yang tersedia di pasaran. Satu hal yang cukup mencegangkan dari kerberhasilan perusahaan Apple adalah bahwa perusahaan ini tidak menggelontorkan dana sedikitpun untuk departemen Marketingnya untuk membuat iklan.
Disaat semua lini bisnis berperang dengan membuat iklan sebanyak-banyaknya untuk mengenalkan produk yang dibuatnya. Apple tidak demikian, bahkan mereka tidak meng-anggarkan budget khusus iklan untuk departemen marketingnya. Mereka tidak pernah mengiklankan produk handphone mereka dimanapun. Yang berarti tanpa SEO, PPC, media sosial, TV, Radio atau iklan apapun.
Apabila Anda pernah melihat iklan Apple tentang iPhone mereka, maka Anda salah. Karena sebenarnya yang Anda lihat Adalah iklan tentang iPhone yang dibuat oleh perusahaan lain yang bekerja untuk Mereka. Strategi Apple terhitung sangat pintar, mereka memanfaatkan perusahaan lain, seperti perusahaan operator handphone untuk dibuatkan iklan tanpa mengeluarkan biaya sedikitpun, bahkan perusahaan tersebut harus membayar kepada Apple.
Apabila Anda berpikir kalau perusahaan operator tersebut bodoh karena membayar Apple untuk membuatkan iklan tentang produk iPhone mereka, Anda salah. Karena smartphone merek Apple adalah smartphone dengan penjualan terbaik setiap tahunnya. Jadi apabila sebuah perusahaan operator ingin menjadi besar dan terkenal, mereka harus bekerjasama dengan Apple untuk bundling operator phone-nya.
Dua kata Inovasi dan Eksklusif yang menjadikan Apple khususnya iPhone unggul menandingi kompetitor mereka. Oleh karena itu merek Apple selalu menjadi sorotan dan juga menjadi magnet untuk menarik perhatian orang banyak. Sehingga kini banyak sekali perusahaan-perusahaan besar yang tertarik untuk mengajak kerjasama.



Kesimpulan
Pemasaran memegang peranan sangat penting bagi kelangsungan bisnis. Strategi pemasaran yang handal dapat membuat sukses suatu produk yang menjadi hasil usaha. Pemasaran merupakan upaya untuk mempromosikan, menginformasikan dan menawarkan kepada konsumen mengenai sebuah produk usaha atau layanan jasa yang dikelola oleh sebuah perusahaan sebagai upaya untuk meningkatkan angka penjualan produk atau layanan jasa tersebut. Tanpa adanya sebuah proses pemasaran, maka pasar tidak akan tahu terhadap produk atau layanan bisnis yang kita buat. Ada beberapa konsep manajemen pemasaran yang dapat kita terapkan dalam bisnis kita sesuai dengan kebutuhan.

Daftar Pustaka

Riska Aprilliani, Gresensia. 2015. TUGAS : Makalah Manjemen Pemasaran. https://gresensiariskaapriliani.wordpress.com/2015/05/10/tugas-makalah-manajemen-pemasaran/. 21.50 Juni 05, 2018.
Dewantoro, Indra. 2012. DASAR PEMASARAN : PERAN PEMASARAN DALAM PERUSAHAAN DAN MASYARAKAT. http://indraputrabintan.blogspot.com/2012/09/dasar-pemasaran-peran-pemasaran-dalam.html. 21.50 Juni 05, 2018.
Shinta, Agustina. 2011. MANAJEMEN PEMASARAN. Malang : Universitas Brawijaya Press.
Rahmani, Ani. 2017. 5 Konsep Penting dalam Manajemen Pemasaran. https://www.jurnal.id/id/blog/2017/5-konsep-penting-dalam-manajemen-pemasaran. 21.54 Juni 05, 2018.
Fahlevi, Simon Iqbal. 2016. Terungkapnya Strategi Marketing Iphone. https://www.jurnal.id/id/blog/strategi-marketing-pada-smartphone-iphone-terungkap. 22.18 Juni 05, 2018

Tidak ada komentar:

Posting Komentar